Bagian Ke-7
Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan
7. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan |
|||
7.1. Apakah pemenuhan jumlah pendidikan dan tenaga kependidikan sudah memadai? |
|||
Spesifikasi
·
Jumlah dan kualifikasi pendidik
dan tenaga kependidikan memenuhi standar
·
Pendidik dan tenaga kependidikan
memenuhi standar kompetensi
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Sekolah
kami memiliki pendidik dan tenaga kependidikan dengan jumlah, kualifikasi, dan kompetensi yang memadai
untuk memberikan pengalaman belajar dengan kualitas tinggi bagi semua peserta
didik, termasuk peserta didik yang mempunyai kebutuhan khusus.
Ø Kualifikasi
dan kompetensi semua pendidik
dan tenaga kependidikan di sekolah kami sudah melebihi ketentuan yang ditetapkan
dalam standar
|
Ø
Sekolah kami memiliki jumlah
pendidik dan tenaga kependidikan sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan
dalam standar
Ø Sekolah kami mempunyai tenaga
pendidik yang cukup untuk menangani peserta didik yang mengalami kesulitan
belajar
Ø Guru
guru disekolah kami memliki dedikasi dan integritas yang tinggi terhadap
pekerjaannya
|
Ø
Tingkat keahlian mengajar pendidik memungkinkan tercakupnya
sebagian besar tuntutan kurikulum, tetapi masih ada kesenjangan dibidang
keahlian tertentu
Ø
Beberapa pendidik dan tenaga
kependidikan di sekolah kami tidak memiliki kualifikasi minimum yang
dipersyaratkan
Ø
Setiap guru tetap kami telah bekerja sesuai dengan
ketentuan standar pelayanan minimal (SPM)
Ø
Sekolah kami menyelenggarakan proses pembelajaran
selama 34 minggu pertahun dengan kegiatan tatap muka sesuai dengan Standar
Pelayanan Minimal (SPM)
|
Ø Sekolah kami tidak memiliki jumlah pendidik dan tenaga kependidikan seperti yang dipersyaratkan dalam standar nasional pendidikan.Ø Sebagian besar pendidik di sekolah kami tidak memenuhi kualifikasi minimum |
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Jumlah
dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
|
|
Beban mengajar guru
|
|
||
Laporan
kepala sekolah mengenai supervisi guru
|
|
||
Penilaian
terhadap pendidik dan tenaga kependidikan
|
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
Bagian Ke-8
Standar Pembiayaan
8. Standar Pembiayaan |
|||
8.1. Bagaimana sekolah mengelola keuangan? |
|||
Spesifikasi:
q Pengelolaan keuangan sekolah
·
Anggaran sekolah dirumuskan
merujuk peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan pemerintahan kabupaten/kota
·
Pengelolaan keuangan sekolah
transparan, efisien, dan akuntabel.
·
Sekolah membuat pelaporan keuangan
kepada pemerintah dan pemangku kepentingan.
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Perumusan rancangan anggaran biaya
pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah
dengan melibatkan partisipasi komite sekolah dan pemangku kepentingan yang
terkait.
Ø
Sekolah membuat
laporan pertanggungjawaban
pendapatan
dan penggunaan
keuangan secara berkala dan menyeluruh kepada pemerintah dan pemangku
kepentingan
|
Ø
Perumusan rancangan anggaran biaya pendapatan
dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah dan dikomunikasikan kepada komite sekolah
dan pemangku kepentingan yang terkait.
Ø
Sekolah
membuat laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan secara
periodik kepada pemerintah dan pemangku kepentingan
|
Ø
Perumusan rancangan anggaran biaya
pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) merujuk pada peraturan pemerintah.
Ø
Sekolah
membuat laporan pertanggungjawaban
pendapatan dan penggunaan keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan,
tetapi masih perlu dilakukan secara rutin dan proses yang transparan
|
Ø
Perumusan rancangan anggaran biaya
pendapatan dan belanja sekolah (RAPBS) belum sepenuhnya merujuk pada
peraturan Pemerintah, pemerintahan provinsi, dan
pemerintahan kabupaten/kota
Ø
Sekolah
belum membuat
laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan
keuangan kepada pemerintah dan pemangku kepentingan
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan
|
|
|
|
Laporan pertanggungjawaban pendapatan dan penggunaan keuangan sekolah kepada pemerintah dan
pemangku kepentingan.
|
|
||
Pembukuan keuangan sekolah
|
|
||
Wawancara dengan komite sekolah dan pemangku
kepentingan yang terkait
|
|
||
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan
pemangku kepentigan yang terkait.
|
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
8.2. Upaya apakah yang telah dilaksanakan oleh sekolah untuk mendapatkan tambahan dukungan pembiayaan lainnya? |
|||
Spesifikasi:
Sekolah memiliki kapasitas untuk
mencari dana dengan inisiatifnya sendiri
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Sekolah kami kreatif menggali berbagai sumber untuk mendapatkan
pendapatan tambahan
Ø
Kami telah membangun jaringan kerja yang kuat dengan
pemilik usaha dan industri setempat dan pemangku kepentingan lainnya yang
membantu sekolah kami dalam hal pembiayaan
Ø
Kami
melanjutkan hubungan dengan alumni kami dan menggunakan mereka sebagai sumber
pendanaan dan bantuan lainnya
|
Ø
Sekolah kami mendapatkan
pembiayaan tambahan melalui pemanfaatan sarana dan prasarana sekolah.
Ø
Kami telah mengembangkan hubungan
kerja sama dengan pemangku kepentingan, khususnya orang tua yang mampu untuk
membantu sekolah kami
Ø
Kami
akan melanjutkan hubungan dengan alumni dan mereka membantu upaya kami
walaupun bukan dalam hal pembiayaan
|
Ø Kami berencana untuk
memperluas penggunaan sumber daya dan prasarana sekolah untuk
mendapatkan pembiayaan tambahan tetapi kami belum mengimplementasikannya
Ø Hubungan kami dengan pemangku
kepentingan harus dikembangkan lebih lanjut agar mendapatkan bantuan keuangan
dari mereka
Ø Kami menyimpan catatan alumni
dan sebagian dari mereka membantu sekolah tetapi bukan dalam hal pembiayaan
|
Ø Kami belum mempertimbangkan penggunaan sumber
daya atau prasarana sekolah untuk mencari sumber pembiayaan tambahan
Ø Kami belum memiliki hubungan
yang kuat dengan dunia usaha dan industri setempat
Ø Kami
tidak menyimpan catatan alumni sekolah kami
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
RAPBS jangka panjang, menengah, dan tahunan
|
|
|
|
Catatan alumni
|
|
||
Catatan hasil pertemuan dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan
yang terkait
|
|
||
Catatan pendapatan dari semua sumber
|
|
||
Interviu dengan komite sekolah dan pemangku kepentigan yang terkait
|
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
8.3. Bagaimana cara sekolah menjamin kesetaraan akses? |
|||
Spesifikasi:
· Sumbangan orang tua siswa
sekolah ditentukan berdasarkan kemampuan ekonomi orang tua
· Sekolah melakukan subsidi silang kepada siswa kurang
mampu di bidang ekonomi
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Sekolah kami melayani anak usia
sekolah dari berbagai tingkatan sosial masyarakat sekitar, termasuk anak
dengan kebutuhan khusus
Ø
Kami
mematuhi standar mengenai biaya sumbangan orang tua dan subsidi silang pembiayaan dan juga
memiliki alokasi persentasi untuk memberikan tempat bagi anak yang sangat
miskin
|
Ø Kami mendorong keterlibatan
semua golongan siswa (program inklusif) dan mempromosikan kesetaraan akses
bagi semua peserta didik
Ø Kami
merumuskan besarnya sumbangan orang tua berdasarkan kemampuan ekonomi orang
tua dan menerapkan prinsip subsidi silang
|
Ø Beberapa kelompok dari
masyarakat setempat tidak terwakili dalam populasi peserta didik di sekolah
kami
Ø Sumbangan
orang tua dirumuskan berdasarkan kemampuan ekonomi orangtua peserta didik, tetapi
sekolah tidak menerapkan subsidi silang dalam membiayai program kegiatan
peserta didik
|
Ø Kesetaraan kesempatan peserta
didik bukan bagian penting dari apa yang sekolah kami lakukan
Ø Sumbangan
orang tua dan biaya kegiatan sekolah lainnya ditentukan sama untuk semua
peserta didik dengan tidak mempertimbangkan kemampuan ekonomi orang tua
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Angka peserta didik yang masuk dan keluar |
|
|
|
Wawancara dengan peserta didik |
|
||
Wawancara dengan orang tua
|
|
||
Wawancara dengan yang
mewakili masyarakat
|
|
||
Wawancara perwakilan
masyarakat daerah
|
|
||
Catatan SPP yang dibayarkan
|
|
||
Tingkat putus sekolah
|
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
Tamat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar