Jumat, 29 Juni 2012

Instrumen Evaluasi Diri Sekolah


Bagian Ke-1


Sarana dan Prasarana

1.      Standar Sarana dan Prasarana

1.1.   Apakah sarana sekolah sudah memadai?

Spesifikasi

·         Sekolah memenuhi standar terkait dengan ukuran ruangan, jumlah ruangan, dan persyaratan untuk sistem ventilasi, dan lainnya.
·         Sekolah memenuhi standar terkait dengan jumlah peserta didik dalam rombongan belajar
·         Sekolah memenuhi standar terkait dengan penyediaan alat dan sumber belajar termasuk buku pelajaran
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami memiliki bangunan gedung yang  ukuran, ventilasi dan kelengkapan lainnya melebihi ketentuan dalam  standar Sarpras  yang ditetapkan. 

Ø Jumlah peserta didik didalam rombongan belajar kami lebih kecil dari yang ditetapkan dalam standar agar dapat lebih meningkatkan proses pembelajaran.
Ø Sekolah kami memiliki Sarana dan prasarana pembelajaran yang  melebihi dari ketetapan Standar Sarpras  yang digunakan untuk lebih membantu proses pembelajaran.
Ø Sekolah kami memenuhi standar terkait dengan sarana, prasarana dan peralatan.
Ø Sekolah kami memenuhi standar dalam hal jumlah peserta didik pada setiap rombongan belajar.
Ø Sekolah kami memiliki dan menggunakan  sarpras sesuai standar yang ditetapkan.
Ø 95% calon siswa di kecamatan mendapat akses belajar disekolah kami.

Ø Sekolah kami memenuhi standar terkait dengan sarana dan prasarana.
Ø Beberapa kelas di sekolah kami diisi peserta didik melebihi jumlah yang ditetapkan dalam standar.
Ø Sekolah kami  menyediakan buku teks yang sudah disertifikasi oleh pemerintah,  alat peraga dan judul buku pengayaan sesuai standar pelayanan minimal (SPM)
Ø Sekolah kami belum memiliki semua  sarana dan alat-alat yang dibutuhkan untuk memenuhi ketetapan dalam standar.
Ø Bangunan sekolah kami tidak memenuhi standar dari segi ukuran atau jumlah ruangan.
Ø Kebanyakan ruang kelas sekolah kami diisi terlalu banyak peserta didik dan kami tidak mampu memenuhi standar.
Ø Sarana dan prasarana yang kami miliki amat terbatas dan sebagian besar sudah ketinggalan zaman dan dalam kondisi buruk.


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Catatan mengenai ukuran ruangan, jumlah dan sarana prasarana




Jumlah peserta didik per rombongan belajar

Catatan peralatan dan sumber belajar

Catatan pengeluaran

Kondisi nyata lingkungan sekolah

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








1.2.   Apakah sekolah dalam kondisi terpelihara dan baik?

Spesifikasi
q Bangunan

Ÿ  Pemeliharaan bangunan dilaksanakan paling tidak setiap 5 tahun sekali

Ÿ  Bangunan  aman dan nyaman untuk semua peserta didik  dan memberi kemudahan kepada peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami aman, sehat, nyaman, menyenangkan, menarik dan mendorong terciptanya suasana bekerja dan belajar bagi peserta didik dan warga sekolah lainnya.

Ø Lahan, bangunan, dan prasarana termasuk toilet di sekolah kami, dalam keadaan bersih (sehat),  dan dipelihara dengan baik secara berkala.
Ø Sekolah kami sudah memberikan layanan dan fasilitas pembelajaran  yang baik dan sama bagi semua peserta didik   termasuk  mereka yang berkebutuhan khusus.
Ø Perabot beserta alat-alat dan kelengkapan lainnya berada dalam kondisi yang baik dan terpelihara.
Ø Sekolah kami  memiliki kebijakan untuk membantu menyediakan kemudahan layanan bagi semua peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus.
Ø Sekolah kami membutuhkan pemeliharaan, dan  masih  berusaha menyediakan lingkungan yang lebih menarik dan memberikan rangsangan.
Ø Sekolah kami akan mempertimbangkan kemudahan pelayanan  bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus.

Ø Sebagian prasarana sekolah kami dibawah standar, harus diperbaiki dan dibersihkan  atau diganti.

Ø Sekolah kami belum mempertimbangkan kemudahan pelayanan  bagi peserta didik yang berkebutuhan khusus.




Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Catatan pengeluaran



Hasil Observasi


Catatan Pendapat peserta didik

Catatan tentang Pendapat guru

Daftar Kehadiran peserta didik yang berkebutuhan khusus

Bukti fisik lainnya (tuliskan)







Bagian Ke-2

Standar Isi

2.    Standar Isi

2.1.   Apakah kurikulum sudah sesuai dan relevan?

Spesifikasi

q Kerangka kerja dasar dan struktur kurikulum
Ÿ  Kurikulum sekolah  memenuhi standar untuk jenis  satuan pendidikan
q Kurikulum untuk tingkat satuan pendidikan
Ÿ Pengembangan kurikulum pada tingkat satuan pendidikan menggunakan panduan yang disusun BNSP.
Ÿ Kurikulum dibuat dengan mempertimbangkan karakter daerah, kebutuhan sosial masyarakat dan kondisi budaya, usia peserta didik, dan kebutuhan pembelajaran.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Kurikulum Sekolah  kami  dikaji dan diperbaiki secara teratur dan disesuaikan dengan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat. 
Ø Kurikulum Sekolah  kami  menawarkan  kegiatan pembelajaran berjenjang yang sesuai,dan dirancang agar menciptakan suasana yang mendukung dan menyenangkan untuk berbagai usia dan kemampuan peserta didik
Ø Kurikulum Sekolah  kami  memiliki fleksibilitas untuk memenuhi beragam kebutuhan semua peserta didik di sekolah
Ø Semua peserta didik amat termotivasi dengan program pembelajarann yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat perkembangan dan minat  mereka
Ø Sekolah kami menawarkan berbagai mata pelajaran tambahan dan beban belajar tambahan berdasarkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat
Ø Kurikulum Sekolah  kami  sesuai dengan standar isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan KTSP dan penyusunannya disesuaikan dengan ciri khas dan kebutuhan daerah 
Ø Struktur kurikulum sekolah kami telah mengalokasikan waktu yang cukup bagi  peserta didik  agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya dengan selalu melaksanakan program remedial dan pengayaan.
Ø Sebagian besar (sekitar 70%) peserta didik kami termotivasi untuk belajar dan tertarik pada mata pelajaran yang diajarkan
Ø Sekolah kami menawarkan beberapa  mata pelajaran tambahan  dengan tambahan beban belajar, berdasarkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat

Ø Sekolah kami menerapkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sesuai ketentuan yang berlaku.

Ø Kurikulum Sekolah  kami  sesuai dengan standar isi, standar kompetensi lulusan, dan panduan KTSP , namun masih perlu   dikembangkan lagi sesuai dengan ciri khas dan kebutuhan daerah.

Ø Struktur kurikulum sekolah kami kurang mengalokasikan waktu yang cukup bagi peserta didik agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Program remedial dan pengayaan kadang kala dilaksanakan.
Ø Setiap guru di sekolah kami menerapkan RPP yang disusun berdasarkan silabus untuk setiap mata pelajaran yang diampunya. 
Ø Sekolah kami menawarkan beberapa mata pelajaran tambahan tetapi kami masih harus mempertimbangkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat dalam perencanaan kami
Ø Kurikulum Sekolah  kami berusaha mengikuti standar isi, standar kompetensi, dan panduan KTSP.
Ø Struktur kurikulum sekolah kami tidak mengalokasikan  waktu yang cukup bagi  peserta didik  agar dapat memahami konsep yang baru sebelum melanjutkan ke pelajaran berikutnya. Program remedial dan pengayaan belum pernah dilaksanakan.
Ø Sebagian besar(sekitar 70%) peserta didik kami tidak termotivasi untuk belajar dan tidak tertarik pada pelajaran yang diajarkan
Ø Kurikulum sekolah kami sedang berusaha memenuhi persyaratan nasional dan belum mempertimbangkan karakter daerah dan kebutuhan masyarakat


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi  sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Silabus dan RPP  tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua tingkatan kelas di sekolah



Silabus dan RPP  tersedia untuk mata pelajaran tambahan untuk memenuhi kebutuhan daerah

Hasil wawancara dengan orang tua peserta didik

Rancangan program remedial dan pengayaan

Bukti fisik lainnya (tuliskan)







2.2.    Bagaimana sekolah menyediakan kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik?

Spesifikasi

Sekolah memenuhi standar untuk memenuhi kebutuhan pengembangan pribadi peserta didik yang meliputi bimbingan, konseling, dan kegiatan ekstra kurikuler
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami menyediakan berbagai jenis kegiatan ekstra kurikuler yang disesuaikan dengan minat peserta didik
Ø Sekolah kami  menyediakan layanan dan bimbingan  bagi peserta didik secara perorangan dalam mengatasi masalah belajar maupun memilih kegiatan ekstra  kurikuler dan keterampilan untuk pengembangan diri mereka sesuai dengan kondisi setempat
Ø Sekolah kami sudah menyediakan beberapa kegiatan ekstra kurikuler bagi peserta didik.
Ø Sekolah kami  memberikan  bimbingan secara umum dalam hal  pemilihan jenis kegiatan  ekstra  kurikuler dan ketrampilan bagi peserta didik
Ø Sekolah kami  menyediakan  kegiatan ekstra kurikuler tetapi kegiatan tersebut  kurang diminati.
Ø Sekolah kami masih sangat terbatas  dalam  memberikan layanan yang memadai  bagi  peserta didik agar mereka dapat memilih jenis kegiatan ekstra kurikuler yang mereka minati
Ø Sekolah kami belum mampu  memberikan kegiatan ekstra kurikuler.
Ø Sekolah kami  tidak mampu memberikan layanan bagi  peserta didik untuk  membuat keputusan sendiri dalam memilih jenis kegiatan  ekstra kurikuler 


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Hasil wawancara peserta didik

 



Hasil wawancara orang tua peserta didik

 

Hasil observasi layanan BK

Laporan kegiatan ekstra kurikuler sekolah


Buku laporan layanan BK

Bukti fisik lainnya (tuliskan)





Bagian Ke-3

Standar Proses

3.    Standar Proses

3.1.   Apakah silabus sudah sesuai/ relevan dengan standar?

Spesifikasi:

A  : Silabus
Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan panduan KTSP.
Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian  SKL.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Silabus sekolah kami dikaji dan diperbaiki secara teratur dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi  sekolah serta kebutuhan setempat
Ø Silabus sekolah kami memiliki kelenturan (fleksibilitas)  bagi guru  untuk memenuhi beragam kebutuhan semua peserta didik
Ø Silabus sekolah kami dirancang untuk menerapkan pembelajaran yang relevan sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah,   menciptakan suasana  yang mendukung dan menyenangkan, serta mendorong kemajuan sesuai tingkat usia dan kemampuan peserta didik
Ø Silabus  sudah dikembangkan oleh  sekolah dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah  
Ø Kami selalu mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus
Ø Program dan kegiatan pembelajaran sudah relevan dengan tingkat usia   dan minat peserta didik

Ø Silabus sekolah kami menyesuaikan dengan SI, SKL, dan panduan KTSP, namun kami  belum   mengembangkannya  sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah

Ø Kami belum sepenuhnya mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus.
Ø Sekolah kami berusaha  mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program pembelajaran
Ø Silabus sekolah kami  berusaha mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP.
Ø Sistematika  dan rancangan silabus sekolah  kami tidak memberikan kesempatan kepada para peserta didik  untuk memahami konsep  baru secara utuh sebelum melanjutkan pembelajaran
Ø Sekolah kami tidak mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program pembelajaran

Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

 



Hasil wawancara dengan orang tua peserta didik

Hasil wawancara dengan peserta didik


Bukti fisik lainnya (tuliskan)





3.2.   Apakah RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif?

Spesifikasi:

B : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mencakup: identitas mata pelajaran, alokasi waktu, standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi, kegiatan pembelajaran, metode / teknik pembelajaran, dan penilaian (mencakup indikator dan prosedur). Rancangan kegiatan pembelajaran meliputi  pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Seluruh guru membuat RPP yang dirancang berdasarkan prota, prosem, dan silabus, yang mecakup penggunaan  sumber belajar dan metode yang bervariasi.

Ø Rencana pembelajaran dirancang  secara inovatif berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan RPP.

Ø Pembelajaran di sekolah kami dirancang  agar peserta didik dapat mengkaji ulang materi sebelumnya, memahami materi baru, serta melatih keterampilan yang tercermin dalam sikap mereka sehari-hari.
Ø Guru-guru di sekolah kami mengkaji ulang dan mengembangkan RPP setelah pelaksanaan pembelajaran untuk perbaikan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami  membuat RPP berdasarkan program tahunan (prota), program semester (prosem) dan silabus.
Ø Kepala sekolah kami mengkaji ulang  semua  rencana pembelajaran dan memberikan saran dan bimbingan.
Ø Guru-guru di sekolah kami  mempertimbangkan berbagai kebutuhan pembelajaran yang berbeda dan merencanakan pembelajaran berdasarkan kebutuhan tersebut
Ø Guru-guru di sekolah kami   mengkaji ulang RPP  setelah mengajar untuk membantu merencanakan pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami  biasanya membuat rencana pembelajaran tetapi kebanyakan hanya mengulang saja
Ø Guru-guru di sekolah kami perlu memasukkan lebih banyak lagi jenis bahan-bahan belajar mengajar dalam rencana pembelajaran yang dibuat
Ø Kepala sekolah kadang-kadang mengkaji ulang rencana pembelajaran dan memberikan saran dan bimbingan
Ø Guru-guru di sekolah kami  kadangkala mengkaji ulang RPP  setelah mengajar untuk membantu merencanakan pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami hanya membuat rencana pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu saja
Ø Guru-guru di sekolah kami  merencanakan pembelajaran  berdasarkan pada isi buku pelajaran saja
Ø Kepala sekolah kami tidak mengkaji ulang rencana pembelajaran yang dibuat oleh para guru atau memberikan saran dan dukungan
Ø Guru-guru di sekolah kami  tidak mengkaji ulang RPP setelah mengajar

Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Hasil kaji ulang RPP

 



Hasil Observasi kelas

 

Hasil Wawancara dengan guru

 

Hasil wawancara dengan peserta didik

 

Bukti fisik lainnya (tuliskan)



           


3.3.   Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara  tepat?

Spesifikasi:

q Pelaksanaan  proses pembelajaran
Selain menggunakan buku pelajaran, guru juga menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lain.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Guru-guru di sekolah kami memiliki berbagai jenis sumber belajar  dan media, yang digunakan secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
Ø Sebagian besar guru di sekolah kami cukup kreatif dalam memilih bahan pembelajaran yang sesuai.
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak hanya menggunakan ruang kelas untuk kegiatan  pembelajaran, tapi juga memanfaatkan tempat belajar lain yang tersedia di  sekitar sekolah.
Ø Semua  guru di sekolah kami mendapatkan  bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah yang cukup
Ø Semua guru di sekolah kami  memakai hasil karya peserta didik sebagai alat peraga  dalam proses pembelajaran  dan selalu  memperbaharuinya  secara berkala
Ø Guru-guru di sekolah kami selalu   menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dan memperbaharuinya.          
Ø Beberapa (sekitar 40%) guru di sekolah kami cukup kreatif dalam memilih bahan pembelajaran yang sesuai.
Ø Sebagian besar (sekitar 70%) guru di sekolah kami mendapatkan  bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah yang cukup
Ø Sebagian besar (sekitar 90%) guru di sekolah kami memakai hasil karya peserta didik sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran

Ø Guru-guru di sekolah kami dalam melakukan proses pembelajaran  memakai  berbagai sumber dan tidak hanya tergantung pada buku pelajaran saja.

Ø Guru-guru di sekolah kami  sudah menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran tetapi hanya pada mata pelajaran tertentu.

Ø Guru-guru di sekolah kami mendapatkan  bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah terbatas
Ø Sebagian guru di sekolah kami sudah memakai hasil karya peserta didik sebagai alat peraga dan memajangnya

Ø Guru-guru di sekolah kami dalam melakukan proses pembelajaran  sepenuhnya bergantung hanya pada buku pelajaran saja.

Ø Bahan bacaan tambahan di sekolah   kami kondisinya sudah jelek dan ketinggalan zaman
Ø Guru-guru di sekolah  kami belum mampu  mempersiapkan dan menggunakan alat peraga.
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak pernah memajang hasil karya peserta didik

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar