Jumat, 29 Juni 2012

Instrumen EDS

Lanjutan...

Bagian Ke-7


Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

7.    Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

7.1.    Apakah pemenuhan jumlah pendidikan dan tenaga kependidikan sudah memadai?

Spesifikasi
·      Jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar
·      Pendidik dan tenaga kependidikan memenuhi standar kompetensi
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami memiliki pendidik dan tenaga kependidikan dengan jumlah,  kualifikasi, dan kompetensi yang memadai untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus. 
Ø Kualifikasi  dan kompetensi semua pendidik  dan tenaga kependidikan di sekolah kami  sudah melebihi ketentuan yang ditetapkan dalam standar
Ø Sekolah kami memiliki jumlah pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan dalam standar
Ø Sekolah kami mempunyai tenaga pendidik yang cukup untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan belajar
Ø Guru guru disekolah kami memliki dedikasi dan integritas yang tinggi terhadap pekerjaannya
Ø Tingkat keahlian mengajar pendidik memungkinkan tercakupnya sebagian besar tuntutan kurikulum, tetapi masih ada kesenjangan dibidang keahlian tertentu
Ø Beberapa pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah kami tidak memiliki kualifikasi minimum yang dipersyaratkan
Ø Setiap guru tetap kami telah bekerja sesuai dengan ketentuan standar pelayanan minimal (SPM)
Ø Sekolah kami menyelenggarakan proses pembelajaran selama 34 minggu pertahun dengan kegiatan tatap muka sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal (SPM)

Ø Sekolah kami tidak memiliki jumlah pendidik dan tenaga kependidikan seperti yang dipersyaratkan dalam standar nasional pendidikan.

Ø Sebagian besar pendidik di sekolah kami tidak memenuhi kualifikasi minimum



Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
Jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan

 



Beban mengajar guru

Laporan kepala sekolah mengenai supervisi guru

Penilaian terhadap pendidik dan tenaga kependidikan

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








Bagian Ke-8


Standar Pembiayaan

8.    Standar Pembiayaan

8.1.   Bagaimana sekolah mengelola keuangan?

Spesifikasi:

q Pengelolaan keuangan sekolah
·      Anggaran sekolah dirumuskan merujuk peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
·      Pengelolaan keuangan sekolah transparan, efisien, dan akuntabel.
·      Sekolah membuat pelaporan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah dengan melibatkan partisipasi komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait.
Ø Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara berkala dan menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku kepentingan
Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah  dan dikomunikasikan kepada komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait.
Ø Sekolah membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan
Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah.
Ø Sekolah membuat laporan  pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan, tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan
Ø Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) belum sepenuhnya merujuk pada peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
Ø Sekolah belum membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan



Laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.

Pembukuan keuangan sekolah

Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku kepentingan yang terkait

Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang terkait.

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








8.2.    Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya?

Spesifikasi:

Sekolah  memiliki kapasitas untuk mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan pendapatan tambahan
Ø Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan pemilik usaha dan industri setempat dan pemangku kepentingan lainnya yang membantu sekolah kami dalam hal pembiayaan
Ø Kami melanjutkan hubungan dengan alumni kami dan menggunakan mereka sebagai sumber pendanaan dan bantuan lainnya
Ø Sekolah kami mendapatkan pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.
Ø Kami telah mengembangkan hubungan kerja sama dengan pemangku kepentingan, khususnya orang tua yang mampu untuk membantu sekolah kami
Ø Kami akan melanjutkan hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami walaupun bukan dalam hal pembiayaan
Ø Kami berencana untuk memperluas penggunaan sumber daya dan prasarana sekolah untuk mendapatkan pembiayaan tambahan tetapi kami belum mengimplementasikannya
Ø Hubungan kami dengan pemangku kepentingan harus dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan dari mereka
Ø Kami menyimpan catatan alumni dan sebagian dari mereka membantu sekolah tetapi bukan dalam hal pembiayaan

 

Ø Kami belum mempertimbangkan penggunaan sumber daya atau prasarana sekolah untuk mencari sumber pembiayaan tambahan
Ø Kami belum memiliki hubungan yang kuat dengan dunia usaha dan industri setempat
Ø Kami tidak menyimpan catatan alumni sekolah kami


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan



Catatan alumni

Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang terkait

Catatan pendapatan dari semua sumber

Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang terkait

Bukti fisik lainnya (tuliskan)








8.3.    Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses?

Spesifikasi:

·       Sumbangan orang tua siswa sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua
·       Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang mampu di bidang ekonomi
Indikator Pencapaian

Tingkat ke-4

Tingkat ke-3

Tingkat ke-2

Tingkat ke-1

Ø Sekolah kami melayani anak usia sekolah dari berbagai tingkatan sosial masyarakat sekitar, termasuk anak dengan kebutuhan khusus
Ø Kami mematuhi  standar mengenai biaya sumbangan orang tua dan subsidi silang pembiayaan dan juga memiliki alokasi persentasi untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat miskin
Ø Kami mendorong keterlibatan semua golongan siswa (program inklusif) dan mempromosikan kesetaraan akses bagi semua peserta didik
Ø Kami merumuskan besarnya sumbangan orang tua berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua dan menerapkan prinsip subsidi silang
Ø Beberapa kelompok dari masyarakat setempat tidak terwakili dalam populasi peserta didik di sekolah kami
Ø Sumbangan orang tua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik, tetapi sekolah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program kegiatan peserta didik
Ø Kesetaraan kesempatan peserta didik bukan bagian penting dari apa yang sekolah kami lakukan
Ø Sumbangan orang tua dan biaya kegiatan sekolah lainnya ditentukan sama untuk semua peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orang tua


Bukti-bukti Fisik Sekolah

(Mohon beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
Ringkasan deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
Tingkat yang dicapai

Angka peserta didik yang masuk dan keluar

 



Wawancara dengan peserta didik

 

Wawancara dengan orang tua

Wawancara dengan yang mewakili masyarakat

Wawancara perwakilan masyarakat daerah

Catatan SPP yang dibayarkan

Tingkat putus sekolah

Bukti fisik lainnya (tuliskan)









Tamat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar