Senin, 28 Juli 2014

Bahan Ajar IPS Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013



Tema III
Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Nasional
Peta Konsep
Pada saat di kelas VII, kamu telah mempelajari tentang konsep dan jenis-jenis sumber daya alam. Di kelas VIII ini, kamu akan mempelajari tentang fungsi dan peran sumber daya alam. Untuk membantu dalam menguasai tentang fungsi dan peran sumber daya alam, dalam tema ini akan disajikan pembahasan tentang: 1) fungsi dan peran sumber daya alam terhadap kehidupan manusia, dan 2) fungsi dan peran sumber daya alam terhadap pembangunan ekonomi.
Sumber daya alam merupakan segala macam sumber daya yang sifatnya heterogen dan kompleks, baik yang berwujud sumber daya alam yang siap pakai maupun yang masih tersimpan di dalam alam. Sumber daya alam meliputi semua sumber daya yang terdapat di bumi, baik benda hidup maupun benda mati, yang berguna bagi manusia, dan pengelolaannya harus memenuhi kriteria-kriteria: teknologi, ekonomi, sosial dan lingkungan. Dilihat dari sifatnya, sumber daya alam mempunyai sifat sebagai berikut: 1) merupakan sesuatu yang berguna dan mempunyai nilai dalam kondisi dimana kita menemukannya, dan 2) merupakan suatu konsep yang dinamis, artinya: ada kemungkinan dengan terjadinya perubahan teknologi, dapat berakibat yang semula dianggap tidak berguna, menjadi berguna.
Sumber daya alam yang tersebar di dunia ini, memiliki manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Persebaran sumber daya alam antara satu tempat dengan tempat lain, berbeda-beda. Suatu daerah dapat dikenal sebagai daerah penghasil bahan tambang, seperti: minyak dan emas. Akan tetapi, suatu daerah juga dapat dikenal sebagai daerah penghasil: sayur mayur, buah-buahan, atau hasil hutan. Perbedaan potensi inilah yang menyebabkan perbedaan keunggulan masing-masing daerah yang dikenal dengan: keunggulan komparatif. Keunggulan komparatif ini menyebabkan terjadinya interaksi yang berupa kegiatan perdagangan. Kegiatan perdagangan dilakukan karena masing-masing daerah, memiliki perbedaan potensi sumber daya alam.
Pengelolaan sumber daya alam dilakukan oleh beberapa pihak, yaitu: pemerintah dan swasta. Pengelola dari pemerintah, yaitu: Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Sedangkan, pengelola swasta, yaitu: Badan Usaha Milik Swasta (BUMS). Dalam pengelolaan sumber daya alam, pihak pemerintah maupun swasta, dapat berfungsi sebagai: Operator, Regulator, dan Kontrol. Pengelolaan sumber daya alam yang sinergis antardaerah, akan mendorong pembangunan nasional untuk kemajuan negara.

Tujuan:
Setelah mempelajari uraian pada tema ini, diharapkan kamu mampu:
1.    Menjelaskan fungsi dan peran sumber daya alam dalam kehidupan manusia.
2.    Menjelaskan fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi.
3.    Mengidentifikasi keunggulan potensi sumber daya alam antar-region di Indonesia.
4.    Mengidentifikasi sumber daya alam strategis sebagai modal dasar pembangunan nasional Indonesia.
5.    Mendeskripsikan prinsi-prinsip pengelolaan sumber daya alam.
6.    Menjelaskan peran kelembagaan dalam pengelolaan sumber daya alam.

A.  Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam
Sebelum kamu mempelajari tentang fungsi dan peran sumber daya alam, cermatilah peta konsep di bawah ini.
Sumber daya alam memiliki fungsi dan peran dalam kehidupan manusia. Manusia hidup di dunia ini dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada di sekitarnya. Di kelas VII, kalian sudah pernah mempelajari penggolongan sumber daya alam yang ada penggolongan tertentu. Di bab ini, akan dibahas secara lebih luas penggolongan sumber daya alam menurut asalnya. Sumber daya alam yang dimanfaatkan manusia, dibedakan menjadi sumber daya alam hayati dan non hayati. Sumber daya alam hayati berupa sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup, yaitu: hewan dan tumbuhan. Sedangkan sumber daya alam non hayati, berupa: air, udara, bahan tambang, dan sebagainya. Mari kita pelajri lebih lanjut mengenai fungsi dan peran sumber daya alam dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia dan kemajuan ekonomi bangsa.
1.    Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Kehidupan Manusia
Kalian perhatikan gambar tersebut. Jelaskan klasifikasi sumber daya alam dari setiap gambar tersebut dengan mengisi lembar kerja dalam aktivitas individu berikut.

Aktivitas Individu
Petunjuk mengerjakan:
1.    Buatlah kolom seperti yang ada di bawah.
2.    Lengkapi kolom tersebut.
3.    Tulis hari/tanggal dan identitas kalian (nama, nomor, dan kelas).
4.    Presentasikan hasil kerja kalian di depan kelas.
No.
Nama Benda
Klasifikasi SDA
Fungsi/Peran
1.
Hasil Tambang


2.
Hutan


3.
Air Terjun dekat sawah


4.
Tempat Pelelangan Ikan



Untuk membantu menjawabnya, bukalah kembali materi tentang sumber daya alam di kelas VII. Apabila kalian telah memahami tentang pengertian sumber daya alam, jawablah pertanyaan berikut sepengetahuan kalian sendiri. Bagaimana fungsi dan peran sumber daya alam bagi kehidupan manusia ? Untuk membantu memahami lebih lanjut tentang fungsi dan peran sumber daya alam bagi kehidupan, kamu akan mempelajarinya pada subtema ini. Terlebih dahulu kamu harus memahami apa itu sumber daya alam dan bagaimana klasifikasinya. Apakah kamu masih ingat pembagian sumber daya alam berikut ?

a.    Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hayati
Semua makhluk hidup, seperti: hewan, tumbuhan, dan mikroba yang ada di muka bumi ini, merupakan sumber daya alam hayati. Sumber daya alam dari tumbuhan disebut sumber daya alam nabati, dan sumber daya alam yang berasal dari hewan disebut sumber daya alam hewani.
1)   Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Nabati bagi Kehidupan
Sebagian besar sumber daya alam nabati di negara kita, berfungsi sebagai tanaman budidaya pangan, sandang, bahan baku kayu olahan, dan obat-obatan.
a)    Sumber Daya Alam Nabati sebagai Budi Daya Pangan
Sumber daya alam nabati sebagai tanaman budidaya pangan dimanfaatkan sebagai sumber karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin. Tanaman sebagi sumber karbohidrat, seperti: padi, jagung, ubi, dan kentang. Tanaman sebagai sumber lemak, antara lain: kelapa, kacang tanah, dan kelapa sawit. Tanaman sebagai sumber protein, diantaranya: kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan yang lainnya. Sedangkan tanaman sebagai sumber vitamin, yaitu: sayur-sayuran.
b)   Sumber Daya Alam Nabati sebagai Budi Daya Sandang
Sumber daya lam hayati yang digunakan dalam kehidupan sebagai sumber bahan sandang atau bahan pakaian, antara lain: kapas sebagai bahan dasar katun, serat rami sebagai bahan dasar rayon, dan serat sisal sebagai bahan dasar linen. Saat ini, inovasi sebagai bahan dasar kain dari tumbuhan diperoleh juga dari serat nanas dan pisang serta tanaman yang memiliki kandungan selulosa (serat tumbuhan) yang tinggi.
Pakaian yang berasal dari bahan tumbuhan, biasanya memiliki nilai harga yang tinggi, karena produksinya yang terbatas dan perlakuan bahannya yang khusus. Selain itu, mempunyai sifat yang hampir sama, yaitu: kuat, padat, mudah kusut, dan tahan penyetrikaan.

Wawasan
Tahukah kalian, bahwa kapas dan kapuk sebagai bahan kain pakaian berasal dari bijinya. Dalam pembuatan busana, lebih banyak digunakan serat kapas (cotton). Serat kapuk digunakan sebagai bahan pengisi. Menurut perkiraan, kapas telah dikenal orang sejak 5.000 tahun Sebelum Masehi. Para ahli mengatakan, bahwa India adalah negara tertua yang pertama menggunakan kapas.

Bahan dasar kain dari tumbuhan, diperoleh dari serat yang dimilikinya. Serat tersebut diperoleh dari biji, batang pohon, daun, dan buah. Berikut ini jenis tanaman yang digunakan bagiannya sebagai serat.
No.
Bagian Tanaman
Nama Tanaman
1.
Biji
Kapas, Kapuk
2.
Batang (merambat)
Flak, Jute, Rosella, Henep, Rami, Urena, Sun, dll.
3.
Daun
Abaka, Sisal, Henequen
4.
Buah
Kelapa (sabut)

Tanaman-tanaman tersebut, digunakan manusia untuk membuat bahan baju atau sebagai alat kebutuhan rumah tangga, misalnya: keset. Banyak sekali hasil motif yang dihasilkan manusia dengan berbagai macam dan corak yang beranekaragam, sehingga menambah nilai keindahan pada pakaian-pakaian yang dikenakan oleh manusia.

c)    Sumber Daya Alam Nabati sebagai Komoditas Kayu Olahan
Sebelum dikenal perkakas rumah tangga dari besi, alumunium, dan sejenisnya, berbagai jenis kayu telah dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk menopang kehidupan. Pemanfaatan kayu olahan dibuat untuk pembuatan mebel, seperti kayu jati dan kayu-kayu yang lain yang telah dibudidayakan dari hutan, seperti: meranti, rasamala, rotan, dan bambu.

Aktivitas Kelompok
Setelah kalian membaca materi mengenai sumber daya alam nabati sebagai komoditi kayu olahan, silahkan kalian identifikasi mengenai hasil kayu olahan tersebut. Buatlah kelompok dengan anggota 3-4 orang. Buatlah kolom seperti berikut ini pada kertas. Setelah selesai, kumpulkan hasil identifikasi kalian kepada guru untuk dipresentasikan di depan kelas.
No.
Bahan Kayu
Hasil Produk
1.
Jati

2.
Meranti, Rotan

3.
Bambu

dst



d)   Sumber Daya Alam Nabati sebagai Bahan Obat-obatan
Tanaman sebagai sumber daya alam nabati bagi manusia, selain dapat digunakan sebagai sandang, pangan, dan bahan baku, juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan. Tanaman yang digunakan sebagai bahan obat-obatan, lebih dikenal dengan apotek hidup, seperti: kumis kucing, jahe, kencur, kunyit, dan temu lawak, termasuk bunga Rosella.
Bunga Rosella merupakan salah satu sumber daya alam nabati yang banyak mengandung nutrisi/gizi dan baik bagi kesehatan manusia. Fungsi dan kandungan nutrisi Rosella, baik untuk mengatasi keluhan kesehatan yang diderita oleh seseorang dan bermanfaat sebagai bahan antiseptik. Adapun manfaat bunga Rosella untuk kesehatan manusia, diantaranya:
(1) Membantu menurunkan tekanan darah tinggi (menstabilkan tekanan darah), kolesterol, batuk, panas dalam, ambeien, jantung, dan lainnya.
(2) Melancarkan peredaran darah, melancarkan kencing, buang air besar, memperbaiki saluran kencing, dan ginjal.
(3) Sebagai pengganti cairan electrolyte tubuh yang hilang setelah berolahraga, dan sebagai tonikum yang menyegarkan.
(4) Mengontrol berat badan, memperbaiki pencernaan, dan mencerahkan kulit.
Berbagai hasil olahan dan kemasan Rosella, dapat berupa: sari bunga Rosella dan teh bunga Rosella. Bagi produsen penghasil produk olahan, bunga Rosella tersebut merupakan aset peluang yang besar untuk meningkatkan perekonomian rumah tangganya, karena dapat diperjualbelikan di pasar.
Berbagai tanaman lainnya yang juga dimanfaatkan di Indonesia, antara lain sebagai berikut:
a)    Jenis tanaman untuk keperluan industri, seperti: teh, kopi, tebu, tembakau, lada, gambir, vanili, dan sebagainya.
b)   Jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai sumber minyak atsiri, antara lain: cengkih, serai, tengkawang, kayu putih, dan kenanga.
c)    Berbagai jenis tanaman yang dimanfaatkan manusia sebagai tanaman hias, dapat menyemarakkan kehidupan manusia dan juga meningkatkan nilai budaya, seperti: anggrek, mawar, melati, dan lain-lain.
d)   Tanaman yang dimanfaatkan sebagai sumber protein, adalah: kedelai, kacang hijau, serta jenis kacang-kacangan lainnya.

2)   Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Hewani bagi Kehidupan
Sumber daya alam hewani, digunakan sebagai sumber pangan, dalam hal ini, pangan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia untuk makanan sehari-hari, misalnya: ikan, hewan ternak, dan lainnya.
a)    Perikanan
Perikanan merupakan sumber daya alam hayati yang sangat potensial di Indonesia. Wilayah Indonesia sendiri 2/3 nya ialah perairan. Sumber daya perikanan merupakan sumber makanan bagi kehidupan manusia.
Selain itu, sumber daya perikanan juga sering dimanfaatkan manusia untuk mencari sarana hiburan, yaitu: dengan memancing ikan, baik itu di perairan darat ataupun laut. Hasil-hasil dari laut juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan aneka kerajinan, seperti tampak pada gambar berikut.

b)   Peternakan
Peternakan merupakan salah satu sumber daya alam hayati yang dimiliki Indonesia. Sumber daya alam hayati ini, dapat berupa hewan liar maupun hewan yang sudah dibudidayakan. Peternakan dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
(1) Peternakan Potong dan Kerja
Jenis peternakan ini dimanfaatkan manusia untuk melakukan berbagai kegiatan, seperti: membajak sawah, mengangkat barang-barang, dan alat transportasi. Selain dimanfaatkan tenaganya, juga diambil dagingnya. Macam-macam yang termasuk didalam jenis ini, antara lain: sapi, kambing, kuda, dan domba.
(2) Peternakan Perah
Kalian tentu sering mengkonsumsi susu dalam kehidupan sehari-hari. Susu merupakan salah satu produk utama dalam peternakan ini. Sapi, kambing, dan kuda, merupakan beberapa jenis hewan yang diambil produksi susunya untuk memenuhi kehidupan manusia. Susu merupakan salah satu sumber gizi bagi kehidupan manusia.
(3) Peternakan Unggas
Peternakan unggas ialah jenis hewan yang memiliki bulu dan sayap untuk diambil daging ataupun telurnya. Beberapa hewan yang termasuk didalamnya, seperti: ayam, bebek, merpati, dan kalkun.
(4) Aneka Satwa
Aneka satwa merupakan hewan yang belum lama didomestikasi. Jenis ini digunakan sebagai penghasil bahan pangan berprotein tinggi. Contoh aneka satwa, diantaranya: lebah madu, ulat sutera, cacing tanah, burung unta, dan burung walet.

Renungkan
Keanekaragaman hayati di Indonesia, sangat tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai macam jenis tanaman dan hewan yang hidup di Indonesia. Keberadaan tumbuhan dan hewan, memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan manusia. Hal ini patut kita syukuri, karena tidak semua negara di dunia mempunyai keanekaragaman hayati seperti Indonesia. Selain itu, kita juga harus menjaga kelestarian ekosistem agar keanekaragaman hayati tersebut tidak punah.

b.    Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam Non Hayati
Selain sumber daya alam hayati, ada pula sumber daya alam non hayati yang dapat kita temui di lingkungan sekitar. Contoh sumber daya alam non hayati, yaitu: bahan tambang, air, panas bumi, dan udara. Mari kita pelajari lebih mendalam, tentang fungsi dan peran sumber daya alam non hayati bagi kehidupan manusia.
1)   Sumber Daya Alam Bahan Tambang
Keberadaan bahan tambang di Indonesia, sangat banyak bahkan sampai diperebutkan oleh masyarakat dunia. Pada bab sebelumnya, kalian telah mempelajari daya tarik Indonesia bagi bangsa Barat. Daya tarik Indonesia tidak hanya pada sektor pertanian saja, akan tetapi bahan tambang juga menjadi salah satu potensi yang ada di Indonesia. Banyak pengelolaan blok-blok pertambangan di Indonesia yang dikelola oleh asing.
Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33 menyatakan, “Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat”.
Barang tambang di Indonesia terdapat di darat dan di laut. Pengelolaan barang tambang tersebut, memerlukan: modal yang banyak, tenaga ahli, dan teknologi tinggi. Kekayaan alam yang terkandung di bumi Indonesia, dapat dikelola dengan baik oleh pihak swasta maupun pihak asing. Pertambangan merupakan suatu kegiatan yang perlu perencanaan secara baik dan matang, sebab harus selaras sehingga kelestarian lingkungan hidup dapat terjaga dengan baik.
Untuk memahami lebih lanjut tentang sumber daya alam di Indonesia, isilah tabel di bawah ini secara berkelompok dengan teman sebangkumu.

Aktivitas Kelompok
No.
Nama
Pemanfaatan
1.
Hutan

2.
Minyak Bumi

3.
Gas Alam (LNG)

4.
Batu Bara

5.
Emas Perak

6.
Nikel

7.
Timah

8.
Bauksit

9.
Marmer

10.
Tembaga

11.
Mangaan

12.
Intan

13.
Platina/Emas Putih

14.
Fosfat

15.
Mika


Penggolongan bahan galian menurut Undang-Undang No. 11 Tahun 1967 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Pertambangan, dibagi menjadi 3 (tiga) golongan, yaitu:
a)    Bahan galian golongan A, yaitu bahan galian golongan strategis. Strategis dalam hal ini adalah strategis bagi pertahanan/keamanan negara atau bagi perekonomian negara;
b)   Bahan galian golongan B, yaitu bahan galian vital, adalah bahan galian yang dapat menjamin hajat hidup orang banyak;
c)    Bahan galian golongan C, yaitu bahan galian yang tidak termasuk golongan A dan B.
Perhatikan gambar. Bahan galian potensial bernilai ekonomi tinggi di Indonesia menurut pemanfaatannya, dikelompokkan atas tiga golongan:
a)    Bahan galian logam/bijih (ore); merupakan bahan galian yang bila diolah dengan teknologi tertentu, akan dapat diambil dan dimanfaatkan logamnya, seperti: timah, besi, tembaga, nikel, emas, perak, seng, dan sebagainya.
b)   Bahan galian energi; merupakan bahan galian yang dimanfaatkan untuk energi, misalnya: batu bara dan minyak bumi.
c)    Bahan galian industri; merupakan bahan galian yang dimanfaatkan untuk industri, seperti: asbes, aspal, bentonit, batu gamping, dolomit, diatomae, gipsum, halit, talk, kaolin, zeolit, dan tras.
Penggolongan bahan-bahan galian ini, didasarkan pada:
·      Nilai strategis/ekonomis bahan galian terhadap negara;
·      Terdapatnya sesuatu bahan galian dalam alam (genese);
·      Penggunaan bahan galian bagi industri;
·      Pengaruhnya terhadap kehidupan rakyat banyak;
·      Pemberian kesempatan pengembangan pengusaha;
·      Penyebaran pembangunan di daerah.
Usaha pertambangan dan bahan galian di Indonesia, mempunyai peranan sebagai berikut:
a)    Menambah pendapatan negara.
b)   Memperluas lapangan kerja.
c)    Memajukan bidang transportasi dan komunikasi.
d)   Memajukan industri dalam negeri.
e)    Sebagai pemasok kebutuhan SDA barang tambang dan galian dalam negeri.
f)    Minyak bumi dan gas alam sebagai bahan bakar atau sumber energi.
g)   Pasir atau batu sebagai bahan bangunan,
h)   Emas, intan, dan perak, sebagai perhiasan.
i)     Bahan industri dalam negeri.

Aktivitas Kelompok
1.    Carilah komoditas ekspor lain yang dapat dihasilkan oleh negara Indonesia di internet.
2.    Kemudian identifikasi wilayah-wilayah mana saja di Indonesia yang menghasilkan komoditas tersebut.
3.    Identifikasimu pada tabel yang telah disediakan.
4.    Kumpulkan hasil pekerjaanmu kepada guru pada pertemuan selanjutnya.

Lembar Kerja
Komoditas Ekspor Hayati dan Non Hayati Indonesia
No.
Jenis Komoditi
Daerah Penghasil
1.
Karet
Riau, Jambi
2.


3.


4.


5.



Renungkan
Indonesia merupakan salah satu negara penghasil tambang terbesar di dunia. Tambang-tambang tersebut, pengelolaannya masih didominasi oleh pihak asing. Kondisi tersebut mengakibatkan pemasukan dari sektor pertambangan, masih relatif kecil terhadap pendapatan nasional. Pengelolaan sumber daya alam, membutuhkan sumber daya manusia yang baik serta penguasaan teknologi yang unggul. Apakah saat ini Indonesia sudah memiliki kedua hal tersebut ? Bagaimanakah upaya yang harus kita lakukan agar negara Indonesia mampu mengelola sumber daya tambang secara mandiri ?

2)   Tanah
Tanah merupakan hasil dari pelapukan batuan-batuan dan sisa-sisa bahan organik yang hancur karena proses alamiah. Tanah dimanfaatkan oleh manusia sebagai lokasi tempat tinggal dan tempat menjalankan berbagai aktivitas kehidupan manusia. Rumah, gedung, dan hotel, tentunya dibangun di atas permukaan tanah. Hal tersebut, membuat tanah memiliki nilai ekonomis karena dapat diperjualbelikan atau disewakan.
Selain itu, tanah juga digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Pertanian dan perkebunan, merupakan kegiatan manusia dalam memenuhi kebutuhannya yang sangat membutuhkan tanah. Tanah yang berasal dari material gunung api, mengandung berbagai unsur hara yang dapat meningkatkan kesuburan tanah. Kesuburan tanah juga dipengaruhi oleh perilaku manusia dalam memanfaatkan tanah, seperti: tidak pernah dipupuk dan selalu ditanami sepanjang tahun tanpa diistirahatkan.
Tanah juga memiliki fungsi ekologis, yaitu: tempat untuk menyimpan cadangan air. Bencana kekeringan dan banjir, adalah salah satu akibat apabila fungsi ekologis tanah, rusak. Oleh karena itu, kita harus senantiasa menjaga tanah agar berbagai macam bencana dapat dicegah.

Wawasan
Tanah daratan di Indonesia, sebagian besar merupakan jenis tanah vulkanis yang sangat subur. Tanah memiliki kesuburan yang baik karena berasal dari material-material gunung api ketika erupsi. Material ini mengandung banyak unsur hara yang sangat berguna bagi perkembangan tanaman. Tanah vulkanis umumnya dijumpai di daerah sekitar gunung api, seperti: lereng Gunung Merapi di DIY dan sebagian Jateng, serta lereng Gunung Sinabung di Kabupaten Tanahkaro Sumatera Utara. Indonesia merupakan negara yang mengandalkan sektor pertanian sebagai sektor utama mata pencaharian penduduk.

3)   Air
Air merupakan elemen yang menutupi 2/3 dari luas permukaan bumi. Jenis air yang setiap hari kita manfaatkan ialah air tawar yang hanya 3% dari total volume air yang ada di dunia. Dari 3% tersebut, masih dibagi lagi menjadi: gletsyer (69%), air tanah (30%), air permukaan (0,3%), dan bentuk lainnya (0,9%). Air tanah dan air permukaan adalah jenis yang digunakan untuk ememnuhi kebutuhan kita sehari-hari, yaitu: untuk minum, mandi, mencuci, dan sebagainya. Air juga berperan dalam mengatur suhu tubuh manusia dan sumber ion yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Tanpa air, manusia tidak akan mampu bertahan dalam waktu yang lama. Selain itu, air di permukaan bumi juga menjadi tempat tinggal berbagai macam makhluk hidup lain. Ikan-ikan, baik di laut maupun di darat, dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber makanan yang kaya akan gizi. Pertanian dan perkebunan sebagai sarana dalam memenuhi kebutuhan manusia, juga membutuhkan air, karena pada hakikatnya, semua makhluk hidup di dunia ini membutuhkan air untuk kelangsungan hidupnya. Air juga memegang pernan penting sebagai sarana transportasi. Di daerah-daerah pedalaman Kalimantan, transportasi air masih sangat diandalkan. Transportasi air juga dipakai untuk sarana penyeberangan antarpulau.

Wawasan
Belanda adalah salah satu negara di dunia yang sebagian wilayahnya terdapat di bawah permukaan air laut. Tinggi permukaan tanah Belanda sangat rendah, hampir separuh negara ini berada di bawah permukaan laut yaitu 6,76 meter di bawah permukaan laut. Akan tetapi, Belanda tidak kehabisan akal. Mereka membuat tanggul (bendungan raksasa) di sekitar pantai, untuk menampung air laut. Hal ini menjadikan Belanda, salah satu negara termaju dalam mengelola sumber daya air di dunia.

a)    Sumber air danau
Danau merupakan massa air yang berada di suatu cekungan (ledok/basin) yang terdapat di daratan. Danau terbesar di Indonesia adalah danau Toba yang terletak di Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Sumatera Utara.
Pemanfaatan danau di bidang ekonomi yang umum dilakukan di Indonesia, yaitu:
(1) Cadangan Air Bersih
Keberadaan air di danau dengan volume yang sangat besar, maka dapat sebagai penyuplai air tanah dangkal maupun air tanah dalam. Keberadaannya akan membantu sekali, ketika musim kemarau panjang.
(2) Air Irigasi
Irigasi merupakan faktor utama dalam hal pertanian. Danau merupakan andalan utama untuk memenuhi kebutuhannya, pada saat kemarau panjang. Kebutuhan air irigasi tidak dapat tercukupi melalui saluran lokal, maka waduk buatan sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
(3) Pariwisata
Danau yang terbentuk secara alami maupun buatan, apabila dikelola menjadi suatu objek tujuan wisata, akan mempunyai daya tarik sendiri. Keberadaan danau alami maupun buatan, tujuannya untuk keberadaan wisata air.
(4) Perikanan
Salah satu manfaat danau adalah untuk pengembangan perikanan darat. Air yang melimpah akan mampu menampung ataupun sebagai penyuplai kebutuhan air di empang, tetapi saat ini penggunaan karamba juga untuk menunjang adanya wisata air.
(5) Pembangkit Tenaga Listrik
Apabila cadangan air yang ada di danau, besar. Dan mampu untuk dijadikan sumber tenaga hidrolistrik, maka danau/waduk menjadi potensial untuk dijadikan sumber penggerak turbin dalam pembangkit listrik tenaga air.

Wawasan
Sejarah Terbentuknya Danau Toba
Danau Toba pada mulanya adalah sebuah gunung berapi. Danau ini diperkirakan meletus sekitar 73.000-75.000 tahun yang lalu, dan merupakan letusan supervolcano (gunung berapi super) yang paling baru. Bill Rose dan Craig Chesner dari Michigan Technological University memperkirakan, bahwa bahan-bahan vulkanik yang dimuntahkan gunung itu, sebanyak 2.800 km3 dengan 800 km3 batuan ignimbrit dan 2.000 km3 abu vulkanik yang diperkirakan tertiup angin ke Barat selama 2 minggu. Debu vulkanik yang ditiup angin, telah menyebar ke separuh bumi, dari Cina sampai ke Afrika Selatan. Letusannya terjadi selama 1 minggu, dan lontaran debunya mencapai 10 km di atas permukaan laut.
Kejadian ini menyebabkan kematian massal, dan pada beberapa spesies hewan dan tumbuhan mengalami kepunahan. Menurut beberapa bukti DNA, letusan ini juga telah menimbulkan jumlah manusia di bumi, berkurang sampai sekitar 60% dari jumlah populasi manusia bumi saat itu, yaitu: sekitar 60 juta manusia. Letusan tersebut juga menyebabkan terjadinya zaman esa, akibat adanya abu vulkanik letusan gunung tersebut yang menutupi sinar matahari.
Letusan Gunung Toba Purba, merupakan letusan kombinasi antara aktivitas vulkanik dan aktivitas lempeng tektonik. Akibat meletusnya Gunung Toba ini, seteluruh tubuh Gunung Toba, terlempar ke udara dan hanya menyisakan kaki gunungnya yang membentuk kaldera yang kemudian terisi oleh air dan menjadi yang sekarang dikenal sebagai: Danau Toba. Tekanan ke atas oleh magma yang belum keluar, menyebabkan munculnya pulau baru di tengah-tengah kaldera, yang saat ini dikenal dengan: Pulau Samosir.
Penyebaran debu gunung api ini sangat luas, ditemukan hampir di seluruh dunia. Berasal dari sebuah erupsi sepervolcano purba, yaitu: Gunung Toba. Dugaan mengarah ke Gunung Toba karena ditemukan bukti bentuk molekul debu vulkanik yang sama di 2.100 titik. Sejak kaldera kawah, hingga 3.000 mil dari sumber letusan. Bahkan yang cukup mengejutkan, ternyata penyebaran debu itu sampai terekam hingga Kutub Utara. Bukti-bukti yang ditemukan memperkuat dugaan, bahwa kekuatan letusan dan gelombang lautnya, sempat memusnahkan kehidupan di Atlantis.

b)   Sumber air sungai
Di dunia ini, terdapat beribu-ribu sungai dengan panjang dan lebar yang beragam. Jika sungai terpanjang di dunia adalah Sungai Nil dengan panjang 6.650 km yang melewati sebelas negara di Afrika, yaitu: Tanzania, Uganda, Rwanda, Burundi, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Ethiopia, Eritrea, Sudan Selatan, Sudan, dan Mesir. Maka, tahukah kalian sungai apakah yang terpanjang di Indonesia ?
Sungai terpanjang di Indonesia adalah Sungai Kapuas di Kalimantan Barat dengan panjang total mencapai 1.178 km. sungai ini mengalirkan air dari mata air Pegunungan Muller hingga muara sungai di Selat Karimata.
Lalu, apakah yang dimaksud dengan sungai ? Bagaimana manfaat dan perannya dalam pembangunan ekonomi di Indonesia ? Mari kita cari tahu.
Sungai adalah massa air yang secara alami mengalir melalui suatu lembah. Kebanyakan sungai, mengalir di permukaan bumi ke tempat yang lebih rendah dan sebagian meresap di bawah permukaan tanah. Aliran sungai, tidak tetap. Kadang deras dan kadang lambat, tergantung pada kemiringan sungai. Alirannya mengikuti saluran tertentu, yang di kanan-kirinya dibatasi tebing yang curam.
Pemanfaatan serta peran sungai dalam pengembangan ekonomi, adalah:
(1) Sumber Air Industri
Aliran sungai di Indonesia pada bidang industri, umumnya dimanfaatkan oleh perusahaan air minum. Perusahaan ini memanfaatkan air sungai sebagai bahan baku untuk disuling dan diolah menjadi air mineral yang menyegarkan bagi masyarakat secara luas. Hal ini jelas sangat mendukung perkembangan ekonomi negara, mengingat pengambilan bahan baku di sungai dapat meminimalkan biaya produksi dan memaksimalkan keuntungan.
(2) Irigasi
Pemnfaatan untuk irigasi pada umumnya dilakukan oleh petani untuk mengairi sawah atau kebunnya, agar kebutuhan air pada tanamannya dapat terpenuhi sehingga hasil panennya pun akan menjadi maksimal. Jika hasil panen maksimal, maka pendapatan yang akan diperoleh pun akan optimal.
(3) Perikanan
Usaha perikanan sering dilakukan masyarakat, terutama pada sungai-sungai besar dengan aliran yang tidak begitu deras. Masyarakat pada umumnya membangun keramba atau kolam ikan, dekat dengan sungai. Pemilihan tempat yang demikian, sangat menguntungkan petani, karena pembuangan limbah serta pengisian kembali kolam dengan air, dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus memompa terlebih dahulu seperti jika pembuatan kolam jauh dari sungai.
(4) Transportasi
Sungai juga dapat dimanfaatkan sebagai sarana transportasi, seperti di Pulau Kalimantan. Di pulau tersebut, sungai yang ada, cukup, termasuk sungai besar sehingga aksesibilitasnya akan lebih cepat dan murah melalui sungai daripada melaui daratan.
(5) Rekreasi
Pemanfaatan sungai yang lain adalah sebagai destinasi wisata. Pada umumnya sungai yang dipilih sebagai destinasi wisata adalah sungai yang memiliki banyak jeram, sehingga dapat dimanfaatkan sebagai wisata arung jeram.
(6) Sumber Bahan Bangunan (pasir dan batu)
Selain sebagai penyuplai air, sungai juga mampu menyuplai bahan bangunan, seperti: pasir dan batu. Terlebih lagi pada sungai-sungai yang memiliki hulu di sekitar gunung berapi, seperti: Sungai Gendol, Sungai Code, dan Sungai Progo.

4)   Udara
Setiap makluk yang hidup di dunia ini pasti membutuhkan udara, baik manusia, hewan, dan tumbuhan. Lapisan udara di permukaan bumi disebut atmosfer, yang dibagi menjadi beberapa macam, yaitu: nitrogen sebesar 78%, oksigen 21%, serta 1% berupa uap air; karbon dioksida; dan gas-gas lain. Oksigen adalah udara yang sehari-hari kita hirup dan dibutuhkan oleh tubuh manusia dari berbagai jenis udara yang terdapat di atmosfer. Nitrogen juga, bermanfaat bagi kehidupan manusia. Nitrogen bagi tumbuhan, membantu mempercepat pertumbuhan tanaman, meningkatkan produksi bibit dan buah, serta memperbaiki kualitas daun dan akar.
Selain itu, udara yang bergerak, atau biasa kita sebut dengan angin, juga memiliki peranan yang besar bagi kehidupan manusia. Bangsa-bangsa Barat yang datang ke Indonesia pada masa lampau, menggunakan kapal-kapal yang digerakkan oleh tenaga angin. Angin juga dapat digunakan sebagai sumber energ, caranya: dengan mengubah energ gerak angin menjadi energi listrik. Udara juga dimanfaatkan oleh manusia sebagai sarana rekreasi dan olahraga, seperti: terjun payung, gantole, terbang layang, dan main layang-layangan.

Renungkan
Seiring dengan kemajuan teknologi, pencemaran lingkungan semakin marak terjadi di lingkungan sekitar kita. Coba kalian perhatikan, sampai saat ini masih banyak industri di kota-kota besar, pencemaran udaranya sangat terasa dampaknya. Selain itu, asap dari kendaraan bermotor juga mencemari udara. Udara yang kita hirup, menjadi kotor dan merusak kesehatan. Pencemaran udara juga dapat disebabkan oleh pembakaran hutan secara ilegal. Bagaimanakah sikap yang harus kita lakukan terhadap fenomena tersebut ?

Panas bumi, merupakan sebuah energi yang dihasilkan dari dalam perut bumi. Sumber panas bumi, umumnya dijumpai di daerah sekitar gunung api. Indonesia, Selandia Baru, dan Islandia, potensial sekali untuk memanfaatkan panas bumi ini.
Energi ini sifatnya dapat diperbarui, tidak seperti minyak bumi dan batu bara. Panas bumi memiliki fungsi dan peranan penting dalam kehidupan manusia, karena dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Keunggulan panas bumi, selain merupakan energi yang dapat diperbarui, energi panas bumi juga ramah lingkungan.
Dalam uraian di atas, kamu telah mempelajari peran sumber daya alam dalam pemenuhan kehidupan sehari-hari dilihat dari kegunaannya. Contoh: bunga Rosella untuk kesehatan manusia, diantaranya: membantu menurunkan tekanan darah tinggi (menstabilkan tekanan darah), kolesterol, batuk, panas dalam, ambeien, dan jantung. Kayu: sebagai kayu bakar dan bahan bangunan. Rempah-rempah: untuk minuman.

Aktivitas Individu
Petunjuk mengerjakan:
1.    Kerjakan sesuai dengan tabel yang ada di bawah.
2.    Carilah data wilayah di Indonesia yang memiliki potensi energi panas bumi (geothermal).
3.    Identifikasi wilayah yang paling unggul dalam pemanfaatan energi panas bumi (geothermal) terhadap pendapatan nasional.
4.    Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Potensi dan Pemanfaatan Energi Geothermal di Indonesia
No.
Lima wilayah dengan potensi tertinggi
No.
Lima wilayah dengan pemanfaatan paling unggul
1.



2.



3.



4.




2.    Fungsi dan Peran Sumber Daya Alam dalam Pembangunan Ekonomi
Sebelum kamu memahami fungsi dan peran sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi, kamu perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertian dan sifat pembangunan ekonomi.
a.    Pengertian dan Sifat Pembangunan Ekonomi
Pernahkah kamu mendengar istilah pembangunan ekonomi ?
Berdasarkan pengertian di atas, dapat disimpulkan, bahwa pembangunan ekonomi memiliki empat sifat penting. Pembangunan ekonomi merupakan:
1)   Suatu Proses
Pembangunan ekonomi merupakan suatu proses, artinya pembangunan ekonomi itu berlangsung secara terus menerus, bukan merupakan suatu kegiatan yang sifatnya insidental.
2)   Usaha untuk meningkatkan pendapatan per kapita
Dikatakan terjadi pembangunan ekonomi, jika terjadi kenaikan dalam pendapatan per kapita. Karena, kenaikan pendapatan per kapita itu merupakan cermin terjadinya kesejahteraan ekonomi masyarakat.
3)   Kenaikan pendapatan per kapita berlangsung dalam jangka panjang
Pendapatan per kapita, secara rata-rata meningkat dari tahun ke tahun. Namun, hal tersebut bukan berarti bahwa pendapatan per kapita harus mengalami kenaikan terus menerus, tetapi pada suatu waktu tertentu dapat turun, namun turunnya tidak terlalu besar.
4)   Kenaikan pendapatan per kapita diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi dan atau kelembagaan
Maksudnya, dikatakan terjadi pembangunan ekonomi, bukan saja berarti peningkatan pendapatan per kapita, namun kenaikan pendapatan per kapita yang diikuti dengan terjadinya perubahan teknologi. Misalnya di sektor pertanian, yang dulunya pengolahan lahan menggunakan tenaga hewan yang biasa disebut dengan luku atau garu, sekarang menggunakan traktor. Untuk memahami ketiga konsep tersebut, kerjakan aktivitas kelompok berikut.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Jika tersedia, carilah data pendapatan nasional selama 5 tahun dari tahun 2008 – 2013.
3.    Hitunglah persentase kenaikan setiap tahun.
4.    Diskusikan dengan temanmu, dari data tersebut menunjukkan terjadi pertumbuhan atau pembangunan ekonomi.
5.    Mengapa demikian ? berilah alasan !
6.    Presentasikan hasil diskusi di depan kelas.
7.    Tuliskan simpulan hasil diskusi kelas.

Wawasan
Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat di suatu negara atas penggunaan faktor-faktor produksi yang dihitung selama satu periode, biasanya selama satu tahun kalender. Pendapatan per kapita adalah pendapatan nasional dibagi dengan jumlah penduduk. Suatu negara dikatakan terjadi pertumbuhan ekonomi, jika negara tersebut pendapatannya mengalami kenaikan. Suatu negara dikatakan terjadi pembangunan ekonomi, jika negara tersebut pendapatan per kapitanya mengalami kenaikan, tetapi kenaikan pendapatan per kapita tersebut dicapai dengan menggunakan teknologi modern atau dibarengi adanya perubahan pola pikir masyarakat atau kelembagaan.

Setelah kamu memahami pengertian pembangunan ekonomi, selanjutnya kamu dapat memahami tentang pentingnya SDA dalam pembangunan ekonomi.

b.    Pentingnya SDA dalam Pembangunan Ekonomi
Untuk memahami pentingnya sumber daya alam terhadap pembangunan ekonomi, kamu harus bisa melihat sejarah yang menunjukkan bahwa masyarakat dapat mencapai kemakmuran karena berhasil memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki.
Selain itu, data menunjukkan bahwa kenaikan harga minyak tahun 1974, menyebabkan negara Kuwait, Saudi Arabia, dan Uni Arab Emirat penghasil minyak mencapai pendapatan per kapita tertinggi di dunia. Dari data ini, dirasakan pentingnya sumber daya alam dalam pembangunan ekonomi.
Simon Kuznets mengatakan, bahwa pertumbuhan ekonomi dibatasi oleh kekurangan absolut dari sumber daya alam. Dari pernyataan Simon tersebut, tersirat perkiraan bahwa negara-negara yang miskin akan sumber daya alam, akan terhambat pertumbuhan ekonominya.

Mengenal Tokoh
Adam Smith mengemukakan teorinya tentang “absolute comparative advantage”. Teori tersebut mengatakan bahwa setiap masyarakat berproduksi sesuai dengan keunggulan komparatif yang dimilikinya. Artinya, masyarakat yang kaya akan sumber daya alam, akan lebih mampu berproduksi dibandingkan dengan masyarakat lain yang sumber daya alamnya lebih sedikit.

Renungkan
Jika suatu negara ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sumber daya alam harus mampu menunjang pertumbuhan ekonomi tersebut. Untuk itu, kalian harus membantu bagaimana cara menjaga dan menggunakan serta melestarikan sumber daya alam dengan baik.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa sumber daya alam memiliki banyak manfaat bagi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Nah sekarang diskusikan dengan teman sebangkumu, apabila negara kita ingin meningkatkan pertumbuhan ekonomi, dapatkah potensi sumber daya alam yang kita miliki, dapat menunjang pertumbuhan ekonomi tersebut ? Apakah kalian sudah memperoleh jawaban ? Untuk dapat mengetahui jawabannya, kalian baca uraian berikut.
Kenyataan yang terjadi di negara kita, menunjukkan bahwa salah satu masalah yang harus dihadapi manusia adalah semakin tipisnya persediaan sumber daya alam. Berarti, apabila sumber daya alam terus dieksploitasi untuk mengejar pertumbuhan ekonomi, dimungkinkan beberapa saat lagi pertumbuhan akan terhenti, yang berarti pembangunan ekonomi akan mengalami kemandegan. Kemandegan ini disebabkan karena habisnya pasokan SDA. Nah, bagaimana cara untuk mengelola SDA yang bertanggung jawab dan permasalahannya, akan dibahas pada uraian materi selanjutnya setelah kalian memahami tentang peranan SDA dalam pembangunan ekonomi. Untuk melihat fungsi dan peran SDA dalam pembangunan ekonomi, akan dibedakan fungsi dan peran SDA hayati dan non hayati.

c.    Fungsi dan Peran SDA Hayati terhadap Pembangunan Ekonomi
Untuk memahami fungsi dan peran sumber daya alam hayati terhadap pembangunan ekonomi, kalian baca tulisan berikut. Setelah itu, kalian kerjakan aktivitas kelompok.

Target PDB Sektor Pertanian 2012, Naik 3,69 Persen
JAKARTA, KOMPAS.com- (Bisnis dan Keuangan)
Menteri Pertanian Suswono, Senin (2/1/2012), dalam konferensi pers awal tahun mengatakan, tahun 2012 Kementan mendapat alokasi dana Rp 17,81 triliun. Anggaran itu untuk alokasi 12 program, juga untk mendukung pencapaian surplus produksi beras 10 juta ton tahun 2014.
Kementan juga disetujui mendapat alokasi tambahan yang berasal dari dana kontigensi pemerintah sebesar Rp 1,775 triliun. Juga masih ada alokasi anggaran subsidi pupuk Rp 16,94 triliun, dan subsidi benih Rp 279,86 miliar, serta cadangan benih nasional Rp 367,1 miliar.
Melalui pengalokasian anggaran itu, ditargetkan 2012 pertumbuhan PDB sektor pertanian 3,69%, penyerapan tenaga kerja 44,52 juta orang.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Baca tulisan di atas, kemudian diskusikan dengan teman kalian dalam kelompok, apa isi dari tulisan tersebut.
3.    Tuliskan kesimpulan dari hasil diskusi
4.    Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Sudahkah kalian selesai mengisi lembar aktivitas kelompok ? Kesimpulan dari tulisan tersebut adalah bahwa dari alokasi anggaran di sektor pertanian, ditargetkan 2012 pertumbuhan PDB sector pertanian adalah 3,69% dan penyerapan tenaga kerja 44,52 juta orang. Hal tersebut menunjukkan bahwa target peran dari sektor pertanian yang dihasilkan dari hasil pengolahan SDA hayati terhadap PDB adalah sebesar 3,69%. Sedangkan dilihat dari perannya terhadap penyerapan tenaga kerja, ditargetkan sektor pertanian mampu menyerap tenaga kerja sebesar 44,52 juta orang. Ini adalah jumlah yang cukup besar.
Untuk mempelajari secara rinci bagaimana fungsi dan peran sumber daya alam hayati sebenarnya terhadap pembangunan ekonomi, bacalah uraian materi berikut.
Sumber daya alam hayati adalah semua makhluk hidup, seperti: tumbuhan, hewan, mikroba, yang ada di muka bumi ini. Pemanfaatan tumbuhan oleh manusia, diantaranya: bahan makanan (padi, gandum, tebu), bahan bangunan (kayu jati, kayu mahoni), bahan bakar (kelapa sawit, jarak), dan obat (jahe, kunir, kina).
Terkait dengan fungsi dan peran SDA hayati, kamu perlu mengetahui bahwa Indonesia dikenal sebagai Negara agraris, karena sebagian besar penduduk Indonesia mempunyai pencaharian dibidang pertanian atau bercocok tanam. Indonesia memiliki lahan seluas lebih dari 31 juta ha yang telah siap tanam, dimana sebagian besar dapat ditemukan di Pulau Jawa. Pemanfaatan SDA hayati yang berupa hewan, dapat digunakan sebagai pembantu pekerjaan berat manusia. Contoh: kerbau dapat digunakan sebagai alat bantu pengolah tanah sawah, kuda dapat digunakan sebagai alat bantu transportasi.
Sumber daya alam hayati merupakan ciptaan Tuhan, namun SDA tersebut untuk dapat diamanfaatkan, masih perlu diolah. Perlu kamu pahami bahwa produksi pertanian adalah hasil dari SDA hayati yang merupakan hasil langsung dari adanya aktivitas produksi.
Peran sektor pertanian yang merupakan dari hasil SDA hayati terhadap pendapatan nasional, tampak pada fakta bahwa Indonesia mendapat penghargaan dari FAO (Food and Agricultural Organization) atas keberhasilannya dalam swasembada beras.
Sebagian besar masyarakat Indonesia, menggantungkan hidupnya dari sektor agraris. Baik itu bercocok tanam, beternak, ataupun lainnya. Dapat diambil kesimpulan bahwa pertanian adalah sektor penting di Indonesia dengan beberapa alasan sebagai berikut:
1)   Pertanian di Indonesia merupakan potensi sumber daya alam yang besar dan beragam.
2)   Pangsa terhadap pendapatan nasional, cukup besar.
3)   Besarnya penduduk yang menggantungkan hidupnya pada sektor ini.
4)   Menjadi basis pertumbuhan di pedesaan.
Peranan pertanian terhadap pendapatan nasional, erat kaitannya dengan peranan pertanian terhadap perekonomian. Peranan sektor pertanian bagi perekonomian Indonesia, cukup signifikan. Hal ini ditunjukkan pada kontribusi sektor pertanian terhadap pendapatan nasional yang cukup besar. Kondisi ini tampak pada tabel 3.3
Tabel 3.3 Tabel Kontribusi Sektor Pertanian terhadap Pendapatan Nasional (PDB) (dalam milyar rupiah) tahun 2012-2013.
Lapangan Usaha
Jumlah
2012
2013
Pertanian, Peternakan, Kehutanan & Perikanan
1.091.447
1.190.412
Tanaman Bahan Makanan
529.968
574.330
Tanaman Perkebunan
153709
159.753
Peternakan
129.297
146.089
Kehutanan
51.781
54.906
Perikanan
226.691
255.332
Total PDB sektor pertanian
1.091.447
1.190.412
Produk Domestik Bruto
7.422.781
8.241.864

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Diskusikan dengan teman kalian dalam kelompok, berdasarkan tabel di atas, berapa sumbangan sektor pertanian terhadap pendapatan nasional (PDB).
3.    Apakah arti dari persentase sumbangan sektor pertanian terhadap pendapatan nasional tersebut.
4.    Gunakan buku di perpustakaan dan atau jika tersedia sumber internet disekolahmu dapat kamu manfaatkan untuk membantu menemukan jawaban nomor 3 tersebut.
5.    Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Setelah kalian mengerjakan aktivitas kelompok, tentu kalian dapat mengambil kesimpulan dari tabel tersebut. Kesimpulannya menunjukkan bahwa perekonomian Indonesia pada tahun 2013, tumbuh sebesar 6,23% dibanding tahun 2012. Sektor pertanian, menyumbang 14% terhadap pendapatan nasional (PDB) dan sektor pertanian tumbuh sebesar 9% dari tahun 2012 ke tahun 2013.

Wawasan
Pendapatan nasional adalah jumlah keseluruhan pendapatan yang diterima oleh seluruh lapisan masyarakat selama periode tertentu, untuk Indonesia selama satu tahun kalender. Produk Domestik Bruto (PDB) adalah pendapatan nasional yang dihasilkan oleh wilayah suatu negara (dihasilkan oleh warga negara suatu negara maupun warga negara asing yang tinggal di suatu negara). Sedangkan Pendapatan Nasional Bruto (PNB) adalah pendapatan nasional yang dihasilkan oleh warga negara (baik yang tinggal di dalam negeri maupun di luar negeri). Perlu kalian ketahui, hingga saat ini, tidak banyak orang yang tahu dan paham bahwa sektor pertanian memberi sumbangan yang cukup besar pada pendapatan nasional (PDB) negara, dan banyak yang beranggapan bahwa sektor pertanian hanya sektor sampingan yang tidak perlu terlalu diperhatikan. Meskipun hanya memberi 14% sumbangan sektor pertanian terhadap pendapatan nasional (PDB), sektor ini menjadi barang komoditi yang paling dicari oleh masyarakat, karena menjadi kebutuhan primer dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Oleh sebab itu, sektor pertanian harus diperhatikan dengan lebih baik. Dengan meningkatkan hasil produksi dari sektor pertanian, selain bermanfaat sebagai pemenuh kebutuhan setiap keluarga, juga bisa menjadi sektor yang amat menguntungkan apabila dibawa ke pangsa pasar dan dilihat pada pangsa pasar yang lebih luas.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa peran SDA Hayati terhadap pembangunan ekonomi, adalah:
1)   Menaikkan Produk Domestik Bruto (PDB)
Apabila dilihat dari segi ekonomi, sektor pertanian ini mampu menaikkan PDB kita dan membawa keuntungan.
2)   Penyedia Lapangan Pekerjaan
Peran SDA Hayati dalam bentuk produksi pertanian, telah mampu menyediakan lapangan pekerjaan yang cukup banyak, yang tampak pada tabel berikut.
Tabel Lapangan Kerja Utama Indonesia tahun 2013
No.
Lapangan Pekerjaan Utama
Jumlah
1.
Pertanian, Perkebunan, Kehutanan, Perburuan, dan Perikanan
39.959.073
2.
Pertambangan dan Penggalian
1.555.564
3.
Industri
14.784.843
4.
Listrik, Gas dan Air
254.528
5.
Konstruksi
6.885.341
6.
Perdagangan, Rumah Makan dan Jasa Akomodasi
24.804.705
7.
Transportasi, Pergudangan dan Komunikasi
5.231.775
8.
Lembaga Keungan, Real Estate, Usaha Persewaan dan Jasa Perusahaan
3.012.770
9.
Jasa Kemasyarakatan, Sosial dan Perorangan
17.532.590
10.
Lainnya
-
Total
114.021.189

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Diskusikan dengan teman kalian dalam kelompok, berdasarkan tabel di atas, berapa sumbangan sektor pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja.
3.    Apakah arti dari persentase sumbangan sektor pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja tersebut.
4.    Gunakan buku di perpustakaan dan atau jika tersedia sumber internet disekolahmu dapat kamu manfaatkan untuk membantu menemukan jawaban nomor 3 tersebut.
5.    Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Setelah kalian mengerjakan aktivitas kelompok, tentu kalian dapat mengambil kesimpulan dari tabel tersebut. Berdasarkan tabel tersebut, dapat diketahui bahwa peran sektor pertanian terhadap penyerapan tenaga kerja adalah sebesar 33% (BPS 2012). Ini merupakan angka yang cukup besar. Tabel tersebut juga menunjukkan bahwa struktur tenaga kerja saat ini, masih didominasi oleh sektor pertanian.

3)   Menyejahterakan Petani
Sektor pertanian merupakan sumber utama kehidupan dan pendapatan masyarakat petani. Menyejahterakan disini mengandung arti luas, mampu menumbuhkembangkan partisipasi petani dan mampu meningkatkan keadaan sosial ekonomi petani melalui peningkatan akses terhadap: teknologi, modal, dan pasar.
4)   Penyedia Pangan Masyarakat
Keterkaitan peran petani dengan masyarakat, bisa disamakan sebagai keterkaitan antara produsen dan konsumen. Oleh karena itu, terdapat saling ketergantungan antara peran petani dengan masyarakat dalam pemenuhan setiap kebutuhan masyarakat. Di wilayah Indonesia, profesi sebagai petani mampu mengurangi angka pengangguran yang cukup besar, dimana sektor pertanian terbuka secara luas asalkan memiliki modal dan pengetahuan yang cukup, dalam pengelolaan usaha tani tersebut.
5)   Menjadi Basis Pertumbuhan Ekonomi
Sektor pertanian meski hanya menyumbang tidak sampai dari ¼ pendapatan negara, tetapi menjadi penopang terhdap pendapatan dari setiap negara terutama di Indonesia yang tiap tahunnya mengekspor mete, beras, dan berbagai bahan pokok lainnya dalam pangan, menjadi pemasukan devisa negara tiap tahunnya. Dari data BPS 2010, sektor pertanian menempati peringkat ke-2 setelah sektor industri dalam pendapatan negara tiap tahunnya.

d.   Fungsi dan Peran SDA Non Hayati terhadap Pembangunan Ekonomi
Sumber daya alam non hayati merupakan SDA yang dapat diusahakan kembali keberadaannya dan dapat dimanfaatkan secara terus-menerus, contohnya: air, angin, tanah, dan sinar matahari.
Air merupakan salah satu kebutuhan utama makhluk hidup, hal ini dikarenakan tubuh makhluk hidup di bumi ini sebagian besar terdiri dari cairan. Dari total wilayah perairan yang ada, 97% merupakan air asin (laut, samudera), dan hanya 3% yang merupakan air tawar (sungai, danau). Air juga digunakan untuk: pengairan, bahan dasar industri minuman, penambangan, dan asset rekreasi. Dibidang energi, teknologi penggunaan air sebagai sumber listrik pengganti minyak bumi, telah dan akan terus berkembang, karena selain terbarukan, energi yang dihasilkanpun cenderung tidak berpolusi.
Angin mampu menghasilkan energi dengan menggunakan turbin yang pada umumnya diletakkan dengan ketinggian lebih dari 30 meter di daerah dataran tinggi. Selain sumbernya yang terbarukan dan selalu ada, energi yang dihasilkan angin, jauh lebih bersih dari residu yang dihasilkan oleh bahan bakar lain pada umumnya.
Tanah termasuk salah satu SDA non hayati yang penting untuk menunjang pertumbuhan penduduk. Pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan, secara langsung juga terkait dengan tingkat kesuburan dan kualitas tanah. Tanah tersusun atas beberapa komponen, seperti: udara, air, dan mineral.
Selain contoh di atas, sumber daya non hayati yang tergolong sangat penting adalah bahan tambang.
SDA hasil penambangan, memiliki beragam fungsi bagi kehidupan manusia, seperti: sebagai bahan dasar infrastruktur, kendaraan bermotor, sumber energi, maupun sebagai hiasan. Beberapa contoh hasil tambang dan pemanfaatannya: avtur untuk bahan bakar pesawat terbang, bensin untuk bahan bakar kendaraan bermotor, minyak tanah untuk bahan baku lampu minyak, solar untuk bahan bakar kendaraan disel, batu bara dimanfaatkan untuk bahan bakar industri dan rumah tangga, bijih besi untuk peralatan rumah tangga, dan lain-lain. Bahan tambang merupakan semua mineral dan batuan, kecuali mineral logam dan energi, yang digali dan diproses untuk penggunaan akhir industri dan konstruksi, termasuk juga mineral logam yang bukan untuk dilebur seperti: bauksit, kromit, ilmenit, bijih, mangan, zircon, dan lain-lain.

Wawasan
Indikator tingkat keberkualitasan pertumbuhan, antara lain: dilihat dari kemampuan pemerintah dalam menekan angka pengangguran dan angka kemiskinan (Alviliani, 2010). Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia dalam 5 tahun terakhir, rata-rata mengalami kenaikan sebesar 6%. Namun peningkatan PDB selama ini, kurang signifikan dalam menyerap pengangguran dan penurunan tingkat kemiskinan. Pertumbuhan pendapatan nasional, seharusnya tidak hanya terfokus dengan kenaikan jumlah nominal, namun juga bagaimana kenaikan tersebut berkontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja, penurunan kesenjangan distribusi pendapatan, dan penurunan jumlah kemiskinan.

Aktivitas Kelompok
1.    Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang.
2.    Cari data sumbangan sektor pertambangan dan energi terhadap pendapatan nasional dan penyerapan tenaga kerja, selama 5 tahun terakhir.
3.    Diskusikan dengan teman kalian dalam kelompok, berdasarkan data di atas, berapa sumbangan sektor pertambangan dan energi terhadap pendapatan nasional dan penyerapan tenaga kerja.
4.    Apakah arti dari persentase sumbangan sektor pertambangan dan energi terhadap pendapatan nasional dan penyerapan tenaga kerja tersebut.
5.    Gunakan buku di perpustakaan dan atau jika tersedia sumber internet disekolahmu dapat kamu manfaatkan untuk membantu menemukan jawaban nomor 4 tersebut.
6.    Presentasikan hasil diskusi kalian di depan kelas.

Setelah kalian mengerjakan aktivitas kelompok, tentu kalian dapat mengambil kesimpulan dari data tersebut. Data tersebut menunjukkan bahwa peran sektor pertambangan yang merupakan wujud dari SDA non hayati terhadap pendapatan nasional, adalah sebesar 15,57%. Disamping itu, pembangunan sektor industri pengolah yang juga merupakan wujud dari SDA non hayati juga menjadi sangat penting karena kontribusinya terhadap pembentukan PDB sangat besar. Pada tahun 2004, industri pengolahan (migas dan non-migas) mencapai 28,07% dan pada tahun 2012 sebesar 23,98%. Peran sektor pertambangan dan penggalian sebesar 11,78%. Dengan jumlah tenaga kerja pada tahun 2012 sekitar 14 juta orang di sektor industri, maka sektor industri turut memberikan kontribusi sebesar 12-13% terhadap total tenaga kerja nasional.

***

2 komentar: