Senin, 09 Desember 2013

Rubrik Penilaian Peserta Didik 2013



Rubrik Penilaian Peserta Didik, Kurikulum 2013:
1.    Pedoman Observasi:
1.1.   Sikap Spiritual;
1.2.   Sikap Jujur;
1.3.   Sikap Disiplin;
1.4.   Sikap Tanggungjawab;
1.5.   Sikap Toleransi;
1.6.   Sikap Gotong Royong;
1.7.   Sikap Santun;
1.8.   Sikap Percaya Diri.
2.    Pedoman Penilaian Diri:
2.1.   Sikap Spiritual;
2.2.   Sikap Jujur;
2.3.   Sikap Disiplin;
2.4.   Sikap Tanggungjawab;
2.5.   Sikap Toleransi;
2.6.   Sikap Gotong Royong;
2.7.   Sikap Santun;
2.8.   Sikap Percaya Diri.
3.    Pedoman Penilaian Antarpeserta Didik:
3.1.   Sikap Disiplin;
3.2.   Sikap Jujur.
4.    Pedoman Jurnal:
4.1.   Jurnal Model Pertama;
4.2.   Jurnal Model Kedua.


Menilai Peserta Didik

Pedoman Observasi
Sikap Spiritual

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu




2
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan




3
Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi




4
Mengungkapkan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan




5
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan = 20, maka skor akhir:
 14 x 4 = 2,8
 20
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta Didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik     : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor ≤ 4,00
Baik                 : apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup             : apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang            : apabila memperoleh skor :  skor ≤ 1,33


Pedoman Observasi
Sikap Jujur

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan/tugas




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengungkapkan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




5
Mengakui kesalahan atau kekurangan yang dimiliki




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal


Pedoman Observasi
Sikap Disiplin

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya       = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak   = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah Skor



Petunjuk Penskoran:
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
 Skor Tertinggi
Contoh:
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir adalah:
 6 x 4 = 3,00
 8

Pedoman Observasi
Sikap Tanggung Jawab

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab. 
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik




2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan




3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat




4
Mengembalikan barang yang dipinjam




5
Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal


Pedoman Observasi
Sikap Toleransi

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi. 
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati pendapat teman




2
Menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya




4
Menerima kekurangan orang lain




5
Mememaafkan kesalahan orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Pedoman Observasi
Sikap Gotong Royong

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam gotong royong.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap gotong royong yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Aktif dalam kerja kelompok




2
Suka menolong teman/orang lain




3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan




4
Rela berkorban untuk orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Pedoman Observasi
Sikap Santun

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Menghormati orang yang lebih tua




2
Mengucapkan terima kasih setelah menerima bantuan orang lain




3
Menggunakan bahasa santun saat menyampaikan pendapat




4
Menggunakan bahasa santun saat mengkritik pendapat teman




5
Bersikap 3S (salam, senyum, sapa) saat bertemu orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Pedoman Observasi 
Sikap Percaya Diri

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri. 
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Berani presentasi di depan kelas




2
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan




3
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu




4
Mampu membuat keputusan dengan cepat




5
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Lembar Pengamatan Sikap

Kelas                           : ……………………….
Hari, tanggal               : ……………………….
Materi Pokok/Tema     : ……………………….
           
No
Nama Peserta Didik
Sikap
Keterangan
Jujur
Disiplin
Tanggung Jawab
Toleransi
Gotong Royong
Santun
Percaya Diri









































Keterangan Penskoran:
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
      tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
      tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten menunjukkan sikap sesuai aspek sikap

Penilaian Diri

Lembar Penilaian Diri
Sikap Spiritual

Petunjuk Pengisian:
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Materi Pokok              : ………………….
Tanggal                       : ………………….

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya semakin yakin dengan keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan




2
Saya berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu kegiatan




3
Saya mengucapkan rasa syukur atas segala karunia Tuhan




4
Saya memberi salam sebelum dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum 




5
Saya mengungkapkan keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya




Jumlah Skor





Keterangan:
TP        : Tidak Pernah                         SR       : Sering
KD      : Kadang-kadang                    SL       : Selalu

Kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Lembar Penilaian Diri
Sikap Jujur

Petunjuk Pengisian:
Bacalah pernyataan yang ada di dalam kolom dengan teliti.
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Materi Pokok              : ………………….
Tanggal                       : ………………….

No
Pernyataan
TP
KD
SR
SL
1
Saya menyontek pada saat mengerjakan Ulangan




2
Saya menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas




3
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang




4
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan




5
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain





Keterangan:
SL  = Selalu
SR  = Sering
KD = Kadang-kadang
TP  = Tidak Pernah

Kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Lembar Penilaian Diri
Sikap Tanggungjawab

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggungjawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Materi Pokok              : ………………….
Tanggal                       : ………………….

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Sebagai peserta didik saya melakukan tugas-tugas dengan baik




2
Saya berani menerima resiko atas tindakan yang dilakukan




3
Saya menuduh orang lain tanpa bukti




4
Saya mau mengembalikan barang yang dipinjam dari orang lain




5
Saya berani meminta maaf jika melakukan kesalahan yang merugikan orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Lembar Penilaian Diri
Sikap Disiplin

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang kamu miliki sebagai berikut:
Ya       = apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan
Tidak   = apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan.

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Saya masuk kelas tepat waktu


2
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Saya memakai seragam sesuai tata tertib


4
Saya mengerjakan tugas yang diberikan


5
Saya tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Saya membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Saya membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah Skor



Petunjuk Penskoran:
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal
Contoh:
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh nilai skor 6, dan skor maksimal 8 maka nilai akhir adalah:
 6 x 4 = 3,00
 8

Lembar Penilaian Diri
Sikap Gotong Royong

Petunjuk Pengisian:
Cermatilah kolom-kolom sikap di bawah ini!
Jawablah dengan jujur sesuai dengan sikap yang kamu miliki. Lingkarilah salah satu angka yang ada dalam kolom yang sesuai dengan keadaanmu
4 = jika sikap yang kamu miliki sesuai dengan selalu positif
3 = Jika sikap yang kamu miliki positif tetapi sering positif kadang kadang muncul sikap negatif
2 = Jika sikap yang kamu miliki sering negatif tapi tetapi kadang kadang muncul sikap positif
1 = Jika sikap yang kamu miliki selalu negatif

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Materi Pokok              : ………………….
Tanggal                       : ………………….

Rela berbagi
4
3
2
1
Egois
Aktif
4
3
2
1
Pasif
Bekerja sama
4
3
2
1
Individualistis
Ikhlas
4
3
2
1
Pamrih

Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal


Lembar Penilaian Diri
Sikap Toleransi

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..


No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Saya menghormati teman yang berbeda pendapat




2
Saya menghormati teman yang berbeda suku, agama, ras, budaya, dan gender




3
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya




4
Saya menerima kekurangan orang lain




5
Saya memaafkan kesalahan orang lain




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Lembar Penilaian Diri
Sikap Percaya Diri

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Tanggal Pengamatan   : …………………..
Materi Pokok              : …………………..

No
Aspek Pengamatan
Skor
1
2
3
4
1
Saya melakukan segala sesuatu tanpa ragu-ragu




2
Saya berani mengambil keputusan secara cepat dan bisa dipertanggungjawabkan




3
Saya tidak mudah putus asa




4
Saya berani menunjukkan kemampuan yang dimiliki di depan orang banyak




5
Saya berani mencoba hal-hal yang baru




Jumlah Skor




                       
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal


Lembar Penilaian Diri
Sikap Santun

Petunjuk Pengisian:
Bacalah dengan teliti pernyataan pernyataan yang pada kolom di bawah ini!
Tanggapilah pernyataan-pernyataan tersebut dengan memberi tanda cek (√) pada kolom:
STS     : Jika kamu sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut
TS        : Jika kamu tidak setuju dengan pernyataan tersebut
S          : Jika kamu setuju dengan pernyataan tersebut
SS        : Jika kamu sangat setuju dengan pernyataan tersebut

Nama Peserta Didik    : ………………….
Kelas                           : ………………….
Materi Pokok              : ………………….
Tanggal                       : ………………….

No
Pernyataan
Penilaian
STS
TS
S
SS
1
Saya menghormati orang yang lebih tua




2
Saya tidak berkata kata kotor, kasar dan takabur




3
Saya meludah di tempat sembarangan




4
Saya tidak menyela pembicaraan




5
Saya mengucapkan terima kasih saat menerima bantuan dari orang lain




6
Saya tersenyum, menyapa, memberi salam kepada orang yang ada di sekitar kita





Keterangan:
Pernyataan positif:
1 untuk sangat tidak setuju (STS),
2 untuk tidak setuju (TS),
3 untuk setuju (S),
4 untuk sangat setuju (SS).

Pernyataan negatif:
1 untuk sangat setuju (SS),
2 untuk setuju (S),
3 untuk tidak setuju (TS),
4 untuk sangat tidak setuju (STS).

Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
 Skor Maksimal

Penilaian Antarpeserta didik
Daftar Cek

Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
Sikap Disiplin

Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik untuk menilai sikap sosial peserta didik lain dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya       = apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak   = apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.

Nama Penilai                                       : (tidak diisi)
Nama Peserta Didik yang dinilai        : ...............
Kelas                                                   : ...............
Mata Pelajaran                                    : ...............

No
Sikap yang diamati
Melakukan
Ya
Tidak
1
Masuk kelas tepat waktu


2
Mengumpulkan tugas tepat waktu


3
Memakai seragam sesuai tata tertib


4
Mengerjakan tugas yang diberikan


5
Tertib dalam mengikuti pembelajaran


6
Mengikuti praktikum sesuai dengan langkah yang ditetapkan


7
Membawa buku tulis sesuai mata pelajaran


8
Membawa buku teks mata pelajaran


Jumlah Skor



Petunjuk Penskoran:
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban TIDAK diberi skor 0.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
 Skor Tertinggi
Contoh:
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir adalah:
 6 x 4 = 3,00
 8

Daftar Cek Penilaian Antarpeserta Didik
Sikap Jujur

Nama Penilai                                       : (tidak diisi)
Nama Peserta Didik yang dinilai        : ...............
Kelas                                                   : ...............
Mata Pelajaran                                    : ...............

Berilah tanda cek (v) pada kolom pilihan berikut dengan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

No
Aspek Pengamatan
Skor
4
3
2
1
1
Tidak nyontek dalam mengerjakan ujian/ulangan




2
Tidak melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas




3
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya




4
Melaporkan data atau informasi apa adanya




Jumlah Skor





Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
 Skor Tertinggi

Jurnal
Model Pertama
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
·      Tulislah identitas Peserta Didik yang diamati;
·      Tulislah tanggal pengamatan;
·      Tulislah aspek yang diamati oleh Guru;
·      Ceritakan kejadian-kejadian yang dialami oleh Peserta Didik, baik yang merupakan kekuatan Peserta Didik maupun kelemahan Peserta Didik sesuai dengan pengamatan Guru terkait dengan Kompetensi Inti;
·      Tulislah dengan segera kejadian;
·      Setiap kejadian per anak ditulis pada kartu yang berbeda;
·      Simpanlah kartu tersebut di dalam folder masing-masing Peserta Didik.


Format:


Jurnal
Nama Peserta Didik    : ………………………….
Nomor Peserta Didik  : ………………………….
Tanggal                       : ………………………….
Aspek yang diamati    : ………………………….
Kejadian                      : ………………………….

Guru:
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….



Petunjuk Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
 Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
 Skor Tertinggi


Contoh Format Jurnal Model Kedua

Jurnal

Nama Peserta Didik    : ………………..
Aspek yang diamati    : ………………..
No.
Hari/ Tanggal
Kejadian
Keterangan











Sumber:
Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMP, Kemendikbud 2013.


***

15 komentar:

  1. terima kasih, sangat2 membantu saya sebagai pemula K13

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali. mohon izin berbagi dengan yang lain

    BalasHapus
  3. kang apakah jenis sikap di setiap jenjang pendidikan sama? atau berbeda?

    BalasHapus
  4. terimaksih ya, bro mita izin, saya mau kopy paste...

    BalasHapus
  5. hatur Nuhun Kang Ade, Barokalloh

    BalasHapus
  6. Hatur nuhun pk Ade ku pencerahanna.

    BalasHapus
  7. Makasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy

    BalasHapus
  8. Terima kasih Pak. Sangat bermanfaat

    BalasHapus