Senin, 23 Juli 2012

Uji Kompetensi Guru


Kisi-kisi Uji Kompetensi Guru (UKG)
IPS SMP

Kompetensi Pedagogik
Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
Menguasai karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spiritual, sosial, kultural, emosional, dan intelektual.
Memahami karakteristik peserta didik yang berkaitan dengan aspek fisik, intelektual, sosial, emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial-budaya
Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran kooperatif, Guru dapat mengidentifikasi karakteristik peserta didik yang berhubungan dengan aspek fisik, intelektual, sosial-emosional, moral, spiritual, dan latar belakang sosial budaya
Mengidentifikasi potensi peserta  didik dalam mata pelajaran IPS
Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran IPS dengan model pembelajaran berbasis masalah, Guru dapat mengidentifikasi potensi peserta didik dalam mata pelajaran IPS
Mengidentifikasi kesulitan belajar pesertadidik dalam mata pelajaran IPS
Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran IPS dengan pendekatan tematik, Guru dapat menganalisis kesulitan belajar peserta didik
Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik
Memahami berbagai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik terkait dengan mata pelajaran IPS
Disajikan illustrasi kegiatan pembelajaran IPS berbasis pendekatan kontekstual, Guru dapat mengidentifikasi konsep-konsep yang menjadi dasar pijakan rasional pengembangan pembelajaran IPS berbasis kontekstual
Disajikan proposisi teori belajar konstruktivistik, Guru dapat mendeskripsikan penerapan kegiatan pembelajaran berbasis konstruktivisme pada pembelajaran IPS
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran IPS
Mengembangkan indikator dan instrumen penilaian
Disajikan rumusan kompetensi dasar mata pelajaran IPS, Guru dapat merumuskan minimal 3 indikator yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor
Menentukan tujuan pembelajaran IPS
Disajikan indikator yang dijabarkan dari KD sosiologi dan geografi, Guru dapat merumuskan tujuan pembelajaran IPS dalam bentuk rumusan generalisasi (proposisi)
Memilih materi pembelajaran IPS yang terkait dengan pengalaman dan tujuan pembelajaran
Disajikan berbagai indikator  essensi yang dijabarkan dari KD dari sosiologi, ekonomi, dan geografi, Guru dapat menentukan tema/topik sebagai materi pembelajaran IPS sesuai dengan pengalaman dan tujuan pembelajaran
Menyelenggarakan  pembelajaran yang  mendidik
Memahami prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik
Guru dapat menganalisis prinsip-prinsip perancangan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan Permendiknas No 41 Tahun 2007 tentang standard proses
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas,laboratorium, maupun lapangan
Disajikan rumusan SK dan KD, Guru dapat mendeskripsikan penyusunan rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di dalam kelas
Disajikan rumusan SK dan KD, Guru dapat mendeskripsikan penyusunan rancangan pembelajaran yang lengkap untuk kegiatan di luar kelas
Menggunakan media pembelajaran dan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran yang diampu untukmencapai tujuan pembelajaran secara utuh
Disajikan rumusan tujuan pembelajaran, Guru dapat mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran IPS untuk mencapai tujuan pembelajaran secara utuh
Disajikan rumusan tujuan pembelajaran IPS, Guru mampu mendeskripsikan penggunaan sumber belajar yang relevan dengan karakteristik peserta didik dan mata pelajaran IPS untuk mencapai  tujuan pembelajaran secara utuh
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran
Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalampembelajaran IPS
Guru dapat mendeskripsikan cara memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi internet dalam pembelajaran IPS
Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki.
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal.
Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran, Guru dapat memberi contoh kegiatan pembelajaran untuk mendorong peserta didik mencapai prestasi secara optimal
Menyediakan berbagai kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
Disajikan ilustrasi kegiatan pembelajaran, Guru dapat memberi contoh kegiatan pembelajaran untuk mengaktualisasikan potensi peserta didik, termasuk kreativitasnya
Berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan peserta didik.
Memahami berbagai strategi berkomunikasi  yang efektif, empatik, dan santun, secara lisan,tulisan, dan/atau bentuk lain
Guru dapat mengembangkan komunikasi dengan pendekatan iklim sosio emosional dalam proses interaksi belajar-mengajar
Guru dapat mengembangkan komunikasi dengan bahasa-bahasa proaktif dalam proses interaksi belajar-mengajar
Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Memahami prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS
Guru dapat menganalisis prinsip-prinsip penilaian dan evaluasi proses/hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS
Menentukan prosedur penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Disajikan contoh kegiatan pembelajaran, Guru dapat menentukan prosedur penilaian dan evaluasi yang tepat untuk mengukur proses/hasil belajar sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS
Mengembangkan instrumen penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar
Disajikan rumusan tujuan pembelajaran, Guru dapat mengembangkan indikator pengukuran/item pertanyaan suatu instrumen penilaian dan evaluasi proses/hasil sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS
Menganalisis hasil penilaian proses dan hasil belajar untuk berbagai tujuan
Diberikan data hasil penilaian pembelajaran IPS, Gurumampu menafsirkan hasil penilaian proses/hasil untuk berbagai tujuan dengan benar
Menentukan aspek-aspek proses dan hasil belajar yangpenting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS
Disajikan illustrasi pelaksanaan penilaian di kelas, Guru mampu menentukan aspek-aspek proses dan hasil yang penting untuk dinilai dan dievaluasi sesuai dengan karakteristik mata pelajaran IPS dengan benar
Memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk merancang program remedial dan pengayaan
Disajikan contoh kegiatan pembelajaran, Guru dapat menentukan program  remedial/ pengayaan yang akan dilakukan.
Mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada pemangku kepentingan
Disajikan data hasil penilaian, Guru dapat mengkomunikasikan hasil penilaian dan evaluasi kepada peserta didik dan orang tua
Menggunakan informasi hasil penilaian dan evaluasi untuk menentukan ketuntasan belajar
Guru dapat menentukan kriteria ketuntasan minimal (KKM) melalui informasi hasil penilaian dan evaluasi
Memanfaatkan informasi hasil penilaian dan evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
Guru dapat menjelaskan upaya-upaya untuk meningkatkan kualitas belajar melalui pemanfaatan informasi hasil penilaian dan evaluasi
Melakukan tindakan reflektif untuk peningkatan kualitas pembelajaran
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
Diberikan contoh kasus, Guru dapat memberi contoh tindakan melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan
Memanfaatkan hasil refleksi untuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran IPS
Disajikan illustrasi pelaksanaan pembelajaran di kelas, Guru dapat memberi contoh pemanfaatan hasil refleksiuntuk perbaikan dan pengembangan pembelajaran dalam mata pelajaran IPS dengan tepat
Melakukan PTK untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mapel  IPS
Guru dapat menguraikan prosedur sistemik penelitian tindakan kelas untuk meningkatkan kualitas pembelajaran mata pelajaran IPS

Kompetensi Profesional
Kompetensi Inti Guru (Standar Kompetensi)
Kompetensi Guru Mata Pelajaran (Kompetensi Dasar)
Indikator Esensial
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yang mendukung mata pelajaran IPS
Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir mata pelajaran IPS baik dalam lingkup lokal, nasional, maupun global
Guru mampu menganalisis konsep, struktur dan pola pikir ilmu-ilmu sosial sebagai sumber bahan pengembangan pembelajaran IPS
Membedakan struktur keilmuan IPS dengan Ilmu-ilmu Sosial.
Guru mampu membedakan struktur keilmuan IPS dengan ilmu-ilmu sosial dari aspek pendekatan pengorganisasian materi, dan tujuan
Menguasai konsep dan pola pikir keilmuan dalam bidang IPS
Disajikan beberapa KD, Guru  mampu mengorganisasikan konsep-konsep sejarah, sosiologi, ekonomi, geografi dengan pendekatan inter disiplin

Disajikan beberapa KD, Guru  mampu mengorganisasikan konsep-konsep sosiologi, geografi, dan sosiologi dengan pendekatan multi disiplin
Menunjukkan  manfaat  mata pelajaran IPS
Disajikan 5 manfaat pembelajaran terpadu, Guru  mampu menunjukkan 3 manfaat pembelajaran terpadu bagi siswa dengan benar
Memahami lingkungan kehidupan manusia
Mendeskripsikan keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukannya dan dampaknya terhadap kehidupan
Guru mampu mendeskripsikan dampak keragaman bentuk muka bumi terhadap kehidupan
Guru mampu mendeskripsikan dampak proses terjadinya bentuk keragaman bentuk muka bumi terhadap kehidupan
Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara
Guru mampu mendeskripsikan fokus kebudayaan kehidupan manusia pada jaman batu
Guru mampu mendeskripsikan fokus kebudayaan kehidupan manusia pada jaman logam
Memahami kehidupan sosial manusia
Mendeskripsikan interaksi sebagai prosessosial
Guru mampu menganalisis interaksi sebagai proses sosial
Mendeskripsikan sosialisasi sebagai pembentukan kepribadian
Guru mampu menganalisis kepribadian sebagai hasil internalisasi individu terhadap realitas sosial
Mengidentifikasi bentuk interaksi sosial
Disajikan wacana, Guru mampu menganalisis proses asosiatif-disosiatif dalam kehidupan sosial
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
Mendeskripsikan manusia sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang bermoral dalam memenuhi kebutuhan
Guru mampu menguraikan keterkaitan konsep sosial, moralitas dengan hedonisme manusia dalam memenuhi kebutuhan
Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
Guru mampu mengidentfikasi motif sebab dan motif tujuan manusia melakukan tindakan ekonomi berdasarkan prinsip ekonomi
Memahami usaha manusia untuk mengenali perkembangan lingkungannya
Menggunakan peta, atlas, dan globe untuk mendapatkan informasi keruangan
Guru mampu menjelaskan aspek multi dimensional keruangan sebagai ruang hidup manusia melalui peta, atlas, dan globe
Membuat sketsa dan peta wilayah yang menggambarkan objek geografi
Guru mampu mendeskripsikan pembuatan sketsa dan peta wilayah yang mengambarkan objek geografi
Mendeskripsikan kondisi geografis dan penduduk
Disajikan wacana, Guru mampu mendeskripsikan hubungan antara kondisi geografis dan penduduk
Mendeskripsikan gejala-gejala yang terjadidi atmosfer dan hidrosfer, serta dampaknya terhadap kehidupan
Guru mampu menganalisis dampak gejala-gejala yang terjadi di atmosfir terhadap kehidupan
Guru mampu menganalisis dampak gejala-gejala yang di hidrosfer terhadap kehidupan
Memahami perkembangan masyarakat sejak masa Hindu-Budha sampai masa kolonial Eropa
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan dan pemerintahan pada masa Hindu-Budha, serta peninggalan-peninggalannya
Guru mampu mendeskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa klasik (Hindu-Budha) dalam aspek sosial politik dan kesenian
Mendeskripsikan perkembangan masyarakat, kebudayaan, dan pemerintahan pada masa Islam di Indonesia, serta peninggalan-peninggalannya
Guru mampu mendeskripsikan perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia pada masa madya (Islam) dalam aspek sosial-politik dan kesenian
Memahami kegiatan ekonomi masyarakat
Mendeskripsikan pola kegiatan ekonomi penduduk, penggunaan lahan dan pola permukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
Guru mampu mendeskripsikan kegiatan ekonomi penduduk berdasarkan  kondisi fisik permukaan bumi
Guru mampumendeskripsikan penggunaan lahan berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
Guru mampu mendeskripsikan pola pemukiman berdasarkan kondisi fisik permukaan bumi
Mendeskripsikan kegiatan pokok ekonomi yang meliputi kegiatan konsumsi, produksi, dan distribusi barang/jasa
Guru mampu mendeskripsikan kegiatan konsumsi sebagai kegiatan pokok ekonomi
Guru mampu mendeskripsikan kegiatan produksi sebagaikegiatan pokok ekonomi
Guru mampu mendeskripsikan kegiatan distribusi barang/jasa sebagai kegiatan pokok ekonomi
Mendeskripsikan peran badan usaha, termasuk koperasi, sebagai tempat berlangsungnya proses produksi dalam kaitannya dengan pelaku ekonomi
Disajikan salah satu jenis badan usaha, Guru mampu mendeskripsikan peran perusahaan sebagai tempat berlangsungnya proses produksi kaitannya dengan pelaku ekonomi
Mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
Guru mampu mengungkapkan gagasan kreatif dalam tindakan ekonomi untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan
Memahami permasalahansosial berkaitan dengan pertumbuhan jumlah penduduk
Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya
Disajikan kasus, Guru mampu menganalisis upaya penanggulangan masalah kependudukan sesuai dengan esensi masalahnya
Mendeskripsikan permasalahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pembangunan berkelanjutan
Disajikan kasus, Guru mampu menganalisis upaya penanggulangan masalah lingkungan hidup sesuai dengan esensi masalahnya
Mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan
Disajikan kasus, Guru mampu menganalisis dampak masalah kependudukan terhadap pembangunan
Memahami proses kebangkitan nasional
Menjelaskan proses perkembangan kolonialisme dan imperialisme Barat, serta pengaruh yang ditimbulkannya di berbagai daerah
Guru mampu menjelaskan  dampak perkembangan politik kolonialisme/imperialisme dari kuno ke modern terhadap kehidupan sosial-ekonomi  masyarakat Indonesia di berbagai daerah
Menguraikan proses terbentuknya kesadaran nasional, identitas Indonesia, dan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia
Guru mampu menguraikan terbentuknya kesadaran nasional Indonesia
Guru mampu menguraikan perkembangan pergerakan kebangsaan Indonesia dari perspektif dinamika perjuangan organisasi-organisasi pergerakan nasional melawan berbagai kebijakan politik imperialis
Memahami masalah penyimpangan sosial
Mengidentifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat
Guru mampu mengidentifikasi penyakit sosial yang diakibatkan oleh penyimpangan sosial dalam keluarga
Guru mampu mengidentifikasi  penyakit sosial yang diakibatkan oleh penyimpangan sosial dalam masyarakat
Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat
Mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Guru mampu mendeskripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Mendeskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, masyarakat, perusahaan, koperasi, dan negara
Guru mampu mendeskripsikan peran pelaku ekonomi
Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi  masyarakat
Guru mampu mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat
Memahami usaha persiapan kemerdekaan
Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia
Guru mampu mendeskripsikan peristiwa Rengasdengklok sebagai peristiwa sejarah yang mendorong terwujudnya proklamasi kemerdekaan RI sebagai deklarasi terbentuknya NKRI
Memahami pranata dan penyimpangan sosial
Mendeskripsikan bentuk-bentuk hubungan sosial
Guru mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk hubungan sosial
Mendeskripsikan pranata sosial dalam kehidupan masyarakat
Guru mampu mendeskripsikan pranata sosial sebagai standar perilaku normatif dalam kehidupan masyarakat
Mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial
Guru mampu mendeskripsikan upaya pengendalian penyimpangan sosial berdasarkan aspek pelaksanaannya
Memahami kegiatan perekonomian Indonesia
Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penanggulangannya
Guru mampu mendeskripsikan faktor-faktor penyebab timbulnya masalah angkatan kerja dan ketenaga kerjaan di Indonesia sebagai sumber daya kegiatan ekonomi
Disajikan kasus, Guru mampu mendeskripsikan peranan pemerintah dalam upaya menanggulangi masalah angkatan kerja dan tenaga kerja di Indonesia
Mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
Disajikan bagan pelaku ekonomi, Guru mampu mendeskripsikan pelaku-pelaku ekonomi dalam sistem perekonomian Indonesia
Mendeskripsikan fungsi pajak dalam perekonomian nasional
Disajikan 5 fungsi pajak, Guru mampu mendeskripsikan 3 fungsi pajak dalam perekonomian nasional dengan benar
Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
Disajikan data permintaan suatu barang, Guru dapat mendeskripsikan hukum permintaan dengan benar
Disajikan data pernawaran suatu barang, Guru dapat mendeskripsikan hukum penawaran dengan benar
Disajikan data permintaan dan penawaran, Guru dapat mendeskripsikan terbentuknya harga pasar dengan benar
Memahami kondisi perkembangan negara di dunia
Mengidentifikasi ciri-ciri negara berkembang dan negara maju
Guru mampu mengidentifikasi perbedaan karakteristik negara berkembang dan negara maju
Mendeskripsikan Perang Dunia II (termasuk pendudukan Jepang) serta pengaruhnya terhadap keadaan sosial, ekonomi, dan politik di Indonesia
Guru mampu mendeskripsikan berbagai dampak politik, ekonomi, sosial di Indonesia sebagai pengaruh pendudukan Jepang di Indonesia
Memahami usaha mempertahankan kemerdekaan
Mengidentifikasi usaha perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Guru mampu mengidentifikasi usaha-usaha diplomasi sebagai perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan Indonesia
Mendeskripsikanperistiwa-peristiwa politik dan ekonomi Indonesia pasca pengakuan kedaulatan
Guru mampu mendeskripsikan peristiwa politik dan ekonomi yang mengarah pada disintegrasi nasional pasca pengakuan kedaulatan
Memahami perubahan sosial budaya
Mendeskripsikan perubahan sosial-budaya pada masyarakat
Guru mampu mendeskripsikan perubahan sosial budaya yang terjadi di dalam kehidupan sosial masyarakat
Menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
Guru mampu menguraikan tipe-tipe perilaku masyarakat dalam menyikapi perubahan
Memahami lembaga keuangan dan perdagangan internasional
Mendeskripsikan uang dan lembaga keuangan
Guru mampu menjelaskan  fungsi uang dan lembaga keuangan dalam pereknomian nasional maupun internasional
Mendeskripsikan perdagangan internasional dan dampaknya terhadap perekonomian Indonesia
Disajikan kasus, Guru mampu mendeskripsikan dampak perdagangan internasional terhadap perekonomian Indonesia
Memahami hubungan manusia dengan bumi
Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi
Guru mampu menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi
Mendeskripsikan keterkaitan unsur-unsur geografis dan penduduk di kawasan Asia Tenggara
Guru mampu mendeskripsikan keterkaitan unsur geografis dengan penduduk di kawasan Asia Tenggara
Mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
Guru mampu mendeskripsikan pembagian permukaan bumi atas benua dan samudera
Memahami usaha mempertahankan Republik Indonesia
Mendeskripsikan perjuangan bangsa Indonesia merebut Irian Barat
Guru mampu mendeskripsikan upaya diplomasi bangsa Indonesia merebut Irian Barat
Mendeskripsikan peristiwa tragedi nasional Peristiwa Madiun/PKI, DI/TII, G30 S/PKI dan konflik-konflik internal lainnya
Guru mampu mendeskripsikan gerakan komunisme di Indonesia
Memahami perubahan pemerintahan dan kerjasama internasional
Menjelaskan berakhirnya masa Orde Baru dan lahirnya Reformasi
Guru mampu menjelaskan faktor-faktor penyebab berakhirnya kekuasaan Orde Baru
Guru mampu mendeskripsikan lahirnya reformasi
Menguraikan perkembangan lembaga-lembaga internasional dan peran Indonesia dalam kerjasama internasional
Guru mampu menguraikan peran Indonesia dalam kerjasama dengan lembaga-lembaga internasional dalam aspek politik
Menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial-budaya di era global
Guru mampu menguraikan perilaku masyarakat dalam perubahan sosial di era global
Mendeskripsikan kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
Guru mampu mendeskripsikan bentuk-bentuk kerjasama antarnegara di bidang ekonomi
Mengidentifikasi dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
Guru mampu menganalisis dampak kerjasama antarnegara terhadap perekonomian Indonesia
Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
Memanfaatkan  hasil refleksi dalam rangka meningkatkan keprofesionalan
Disajikan kendala pelaksanaan IPS terpadu di sekolah, Guru dapat menunjukkan  upaya mengatasi kendala pelaksanaan IPS terpadu
Mengikuti kemajuan jaman dengan belajar dari berbagai sumber
Guru dapat menunjukkan filsafat pendidikan yang menjadi dasar pengembangan IPS terpadu
Guru dapat menunjukkan sifat realitas sosial sebagai aspek ontologi IPS
Guru dapat menunjukkan epistimologi pendidikan IPS

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar