Jumat, 29 Juni 2012

Instrumen EDS

Lanjutan...

Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Hasil observasi terhadap sikap guru terhadap peserta didik, khususnya dalam hal memberikan pujian/motivasi

 



Hasil pekerjaan peserta didik dipajang di kelas

 

Hasil observasi perilaku guru atau peserta didk  yang relevan

Daftar kehadiran peserta didik

Catatan penghargaan terhadap siswa

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








Bagian Ke-4


Standar Penilaian

4.     Standar Penilaian

4.1.    Sistem penilaian apa yang digunakan untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik?

Spesifikasi:
·        Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta didik
·        Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
·        Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan rencana yang telah dibuat
·        Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar peserta didik
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Guru-guru di sekolah kami menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan belajar peserta didik secara berkelanjutan baik formal  maupun non-formal termasuk diskusi, observasi, dan penugasan.
Ø Guru-guru di sekolah kami membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai teknik penilaian
Ø Semua penilaian terhadap hasil belajar peserta didik di sekolah kami didasarkan pada pencapaian kompetensi yang diharapkan
Ø Guru-guru di sekolah kami selalu memantau kemajuan belajar peserta didik melalui observasi dan penilaian  secara berkala
Ø Guru-guru di sekolah kami melaksanakan penilaian sesuai dengan silabus dan RPP
Ø Guru-guru di sekolah kami memberikan informasi kepada peserta didik mengenai KKM
Ø Setiap guru di sekolah kami mengembangkan dan menerapkan program penilaian untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta didik.
Ø Guru-guru di sekolah kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar hanya menggunakan tes dan ujian
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak membicarakan hasil penilaian dengan peserta didik
Ø Guru-guru di sekolah kami dalam melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik hanya menggunakan tes dan ujian
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak menilai atau memonitor kemajuan peserta didik secara sistematis



Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Nilai peserta didik dalam Ujian Nasional

 



Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan (berdasarkan UH, UTS dan UAS)

 

Hasil wawancara dengan orang tua dan peserta didik

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

Dokumen hasil penetapan KKM

Bukti fisik lainnya (tuliskan)









4.2.    Bagaimana  penilaian berdampak pada  proses belajar?

Spesifikasi:

q Penilaian oleh guru
Ÿ  Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian yang mereka lakukan pada peserta didik
Ÿ  Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Semua guru di sekolah kami secara rutin mencatat kemajuan peserta didik sebagai dasar perencanaan dan tindak lanjutnya
Ø Sekolah kami memberikan kesempatan kepada semua peserta didik  untuk memberikan pendapat terhadap hasil pencapaian kemajuan belajar yang mereka peroleh  dan terlibat dalam penetapan target  pembelajaran
Ø Guru-guru di sekolah kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada setiap akhir semester dan menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami memberi kesempatan kepada  peserta didik untuk mengkaji ulang kemajuan belajar mereka untuk menetapkan target pembelajaran selanjutnya
Ø Setiap  guru menyampaikan hasil Evaluasi mata pelajaran serta hasil penialian setiap peserta didik kepada Kepala sekolah pada akhir semester dalam bentuk laporan hasil prestasi belajar peserta didik.
Ø Hasil tes kadang-kadang digunakan guru untuk  merencanakan bahan pembelajaran selanjutnya
Ø Sebagian guru (sekitar 40%) di sekolah kami tidak melibatkan peserta didik dalam mengkaji ulang  kemajuan belajar mereka
Ø Hasil tes tidak  berpengaruh pada  program pembelajaran
Ø Hasil penilaian tidak berpengaruh pada peningkatan motivasi peserta didik


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Hasil pencapaian peserta didik pada Ujian Nasional

 



Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan

 

Hasil wawancara dengan orang tua dan peserta didik

 

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)

 

Bukti fisik lainnya (tuliskan)




 





4.3.    Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka?

Spesifikasi:

q Penilaian berdasarkan  satuan pendidikan

Sekolah  melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata pelajaran  pada setiap akhir semester kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk  buku laporan pendidikan
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami menyampaikan laporan semua hasil penilaian peserta didik kepada orang tua
Ø Sekolah kami melaporkan hasil belajar peserta didik secara berkala dan memberikan kesempatan setiap saat kepada orang tua untuk membahas  kemajuan belajar anak mereka.
Ø Orang tua berperan serta secara aktif dalam kegiatan  sekolah, termasuk  kegiatan proses pembelajaran.
Ø Sekolah kami mendorong orang tua untuk berpartisipasi dan peduli terhadap pendidikan anak-anak mereka
Ø Sekolah kami membuat laporan berkala pada orang tua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik  setiap semester dan menawarkan kesempatan untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka.
Ø Sekolah kami memiliki kemitraan dengan orang tua
Ø Orang tua terlibat aktif dalam penyelesaian PR (Pekerjaan Rumah) anak mereka
Ø Kepala Sekolah menyampaikan laporan hasil Ulangan Akhir Semester (UAS) dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) serta Ujian Akhir (US/UN) kepada orang tua peserta didik dan menyampaikan rekapitulasinya kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota atau Kantor Kemenag pada setiap akhir semester.
Ø Sekolah kami membuat laporan tahunan mengenai pencapaian hasil belajar  peserta didik kepada orang tua tetapi tidak memberi kesempatan untuk berdiskusi
Ø Sekolah kami melibatkan sebagian kecil orang tua peserta didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan sekolah tetapi kami masih menganggap perlu untuk mendorong keterlibatan semua orang tua
Ø Sekolah kami perlu membangun kerja sama dengan orang tua agar membantu anak mereka belajar di rumah.
Ø Sekolah kami membuat laporan kepada orang tua  tidak secara rutin dan sistematis
Ø Sekolah kami tidak melibatkan orang tua secara aktiif dalam kegiatan sekolah
Ø Sekolah kami tidak melibatkan  orang tua dalam PR (Pekerjaan Rumah) peserta didik dan kegiatan tugas sekolah lainnya


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi  sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Hasil Wawancara dengan peserta didik

 



Hasil Wawancara dengan orang tua

 

Hasil Wawancara dengan guru

Laporan kegiatan sekolah

Bukti fisik lainnya (tuliskan)







Bagian Ke-5

Standar Kompetensi Lulusan

5.    Kompetensi Lulusan

5.1.    Apakah peserta didik dapat mencapai target  akademis yang diharapkan?

Spesifikasi

Hasil belajar peserta didik sesuai dengan standar kompetensi lulusan
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Semua peserta didik  menunjukkan kemajuan, percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi.
Ø Peserta didik kami mengembangankan keterampilan berpikir logis, kritis, dan analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka
Ø Sekolah kami  sudah mampu meningkatkan prestasi belajar peserta didik yang sebelumnya masih rendah/kurang.
Ø Sekolah kami memastikan kebutuhan peserta didik yang berkemampuan rendah dapat terpenuhi secara efektif

Ø Sebagian besar (sekitar 90%) peserta didik menunjukkan kemajuan yang baik dalam mencapai target yang ditetapkan dibandingkan dengan  kondisi sebelumnya.

Ø Peserta didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri
Ø Peserta didik kami memiliki rasa percaya diri dan  mampu mengekspresikan  diri dan mengungkapkan pendapat mereka

Ø Sebagian kecil peserta didik telah menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsisten

Ø Kami belum merumuskan dan mengupayakan target  belajar yang bisa dicapai bagi semua peserta didik agar mereka bisa berhasil

Ø Hasil belajar peserta didik  masih rendah disebabkan oleh pemakaian  program belajar yang kurang beragam.
Ø Peserta didik kurang memiliki motivasi belajar, rasa percaya diri serta semangat belajar


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Daftar Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam ketrampilan menulis, membaca dan berhitung



Hasil Ujian Nasional/Sekolah

Hasil-hasil tes

Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan dalam bidang akademik

Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau bersama melalui lomba

Bukti fisik lainnya (tuliskan)







5.2.    Apakah peserta didik dapat mencapai target  akademis yang diharapkan?

Spesifikasi

·      Sekolah mengembangkan kepribadian peserta didik
·      Sekolah mengembangkan keterampilan hidup
·      Sekolah mengembangkan nilai-nilai agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø  Peserta didik menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten
Ø  Peserta didik berpartisipasi secara aktif dalam kehidupan di  sekolah dan di tengah masyarakat  luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan  melakukan berbagai jenis kegiatan untuk keberhasilan pribadi dalam  ruang lingkup yang lebih luas
Ø  Potensi dan minat peserta didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam berbagai jenis kegiatan.
Ø  Peserta didik kami memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika dan kesehatan fisik

Ø Peserta didik kami menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka

Ø Peserta didik kami menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas. Mereka memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian kepada orang lain.
Ø Sekolah kami menyediakan beragam kegiatan pengembangan pribadi
Ø Peserta didik kami memiliki pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha menerapkannya.
Ø    Kami menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan minat peserta didik
Ø Peserta didik kami memiliki pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
Ø Kami hanya menyediakan sedikit program pembelajaran dan belum bisa mengembangkan keterampilan lain
Ø    Kami belum bisa memberi kesempatan belajar bagi peserta didik yang dapat  menjamin pencapaian potensi mereka secara penuh


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Catatan pencapaian pengembangan pribadi dan sosial peserta didik



Catatan / Absensi Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler

Pencapaian prestasi olahraga

Catatan mengenai program budaya

Bukti fisik lainnya (tuliskan)







Bagian Ke-6


Standar Pengelolaan

6.    Standar Pengelolaan

6.1.   Apakah kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak?

Spesifikasi

q Perencanaan Program

·       Sekolah merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan  pemangku kepentingan.
·       Rencana kerja tahunan dijadikan dasar pengeloaan sekolah/madrasah yang menunjukkan adanya kemandirian,  kemitraan, partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami memiliki tim pengelolaan yang kuat , komite yang mendukung dan melibatkan diri pada pada seluruh kegiatan untuk menjamin keterlaksanaan pelayanan sekolah.
Ø Pimpinan sekolah kami mendorong evaluasi diri pendidik sehingga memperkuat rasa  percaya diri dan keyakinan bahwa mereka mampu melaksanakan tugas di dalam maupun di luar kelas
Ø Kami memiliki pemahaman bersama yang jelas dan baik untuk mewujudkan sekolah sebagai lingkungan kerja yang mendukung  sehingga pendidik, tenaga kependidikan, orangtua, dan masyarakat mewujudkan kebersamaan dan berbagi tanggung jawab untuk mewujudkan keberhasilan peserta didik
Ø Sekolah kami memiliki komite sekolah dan dewan guru yang aktif
Ø Pimpinan sekolah kami menunjukkan kesungguhan untuk memperbaiki pembelajaran  dengan melakukan kunjungan kelas, mengkaji model pembelajaran yang efektif, dan memberikan umpan balik.
Ø Sekolah kami memiliki visi-misi yang jelas yang dirumuskan berdasarkan kesepakatan pemangku kepentingan dan terfokus pada peningkatan mutu pendidikan

Ø Sekolah kami menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).

Ø Komite sekolah kami melakukan pertemuan secara teratur, namun kurang melibatkan diri secara aktif dalam kepentingan sekolah.

Ø Pimpinan  sekolah kami belum melibatkan diri secara memadai dalam kegiatan sekolah yang mempunyai pengaruh langsung terhadap peningkatan pembelajaran.
Ø Visi dan misi sekolah kami tidak dirumuskan bersama dan belum disebarluaskan

Ø Komite sekolah kami tidak berfungsi

Ø Pimpinan sekolah kami tidak secara konsisten mendukung dan memberi tantangan dan arah yang memadai  dalam perumusan target bagi perbaikan kinerja sekolah
Ø Beberapa Tenaga Kependidikan di sekolah kami tidak mendukung pengembangan meskipun mereka ditugasi untuk melakukan perbaikan
Ø Sekolah kami belum sepenuhnya merumuskan visi dan misi


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Pernyataan visi-misi sekolah



Dokumen sosialisasi rumusan visi-misi kepada pemangku kepentingan

Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








6.2.   Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai?

Spesifikasi

q Perencanaan Program
Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pihak yang bekepentingan.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami merumuskan tujuan  berdasarkan hasil yang telah tercapai dan target belajar peserta didik  sejalan dengan prioritas daerah dan pusat
Ø Kepala sekolah kami memimpin dan mengelola sekolah secara efektif dengan memprioritaskan sejumlah inisiatif dan mengkomunikasikannya dengan baik
Ø Kami memiliki pengharapan yang jelas dan sikap positif terhadap keberagaman dalam peningkatan dan perbaikan sekolah
Ø Sekolah kami memiliki rencana kerja yang jelas dan sesuai untuk kelancaran pengelolaan sekolah
Ø Tujuan dan rencana sekolah kami disosialisasikan kepada pemangku kepentingan sehingga memahaminya dengan baik
Ø Pemangku kepentingan terlibat dalam perencanaan pengembangan sekolah serta menilai kemajuannya
Ø Kepala sekolah melakukan supervise kelas dan memberikan umpan balik kepada guru dua kali dalam setiap semester.
Ø Para Guru dan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) sekolah kami tidak memiliki rasa kepemilikan yang kuat terhadap nilai-nilai dan tujuan yang hendak sekolah capai.
Ø Pimpinan sekolah kami tidak mengkomunikasikan rencana peningkatan dan perbaikan sekolah kepada pemangku kepentingan
Ø Pimpinan sekolah kami tidak melakukan evaluasi terhadap upaya yang kami lakukan dan mengubah rencana sesuai dengan hasil evaluasi

Ø Tujuan sekolah kami tidak jelas dan tidak banyak terkait dengan kegiatan utama sekolah

Ø Pimpinan sekolah kami tidak memperhatikan pengembangan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Ø Pimpinan sekolah kami tidak efektif dalam memperbaiki mutu dan pendayagunaan sumber daya yang ada


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Tujuan dan RPS/RKS

 



Pendokumentasian dan sosialisasi RPS/RKS

 

Bukti fisik lainnya (tuliskan)




 




6.3.    Apakah Rencana Pengembangan Sekolah/ Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar?

Spesifikasi

q Perencanaan Program
·      Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana jangka menengah
q Supervisi dan Penilaian
·      Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja sekolah.
·      Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur, menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Kami  menilai dampak implementasi Rencana Pengembangan Sekolah terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik.
Ø Kami bekerja secara perorangan maupun bersama-sama untuk  meningkatkan kinerja sekolah dan prestasi belajar peserta didik secara berkelanjutan.
Ø Kami memiliki visi-misi yang jelas dan dibutuhkan sehingga kepemimpinan sekolah kami siap menghadapi perubahan
Ø Prioritas-prioritas kegiatan di dalam Rencana Pengembangan Sekolah telah menunjukkan dampak nyata terhadap prestasi belajar peserta didik , kehadiran, kondisi keseharian peserta didik dan kondisi kerja di sekolah kami.
Ø Kami menggunakan informasi yang diperoleh dari hasil evaluasi EDS diri sebagai bahan penyusunan RPS/RKS dan mengutamakan kegiatan peningkatan mutu pembelajaran.
Ø Peningkatan kinerja sekolah  memperhitungkan kemampuan yang dimiliki untuk melakukan perbaikan dan perubahan

Ø Rencana pengembangan sekolah telah menunjukkan sejumlah perbaikan dalam kinerja sekolah, namun belum terarah pada kegiatan peningkatan hasil belajar peserta didik.

Ø Kami merasa perlu untuk memperbaiki struktur dan tampilan rencana pengembangan sekolah, sehingga menjadi jelas dan bermanfaat bagi peningkatan kinerja sekolah.
Ø Kami  cenderung  mengutamakan perbaikan system, fungsi, dan proses, dan tidak menaruh perhatian pada peningkatan hasil belajar peserta didik
Ø Rencana kerja sekolah kami tidak terarah pada peningkatan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Ø Rencana pengembangan sekolah kami tidak didukung dengan informasi yang didapat dari hasil evaluasi diri sekolah.
Ø Sejumlah staf di sekolah kami tidak terbuka terhadap perubahan, dan evaluasi diri belum menjadi tata kerja di sekolah kami


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Laporan evaluasi diri sekolah



Laporan kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah

Hasil interviu dengan peserta didik

Hasil interviu dengan orang tua

Laporan guru kepada kepala sekolah mengenai pencapaian mereka

Bukti fisik lainnya (tuliskan)









6.4.    Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid?

Spesifikasi

·        Sekolah mengelola sistem informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
·        Sekolah menyediakan sistem informasi yang efisien, efektif, dan dapat diakses
·        Sekolah menyediakan laporan dan data yang dibutuhkan oleh kabupaten/kota dan tingkatan lain dalam sistem
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami memiliki sistem pengumpulan dan penyimpanan data yang efektif
Ø Sekolah kami menggunakan informasi untuk memetakan tingkat pencapaian kinerja sekolah, bahan perumusan perencanaan, membangun dukungan dan sumber daya kebijakan yang dapat meningkatkan pembelajaran dan tingkat pencapaian sekolah.
Ø Sekolah kami berbagi informasi mengenai perkembangan peserta didik kepada  orang tua mereka
Ø Sekolah kami memperbaharui data dan informasi secara berkala
Ø Sekolah kami menganalisis semua data yang terhimpun sebagai bahan penyusunan RKJM
Ø Sekolah kami mengirim data dan informasi secara berkala ke kantor Dinas Pendidikan atau Kandepag kabupaten/kota
Ø Sekolah kami mengumpulkan dan menyimpan berbagai jenis data
Ø Sekolah kami tidak menggunakan data secara efektif untuk memonitor, melaksanakan perbaikan, menentukan tolok ukur kinerja, dan mengidentifikasi kecenderungan yang ada
Ø Sekolah kami tidak banyak  berbagi informasi antar sesama pegawai untuk memperluas pandangan mengenai upaya yang dilakukan oleh sekolah

Ø Sekolah kami hanya melaksanakan pengumpulan data jika diminta

Ø Pegawai kami hanya mendapatkan sedikit pelatihan atau bahkan tidak pernah sama sekali mengenai interpretasi penggunaan sistem informasi untuk merencanakan perbaikan

Ø Sekolah kami tidak memiliki sistem informasi yang efektif sebagai sumber data yang dibutuhkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran



Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Informasi dan data sekolah mutakhir

 



RPS/RKS

 

Catatan Dinas Pendidikan atau  Kandepag  kabupaten/kota  mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








6.5.    Bagaimana cara memberikan dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan?

Spesifikasi

q Pendidik dan Tenaga Kependidikan
·       Sekolah meningkatkan kefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikandan pengembangan profesi pendidik dan tenaga kependidikan 
q Supervisi dan Evaluasi
·      Supevisi dan evaluasi pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan dan kesesuaian dengan standar nasional
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah mendukung dan menghargai prestasi pendidik dan tenaga kependidikan serta mengkomunikasikan keberhasilan dan upaya terbaik yang telah dilakukan.
Ø Pendidik dan tenaga kependidikan sekolah kami mendapatkan informasi dan dukungan materi untuk pengembangan profesi
Ø Kami menyikapi dan memonitor masalah kesetaraan dan keadilan di sekolah secara sistematis
Ø Pendidik bermotivasi tinggi dan mendapat pengakuan atas prestasi yang diraihnya
Ø Pendidik sekolah kami mendapatkan peluang untuk mengembangkan profesi yang relevan
Ø Kepala sekolah melakukan penilaian kinerja guru dengan prosedur yang jelas
Ø Sebagian (sekitar 40%) pendidik dan tenaga kependidikan merasa kurang mendapatkan penghargaan yang memadai serta kurang termotivasi oleh pimpinan sekolah
Ø Pendidik sekolah kami kurang mendapatkan kesempatan terhadap pengembangan profesinya yang sesuai
Ø Sekolah kami belum melakukan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan secara berkelanjutan

Ø Banyak pendidik dan tenaga kependidikan sekolah kami yang merasa tidak ada pengakuan dan penghargaan atas prestasi sehingga mereka tidak termotivasi

Ø Pimpinan sekolah tidak mendorong pendidik dan tenaga kependidikan mengembangkan profesi karena pimpinan sekolah khawatirpendidik dean tenaga kependidikan tidak berkosentrasi pada pekerjaannya
Ø Pihak pimpinan tidak memberikan teguran kepada pegawai sesuai kebutuhan



Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Catatan penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah

 



Hasil interviu guru

 

Hasil observasi

Daftar nilai peserta didik

Rencana perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








6.6.    Bagaimana cara masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah?

Spesifikasi

·       Warga sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan akademis dan nonakademis
·       Sekolah melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis 
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Anggota masyarakat yang tergabung dalam komite sekolah, berpartisipasi aktif mengkaji kebutuhan, memperluas pengalaman peserta didikdan memberikan dukungan untuk mengurangi hambatan dalam belajar
Ø Masyarakat di lingkungan sekolah termasuk anggota masyarakat yang kurang mampu dan pelaku industri di daerah kami memberikan tanggapan positif atas laporan mutu pendidikan yang kami berikan, seperti meningkatnya motivasi peserta didik dan keluarga melibatkan diri pada kegiatan sekolah
Ø Sekolah kami melibatkan perorangan, keluarga dan kelompok masyarakat dalam berbagai kegiatan dan dalam pembuatan keputusan yang mempengaruhi masyarakat
Ø Kami menghargai dan mempertimbangkan pandangan masyarakat, merespon keluhan masyarakat dan menghargai keterlibatannya dalam meniingkatkan reputasi  kehidupan sekolah
Ø Masyarakat menilai sekolah kami relevan dan memenuhi kebutuhan masyarakat daerah
Ø Sekolah kami melibatkan masyarakat dalam kegiatan sekolah
Ø Anggota masyarakat di luar komite sekolah, tidak berpartisipasi aktif di sekolah dan kami tidak mendorong mereka secara proaktif
Ø Komite sekolah kami cukup aktif membantu kegiatan sekolah
Ø Sekolah kami tidak banyak berkomunikasi dengan masyarakat setempat,  tidak memberikan perhatian terhadap kepentingan  masyarakat atau meminta masukan mengenai upaya untuk perbaikan sekolah dan kurang mendorong  mereka agar lebih terlibat secara aktif.
Ø Komite sekolah kami tidak aktif dan tidak banyak membantu kegiatan sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar