Jumat, 29 Juni 2012

Instrumen EDS


Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS)

 

Bagian Ke-3

Standar Proses

3.    Standar Proses

3.1.   Apakah silabus sudah sesuai/ relevan dengan standar?

Spesifikasi:

A  : Silabus
Ÿ Silabus dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dan panduan KTSP.
Ÿ Silabus diarahkan pada pencapaian  SKL.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Silabus sekolah kami dikaji dan diperbaiki secara teratur dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi  sekolah serta kebutuhan setempat
Ø Silabus sekolah kami memiliki kelenturan (fleksibilitas)  bagi guru  untuk memenuhi beragam kebutuhan semua peserta didik
Ø Silabus sekolah kami dirancang untuk menerapkan pembelajaran yang relevan sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah,   menciptakan suasana  yang mendukung dan menyenangkan, serta mendorong kemajuan sesuai tingkat usia dan kemampuan peserta didik
Ø Silabus  sudah dikembangkan oleh  sekolah dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah  
Ø Kami selalu mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus
Ø Program dan kegiatan pembelajaran sudah relevan dengan tingkat usia   dan minat peserta didik

Ø Silabus sekolah kami menyesuaikan dengan SI, SKL, dan panduan KTSP, namun kami  belum   mengembangkannya  sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah

Ø Kami belum sepenuhnya mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus.
Ø Sekolah kami berusaha  mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program pembelajaran
Ø Silabus sekolah kami  berusaha mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP.
Ø Sistematika  dan rancangan silabus sekolah  kami tidak memberikan kesempatan kepada para peserta didik  untuk memahami konsep  baru secara utuh sebelum melanjutkan pembelajaran
Ø Sekolah kami tidak mempertimbangkan usia dan minat peserta didik saat membuat program pembelajaran

Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di sekolah

 



Hasil wawancara dengan orang tua peserta didik

Hasil wawancara dengan peserta didik


Bukti fisik lainnya (tuliskan)





3.2.   Apakah RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif?

Spesifikasi:

B : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Prinsip- prinsip perencanaan pembelajaran - Setiap guru harus mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mencakup: identitas mata pelajaran, alokasi waktu, standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan pembelajaran, materi, kegiatan pembelajaran, metode / teknik pembelajaran, dan penilaian (mencakup indikator dan prosedur). Rancangan kegiatan pembelajaran meliputi  pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Seluruh guru membuat RPP yang dirancang berdasarkan prota, prosem, dan silabus, yang mecakup penggunaan  sumber belajar dan metode yang bervariasi.

Ø Rencana pembelajaran dirancang  secara inovatif berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan RPP.

Ø Pembelajaran di sekolah kami dirancang  agar peserta didik dapat mengkaji ulang materi sebelumnya, memahami materi baru, serta melatih keterampilan yang tercermin dalam sikap mereka sehari-hari.
Ø Guru-guru di sekolah kami mengkaji ulang dan mengembangkan RPP setelah pelaksanaan pembelajaran untuk perbaikan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami  membuat RPP berdasarkan program tahunan (prota), program semester (prosem) dan silabus.
Ø Kepala sekolah kami mengkaji ulang  semua  rencana pembelajaran dan memberikan saran dan bimbingan.
Ø Guru-guru di sekolah kami  mempertimbangkan berbagai kebutuhan pembelajaran yang berbeda dan merencanakan pembelajaran berdasarkan kebutuhan tersebut
Ø Guru-guru di sekolah kami   mengkaji ulang RPP  setelah mengajar untuk membantu merencanakan pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami  biasanya membuat rencana pembelajaran tetapi kebanyakan hanya mengulang saja
Ø Guru-guru di sekolah kami perlu memasukkan lebih banyak lagi jenis bahan-bahan belajar mengajar dalam rencana pembelajaran yang dibuat
Ø Kepala sekolah kadang-kadang mengkaji ulang rencana pembelajaran dan memberikan saran dan bimbingan
Ø Guru-guru di sekolah kami  kadangkala mengkaji ulang RPP  setelah mengajar untuk membantu merencanakan pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami hanya membuat rencana pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu saja
Ø Guru-guru di sekolah kami  merencanakan pembelajaran  berdasarkan pada isi buku pelajaran saja
Ø Kepala sekolah kami tidak mengkaji ulang rencana pembelajaran yang dibuat oleh para guru atau memberikan saran dan dukungan
Ø Guru-guru di sekolah kami  tidak mengkaji ulang RPP setelah mengajar

Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Hasil kaji ulang RPP

 



Hasil Observasi kelas

 

Hasil Wawancara dengan guru

 

Hasil wawancara dengan peserta didik

 

Bukti fisik lainnya (tuliskan)



           


3.3.   Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara  tepat?

Spesifikasi:

q Pelaksanaan  proses pembelajaran
Selain menggunakan buku pelajaran, guru juga menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi dan sumber belajar lain.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Guru-guru di sekolah kami memiliki berbagai jenis sumber belajar  dan media, yang digunakan secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
Ø Sebagian besar guru di sekolah kami cukup kreatif dalam memilih bahan pembelajaran yang sesuai.
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak hanya menggunakan ruang kelas untuk kegiatan  pembelajaran, tapi juga memanfaatkan tempat belajar lain yang tersedia di  sekitar sekolah.
Ø Semua  guru di sekolah kami mendapatkan  bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah yang cukup
Ø Semua guru di sekolah kami  memakai hasil karya peserta didik sebagai alat peraga  dalam proses pembelajaran  dan selalu  memperbaharuinya  secara berkala
Ø Guru-guru di sekolah kami selalu   menggunakan alat peraga dalam pembelajaran dan memperbaharuinya.          
Ø Beberapa (sekitar 40%) guru di sekolah kami cukup kreatif dalam memilih bahan pembelajaran yang sesuai.
Ø Sebagian besar (sekitar 70%) guru di sekolah kami mendapatkan  bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah yang cukup
Ø Sebagian besar (sekitar 90%) guru di sekolah kami memakai hasil karya peserta didik sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran

Ø Guru-guru di sekolah kami dalam melakukan proses pembelajaran  memakai  berbagai sumber dan tidak hanya tergantung pada buku pelajaran saja.

Ø Guru-guru di sekolah kami  sudah menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran tetapi hanya pada mata pelajaran tertentu.

Ø Guru-guru di sekolah kami mendapatkan  bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah terbatas
Ø Sebagian guru di sekolah kami sudah memakai hasil karya peserta didik sebagai alat peraga dan memajangnya

Ø Guru-guru di sekolah kami dalam melakukan proses pembelajaran  sepenuhnya bergantung hanya pada buku pelajaran saja.

Ø Bahan bacaan tambahan di sekolah   kami kondisinya sudah jelek dan ketinggalan zaman
Ø Guru-guru di sekolah  kami belum mampu  mempersiapkan dan menggunakan alat peraga.
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak pernah memajang hasil karya peserta didik

Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan

 



Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan pengayaan / tambahan

 

Hasil Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil karya peserta didik dipajang

 

Hasil wawancara dengan peserta didik

 

Bukti fisik lainnya (tuliskan)



 


3.4.    Apakah  pembelajaran  menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL?

Spesifikasi:

q Pelaksanaan pembelajaran
Ÿ  Para guru melaksanakan rencana pembelajaran dengan menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik 
Ÿ  Para peserta didik memperoleh kesempatan untuk  melakukan ekplorasi dan elaborasi,  serta mendapatkan konfirmasi
Ÿ  Para guru mengelola kelas secara efektif
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami menyediakan lingkungan belajar yang kondusif untuk melaksanakan PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) atau CTL ( Belajar-Mengajar Kontekstual)
Ø Guru-guru di sekolah kami selalu melaksanakan pembelajaran dengan metode yang beragam.
Ø Peserta didik mampu bekerja secara  mandiri maupun berkelompok  dalam menyelesaikan masalah.
Ø Guru-guru di sekolah kami mendorong peserta didik  untuk menyalurkan ide dan pendapat serta memberi kesempatan untuk menggali, memperluas, dan mengkonfirmasikan pengetahuan dan ketrampilan baru
Ø Semua peserta didik menunjukkan minat belajar dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
Ø Guru-guru di sekolah kami secara teratur  menggunakan metode pembelajaran  yang  beragam
Ø Guru-guru di sekolah kami melaksanakan pembelajaran secara bertahap dan menarik
Ø Guru- guru di sekolah kami  tidak hanya  mengarahkan  pembelajaran, tapi juga memberi kesempatan bagi peserta didik untuk menyampaikan pendapat dan terlibat secara aktif 
Ø Sebagian besar (sekitar 90%) peserta didik memiliki motivasi dan terlibat aktif dalam proses pembelajaran
Ø Guru-guru di sekolah kami masih melakukan pembelajaran secara klasikal dan jarang menggunakan  metode yang beragam
Ø Guru-guru di sekolah kami  masih lebih terfokus pada penyelesaian kurikulum dan tidak mempertimbangkan berbagai kebutuhan belajar
Ø Guru- guru di sekolah kami  cenderung hanya  mengarahkan  pembelajaran,  dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat atau terlibat secara aktif 
Ø Sebagian peserta didik masih kurang   termotivasi dalam proses pembelajaran

Ø Guru-guru di sekolah kami hanya mengajar secara klasikal dan  bersumber  pada buku teks  saja.

Ø Guru-guru di sekolah kami tidak menggunakan metode yang beragam  dan tidak menggunakan  alat peraga

Ø Sebagian besar  peserta didik  kurang termotivasi dalam proses pembelajaran


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Daftar jumlah siswa putus sekolah

 



Daftar kehadiran peserta didik

 

Hasil wawacara dengan guru dan peserta didik

 

Hasil observasi sesama guru

 

Hasil observasi kegiatan pembelajaran

 

Rencana  pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kaji ulang setelah menyampaikan pengajaran

 

Bukti fisik lainnya (tuliskan)




 




3.5.   Apakah sekolah memenuhi  kebutuhan semua peserta didik?

Spesifikasi:

q Perencanaan proses belajar
Ÿ  Rencana pembelajaran memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial, emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
q  Implementasi proses belajar
Ÿ  Guru menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya
Ÿ  Guru menghargai pendapat peserta didik
Ÿ  Guru menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan keadaan sosial ekonomi.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Guru-guru di sekolah kami mengakui adanya perbedaan kemampuan peserta didik dan memberikan tugas sesuai dengan    kemampuan mereka.

Ø Guru-guru di sekolah kami menggunakan berbagai metode pembelajaran dan memberikan berbagai jenis kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar peserta diidik.

Ø Peserta didik dapat berkembang sesuai dengan kapasitas mereka dan ditantang untuk lebih berkembang secara optimal.

Ø Peserta didik dan orang tua mereka terlibat dalam upaya pencapaian target belajar

Ø Guru-guru di sekolah kami memberikan dorongan positif kepada semua peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi mereka

Ø Guru-guru di sekolah kami memperhatikan perbedaan kemampuan peserta didik dan berusaha  merencanakan pembelajaran  yang sesuai.

Ø Guru-guru di sekolah kami merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang berkesinambungan,   dan sesuai dengan tingkat  kemampuan peserta didik

Ø Guru-guru di sekolah kami memiliki kebijakan dalam memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik dan menjamin pelaksanaannya.

Ø Guru-guru di sekolah kami melaksanakan pembelajaran secara klasikal dan belum mempertimbangkan kebutuhan belajar individu peserta didik.
Ø Guru-guru  di sekolah kami memberikan layanan bantuan atau pembelajaran tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
Ø Guru-guru di sekolah kami memperhatikan kesulitan belajar yang dihadapi sebagian peserta didik dan membantu menyelesaikannya

Ø Guru-guru di sekolah kami tidak mempertimbangkan perbedaan  kemampuan peserta didik

Ø Guru-guru di sekolah kami tidak memperhatikan peserta didik yang berkemampuan kurang dan yang berkemampuan lebih.

Ø  Guru-guru di sekolah kami tidak memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional

 



Catatan kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Kehadiran peserta didik

Hasil Observasi sesama guru

Rencana pembelajaran (RPP)

Catatan guru BP

Bukti fisik lainnya (tuliskan)









3.6.   Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat berprestasi?

Spesifikasi:

q Pelaksanaan Pembelajaran
·      Semua peserta didik diperlakukan dengan adil dan dihargai pendapatnya.
·      Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap respon dan hasil belajar peserta didik.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Guru-guru di sekolah kami memberikan penguatan dan umpan balik atas berbagai laporan hasil belajar peserta didik untuk  memotivasi mereka agar lebih berprestasi.
Ø Guru-guru dan peserta didik di sekolah kami memiliki motivasi yang tinggi.
Ø Peserta didik di sekolah kami  selalu hadir sesuai jadwal,    berperilaku baik, dan mencapai prestasi belajar secara optimal sesuai dengan kecakapan mereka.
Ø Semua guru dan peserta didik di sekolah kami mengakui dan menghargai perbedaan kemampuan di antara mereka.
Ø Sekolah kami melaksanakan pendidikan inklusif dan partisipatif yang menjamin keikutsertaan semua peserta didik secara penuh
Ø Guru-guru  di sekolah kami  secara konsisten memberikan penghargaan kepada peserta  didik  pada saat yang tepat, dan melakukan  berbagai cara untuk menilai keberhasilan
Ø Pada umumnya peserta didik di sekolah kami  hadir sesuai jadwal,    berperilaku baik, dan mencapai prestasi belajar sesuai dengan kecakapan mereka.
Ø Hubungan timbal balik antara guru, peserta didik, dan tenaga kependidikan terpelihara dengan baik.
Ø Semua peserta didik di sekolah kami diperlakukan dengan adil dan dihargai pendapatnya.
Ø Guru-guru  di sekolah kami belum  memberikan pujian pada peserta didik  secara  konsisten.
Ø Sebagian peserta didik kami kurang percaya diri terhadap kemampuannya.
Ø Sebagian guru (sekitar 40%) di sekolah kami tidak mengakui dan menghargai perbedaan kemampuan peserta didik.
Ø Belum semua guru (sekitar 50%) di sekolah kami memberikan respon dan penguatan yang memadai terhadap hasil belajar peserta didik
Ø Guru-guru  di sekolah kami belum  menghargai peserta didik.
Ø Peserta didik kami  memiliki motivasi yang rendah.
Ø Ada guru di sekolah kami yang masih bersifat otoriter, dan  banyak peserta didik berperilaku  kurang baik.
Ø Banyak peserta didik kami yang  tidak sepenuhnya berpartisipasi dalam kegiatan sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar