Kamis, 26 April 2012

Contoh Program Kegiatan Matrikulasi



BAB  I
PENDAHULUAN


I. Latar Belakang

          Sesuai dengan amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 50 Ayat 3 : “Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya satu Satuan Pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi Satuan Pendidikan yang bertaraf internasional”, maka Direktorat Pembinaan SMP mulai Tahun Pelajaran 2007/2008 memandang penting untuk menyelenggarakan rintisan SMP bertaraf internasional, yang selanjutnya disebut Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI).
           SMP Negeri 2 Garut sebagai Sekolah Standar Nasional yang ada di kabupaten Garut, ditetapkan oleh Pusat sebagai penyelenggara RSBI Tahun Pelajaran 2008/2009. Dengan demikian SMP Negeri 2 Garut diharapkan mampu melakukan langkah-langkah strategis sebagai suatu persiapan menuju sekolah yang benar-benar memiliki karakteristik internasional secara baik dan profesional. Konsekuensinya, adalah : SMP Negeri 2 Garut perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian dari kondisi yang ada ke arah bertaraf internasional.
           Calon siswa baru RSBI selain harus memiliki kompetensi dan kecerdasan tinggi, juga mampu berkompetisi secara global dengan siswa-siswa dari negara lain. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan, SMP Negeri 2 Garut dapat melakukan Bridging Course atau Matrikulasi bagi siswa baru kelas VII RSBI untuk memperoleh kemampuan yang relatif sama sebelum mengikuti program pembelajaran sesuai kurikulum yang ada.

II. Rasional

        Dasar pemikiran penyusunan Program Matrikulasi bagi siswa baru kelas VII RSBI SMP Negeri 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009, adalah :
1.   UU No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.   Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan
3.   SK Kepala SMP Negeri 2 Garut No : 421.7/038/SMP, tentang Team Pengembang RSBI SMPN 2 Garut Semester Genap Tahun Pelajaran 2007/2008
4.   Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) Persiapan RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009



III. Tujuan

        Adapun Tujuan Program Matrikulasi bagi siswa baru kelas VII RSBI SMP Negeri 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009, yaitu :
1.   Untuk memperoleh kemampuan yang relatif sama bagi siswa, sebelum mengikuti program pembelajaran selanjutnya.
2.   Untuk mengetahui kemampuan awal dari siswa dengan menggunakan media komunikasi pembelajaran  berbahasa Inggris.
3.   Untuk mempersiapkan prasesi kondisi psikologis siswa sebagai jembatan transisi dari kondisi lama di lingkungan SD ke kondisi baru di lingkungan SMP.
4.   Untuk memperoleh data awal bagi guru tentang kompetensi yang dimiliki siswa dan berguna sebagai input/masukan bagi langkah tindak lanjut (Follow-Up) pada program pembelajaran selanjutnya.
5.   Dapat dijadikan dokumen sekolah.

IV. Ruang Lingkup

         RSBI mensyaratkan calon siswa baru memiliki kompetensi dan kecerdasan tinggi. Hal ini didasari oleh tuntutan kurikulum bertaraf internasional yang mengharuskan siswa-siswa yang masuk kelas internasional harus mampu berkompetisi secara global dengan siswa-siswa dari negara lain.
         Kemampuan yang lazim menjadi tolok ukur keinternasionalan, adalah : kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing (Bahasa Inggris), kemampuan dalam Sains, dan kemampuan dalam bidang Teknologi. Dengan demikian ruang lingkup matrikulasi siswa baru terdiri dari :
1.      Matrikulasi mata pelajaran Matematika
2.      Matrikulasi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.      Matrikulasi mata pelajaran Bahasa Inggris
4.      Matrikulasi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
          Proses pembelajaran keempat mata pelajaran yang akan di matrikulasi dengan mengunakan media komunikasi pembelajaran berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia (Bilingual).

V. Kepanitiaan

Penanggung Jawab Umum                : Drs. Iden Suparno M.Pd.
Ketua Team Pengembang RSBI       : Edi Irawan, S.Pd.
Sekretaris RSBI                                 : Dede Sudjadi, S.Pd.
Bendahara RSBI                               : Masrun Gartiwa, S.Pd.
Koordinator Matrikulasi                    : Drs. Ade Bastiawan
Anggota                                             : 1. Dra. Hepy Purwati
                                                             2. Lilis Yuniarningsih, S.Pd.


VI. Anggaran Biaya

Rencana Penerimaan :
- Sumber Dana dari Pusat                                          Rp 3.060.000,00


Rencana Pengeluaran :
-          ATK                                                                    Rp    960.000,00                    
-          Konsumsi Persiapan Panitia Matrikulasi             Rp    100.000,00
-          Honor                                                                 
-          Panitia Matrikulasi                                         Rp    800.000,00
-          Guru                                                              Rp 1.200.000,00
                                                                      ______________
                                                                       Rp 3.060.000,00





BAB  II
LANGKAH PELAKSANAAN KEGIATAN


I.     Persiapan dan Perencanaan

        Penyelenggaraan Matrikulasi siswa baru kelas VII RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009 memerlukan persiapan dan perencanaan yang baik, agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan serta memenuhi prinsip-prinsip Relevansi, Konsistensi dan Kecukupan untuk membantu siswa dalam penguasaan kompetensi. Dengan demikian konsultasi intensif dari Panitia Matrikulasi, Pengumpulan data serta hal-hal lain yang berhubungan dengan penyelenggaraannya menjadi faktor yang menentukan keberhasilan pelaksanaan kegiatan Matrikulasi.

          Persiapan dan perencanaan dapat diuraikan dalam time schedule berikut ini :
No
Jenis Kegiatan
Pelaksanaan
Penanggung Jawab

1.



2.
 

3.


4.

5.



6.


  7.





 

8.



9.

10.



11.

12.

Pembentukan Team Pengembang
Persiapan RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009

Arahan teknis langkah-langkah kegiatan Matrikulasi

Penyusunan Program Matrikulasi


Persiapan Matrikulasi

Data siswa baru RSBI yang diterima/
Lulus, dan Rekomendasi guru pemberi materi Matrikulasi

Rapat Konsolidasi Panitia Matrikulasi


Pengadministrasian :
-    Daftar siswa baru RSBI
-    Jadwal Guru pemberi materi Matri-
kulasi
-    Daftar Hadir Siswa
-    Daftar Hadir Guru
-    Daftar Hadir Panitia

Upacara Pembukaan Kegiatan Matrikulasi


Pelaksanaan Matrikulasi

Upacara Penutupan Kegiatan Matrikulasi


Insentif / Honor

Pelaporan

17 Januari 2008



25 – 31 Januari 2008

 
11 – 18 Pebruari 2008


21 – 24 Mei 2008


25 Mei 2008



27 Juni 2008




19 – 31 Mei 2008


 


30 Juni 2008


30 Juni – 3 Juli 2008

3 Juli 2008



3 Juli 2008

17 Juli 2008

Kepala Sekolah



Ketua Team Pengem-
bang RSBI

Koordinator Matrikulasi


Panitia


Sekretaris RSBI



Panitia




Koordinator Matrikulasi





Kepala Sekolah + Komite Sekolah

Panitia + Guru

Kepala Sekolah + Komite Sekolah


Bendahara RSBI

Koordinator Matrikulasi



II. Pengorganisasian

          Untuk menyatukan persepsi diantara Panitia Matrikulasi siswa baru kelas VII RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009, agar mempunyai gerak langkah yang sama dalam pelaksanaan tugasnya masing-masing sesuai dengan TUPOKSI, maka perlu kiranya suatu Description Job yang jelas untuk dilaksanakan oleh masing-masing sesuai dengan tugas dan kewajibannya.
Adapun rinciannya sebagai berikut :
1.      Penanggung Jawab Umum (Kepala Sekolah) : Drs. Iden Suparno, M.Pd.
-    Membentuk Team Pengembang Persiapan RSBI SMPN 2 Garut
-    Memberi petunjuk dan arahan kepada Panitia Matrikulasi
2.      Ketua Team Pengembang RSBI (PKS Kurikulum) : Edi Irawan, S.Pd.
-    Memberikan input/masukan kepada Koordinator Matrikulasi
-    Pemantauan jalannya penyelenggaraan Kegiatan Matrikulasi
3.      Sekretaris RSBI : Dede Sudjadi, S.Pd.
-    Pengadministrasian data siswa baru RSBI yang diterima/lulus
-    Rekomendasi Guru pemberi materi Matrikulasi
4.      Bendahara RSBI : Masrun Gartiwa, S.Pd.
-    Menghimpun pengeluaran untuk keperluan Kegiatan Matrikulasi
-    Membuat daftar insentif/honor/SPJ
5.      Koordinator Matrikulasi : Drs. Ade Bastiawan
-    Membuat Program Matrikulasi
-    Mengkoordinasikan seluruh kegiatan teknis Matrikulasi
-    Membuat administrasi Kegiatan Matrikulasi
-    Membuat Laporan Akhir Kegiatan Matrikulasi
6.      Anggota : Dra. Hepy Purwati
Lilis Yuniarningsih, S.Pd.
-    Membantu Koordinator Matrikulasi
-    Membantu kelancaran pelaksanaan Kegiatan Matrikulasi





Struktur Organisasi :



Penanggung Jawab
Drs. Iden Suparno, M.Pd.

 


Ketua Team Pengembang RSBI
Edi Irawan, S.Pd.

            
Sekretaris RSBI                                                 Bendahara RSBI
Dede Sudjadi, S.Pd.                                         Masrun Gartiwa, S.Pd.


Koordinator Matrikulasi
Drs. Ade Bastiawan

Anggota :
1.   Dra. Hepy Purwati
2.    Lilis Yuniarningsih, S.Pd.

   
III. Pelaksanaan

         Kegiatan yang paling utama dari pelaksanaan Matrikulasi, adalah pembelajaran materi untuk mata pelajaran : Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan TIK dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan awal dari siswa baru RSBI. Oleh karena itu perlu kiranya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1.      Proses Pembelajaran :
-   Proses pembelajaran Matrikulasi lebih mengutamakan pendekatan Contextual Teaching and Learning.
-      Media komunikasi pembelajaran menggunakan Bilingual.
-      Bahan ajar lebih bersifat menggali pengetahuan dasar yang minimal harus dikuasai siswa.
2.      Aspek Kompetensi :

No
Aspek
Kemampuan Dasar


1.






















2.







3.

Pengetahuan/Kognitif :
1.1.Fakta :
1.1.1.Nama
1.1.2.Lambang
1.1.3.Peristiwa

1.2.Konsep :
1.2.1.Definisi
1.2.2.Identifikasi
1.2.3.Klasifikasi
1.2.4.Ciri-ciri

1.3.Prinsip :
1.3.1.Rumus
1.3.2.Teori
1.3.3.Dalil
1.3.4.Hukum

1.4.Prosedur :
1.4.1.Urutan
1.4.2.Langkah-langkah Kerja
1.4.3.Bagan Arus / Alur

Nilai/Sikap/Afektif :
2.1.Toleransi :
2.1.1.Tenggang Rasa
2.1.2.Kerjasama

2.2.Empati :
2.2.1.Kepedulian

Keterampilan/Psikomotor :
3.1.Peniruan :
3.1.1.Mengucapkan Kembali
3.1.2.Menghubungkan

3.2.Penyesuaian :
3.2.1.Merumuskan Hipotesis


-       Melafalkan / mengucapkan
-       Membaca
-       Menterjemahkan
-       Membedakan
-       Menghitung
-       Menunjukkan
-       Menyelesaikan
-       Mendemonstrasikan
-       Mengulangi suatu konsep secara tekstual
-       Mengidentifikasi perbedaan suatu konsep dengan konsep lain
-       Memiliki sikap kritis
-       Melakukan seperti contoh yang diamati

Catatan :
-    Sesuai dengan Permendiknas No. 24 Tahun 2006, maka sekolah memiliki tugas dan fungsi yang secara mandiri dan otonom untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sendiri dan bertaraf internasional.
-    Sekolah/Guru dapat mengembangkan SK, KD, dan Indikator dari mata pelajaran Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan TIK sebagai ciri keinternasionalannya.
-    Sistem dan Formatnya dapat mengacu dari ketentuan yang telah ada (KTSP).





IV.   Evaluasi

        Kegiatan evaluasi pada dasarnya adalah untuk mengetahui sejauhmana keterlaksanaan Program Matrikulasi dalam mencapai tujuan yang telah direncanakan dan ditentukan sebelumnya, berhasil tepat sasaran. Secara metodologis, evaluasi Matrikulasi dilakukan dengan menggunakan pendekatan Expost Facto (mengungkap apa saja yang telah terjadi secara obyektif).
        Untuk kelengkapan data agar lebih komprehensif, maka instrumen evaluasi dikembangkan dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif dengan mengacu pada rambu-rambu yang dikeluarkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan atau Pusat Penilaian Pendidikan Depdiknas serta melakukan pengembangan sistem penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum bertaraf internasional.
        Adapun langkah-langkah evaluasi dapat dilakukan :
-    Di awal pembelajaran (Pre-Test)
-    Pada waktu proses pembelajaran berlangsung (Penilaian Proses Belajar)
-    Di akhir pembelajaran (Post-Test / Penilaian Hasil Belajar)
berikut ini yang dapat dipertimbangkan dalam evaluasi dari Matrikulasi yang akan dilaksanakan :

No
Mata Pelajaran
Indikator

Evaluasi
Kualitatif
Kuantitatif

1.



2.




3.





4.

Matematika



Ilmu Pengetahuan Alam




Bahasa Inggris





Teknologi Informasi dan Komunikasi

Pemahaman konsep bilangan, operasi hitung dan sifat-sifatnya.

Pemahaman konsep besaran dan pengukuran.
Pemahaman keanekaragaman hayati.

Pemahaman keterampilan menyimak, berbicara, membaca  dan  menulis  dalam bahasa Inggris  sederhana.

Pemahaman dasar-dasar
keterampilan komputer.
Pemahaman pengolahan
kata  dan  angka  untuk
menghasilkan dokumen
sederhana.





   Catatan :

Nilai Kualitatif    =   
 A (baik sekali)                        
 B (baik)                                                                                                                        
 C (cukup)         
  D (kurang)                                                                          

Nilai Kuantitatif  =  Skor 86 – 100
                                      71 – 85     
                                      60 – 70    
                                           < 60

        Sesuai dengan tujuan Matrikulasi, dimana hasil evaluasi dapat dijadikan input/masukan bagi guru untuk langkah tindak lanjut (Follow-Up) pada program pembelajaran berikutnya, maka hasil evaluasi yang telah dilakukan pada kegiatan Matrikulasi dapat diberikan catatan rekomendasi/saran pembelajaran.

No
Nama Siswa
Kriteria

Saran Pembelajaran

1.

X

1.   Mengulangi konsep secara tekstual



2.   Mengidentifikasi perbedaan antar suatu konsep dengan konsep lain

3.   Memiliki sikap kritis

Hapalan cukup bagus, namun perlu lebih banyak lagi belajar dan berlatih menggunakan kata-kata sendiri.

Kemampuan identifikasi konsep sangat baik, perlu ditingkatkan kemampuan mencari ciri konsep.


Keberanian mengomentari cukup bagus, tapi kurang obyektif menilai pendapat orang lain.






BAB  III
PENUTUP

Dari uraian bab terdahulu, dapat diambil kesimpulan sebagai berikut :
1.    Pengembangan aspek dan program pendidikan RSBI menggunakan pola :
     SBI = Standar Nasional Pendidikan + X
SNP  meliputi 8 Standar (Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan,    Pembiayaan, serta Standar Penilaian Pendidikan)
 X adalah SNP yang diperkaya, dikembangkan, diperluas, diperdalam melalui adaptasi atau adopsi terhadap standar pendidikan yang dianggap reputasi mutunya diakui secara internasional, baik dari dalam maupun luar negeri.
2.    Ciri utama proses belajar mengajar RSBI adalah menggunakan media komunikasi pembelajaran dengan berbahasa Inggris, baik dalam bentuk pembelajaran di kelas (teori), eksperimen (praktik) maupun dalam bentuk pembelajaran lainnya (diskusi, tanya jawab dan penugasan).
3.    Proses pembelajaran lebih mengutamakan pendekatan CTL, Mastery Learning, Meaningfull Learning dan Problem Solving dimana penggunaan Information Communication Technology sangat diperlukan sebagai pendukung pembelajaran bagi siswa.
4.    RSBI mensyaratkan calon siswa baru harus memiliki kompetensi dan kecerdasan tinggi sehingga mampu berkompetisi secara global dengan anak-anak  dari negara lain.
5.    Kemampuan umum yang lazim menjadi tolok ukur keinternasionalan, adalah : kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing, kemampuan dalam sains dan kemampuan dalam bidang teknologi.
6.    Tidak menutup kemungkinan, sekolah dapat melakukan Bridging Course atau Matrikulasi bagi siswa baru RSBI dengan tujuan untuk memperoleh kemampuan yang relatif sama sebelum mengikuti program pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada.
Selanjutnya apabila terdapat kekeliruan informasi yang mendasar dalam Program Matrikulasi ini, akan kami perbaiki sebagaimana mestinya.














Mugia aya manfaatna.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar