Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Hasil
observasi terhadap sikap guru terhadap peserta didik, khususnya dalam hal
memberikan pujian/motivasi
|
|||
Hasil
pekerjaan peserta didik dipajang di kelas
|
|||
Hasil
observasi perilaku guru atau peserta didk
yang relevan
|
|||
Daftar
kehadiran peserta didik
|
|||
Catatan penghargaan terhadap siswa
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
Bagian Ke-4
Standar
Penilaian
4. Standar Penilaian |
|||
4.1. Sistem penilaian apa yang digunakan untuk menilai peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik? |
|||
Spesifikasi:
·
Guru membuat perencanaan penilaian terhadap pencapaian kompetensi peserta
didik
·
Guru memberikan informasi kepada peserta didik mengenai
kriteria penilaian termasuk Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
·
Guru melaksanakan penilaian secara teratur berdasarkan
rencana yang telah dibuat
·
Guru menerapkan berbagai teknik, bentuk, dan jenis
penilaian untuk mengukur prestasi dan kesulitan belajar
peserta didik
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Guru-guru di sekolah kami
menggunakan berbagai jenis metode untuk menilai kemajuan belajar peserta
didik secara berkelanjutan baik formal
maupun non-formal termasuk diskusi, observasi, dan penugasan.
Ø Guru-guru di sekolah kami
membuat instrumen yang tepat dan dapat diandalkan untuk menerapkan berbagai
teknik penilaian
Ø Semua
penilaian terhadap hasil belajar
peserta didik di sekolah kami didasarkan pada pencapaian kompetensi yang diharapkan
|
Ø
Guru-guru di sekolah kami selalu memantau kemajuan belajar peserta didik melalui observasi
dan penilaian secara berkala
Ø
Guru-guru di sekolah kami melaksanakan penilaian
sesuai dengan silabus dan RPP
Ø
Guru-guru
di
sekolah kami memberikan informasi kepada peserta didik
mengenai KKM
|
Ø
Setiap guru di sekolah kami mengembangkan dan
menerapkan program penilaian untuk membantu meningkatkan kemampuan belajar
peserta didik.
Ø
Guru-guru di sekolah kami melaksanakan penilaian terhadap peserta didik secara periodik, tapi sebagian besar hanya menggunakan tes dan ujian
Ø
Guru-guru di sekolah kami
tidak membicarakan hasil penilaian dengan peserta didik
|
Ø Guru-guru di sekolah kami
dalam melaksanakan penilaian hasil belajar peserta didik hanya menggunakan tes dan ujian
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak menilai
atau memonitor kemajuan peserta didik secara sistematis
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Nilai peserta didik dalam Ujian Nasional |
|||
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan (berdasarkan UH, UTS dan UAS) |
|||
Hasil wawancara dengan orang
tua dan peserta didik
|
|||
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
|
|||
Dokumen hasil penetapan KKM
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
4.2. Bagaimana penilaian berdampak pada proses belajar? |
|||
Spesifikasi:
q Penilaian oleh guru
Guru memberikan masukan dan komentar mengenai penilaian
yang mereka lakukan pada peserta didik
Guru menggunakan hasil penilaian untuk perbaikan pembelajaran
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Semua guru di sekolah kami secara
rutin mencatat kemajuan peserta didik sebagai dasar perencanaan dan tindak
lanjutnya
Ø
Sekolah
kami memberikan kesempatan kepada semua peserta didik untuk memberikan pendapat terhadap hasil
pencapaian kemajuan belajar yang mereka
peroleh dan terlibat dalam penetapan
target pembelajaran
|
Ø Guru-guru
di sekolah kami mengkaji ulang tingkat kemajuan semua peserta didik pada
setiap akhir semester dan menggunakan informasi tersebut untuk merencanakan program pembelajaran selanjutnya
Ø Guru-guru di sekolah kami memberi kesempatan
kepada peserta didik untuk mengkaji
ulang kemajuan belajar mereka untuk menetapkan target
pembelajaran selanjutnya
|
Ø
Setiap
guru menyampaikan hasil Evaluasi mata pelajaran serta hasil penialian
setiap peserta didik kepada Kepala sekolah pada akhir semester dalam bentuk
laporan hasil prestasi belajar peserta didik.
Ø
Hasil tes kadang-kadang digunakan
guru untuk merencanakan bahan
pembelajaran selanjutnya
Ø
Sebagian guru (sekitar 40%)
di sekolah kami tidak melibatkan peserta didik dalam mengkaji
ulang kemajuan belajar
mereka
|
Ø Hasil
tes tidak berpengaruh pada program pembelajaran
Ø Hasil penilaian tidak berpengaruh pada peningkatan
motivasi peserta didik
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Hasil pencapaian peserta didik pada Ujian Nasional |
|||
Kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan |
|||
Hasil wawancara dengan orang
tua dan peserta didik
|
|||
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
(RPP)
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
4.3. Apakah orang tua peserta didik terlibat dalam proses belajar anak mereka? |
|||
Spesifikasi:q Penilaian berdasarkan satuan pendidikan
Sekolah
melaporkan hasil penilaian mata pelajaran untuk semua kelompok mata
pelajaran pada setiap akhir semester
kepada orang tua/wali peserta didik dalam bentuk buku laporan pendidikan
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Sekolah kami menyampaikan laporan
semua hasil penilaian peserta didik kepada orang tua
Ø
Sekolah kami melaporkan hasil belajar peserta didik secara berkala dan memberikan kesempatan setiap saat
kepada orang tua untuk membahas
kemajuan belajar anak mereka.
Ø
Orang tua berperan serta secara
aktif dalam kegiatan sekolah,
termasuk kegiatan proses pembelajaran.
Ø Sekolah kami mendorong orang tua untuk
berpartisipasi dan peduli terhadap pendidikan anak-anak mereka
|
Ø
Sekolah kami membuat laporan
berkala pada orang tua mengenai pencapaian hasil belajar peserta didik setiap semester dan menawarkan kesempatan
untuk mendiskusikan kemajuan anak mereka.
Ø
Sekolah kami memiliki kemitraan dengan orang tua
Ø Orang tua terlibat aktif dalam penyelesaian PR
(Pekerjaan Rumah) anak mereka
|
Ø Kepala Sekolah
menyampaikan laporan hasil Ulangan Akhir Semester (UAS) dan Ulangan Kenaikan
Kelas (UKK) serta Ujian Akhir (US/UN) kepada orang tua peserta didik dan
menyampaikan rekapitulasinya kepada Dinas Pendidikan Kab/Kota atau Kantor
Kemenag pada setiap akhir semester.
Ø Sekolah kami membuat laporan
tahunan mengenai pencapaian hasil belajar
peserta didik kepada orang tua tetapi tidak memberi kesempatan untuk
berdiskusi
Ø Sekolah kami melibatkan
sebagian kecil orang tua peserta didik untuk berpartisipasi dalam kegiatan
sekolah tetapi kami masih menganggap perlu untuk mendorong keterlibatan semua
orang tua
Ø Sekolah
kami perlu membangun kerja sama dengan orang tua agar membantu anak mereka belajar di
rumah.
|
Ø Sekolah kami membuat laporan
kepada orang tua tidak secara rutin dan
sistematis
Ø Sekolah kami tidak melibatkan
orang tua secara aktiif dalam kegiatan sekolah
Ø Sekolah
kami tidak melibatkan orang tua dalam
PR (Pekerjaan Rumah) peserta didik dan kegiatan tugas sekolah lainnya
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut
indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Hasil
Wawancara dengan peserta didik
|
|||
Hasil Wawancara dengan orang tua
|
|||
Hasil
Wawancara dengan guru
|
|||
Laporan
kegiatan sekolah
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
Bagian Ke-5
Standar Kompetensi Lulusan
5. Kompetensi Lulusan |
|||
5.1. Apakah peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan? |
|||
Spesifikasi
Hasil belajar peserta didik
sesuai dengan standar kompetensi lulusan
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Semua
peserta didik menunjukkan kemajuan,
percaya diri, dan memiliki harapan yang tinggi dalam berprestasi.
Ø
Peserta
didik kami mengembangankan keterampilan berpikir logis, kritis, dan
analititis serta mengembangkan kreatifitas mereka
Ø
Sekolah
kami sudah mampu meningkatkan prestasi
belajar peserta didik yang sebelumnya masih rendah/kurang.
Ø
Sekolah kami memastikan
kebutuhan peserta didik yang berkemampuan rendah dapat terpenuhi secara
efektif
|
Ø Sebagian besar (sekitar 90%) peserta didik menunjukkan kemajuan yang baik dalam mencapai target yang ditetapkan dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.
Ø
Peserta
didik kami mampu menjadi pembelajar yang mandiri
Ø
Peserta didik kami memiliki rasa percaya diri
dan mampu mengekspresikan diri dan mengungkapkan pendapat mereka
|
Ø Sebagian kecil peserta didik telah menunjukkan prestasi belajar yang lebih baik, namun tidak konsistenØ Kami belum merumuskan dan mengupayakan target belajar yang bisa dicapai bagi semua peserta didik agar mereka bisa berhasil |
Ø Hasil belajar peserta didik masih rendah disebabkan oleh pemakaian program belajar yang kurang beragam.
Ø Peserta didik kurang
memiliki motivasi belajar, rasa percaya diri serta semangat belajar
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Daftar Kemajuan yang dicapai peserta didik dalam
ketrampilan menulis, membaca dan berhitung
|
|||
Hasil Ujian Nasional/Sekolah
|
|||
Hasil-hasil tes
|
|||
Mutu pekerjaan sekolah yang dihasilkan dalam bidang akademik
|
|||
Hasil-hasil yang dicapai secara perorangan atau
bersama melalui lomba
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
5.2. Apakah peserta didik dapat mencapai target akademis yang diharapkan? |
|||
Spesifikasi
·
Sekolah mengembangkan kepribadian
peserta didik
·
Sekolah mengembangkan
keterampilan hidup
·
Sekolah mengembangkan nilai-nilai
agama, budaya, dan pemahaman atas sikap yang dapat diterima
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Peserta didik menerapkan
ajaran agama dalam kehidupan mereka secara konsisten
Ø Peserta didik berpartisipasi
secara aktif dalam kehidupan di
sekolah dan di tengah masyarakat
luas. Mereka memiliki kemampuan secara pribadi dan sosial dan melakukan berbagai jenis kegiatan untuk
keberhasilan pribadi dalam ruang
lingkup yang lebih luas
Ø Potensi dan minat peserta
didik kami telah berkembang secara penuh melalui partisipasi mereka dalam
berbagai jenis kegiatan.
Ø Peserta
didik kami memiliki kesempatan untuk mengembangkan rasa estetika dan
kesehatan fisik
|
Ø Peserta didik kami menerapkan ajaran agama dalam kehidupan mereka
Ø Peserta didik kami
menunjukkan sikap yang baik di sekolah dan di tengah masyarakat luas. Mereka
memahami tentang disiplin, toleransi, kejujuran, kerja keras, dan perhatian
kepada orang lain.
Ø Sekolah
kami menyediakan beragam kegiatan pengembangan pribadi
|
Ø Peserta didik kami memiliki
pengetahuan yang memadai mengenai agama mereka dan sudah mulai berusaha
menerapkannya.
Ø Kami
menawarkan beberapa kegiatan ekstra kurikuler tetapi belum sesuai dengan
minat peserta didik
|
Ø Peserta didik kami memiliki
pengetahuan agama yang terbatas dan belum mampu menerapkannya dalam kehidupan
sehari-hari.
Ø Kami
hanya menyediakan sedikit program pembelajaran dan belum bisa mengembangkan
keterampilan lain
Ø Kami
belum bisa memberi kesempatan belajar bagi peserta didik yang dapat menjamin pencapaian potensi mereka secara
penuh
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Catatan pencapaian pengembangan pribadi dan sosial
peserta didik
|
|||
Catatan / Absensi Kehadiran peserta didik pada kegiatan ekstra kurikuler
|
|||
Pencapaian prestasi olahraga
|
|||
Catatan mengenai program budaya
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
Bagian Ke-6
Standar Pengelolaan
6. Standar Pengelolaan |
|||
6.1. Apakah kinerja pengelolaan sekolah berdasarkan kerja tim dan kemitraan yang kuat dengan visi dan misi yang jelas dan diketahui oleh semua pihak? |
|||
Spesifikasiq Perencanaan Program
· Sekolah
merumuskan visi dan misi serta disosialisasikan kepada warga sekolah dan pemangku kepentingan.
· Rencana
kerja tahunan dijadikan dasar pengeloaan sekolah/madrasah yang menunjukkan
adanya kemandirian, kemitraan,
partisipasi, keterbukaan, dan akuntabilitas.
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Sekolah kami memiliki tim pengelolaan yang kuat ,
komite yang mendukung dan melibatkan diri pada pada seluruh kegiatan untuk
menjamin keterlaksanaan pelayanan sekolah.
Ø Pimpinan
sekolah kami mendorong evaluasi diri pendidik sehingga memperkuat rasa percaya diri dan keyakinan bahwa mereka
mampu melaksanakan tugas di dalam maupun di luar kelas
Ø Kami memiliki pemahaman bersama yang jelas dan
baik untuk mewujudkan sekolah sebagai lingkungan kerja yang mendukung sehingga pendidik, tenaga kependidikan,
orangtua, dan masyarakat mewujudkan kebersamaan dan berbagi tanggung jawab
untuk mewujudkan keberhasilan peserta didik
|
Ø
Sekolah kami memiliki komite
sekolah dan dewan guru yang aktif
Ø
Pimpinan sekolah kami menunjukkan
kesungguhan untuk memperbaiki pembelajaran
dengan melakukan kunjungan kelas, mengkaji model pembelajaran yang efektif, dan memberikan umpan balik.
Ø
Sekolah
kami memiliki visi-misi yang jelas yang dirumuskan berdasarkan
kesepakatan pemangku kepentingan dan terfokus pada peningkatan
mutu pendidikan
|
Ø Sekolah kami menerapkan prinsip-prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).Ø Komite sekolah kami melakukan pertemuan secara teratur, namun kurang melibatkan diri secara aktif dalam kepentingan sekolah.
Ø
Pimpinan sekolah
kami belum melibatkan diri secara memadai dalam kegiatan sekolah yang
mempunyai pengaruh langsung terhadap peningkatan pembelajaran.
Ø
Visi dan misi sekolah kami
tidak dirumuskan bersama dan belum disebarluaskan
|
Ø Komite sekolah kami tidak berfungsi
Ø
Pimpinan sekolah kami tidak
secara konsisten mendukung dan memberi tantangan dan arah yang memadai dalam perumusan target bagi perbaikan
kinerja sekolah
Ø
Beberapa Tenaga Kependidikan di
sekolah kami tidak mendukung pengembangan meskipun mereka ditugasi untuk
melakukan perbaikan
Ø
Sekolah kami belum sepenuhnya
merumuskan visi dan misi
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Pernyataan visi-misi sekolah
|
|||
Dokumen sosialisasi rumusan visi-misi kepada pemangku kepentingan
|
|||
Agenda/catatan hasil pertemuan komite sekolah
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
6.2. Apakah ada tujuan dan rencana untuk perbaikan yang memadai? |
|||
Spesifikasi
q Perencanaan Program
Sekolah merumuskan rencana kerja dengan tujuan yang jelas untuk peningkatan dan perbaikan serta disosialisasikan kepada warga
sekolah dan pihak yang bekepentingan.
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Sekolah kami merumuskan tujuan berdasarkan hasil yang telah tercapai dan
target belajar peserta didik sejalan
dengan prioritas daerah dan pusat
Ø
Kepala sekolah kami memimpin dan mengelola sekolah
secara efektif dengan memprioritaskan sejumlah inisiatif dan mengkomunikasikannya dengan baik
Ø Kami memiliki pengharapan yang jelas dan sikap
positif terhadap keberagaman dalam peningkatan dan perbaikan sekolah
|
Ø
Sekolah kami memiliki rencana
kerja yang jelas dan sesuai untuk kelancaran pengelolaan sekolah
Ø
Tujuan dan rencana sekolah kami
disosialisasikan kepada pemangku kepentingan sehingga memahaminya dengan baik
Ø Pemangku kepentingan terlibat dalam perencanaan
pengembangan sekolah serta menilai kemajuannya
|
Ø Kepala sekolah melakukan
supervise kelas dan memberikan umpan balik kepada guru dua kali dalam setiap
semester.
Ø Para Guru
dan Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) sekolah kami tidak memiliki rasa
kepemilikan yang kuat terhadap nilai-nilai dan tujuan yang hendak sekolah
capai.
Ø Pimpinan sekolah kami tidak
mengkomunikasikan rencana peningkatan dan perbaikan sekolah kepada pemangku kepentingan
Ø Pimpinan sekolah kami tidak melakukan evaluasi
terhadap upaya yang kami lakukan dan mengubah rencana sesuai dengan hasil
evaluasi
|
Ø Tujuan sekolah kami tidak jelas dan tidak banyak terkait dengan kegiatan utama sekolah
Ø Pimpinan sekolah kami tidak memperhatikan
pengembangan proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.
Ø Pimpinan
sekolah kami tidak efektif dalam memperbaiki mutu dan pendayagunaan sumber daya yang ada
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Tujuan dan RPS/RKS
|
|||
Pendokumentasian dan sosialisasi RPS/RKS
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
6.3. Apakah Rencana Pengembangan Sekolah/ Rencana Kerja Sekolah berdampak terhadap peningkatan hasil belajar? |
|||
Spesifikasi
q Perencanaan Program
·
Rencana Kerja tahunan dinyatakan dalam rencana
kegiatan dan anggaran sekolah/madrasah dilaksanakan berdasarkan rencana
jangka menengah
q Supervisi dan Penilaian
·
Sekolah melakukan evaluasi diri terhadap kinerja
sekolah.
·
Sekolah menetapkan prioritas indikator untuk mengukur,
menilai kinerja, dan melakukan perbaikan dalam rangka pelaksanaan SNP
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Kami menilai
dampak implementasi Rencana Pengembangan Sekolah terhadap peningkatan hasil
belajar peserta didik.
Ø
Kami bekerja secara perorangan maupun bersama-sama
untuk meningkatkan kinerja sekolah dan
prestasi belajar peserta didik secara berkelanjutan.
Ø
Kami memiliki visi-misi yang
jelas dan dibutuhkan sehingga kepemimpinan sekolah kami siap menghadapi
perubahan
|
Ø
Prioritas-prioritas kegiatan di dalam Rencana
Pengembangan Sekolah telah menunjukkan dampak nyata terhadap prestasi belajar
peserta didik , kehadiran, kondisi keseharian peserta didik dan kondisi kerja
di sekolah kami.
Ø
Kami menggunakan informasi yang diperoleh dari hasil
evaluasi
Ø
Peningkatan kinerja
sekolah memperhitungkan kemampuan yang
dimiliki untuk melakukan perbaikan dan perubahan
|
Ø Rencana pengembangan sekolah telah menunjukkan sejumlah perbaikan dalam kinerja sekolah, namun belum terarah pada kegiatan peningkatan hasil belajar peserta didik.
Ø Kami merasa perlu untuk memperbaiki struktur dan
tampilan rencana pengembangan sekolah, sehingga menjadi jelas dan bermanfaat
bagi peningkatan kinerja sekolah.
Ø Kami cenderung
mengutamakan perbaikan system, fungsi, dan proses, dan tidak menaruh
perhatian pada peningkatan hasil belajar peserta didik
|
Ø Rencana kerja sekolah kami
tidak terarah pada peningkatan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta
didik.
Ø Rencana pengembangan sekolah
kami tidak didukung dengan informasi yang didapat dari hasil evaluasi diri
sekolah.
Ø Sejumlah
staf di sekolah kami tidak terbuka terhadap perubahan, dan evaluasi diri
belum menjadi tata kerja di sekolah kami
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Laporan evaluasi diri sekolah
|
|||
Laporan kemajuan dalam implementasi rencana pengembangan sekolah
|
|||
Hasil interviu dengan peserta
didik
|
|||
Hasil interviu dengan orang tua
|
|||
Laporan guru kepada kepala
sekolah mengenai pencapaian mereka
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
6.4. Bagaimanakah cara pengumpulan dan penggunaan data yang handal dan valid? |
|||
Spesifikasi
·
Sekolah mengelola sistem
informasi pengelolaan dengan cara yang efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan
·
Sekolah menyediakan sistem informasi
yang efisien, efektif, dan dapat diakses
·
Sekolah menyediakan laporan dan
data yang dibutuhkan oleh kabupaten/kota dan tingkatan lain dalam sistem
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Sekolah kami memiliki sistem
pengumpulan dan penyimpanan data yang efektif
Ø
Sekolah kami menggunakan
informasi untuk memetakan tingkat pencapaian kinerja sekolah, bahan perumusan
perencanaan, membangun dukungan dan sumber daya kebijakan yang dapat
meningkatkan pembelajaran dan tingkat pencapaian sekolah.
Ø
Sekolah
kami berbagi informasi mengenai perkembangan peserta didik kepada orang tua mereka
|
Ø
Sekolah kami memperbaharui data dan informasi secara berkala
Ø
Sekolah kami menganalisis semua
data yang terhimpun sebagai bahan penyusunan RKJM
Ø Sekolah
kami mengirim data dan informasi secara berkala ke kantor Dinas Pendidikan
atau Kandepag kabupaten/kota
|
Ø Sekolah
kami mengumpulkan dan menyimpan berbagai jenis data
Ø Sekolah
kami tidak menggunakan data secara efektif untuk memonitor, melaksanakan perbaikan,
menentukan tolok ukur kinerja, dan
mengidentifikasi kecenderungan yang ada
Ø
Sekolah
kami tidak banyak berbagi informasi
antar sesama pegawai untuk memperluas
pandangan mengenai upaya yang dilakukan oleh sekolah
|
Ø Sekolah kami hanya melaksanakan pengumpulan data jika dimintaØ Pegawai kami hanya mendapatkan sedikit pelatihan atau bahkan tidak pernah sama sekali mengenai interpretasi penggunaan sistem informasi untuk merencanakan perbaikanØ Sekolah kami tidak memiliki sistem informasi yang efektif sebagai sumber data yang dibutuhkan untuk meningkatkan hasil pembelajaran |
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Informasi dan data sekolah mutakhir
|
|||
RPS/RKS
|
|||
Catatan Dinas Pendidikan atau
Kandepag kabupaten/kota mengenai kegiatan dan pencapaian sekolah
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
6.5. Bagaimana cara memberikan dukungan dan kesempatan pengembangan profesi bagi para pendidik dan tenaga kependidikan? |
|||
Spesifikasi
q Pendidik dan Tenaga Kependidikan
·
Sekolah meningkatkan kefektifan kinerja pendidik dan tenaga kependidikandan pengembangan profesi pendidik dan tenaga
kependidikan
q Supervisi dan Evaluasi
·
Supevisi dan evaluasi pelaksanaan tugas pendidik dan tenaga kependidikan dan kesesuaian dengan standar nasional
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Sekolah
mendukung dan menghargai prestasi pendidik dan tenaga kependidikan serta
mengkomunikasikan keberhasilan dan upaya terbaik yang telah dilakukan.
Ø Pendidik dan tenaga kependidikan
sekolah kami mendapatkan informasi dan dukungan materi untuk pengembangan profesi
Ø Kami menyikapi dan memonitor masalah kesetaraan
dan keadilan di sekolah secara sistematis
|
Ø
Pendidik bermotivasi tinggi dan mendapat pengakuan atas prestasi yang diraihnya
Ø
Pendidik sekolah kami mendapatkan peluang untuk mengembangkan profesi yang relevan
Ø Kepala
sekolah melakukan penilaian kinerja guru
dengan prosedur yang jelas
|
Ø Sebagian (sekitar 40%) pendidik dan tenaga
kependidikan merasa kurang mendapatkan penghargaan yang memadai serta kurang
termotivasi oleh pimpinan sekolah
Ø Pendidik
sekolah kami kurang mendapatkan kesempatan terhadap
pengembangan profesinya yang sesuai
Ø Sekolah
kami belum melakukan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan
secara berkelanjutan
|
Ø Banyak pendidik dan tenaga kependidikan sekolah kami yang merasa tidak ada pengakuan dan penghargaan atas prestasi sehingga mereka tidak termotivasi
Ø Pimpinan sekolah tidak mendorong pendidik
dan tenaga kependidikan mengembangkan
profesi karena pimpinan sekolah khawatirpendidik dean tenaga
kependidikan tidak berkosentrasi pada
pekerjaannya
Ø Pihak
pimpinan tidak memberikan teguran kepada
pegawai sesuai kebutuhan
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Catatan penilaian tahunan guru dan pegawai lain oleh kepala sekolah
|
|||
Hasil interviu guru
|
|||
Hasil observasi
|
|||
Daftar nilai peserta didik
|
|||
Rencana perbaikan dan pengembangan guru dari waktu ke waktu
|
|||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
6.6. Bagaimana cara masyarakat mengambil bagian dalam kehidupan sekolah? |
|||
Spesifikasi
· Warga
sekolah terlibat dalam pengelolaan kegiatan
akademis dan nonakademis
· Sekolah
melibatkan anggota masyarakat khususnya pengelolaan kegiatan nonakademis
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Anggota
masyarakat yang tergabung dalam komite
sekolah, berpartisipasi aktif mengkaji kebutuhan, memperluas pengalaman peserta didikdan memberikan dukungan untuk
mengurangi hambatan dalam belajar
Ø Masyarakat
di lingkungan sekolah termasuk anggota masyarakat yang kurang mampu dan pelaku
industri di daerah kami memberikan tanggapan positif atas laporan mutu
pendidikan yang kami berikan, seperti meningkatnya motivasi peserta didik dan
keluarga melibatkan diri pada kegiatan sekolah
Ø Sekolah kami melibatkan
perorangan, keluarga dan kelompok masyarakat dalam berbagai
kegiatan
dan dalam pembuatan keputusan yang mempengaruhi masyarakat
|
Ø
Kami menghargai dan
mempertimbangkan pandangan masyarakat, merespon keluhan masyarakat dan menghargai
keterlibatannya dalam meniingkatkan reputasi
kehidupan sekolah
Ø
Masyarakat menilai sekolah kami
relevan dan memenuhi kebutuhan masyarakat daerah
Ø Sekolah kami melibatkan masyarakat dalam kegiatan
sekolah
|
Ø Anggota masyarakat di luar
komite sekolah, tidak berpartisipasi aktif di sekolah dan kami tidak
mendorong mereka secara proaktif
Ø Komite
sekolah kami cukup aktif membantu kegiatan sekolah
|
Ø Sekolah kami tidak banyak
berkomunikasi dengan masyarakat setempat,
tidak memberikan perhatian terhadap kepentingan masyarakat atau meminta masukan mengenai
upaya untuk perbaikan sekolah dan kurang mendorong mereka agar lebih terlibat secara aktif.
Ø Komite
sekolah kami tidak aktif dan tidak banyak membantu kegiatan sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar