Senin, 28 Juli 2014

Lanjutan Tema I




a.    Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat, Air, dan Udara
Setiap sarana transportasi, selalu menhadapi ancaman keamanan dan kenyamanan. Kamu dapat membuka berita kecelakaan kereta api di Bintaro Jakarta, pada tanggal 9 Desember tahun 2013 lalu.

Perjuangan Darman dkk
Masinis Kereta Listrik 1131 Darman Prasetyo dan Asisten Masinis Agus Suroto serta Mekanik Sofyan Hadi, berjuang keras menahan laju kereta. Di hadapan mereka, sebuah truk tangki berhenti di lintasan kereta api. Ketiganya tidak meninggalkan tugas, walau sadar bahwa resikonya adalah mati. Demi nasib ratusan penumpang, mereka merelakan jiwa dan raga.
Beberapa detik kemudian, tabrakan kereta api dan tangki BBM tak terelakkan di pintu pelintasan kereta Bintaro Jakarta pada Senin 9 Desember 2013. Ketiganya gugur dalam memperjuangkan keselamatan penumpang. Korban penumpang dapat ditekan berkat perjuangan masinis dan awak kereta
Kecelakaan di pintu pelintasan kereta bukan pertama kali. Sudah berulangkali kecelakaan terjadi. Mudah-mudahan ini kejadian yang terakhir.

Perhatikan berita tersebut. Bagaimana kesanmu setelah membaca berita tersebut ? Masinis dan teknisi kereta, sebenarnya dapat menyelamatkan diri dengan lari ke gerbong belakang. Tetapi, menyelamatkan penumpang adalah panggilan jiwanya. Masinis, asisten, dan teknisi, meninggal dalam peristiwa tersebut. Ketiganya layak disebut sebagai pahlawan. Rela mengorbankan dirinya demi keselamatan penumpang. Sikap mereka, pantas kamu teladani.
Kisah di atas membuktikan bahwa kecelakaan transportasi, menjadi salah satu ancaman keselamatan transportasi di Indonesia. Selain karena kesalahan pengemudi tangki, sebab lainnya adalah karena rambu-rambu jalan raya dan rambu-rambu kereta api yang kurang berfungsi secara optimal.
Dari kasus di atas, kamu tentu dapat menyimpulkan bahwa pengaruh lokasi Indonesia, keamanan dan kenyaman transportasi, harus selalu diperhatikan. Iklim dan cuaca di Indonesia berpengaruh terhadap kegiatan transportasi. Kabut, hujan, cuaca buruk, angin, dan badai, merupakan contoh ancaman alam yang merupakan dampak iklim dan cuaca di Indonesia. Karena itu, masyarakat harus selalu waspada memperhatikan kondisi alam dalam melaksanakan kegiatan transportasi.

Renungkan
Masinis dan awak kereta api yang gugur dalam kecelakaan kereta api di Bintaro Jakarta, dapat disebut pahlawan. Mereka merelakan jiwa dan raga, demi menyelamatkan parapenumpang yang merupakan tugas dan tanggungjawabnya. Untuk menjadi pahlawan, tidak harus berperang melawan musuh. Kamu dapat menjadi pahlawan dimanapun kamu berjuang, untuk kepentingan bangsa dan negara.

Setelah kamu mempelajari tentang pengaruh lokasi terhadap transportasi di Indonesia, kamu perlu memahami beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi di Indonesia sebagai berikut.
a)    Kesiapan Manusia
Manusia sebagai pengguna transportasi dan operator transportasi, harus selalu menaati ketentuan angkutan umum dan jalan raya. Pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan hukum berupa UU No. 22 Tahun 2009. Peraturan tersebut mengatur bagaimana cara melakukan kegiatan transportasi di jalan raya. Undang-undang dikeluarkan sebagai salah satu upaya mewujudkan transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat.
Dapatkah kamu mengidentifikasi berbagai kesalahan manusia dalam kegiatan transportasi ? Untuk menemukan berbagai kesalahan manusia dalam kegiatan transportasi, kerjakan aktivitas kelompok sebagai berikut.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Lakukan kunjungan ke kepolisian terdekat dengan tempat tinggalmu. Apabila kesulitan menemui polisi, kalian dapat menemui saksi mata atau masyarakat yang pernah melihat kecelakaan disekitar tempat tinggalmu.
3.    Wawancarailah tentang kecelakaan yang terjadi disekitar tempat tinggalmu.
4.    Temukan beberapa penyebab kecelakaan tersebut.
5.    Diskusikan bagaimana upaya penyelesaian, supaya kecelakaan tidak terulang.
6.    Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini.
Jenis Kecelakaan
Dampak Kecelakaan
Penyebab Manusia
Penyebab Sarana
Penyebab Prasarana
Penyelesaian






























7.    Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas

Setelah kamu melakukan aktivitas kelompok, kecelakaan apa yang paling banyak kamu temukan disekitar tempat tinggalmu ? Sebagai pengendali alat transportasi, kesalahan atau kelalaian manusia adalah sebagai faktor tertinggi penyebab utama kecelakaan. Sebagai warga yang baik, kamu harus selalu taat pada peraturan berlalulintas agar transportasi aman dan nyaman.

b)   Sarana dan Prasarana
Peralatan transportasi merupakan salah satu bagian penting untuk mendukung keselamatan dan kenyamanan transportasi. Banyak kecelakaan terjadi disebabkan kendaraan yang tidak layak jalan.
Pelampung penumpang harus selalu digunakan pada sarana transportasi air. Pengemudi dan penumpang mobil yang duduk di depan juga harus selalu mengenakan sabuk pengaman. Pada saat naik bus, kamu juga harus selalu memperhatikan peralatan yang ada dalam bus, misalnya: harus ada palu pemecah kaca darurat.
Selain peralatan di dalam kendaraan, hal lain yang sangat penting adalah rambu-rambu dalam berkendara.
Terminal, halte, dan tempat penyeberangan, merupakan prasarana lain yang sangat penting dalam kegiatan transportasi.

Renungkan
Kecelakaan darat yang terjadi di Indonesia, sebagian besar disebabkan faktor kelalaian manusia. Kecelakaan darat yang terjadi di Indonesia, sebagian besar adalah roda dua (sepeda motor). Setiap menit, ada orang meninggal dunia di Indonesia karena kecelakaan sepeda motor. Kelalaian manusia paling banyak adalah tidak taat rambu-rambu. Kelak apabila kamu telah diperbolehkan oleh hukum untuk mengendarai kendaraan bermotor, harus selalu hati-hati dan taat pada rambu-rambu peraturan lalu lintas.

c)    Kelembagaan dalam Kegiatan Transportasi
Kegiatan transportasi memerlukan peran kelembagaan dalam kegiatan transportasi, agar dapat berjalan lancar. Terdapat berbagai bentuk kelembagaan ekonomi, seperti: PT, CV, Perusahaan Perorangan, Firma, dan Koperasi. Namun, pada umumnya yang menangani kegiatan transportasi di Indonesia adalah berbentuk PT. Untuk mengetahui bentuk-bentuk kelembagaan yang menangani transportasi darat, air, dan udara, kamu kerjakan aktivitas kelompok berikut ini.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Lakukan pengamatan terhadap jenis-jenis kegiatan transportasi di lingkungan tempat tinggalmu.
3.    Identifikasi jenis transportasi dan bentuk kelembagaan ekonomi, sarana transportasi tersebut.
4.    Tuliskan hasil pengamatan kalian pada tabel di bawah ini.
No.
Jenis Transportasi
Alat Transportasi
Nama Perusahaan
Bentuk Kelembagaan Ekonomi
1.
Darat
Bis Kota
Koperasi Angkutan Kota (Kopata)
Koperasi
Taksi
……………..
……………
……….


2.
Air









3.
Udara









5.    Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.

Setelah kamu menegrjakan tugas, kamu telah mengetahui berbagai bentuk kelembagaan ekonomi dari sarana transportasi. Kamu perlu mengetahui peran dan fungsi bentuk kelembagaan yang telah kamu temukan di atas. Untuk memahami peran dan fungsi kelembagaan, kamu dapat mempelajari lebih lanjut pada tema tiga.

1.    Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Komunikasi
Pada bagian ini, kamu akan mempelajari bagaimana pengaruh lokasi terhadap kegiatan komunikasi masyarakat di Indonesia.
a.    Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Cara Berkomunikasi
Dalam keseharian, kamu pasti melakukan interaksi dengan orang lain. Dalam melakukan interaksi, kamu selalu melakukan komunikasi.
Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak yang brekomunikasi.
Tabel 1.1 Contoh masyarakat dan bahasa yang biasa digunakan sebagai alat komunikasi.
No.
Masyarakat
Bahasa
1.
Aceh
Aceh
2.
Ambon Timur
Alor, Buru
3.
Toraja
Bada’ Besona, Leboni
4.
Kalimantan
Bajau, Banjar
5.
Bali
Bali
6.
Sumatera Utara
Batakk
7.
Lampung
Lampung
8.
Sulawesi Selatan
Bugis
9.
Gorontalo
Bulanga
10.
Jawa Tengah dan Jawa Timur
Jawa
11.
Madura
Madura
12.
Jawa Barat dan Banten
Sunda
13.
Nusa Tenggara
Sasak
14.
Halmahera Utara
Ternate
Lokasi Indonesia berpengaruh terhadap cara berkomunikasi masyarakat. Masyarakat Indonesia diberbagai daerah, memiliki kemajemukan dalam berbahasa.
Bangsa Indonesia harus bersyukur karena dikaruniai bahasa persatuan, yaitu: bahasa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia, masyarakat dari berbagai daerah dapat melakukan komunikasi dengan mudah dan lancar.
Variasi lokasi daerah di Indonesia yang meliputi banyak pulau dan tempat tinggal yang berpencar, juga berpengaruh terhadap cara berkomunikasi masyarakat Indonesia.
Penggunaan teknologi paling sederhana, mungkin masih dapat kamu temukan di lingkungan tempat tinggalmu. Contoh, masyarakat di Indonesia mengenal kentongan sebagai media komunikasi tidak langsung. Dengan menggunakan kentongan, masyarakat dapat: dikumpulkan, diberikan peringatan bahaya, diberikan informasi terntentu, dan sebagainya.
Kemajuan ilmu dan teknologi, mendorong ditemukannya berbagai alat komunikasi yang lebih maju. Penggunaan simbol, gambar, dan tulisan, merupakan bentuk baru cara berkomunikasi masyarakat Indonesia.
Sampai pada akhir tahun 1990-an, pesan tertulis melalui surat-menyurat, merupakan bentuk kebiasaan umum masyarakat Indonesia dalam berkomunikasi.
Untuk lebih memperdalam pemahaman tentang pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan komunikasi, kamu kerjakan aktivitas kelompok berikut.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Diskusikan tentang kelemahan dan kelebihan, komunikasi yang dilakukan melalui simbol (kentongan/gambar) dan surat-menyurat.
3.    Apakah pada masa sekarang komunikasi melalui kedua cara tersebut masih diperlukan.
4.    Tuliskan hasil diskusimu pada tabel berikut ini.
Jenis Komunikasi
Kelebihan
Kekurangan
Kegunaan pada masa sekarang












5.    Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.

Setelah kamu mengerjakan aktivitas kelompok, tentu kamu semakin memahami kelebihan dan kekurangan berbagai jenis cara berkomunikasi. Misalnya: komunikasi dengan secara langsung melalui tatap muka, memiliki kelebihan: lebih jelas dan lengkap, tetapi memiliki kelemahan: memerlukan waktu khusus untuk bertemu. Komunikasi dengan surat-menyurat, memiliki kelebihan: komunikasi lebih mudah dan murah, kelemahannya: apabila surat tidak tersampaikan kepada tujuan.

b.    Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Perkembangan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi
Kamu telah mempelajari pengaruh lokasi terhadap: iklim, geostrategis, dan kondisi tanah, di Indonesia.
Informasi dan komunikasi, merupakan hal penting dalam kegiatan interaksi sosial dan ekonomi masyarakat.
Komunikasi yang dilakukan antara penjual dan pembeli, merupakan bentuk komunikasi langsung. Penjual dan pembeli dapat bertemu langsung, barang yang diinginkan dapat dilihat secara langsung, dan pembayaran dapat dilakukan di tempat.
Dalam kegiatan jual beli secara langsung, penjual dan pembeli harus bertemu, barang yang akan dibeli harus tersedia, dan alat pembayaran juga harus sudah disiapkan.
Kamu tentu sangat mengenal Bandung sebagai salah satu daerah pengrajin sepatu terkenal di Indonesia. Bila kamu ingin membeli sepatu produksi Bandung, tidak harus pergi ke Bandung. Kamu dapat membuka internet dan mencari laman (website) pengrajin sepatu dari Kota Bandung. Kamu dapat melihat model sepatu, warna, dan ukuran yang cocok. Apabila kamu sudah menemukan, kamu langsung dapat memesan dan membayar melalui internet banking. Dalam hitungan hari, sepatu yang kamu pesan, sudah sampai di rumahmu.
Kegiatan jual beli melalui internet seperti itu, merupakan salah satu pengaruh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Carilah data dari berbagai surat kabar atau internet, tentang dampak perkembangan kemajuan teknologi internet.
3.    Diskusikan dampak positif dan negatif, perkembangan kemajuan teknologi internet.
4.    Bagaimana cara mengatasi dampak negatif akibat perkembangan teknologi internet.
5.    Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.
6.    Tuliskan  hasil diskusimu pada tabel di bawah ini.
Bidang Kehidupan
Dampak Positif
Dampak Negatif
Upaya mengatasi dampak negatif
Agama



Ekonomi



Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan



Sosial Budaya




Setelah mengerjakan aktivitas kelompok, tentu kamu semakin memahami tentang dampak positif dan negatif dalam berbagai bidang kehidupan. Dampak positif terhadap bidang agama, misalnya: proses dakwah menjadi semakin cepat, dampak negatifnya: cepatnya pengaruh negatif. Dampak positif dalam bidang pendidikan, misalnya: semakin mudahnya pelajar memperoleh berbagai informasi pembelajaran melalui internet, dampak negatifnya: terjadinya kasus penjiplakan berbagai karya tulis. Dampak positif dalam bidang sosial budaya, misalnya: proses pewarisan budaya, lebih mudah dan cepat karena teknologi rekaman. Dampak negatifnya: masuknya pengaruh budaya asing yang merusak budaya bangsa.
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, telah berpengaruh besar bagi bangsa Indonesia. Di sisi lain, berbagai ancaman harus selalu diwaspadai bagi bangsa Indonesia. Beberapa ancaman yang perlu diperhatikan, adalah sebagai berikut:
1)   Lunturnya Nilai-nilai Agama dan Budaya
Dalam uraian di atas, telah dijelaskan berbagai dampak positif pengaruh perkembangan teknologi dan informasi terhadap nilai-nilai agama dan budaya.
Berbagai data berupa gambar dan film yang berbau pornografi, menjadi salah satu penyebab lunturnya nilai-nilai agama dan budaya. Budaya Barat, seperti: budaya suka bersenang-senang (hedonisme), kehidupan bebas, dan ateisme, ternyata sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia diberbagai daerah.
2)   Kriminalitas
Kejahatan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi, terjadi setiap hari di Indonesia. Kriminalitas melalui jaringan telepon, umumnya dilakukan dalam bentuk penipuan.
Kejahatan melalui dunia maya atau sering disebut cybercrime, menggunakan modus penipuan dan pencurian. Cara pembayaran melalui kartu kredit, memudahkan terjadinya transaksi melalui dunia maya.
Saat ini, masyarakat mulai terbiasa dengan belanja melalui internet.
Kriminalitas lain dalam dunia maya, adalah terjadinya perjudian. Pelakunya sulit ditangkap, karena mereka biasanya tidak menunjukkan identitas aslinya.
Penipuan melalui internet juga marak terjadi pada masyarakat. Jejaring sosial yang tersedia pada laman internet, sering digunakan untuk berkenalan dan berkomunikasi antarmasyarakat. Namun, laman tersebut juga berpotensi sebagai ajang negatif seperti penipuan.

Mengenal Tokoh
Penemu Komputer, Charles Babbage (1792-1871) adalah seorang matematikawan dari Inggris yang pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Sebagian dari mesin yang dikembangkannya, kini dapat dilihat di Museum Sains London. Tahun 1991, dengan menggunakan rencana asli dari Babbage, sebuah mesin diferensial dikembangkan, dan mesin ini dapat berfungsi secara sempurna, yang membuktikan bahwa gagasan Babbage tentang mesin ini, memang dapat diterapkan.

3)   Keamanan dan Perpecahan
Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, telah mempermudah interaksi antarmasyarakat Indonesia. Suatu peristiwa yang terjadi pada suatu tempat, dengan cepat dapat menyebar beritanya ke berbagai lokasi. Kamu harus hati-hati, menerima kabar melalui telepon maupun internet. Kamu harus selalu bijak dalam melihat suatu permasalahan.

Renungkan
Salah satu kunci keberhasilan abad XXI adalah: penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Karena itu, kamu harus selalu mempelajari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Indonesia harus selalu unggul dalam perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Salah satu cara untuk memenangkan penguasaan teknologi informasi dan komunikasi, adalah: kemajuan ilmu. Karena itu, kamu harus giat dan sekolah setinggi-tingginya agar mampu membawa Indonesia unggul dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk melatih kemampuanmu dalam menguasai materi di atas, kerjakan latihan di bawah ini.
Latihan
Tingkatan
Soal
Menjelaskan
Jelaskan pengaruh lokasi Indonesia terhadap kegiatan ekonomi masyarakat dilokasi tempat tinggalmu.
Menerapkan
Jelaskan beberapa hal, cara menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi bus umum.
Menganalisis
Mengapa di Pulau Jawa, sarana dan prasarana transportasinya lebih lengkap dibandingkan daerah-daerah lain di Indonesia.
Mengevaluasi
Manakah yang lebih menguntungkan, sarana transportasi kereta api dan truk untuk transportasi barang apabila dikembangkan didaerah tempat tinggalmu.
Mengkreasi
Apabila kamu menjadi polisi, apa yang akan kamu lakukan untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas di jalan raya.

A.  Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kolonialisme Barat di Indonesia
Kamu telah mempelajari bagaimana pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan ekonomi, transportasi, dan komunikasi masyarakat Indonesia. Tahukah kamu, bahwa berbagai keunggulan yang dimiliki bangsa Indonesia, menjadi salah satu pendorong bangsa-bangsa asing untuk datang ke Indonesia.
Perhatikan gambar 1.32 tentang kekayaan hasil bumi masyarakat Indonesia diberbagai daerah. Identifikasikan hasil pertanian utama apa, yang kamu temukan di provinsimu ?
Sebelum kamu memahami tentang pengaruh keunggulan lokasi terhadap kolonialisme di Indonesia, kamu perlu memahami kekayaan perkebunan dan pertanian serta pemanfaatannya di Indonesia. Untuk memahami hal tersebut, kerjakan aktivitas kelompok berikut.

Aktivitas Kelompok
1.    Buatlah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Carilah referensi tentang kekayaan alam Indonesia, menggunakan ensiklopedia, buku diperpustakaan, atau internet.
3.    Sebutkan kekayaan alam berupa perkebunan dan pertanian di lima provinsi di Indonesia.
4.    Tuliskan kekayaan alam provinsimu pada nomor pertama.
5.    Diskusikan bagaimana pemanfaatan kekayaan alam tersebut.
No.
Provinsi
Kekayaan Pertanian dan Perkebunan
Kegiatan Pemanfaatan
1.
Sumatera Utara
Perkebunan Karet
Pembuatan Ban
2.



3.



4.



5.



6.



6.    Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.

Kamu telah menemukan berbagai kekayaan pertanian dan perkebunan di Indonesia. Bagaimana pendapatmu, setelah mengetahui berbagai kekayaan pertanian dan perkebunan di Indonesia ?
Keunggulan lokasi Indonesia, menjadi salah satu pendorong terjadinya interaksi dan komunikasi dengan berbagai bangsa di dunia. Berbagai kekayaan alam bangsa Indonesia, sangat dibutuhkan bangsa-bangsa di dunia.
Kekayaan alam Indonesia itulah, yang menjadi salah satu daya tarik kedatangan bangsa-bangsa asing ke Indonesia.

1.    Latar Belakang Penjajahan Bangsa Barat
Mengapa bangsa-bangsa Barat tertarik dengan kekayaan Indonesia ? Kekayaan apa saja yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia ? Untuk memahami faktor-faktor pendorong bangsa Barat ke Indonesia, kerjakan aktivitas kelompok sebagai berikut.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Carilah referensi tentang: latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia, menggunakan ensiklopedia, buku di perpustakaan, atau internet.
3.    Daya tarik apa saja yang mendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia.
4.    Faktor pendorong apa saja yang menyebabkan bangsa-bangsa Barat datang ke Indonesia.
5.    Tuliskan hasil diskusimu pada tabel di bawah ini.
6.    Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.
No.
Daya tarik Indonesia
Faktor Pendorong
1.


2.


3.


4.



Kamu telah mendiskusikan latar belakang kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia. Apa saja yang kalian temukan dalam diskusi di atas ? Beberapa daya tarik dan faktor pendorong bangsa Barat ke Indonesia, antara lain:

a.    Daya Tarik Indonesia bagi Bangsa-bangsa Barat
Kamu perhatikan gambar rempah-rempah di atas. Berbagai komoditas perdagangan yang dihasilkan bangsa Indonesia itulah yang menjadi incaran bangsa-bangsa Barat.
Mengapa bangsa-bangsa Barat, sangat membutuhkan rempah-rempah ? Indonesia dan bangsa-bangsa di Eropa, memiliki perbedaan kondisi alam. Hal ini mengakibatkan hasil bumi yang diperoleh juga berbeda.
Keberadaan musim hujan dan kemarau di Indonesia, memungkinkan berbagai tanaman mudah tumbuh dan berkembang di Indonesia. Hal ini berbeda dengan bangsa-bangsa Eropa yang memiliki empat musim, yakni: musim panas, musim dingin, musim semi, dan musim gugur.
Apakah pada saat ini, Indonesia masih menjadi negara yang memiliki hasil bumi yang diminati bangsa lain ?
b.    Revolusi Industri dan Motivasi 3G (Gold, Glory, Gospel)
Bangsa-bangsa Eropa mengetahui Nusantara (Indonesia) sebagai sumber rempah-rempah, sudah sangat lama, bahkan sebelum masehi. Pada masa tersebut, mereka masih kesulitan terutama masalah transportasi, kondisi politik, dan keamanan. Terjadinya revolusi industri di Eropa, merupakan salah satu pendorong kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia.
Revolusi  industri adalah pergantian atau perubahan secara menyeluruh dalam memproduksi barang yang dikerjakan oleh tenaga manusia atau hewan, menjadi tenaga mesin. Penggunaan mesin dalam industri, menjadikan produksi: lebih efisien, ongkos produksi dapat ditekan, dan barang dapat diproduksi dalam jumlah besar dan cepat. Berkembangnya revolusi industri, menyebabkan bangsa-bangsa Barat memerlukan bahan baku yang lebih banyak. Mereka juga memerlukan daerah pemasaran untuk hasil-hasil industrinya.
Salah satu pengaruh revolusi industri, adalah dalam kegiatan transportasi. Penemuan mesin uap yang dapat dijadikan mesin penggerak perahu, merupakan teknologi baru pada masa tersebut. Dengan mesin uap, mereka dapat memperpendek waktu perjalanan. Berbagai penemuan lain, seperti: kompas, mesin pemintal, dan sebagainya, menjadi pendorong keinginan bangsa-bangsa Eropa melakukan berbagai petualangan.
Paham merkantilisme mendorong semangat bangsa-bangsa Eropa, untuk mencari kekayaan sebanyak-banyaknya. Dalam melakukan perjalanan ke Indonesia, bangsa-bangsa Barat menginginkan kejayaan (kemenangan) sekaligus kesucian, yakni: menyebarkan agama Kristen. Tiga semangat tersebut (Kekayaan, Kejayaan, dan Kesucian) menjadi semboyan perjalanan bangsa-bangsa Eropa, terkenal dengan: 3G atau Gold (emas), Glory (kejayaan), dan Gospel (kesucian).

2.    Kedatangan Bangsa-bangsa Barat ke Indonesia
Bagaimana proses kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia ? Kegiatan apa saja yang mereka lakukan dalam perjalanan tersebut ?
Perhatikan peta rute kedatangan bangsa Belanda ke Indonesia di atas. Belanda adalah negara yang paling lama menjajah Indonesia. Selain Belanda, bangsa-bangsa Barat yang datang ke Indonesia pada masa penjajahan, adalah: Portugis, Spanyol, dan Inggris. Untk mengetahui bagaimana perjalanan bangsa Barat datang ke Indonesia, lakukan kegiatan berikut ini.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2.    Carilah sumber dari buku atau internet, tentang kedatangan bangsa Portugis, Spanyol, dan Belanda ke Indonesia.
3.    Diskusikan dalam kelompokmu, rute bangsa-bangsa Barat tersebut ke Indonesia.
4.    Gambarlah peta rute kedatangan bangsa-bangsa Barat tersebut ke Indonesia.
5.    Pajanglah hasil karyamu di pajangan dinding kelas.
6.    Presentasikan hasil karyamu kepada kelompok lain.

Kedatangan bangsa-bangsa Barat di Indonesia, menjadi ancaman kerajaan-kerajaan diberbagai daerah di Indonesia. Berikut ini merupakan contoh perlawanan kerajaan di Indonesia terhadap Spanyol dan Portugis.

Wawasan
Bangsa-bangsa Barat yang ke Indonesia, diantaranya adalah sebagai berikut:
1)   Kedatangan Bangsa Portugis di Maluku
Dari Lisbon Portugis, pada tahun 1486, Bartolomeo Diaz melakukan pelayaran pertama menyusuri pantai Barat Afrika. Ia bermaksud melakukan pelayaran ke India, namun gagal. Perjalanan selanjutnya, Portugis mencapai Malaka tahun 1511 dibawah pimpinan Alfonso d’Albuquerque. Ia berhasil menguasai Malaka, dan selanjutnya memasuki wilayah Nusantara. Pada tahun 1512, bangsa Portugis telah berhasil sampai di Maluku.
2)   Ekspedisi Bangsa Inggris
Persekutuan dagang EIC (East Indian Company) sebagai gabungan dari parapengusaha Inggris. Walaupun Inggris tiba di kepulauan Nusantara, namun pengaruhnya tidak terlalu banyak seperti halnya Belanda. Hal ini disebabkan EIC terdesak oleh Belanda, sehingga Inggris menyingkir ke India/Asia Selatan dan Asia Timur.
3)   Kedatangan Bangsa Belanda di Jakarta
Jakarta merupakan pelabuhan penting di Pulau Jawa yang kemudian menjadi markas VOC di Indonesia. Bagaimana proses kedatangan Belanda di Indonesia ? Seorang pelaut Belanda, Cornelis de Houtman, memimpin ekspedisi ke Indonesia. Pada tahun 1595, armada mengarungi ujung Selatan Afrika, selanjutnya terus menuju ke arah Banten melalui Selat Sunda. Kedatangan Houtman di Indonesia kemudian disusul ekspedisi-ekspedisi lainnya. Banyaknya pedagang Belanda di Indonesia, maka muncullah persaingan diantara mereka sendiri. Untuk mencegah persaingan tidak sehat, maka pada tahun 1602 didirikan VOC (Vereenigde Oost Indische Compagnie/Perserikatan Maskapai Hindia Timur) merupakan merger (penggabungan) dari beberapa perusahaan dagang Belanda.

a.    Sultan Baabullah mengusir Portugis
Kehadiran Portugis dan Spanyol di Maluku, berhasil mengadu domba kerajaan Ternate dan Tidore. Sultan Khaerun menyatukan rakyat dan mengobarkan perlawanan tahun 1565. Portugis terdesak dan menawarkan perundingan kepada Sultan Khaerun.
Pada tahun 1570 bertempat di benteng Sao Paolo, terjadi perundingan sultan dengan Portugis. Namun pada saat perundingan berlangsung, tanpa disangka-sangka Portugis menangkap Sultan Khaerun dan pada saat itu juga Sultan Kaerun dibunuh.
Kelicikan dan kejahatan Portugis tersebut, kemudian menimbulkan kemarahan rakyat Maluku. Sultan Baabullah (putera Sultan Khaerun), melanjtkan perjuangan dengan memimpin perlawanan. Pada saat bersamaan, Ternate dan Tidore bersatu dan melancarkan serangan terhadap Portugis. Akhirnya pada tahun 1575, Portugis berhasil diusir dari Ternate. Portugis melarikan diri dan menetap di Ambon. Pada tahun 1605, Portugis berhasil diusir oleh VOC dari Ambon, dan kemudian melarikan diri ke Timor Timur (Timor Leste).

b.    Perlawanan Aceh
Tahukah kalian bahwa selain Ternate dan Tidore, perlawanan masyarakat Indonesia terhadap Portugis juga dilakukan oleh rakyat Aceh di Pulau Sumatera ? Pada masa pemerintahan Sultan Iskandar Muda (1607-1639), armada kerajaan Aceh telah disiapkan untuk menyerang kedudukan Portugis di Malaka. Pada tahun 1629, Aceh mencoba menaklukan Portugis tetapi belum berhasil.
Selain kedua contoh di atas, kamu dapat menemukan berbagai perlawanan kerajaan-kerajaan di Indonesia terhadap bangsa-bangsa Barat. Misalnya: kerajaan Demak pernah melakukan penyerangan terhadap Portugis di Malaka. Bahkan seorang  raja perempuan dari Jepara bernama: Ratu Kalinyamat, juga pernah mengirimkan pasukan untuk mengusir Portugis di Malaka. Kedua upaya ini gagal, karena jarak yang jauh dan persenjataan yang terbatas.
Kedatangan bangsa-bangsa Barat ke Indonesia di atas, menandai era penjajahan bangsa Indonesia. Penjajahan telah menyebabkan penderitaan bangsa Indonesia. Bagaimana penderitaan masyarakat pada masa penjajahan ? Uraian berikut ini, akan membantu kamu memahami penderitaan rakyat pada masa penjajahan.

Renungkan
Pelayaran dari Eropa ke Indonesia, merupakan perjalanan yang berat. Bangsa-bangsa barat berani melakukan perjalanan, karena semangat mereka untuk mencapai kejayaan dan kekayaan. Kalau mereka bisa, pasti bangsa Indonesia juga bisa. Karena itu, kamu harus selalu memiliki cita-cita tinggi dan semangat baja untuk mencapai keberhasilan.

3.    Pengaruh Kebijakan Pemerintah Kolonial terhadap Bangsa Indonesia
Apa saja yang dialami bangsa Indonesia pada masa penjajahan ? Pemerintah kolonial, menerapkan kebijakan yang merugikan bangsa Indonesia. Untuk mengetahui bagaimana kebijakan pemerintah kolonial terhadap bangsa Indonesia, mari telusuri kajian berikut ini.
a.    Monopoli dalam Perdagangan
Kamu perhatikan gambar tanaman hasil pertanian perkebunan di atas. Apakah masyarakat disekitar tempat tinggalmu, menanam tanaman tersebut ? Tanaman di atas, merupakan salah satu produksi yang dimonopoli bangsa Barat. Untuk memahami bagaimana akibat monopoli, kerjakan aktivitas kelompok di bawah ini.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 4-5 orang.
2.    Perhatikan teks berikut ini:
Cengkeh dan Kakao, merupakan salah satu hasil utama masyarakat Maluku. Hasil pertanian perkebunan tersebut, merupakan tanaman ekspor yang sangat dibutuhkan masyarakat Eropa. Perusahaan dagang Belanda VOC, berusaha menguasai perdagangan tersebut. Rakyat hanya diperbolehkan menjual hasil pertanian tersebut kepada VOC. Parapedagang lain, tidak diperbolehkan membeli hasil pertanian kepada rakyat. VOC telah melakukan penguasaan perdagangan di Maluku, atau disebut: melakukan monopoli.
3.    Berdasarkan teks tersebut, diskusikan:
Siapa yang paling berkuasa menentukan harga beli kepada petani ? Siapa yang paling menentukan harga jual kepada pedagang lain ? Bagaimana nasib pedagang lain, yang sama-sama ingin berdagang komoditas tersebut ?
4.    Presentasikan hasil diskusimu di depan kelas.

Setelah kamu mengerjakan aktivitas kelompok di atas, bagaimana penilaianmu terhadap kegiatan monopoli ?

Wawasan
Selain VOC dipimpin oleh seorang Gubernur Jenderal, VOC mempunyai beberapa hak octrooi, antara lain:
1.    Hak melakukan monopoli perdagangan.
2.    Membentuk tentara sendiri, mengangkat pegawai, dan membentuk pengadilan.
3.    Melakukan perjanjian politik dan ekonomi dengan kerajaan-kerajaan, serta melakukan perang/damai dengan bangsa/suatu kerajaan lain.
4.    Hak mencetak mata uang sendiri.

Pada awal kedatangan bangsa-bangsa Barat, rakyat Indonesia menerima dengan baik. Rakyat diberbagai daerah, memandang perdagangan merupakan hubungan baik kepada siapapun.
Awalnya, VOC meminta keistimewaan hak-hak dagang. Lama-lama, berkembang menjadi penguasaan pasar (monopoli).
Kamu tentu sering mendengar istilah monopoli. Apakah yang disebut monopoli ? Monopoli adalah penguasaan pasar yang dilakukan oleh satu atau sedikit perusahaan. Bagi pelaku perusahaan, monopoli sangat menguntungkan karena mereka dapat menentukan harga beli dan harga jual.
Tentu kamu bertanya, mengapa kerajaan-kerajaan di Indonesia mengizinkan perdagangan monopoli VOC ? Semua itu terjadi karena keterpaksaan. Belanda memaksa dengan politik adu domba, atau dikenal: devide et impera.
Belanda berharap akan terjadi permusuhan antarbangsa Indonesia, sehingga terjadi perang antarkerajaan. Belanda akan mendukung salah satu pihak, setelah pihak yang didukungnya menang, mereka akan meminta balas jasa.
Setelah selesai perang, Belanda biasanya meminta imbalan berupa monopolo perdagangan atau penguasaan atas beberapa lahan atau daerah.
Sekarang kamu telah memahami, bagaimana dampak monopoli dan adu domba VOC terhadap kerajaan-kerajaan dan rakyat Indonesia.

Wawasan
Monopoli adalah salah satu bentuk perdagangan yang dapat merugikan orang lain. Apabila kamu menjadi pedagang, tentu menjadi pedagang yang adil, tidak mementingkan keuntungan sendiri. Lakukan perdagangan dengan penuh toleransi, bersaing secara sehat, dan saling mengasihi. Monopoli dapat dilakukan dalam hal-hal tertentu oleh negara, misalnya: produksi semen dan minyak bumi, dimonopoli oleh pemerintah untuk kemakmuran seluruh rakyat Indonesia.

b.    Kerja Paksa
Kamu perhatikan gambar 1.37 suasana kerja paksa, pada masa pemerintahan Hindia Belanda di Indonesia.
Mendengar istilah kerja paksa, tentu kamu sudah dapat menebak, bahwa rakyat Indonesia bekerja tanpa fasilitas yang memadai.
Kamu perhatikan gambar 1.38 peta jalur Anyer-Panarukan di atas. Jalur tersebut memanjang lebih dari 1000 km dari Cilegon (Banten), Jakarta, Bogor, Bandung, Cirebon, Semarang, Pati, Surabaya, Probolinggo, hingga Panarukan (Jawa Timur). Anyer-Panarukan, dibangun 200 tahun yang lalu oleh pemerintah Hindia Belanda.
Jalan Raya Pos (Anyer-Panarukan), sangat penting bagi pemerintah kolonial Belanda. Jalur tersebut menjadi sarana transportasi pemerintahan dan mengangkut berbagai hasil bumi.
Pembangunan jalan tersebut merupakan kebijakan Gubernur Jenderal Hindia Belanda bernama Herman Willem Daendels, yang berkuasa sejak tahun 1808-1811. Jalur tersebut merupakan penghubung kota-kota penting di Pulau Jawa, yang mengrupakan penghasil berbagai tanaman ekspor. Dengan dibangunnya jalan tersebut, maka proses distribusi barang dan jasa untuk kepentingan kolonial, semakin cepat dan efisien.
Pembangunan jalur Anyer-Panarukan, sebagian besar dilakukan oleh tenaga manusia. Rakyat Indonesia dipaksa Belanda membangun jalan, tanpa digaji dan tidak menerima makanan layak. Pengerahan penduduk untuk mengerjakan berbagai proyek Belanda inilah, yang disebut: rodi atau kerja paksa.
Kerja paksa pada masa pemerintah Belanda, dipekerjakan diberbagai perusahaan tambang maupun perkebunan.
Untuk lebih memperdalam jurnal kegiatan kerja paksa pada masa penjajahan Belanda, kerjakan aktivitas kelompok berikut ini.

Aktivitas Kelompok
Belanda melakukan kerja paksa diberbagai daerah. Untuk mengetahui bentuk kerja paksa di daerah lain, kamu dapat melakukan kegiatan berikut ini.
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Carilah buku, majalah, atau internet yang menceritakan kegiatan kerja paksa pada masa Belanda.
3.    Tuliskan hasil diskusimu dalam tabel berikut ini.
No.
Nama Proyek
Tempat
Bentuk Kerja Paksa
1.



2.



3.



4.    Presentasikan hasilnya di depan kelas.

Setelah kamu mengerjakan aktivitas kelompok di atas, tentu kamu menemukan dan merasakan bagaimana penderitaan masyarakat pada masa penerapan tanam paksa.

Renungkan
Fasilitas yang dinikmati bangsa Indonesia saat ini, merupakan salah satu hasil jerih payah rakyat Indonesia masa lalu. Sebagian jalan kereta api, jalan raya, dan saluran irigasi, merupakan salah satu peninggalan masa lalu. Fasilitas tersebut dikerjakan melalui kerja paksa. Sepantasnya kamu memelihara dan memanfaatkan fasilitas tersebut dengan baik, dan mendoakan parapekerja yang dahulu mengerjakan proyek tersebut.

c.    Sistem Sewa Tanah Raffles
Tahukah kamu, bahwa Inggris juga pernah menjajah Indonesia pada masa tahun 1811-1816. Penguasa Inggris di Indonesia pada masa tersebut, adalah Letnan Gubernur Thomas Stanford Raffles. Salah satu kebijakan terkenal pada masa Raffles, adalah: sistem sewa tanah atau landrent system atau Landelijk Stelsel. Sistem tersebut memiliki ketentuan, antara lain sebagai berikut:
1)   Petani harus menyewa tanah, meskipun ia adalah pemilik tanah tersebut.
2)   Harga sewa tanah, tergantung kepada kondisi tanah.
3)   Pembayaran sewa tanah dilakukan dengan uang tunai.
4)   Bagi yang tidak memiliki tanah, dikenakan pajak kepala.
Bagaimana pendapatmu dengan sistem sewa tanah ?
Kekuasaan Inggris selama 5 tahun di Indonesia, juga menghadapi perlawanan rakyat Indonesia diberbagai daerah. Contoh: perlawanan besar rakyat kesultanan Palembang, pada tahun 1812. Sultan Mahmud Baharuddin, menolak mengakui kekuasan Inggris. Inggris kemudian menyerang kerajaan Palembang, yang terletak di Sungai Musi. Perlawana rakyat Palembang kemudian dapat dikalahkan oleh tentara Inggris.
Inggris juga menghadapi perlawanan dari kerajaan besar di Jawa, yakni: Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Namun, berhasil meredam usaha perlawanan tersebut.

d.   Tanam Paksa
Pada tahun 1830, van Den Bosch menerapkan Sistem Tanam Paksa (cultuur stelsel). Diberlakukan karena Belanda menghadapi kesulitan keuangan, akibat Perang Jawa atau Perang Diponegoro (1825-1830) dan Perang Belgia (1830-1831).
Tanam paksa yang diberlakukan oleh pemerintah Belanda, memiliki ketentuan yang sangat memberatkan bagi masyarakat Indonesia. Praktik-praktik penekanan dan pemaksaan terhadap rakyat tersebut, antara lain:
1.    Ketentuan bahwa tanah yang digunakan untuk tanam wajib, hanya 1/5 dari tanah yang dimiliki rakyat. Kenyataannya, selalu lebih bahkan sampai ½ bagian dari tanah yang dimiliki rakyat.
2.    Kelebihan hasil panen tanaman wajib, tidak pernah dibayarkan.
3.    Waktu untuk kerja wajib, melebihi dari 66 hari dan tanpa imbalan yang memadai.
4.    Tanah yang digunakan untuk tanaman wajib, tetap dikenakan pajak.
Penderitaan rakyat Indonesia akibat kebijakan tanam paksa ini, dapat dilihat dari jumlah angka kematian rakyat Indonesia yang tinggi akibat kelaparan dan penyakit kekurangan gizi. Pada tahun 1848-1850, karena terjadi paceklik, 9/10 penduduk Grobogan Jawa Tengah, mati kelaparan. Dari jumlah penduduk yang semula 89.000 orang, yang dapat bertahan hanya 9.000 orang. Penduduk Demak yang semula berjumlah 336.000 orang, hanya tersisa 120.000 orang.

Wawasan
Tahukah kamu, dalam kebijakan tanam paksa terdapat beberapa ketentuan seperti berikut ini.
1.    Penduduk wajib menyerahkan seperlima tanahnya untuk ditanami tanaman wajib.
2.    Tanah yang ditanami tanaman wajib, bebas dari pajak.
3.    Waktu yang digunakan untuk pengerjaan tanaman wajib, tidak melebihi untuk menanam padi.
4.    Apabila harga tanaman wajib setelah dijual melebihi besarnya pajak tanah, kelebihannya dikembalikan kepada penduduk.
5.    Kegagalan panen tanaman wajib yang bukan kesalahan penduduk, menjadi tanggung jawab pemerintah Belanda.
6.    Penduduk dalam pekerjaannya dipimpin penguasa pribumi, sedangkan pegawai Eropa sebagai pengawas, memungut, dan pengangkut.
7.    Penduduk yang tidak memiliki tanah, harus melakukan kerja wajib selama seperlima tahun (66 hari), dan mendapatkan upah.

Renungkan
Penjajahan telah menyebabkan penderitaan luar biasa rakyat Indonesia. Kemerdekaan saat ini, merupakan sebagian hasil penderitaan bangsa Indonesia masa lalu. Kerja paksa masa penjajahan, telah menghasilkan bangunan jalan yang digunakan masyarakat hingga saat ini. Sepantasnya, kalian selalu mendoakan rakyat yang menjadi korban pada masa penjajahan. Bangsa Indonesia juga, harus selalu kerja keras untuk mencapai keberhasilan pembangunan.

Penjajah, memandang Indonesia layaknya sebagai barang yang dapat diperjual belikan. Mereka hanya menginginkan keuntungan dari Indonesia. Tahukah kamu, bahwa Inggris dan Belanda pernah melakukan tukar menukar wilayah jajahan di Indonesia ?
Kamu perhatikan peta Sumatera dan Semenanjung Malaya.
Perhatikan letak daerah Bengkulu di Pulau Sumatera, Singapura, dan Malaka di Semenanjung Malaya. Tahukah kamu, awalnya Singapura dan Malaka merupakan jajahan Belanda. Sedangkan, Bengkulu merupakan jajahan Inggris. Belanda menyerahkan Malaka dan Semenanjung Malaya termasuk Penang dan Singapura, kepada Inggris. Sedangkan Inggris, menyerahkan Bengkulu dan seluruh kepemilikannya di Pulau Sumatera, kepada Belanda. Pertukaran ini, termasuk: Kepulauan Karimun, Batam, dan pulau-pulau lain yang terletak di sebelah Selatan dari Selat Singapura. Salah satu alasan barter, agar Belanda mudah mengontrol kekuasaannya di Pulau Sumatera.

***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar