Instrumen Evaluasi Diri Sekolah (EDS)
Bagian Ke-3
Standar Proses
3. Standar Proses |
|||
3.1. Apakah silabus sudah sesuai/ relevan dengan standar? |
|||
Spesifikasi:
A : Silabus
Silabus
dikembangkan berdasarkan Standar Isi (SI), Standar Kompetensi Lulusan (SKL)
dan panduan KTSP.
Silabus
diarahkan pada pencapaian SKL.
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Silabus sekolah kami dikaji dan diperbaiki secara
teratur dan disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah serta kebutuhan setempat
Ø
Silabus sekolah kami memiliki kelenturan
(fleksibilitas) bagi guru untuk memenuhi beragam kebutuhan semua
peserta didik
Ø Silabus
sekolah kami dirancang untuk menerapkan pembelajaran yang relevan sesuai
dengan situasi dan kondisi sekolah,
menciptakan suasana yang
mendukung dan menyenangkan, serta mendorong kemajuan sesuai tingkat usia dan
kemampuan peserta didik
|
Ø
Silabus sudah dikembangkan oleh sekolah dan disesuaikan dengan situasi dan
kondisi sekolah
Ø
Kami selalu mempertimbangkan
kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam penyusunan silabus
Ø
Program
dan kegiatan pembelajaran sudah relevan dengan tingkat usia dan minat peserta didik
|
Ø Silabus sekolah kami menyesuaikan dengan SI, SKL, dan panduan KTSP, namun kami belum mengembangkannya sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah
Ø Kami belum sepenuhnya
mempertimbangkan kesesuaian antara mata pelajaran dan komponennya dalam
penyusunan silabus.
Ø Sekolah kami berusaha mempertimbangkan usia dan minat peserta
didik saat membuat program pembelajaran
|
Ø
Silabus sekolah kami berusaha mengikuti SI, SKL dan panduan KTSP.
Ø Sistematika dan rancangan silabus sekolah kami tidak memberikan kesempatan kepada
para peserta didik untuk memahami
konsep baru secara utuh sebelum
melanjutkan pembelajaran
Ø Sekolah kami tidak mempertimbangkan usia dan minat
peserta didik saat membuat program pembelajaran
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Silabus tersedia untuk semua mata pelajaran dan semua kelompok usia di
sekolah
|
|
|
|
Hasil wawancara dengan orang tua peserta
didik
|
|
||
Hasil wawancara dengan peserta didik |
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
3.2. Apakah RPP dirancang untuk mencapai pembelajaran efektif? |
|||
Spesifikasi:
B : Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Prinsip- prinsip perencanaan
pembelajaran - Setiap guru harus
mempersiapkan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mencakup: identitas
mata pelajaran, alokasi waktu, standar kompetensi, kompetensi dasar, tujuan
pembelajaran, materi, kegiatan pembelajaran, metode / teknik pembelajaran,
dan penilaian (mencakup indikator dan prosedur). Rancangan kegiatan
pembelajaran meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan
penutup
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Seluruh guru membuat RPP yang dirancang berdasarkan prota, prosem, dan silabus, yang mecakup penggunaan sumber belajar dan metode yang bervariasi.Ø Rencana pembelajaran dirancang secara inovatif berdasarkan prinsip-prinsip penyusunan RPP.
Ø Pembelajaran di sekolah kami
dirancang agar peserta didik dapat
mengkaji ulang materi sebelumnya, memahami materi baru, serta melatih
keterampilan yang tercermin dalam sikap mereka sehari-hari.
Ø Guru-guru
di sekolah kami mengkaji ulang dan mengembangkan RPP setelah pelaksanaan
pembelajaran untuk perbaikan pada kegiatan pembelajaran selanjutnya
|
Ø Guru-guru di sekolah
kami membuat RPP berdasarkan program tahunan (prota), program
semester (prosem) dan
silabus.
Ø Kepala sekolah kami mengkaji
ulang semua rencana pembelajaran dan memberikan saran
dan bimbingan.
Ø Guru-guru di sekolah
kami mempertimbangkan berbagai
kebutuhan pembelajaran yang berbeda dan merencanakan pembelajaran berdasarkan
kebutuhan tersebut
Ø Guru-guru
di sekolah kami mengkaji ulang
RPP setelah mengajar untuk membantu
merencanakan pembelajaran selanjutnya
|
Ø Guru-guru di sekolah
kami biasanya membuat rencana
pembelajaran tetapi kebanyakan hanya mengulang saja
Ø Guru-guru di sekolah kami
perlu memasukkan lebih banyak lagi jenis bahan-bahan belajar mengajar dalam
rencana pembelajaran yang dibuat
Ø Kepala sekolah kadang-kadang
mengkaji ulang rencana pembelajaran dan memberikan saran dan bimbingan
Ø Guru-guru
di sekolah kami kadangkala mengkaji
ulang RPP setelah mengajar untuk
membantu merencanakan pembelajaran selanjutnya
|
Ø Guru-guru di sekolah kami
hanya membuat rencana pembelajaran untuk mata pelajaran tertentu saja
Ø Guru-guru di sekolah
kami merencanakan pembelajaran berdasarkan pada isi buku pelajaran saja
Ø Kepala sekolah kami tidak
mengkaji ulang rencana pembelajaran yang dibuat oleh para guru atau
memberikan saran dan dukungan
Ø Guru-guru
di sekolah kami tidak mengkaji ulang
RPP setelah mengajar
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Hasil kaji ulang RPP |
|
|
|
Hasil Observasi kelas |
|
||
Hasil Wawancara dengan guru |
|
||
Hasil wawancara dengan peserta didik |
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
3.3. Apakah sumber belajar dapat diperoleh dengan mudah dan digunakan secara tepat? |
|||
Spesifikasi:
q Pelaksanaan proses pembelajaran
Selain menggunakan buku pelajaran, guru juga menggunakan buku panduan, buku pengayaan, buku referensi
dan sumber belajar lain.
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Guru-guru di sekolah kami
memiliki berbagai jenis sumber belajar
dan media, yang digunakan
secara tepat dalam pembelajaran untuk membantu dan memotivasi peserta didik.
Ø
Sebagian besar guru di sekolah kami
cukup kreatif dalam memilih bahan pembelajaran yang sesuai.
Ø
Guru-guru di sekolah kami tidak
hanya menggunakan ruang kelas untuk kegiatan
pembelajaran, tapi juga memanfaatkan tempat belajar lain yang tersedia
di sekitar sekolah.
Ø Semua guru di sekolah kami mendapatkan bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah
yang cukup
Ø Semua guru di sekolah kami memakai hasil karya peserta didik sebagai
alat peraga dalam proses
pembelajaran dan selalu memperbaharuinya secara berkala
|
Ø
Guru-guru di sekolah kami selalu menggunakan alat peraga dalam pembelajaran
dan memperbaharuinya.
Ø
Beberapa (sekitar 40%) guru di sekolah kami cukup
kreatif dalam memilih bahan pembelajaran yang sesuai.
Ø Sebagian besar (sekitar 70%) guru di sekolah kami mendapatkan bahan penunjang pembelajaran dalam jumlah
yang cukup
Ø Sebagian besar (sekitar 90%) guru di sekolah kami memakai hasil karya
peserta didik sebagai alat peraga dalam proses pembelajaran
|
Ø Guru-guru di sekolah kami dalam melakukan proses pembelajaran memakai berbagai sumber dan tidak hanya tergantung pada buku pelajaran saja.Ø Guru-guru di sekolah kami sudah menggunakan alat peraga dalam proses pembelajaran tetapi hanya pada mata pelajaran tertentu.
Ø Guru-guru di sekolah kami
mendapatkan bahan penunjang
pembelajaran dalam jumlah terbatas
Ø Sebagian
guru di sekolah kami sudah memakai hasil karya peserta didik sebagai alat
peraga dan memajangnya
|
Ø Guru-guru di sekolah kami dalam melakukan proses pembelajaran sepenuhnya bergantung hanya pada buku pelajaran saja.
Ø Bahan bacaan tambahan di
sekolah kami kondisinya sudah jelek
dan ketinggalan zaman
Ø Guru-guru di sekolah kami belum mampu mempersiapkan dan menggunakan alat peraga.
Ø Guru-guru
di sekolah kami tidak pernah memajang hasil karya peserta didik
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Jumlah dan jenis buku pelajaran yang dipergunakan
|
|
|
|
Ketersediaan dan penggunaan bahan bacaan pengayaan / tambahan |
|
||
Hasil Observasi kelas menunjukkan penggunaan alat peraga dan hasil
karya peserta didik dipajang
|
|
||
Hasil wawancara dengan peserta didik
|
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
3.4. Apakah pembelajaran menerapkan prinsip-prinsip PAKEM/CTL? |
|||
Spesifikasi:
q Pelaksanaan pembelajaran
Para
guru melaksanakan rencana pembelajaran dengan
menggunakan metode yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan
memotivasi peserta didik
Para
peserta didik memperoleh kesempatan untuk melakukan ekplorasi dan elaborasi, serta mendapatkan konfirmasi
Para
guru mengelola kelas secara efektif
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Sekolah
kami menyediakan lingkungan belajar yang kondusif untuk melaksanakan PAKEM
(Pembelajaran aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan) atau CTL ( Belajar-Mengajar Kontekstual)
Ø Guru-guru
di sekolah kami selalu
melaksanakan pembelajaran dengan
metode yang beragam.
Ø Peserta
didik mampu bekerja secara mandiri
maupun berkelompok dalam menyelesaikan
masalah.
Ø Guru-guru
di sekolah kami mendorong peserta didik
untuk menyalurkan ide dan pendapat serta memberi kesempatan untuk
menggali, memperluas, dan mengkonfirmasikan pengetahuan dan ketrampilan baru
Ø Semua peserta didik menunjukkan minat belajar dan
terlibat aktif dalam proses pembelajaran.
|
Ø
Guru-guru di sekolah kami secara
teratur menggunakan metode
pembelajaran yang beragam
Ø Guru-guru
di sekolah kami melaksanakan pembelajaran secara bertahap dan menarik
Ø Guru-
guru di sekolah kami tidak hanya mengarahkan
pembelajaran, tapi juga memberi kesempatan bagi peserta didik untuk menyampaikan pendapat dan terlibat secara aktif
Ø
Sebagian
besar (sekitar 90%) peserta didik memiliki motivasi dan terlibat
aktif dalam proses pembelajaran
|
Ø
Guru-guru di sekolah kami masih
melakukan pembelajaran secara klasikal dan jarang menggunakan metode yang beragam
Ø
Guru-guru di sekolah kami masih lebih terfokus pada penyelesaian
kurikulum dan tidak mempertimbangkan berbagai kebutuhan belajar
Ø Guru-
guru di sekolah kami cenderung
hanya mengarahkan pembelajaran, dan kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapat atau terlibat secara
aktif
Ø
Sebagian
peserta didik masih kurang
termotivasi dalam proses pembelajaran
|
Ø Guru-guru di sekolah kami hanya mengajar secara klasikal dan bersumber pada buku teks saja.Ø Guru-guru di sekolah kami tidak menggunakan metode yang beragam dan tidak menggunakan alat peraga
Ø Sebagian
besar peserta didik kurang termotivasi dalam proses
pembelajaran
|
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Daftar jumlah siswa putus sekolah |
|
|
|
Daftar kehadiran peserta didik |
|
||
Hasil wawacara dengan guru dan peserta didik |
|
||
Hasil observasi sesama guru |
|
||
Hasil observasi kegiatan pembelajaran |
|
||
Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dan kaji ulang setelah menyampaikan pengajaran |
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
3.5. Apakah sekolah memenuhi kebutuhan semua peserta didik? |
|||
Spesifikasi:
q Perencanaan proses belajar
Rencana
pembelajaran memperhatikan perbedaan jenis kelamin, kemampuan awal, tingkat
intelektual, minat, bakat, motivasi belajar, potensi, kemampuan sosial,
emosional, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang
budaya, norma, nilai-nilai, dan lingkungan peserta didik.
q Implementasi proses belajar
Guru
menggabungkan pendekatan tematis dan mempertimbangkan isu keanekaragaman dan lintas budaya
Guru
menghargai pendapat peserta didik
Guru
menghargai peserta didik tanpa memandang agama, ras, jenis kelamin dan
keadaan sosial ekonomi.
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø Guru-guru di sekolah kami mengakui adanya perbedaan kemampuan peserta didik dan memberikan tugas sesuai dengan kemampuan mereka.Ø Guru-guru di sekolah kami menggunakan berbagai metode pembelajaran dan memberikan berbagai jenis kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan belajar peserta diidik.Ø Peserta didik dapat berkembang sesuai dengan kapasitas mereka dan ditantang untuk lebih berkembang secara optimal.Ø Peserta didik dan orang tua mereka terlibat dalam upaya pencapaian target belajarØ Guru-guru di sekolah kami memberikan dorongan positif kepada semua peserta didik untuk mengembangkan seluruh potensi mereka |
Ø Guru-guru di sekolah kami memperhatikan perbedaan kemampuan peserta didik dan berusaha merencanakan pembelajaran yang sesuai.Ø Guru-guru di sekolah kami merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang berkesinambungan, dan sesuai dengan tingkat kemampuan peserta didikØ Guru-guru di sekolah kami memiliki kebijakan dalam memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik dan menjamin pelaksanaannya. |
Ø
Guru-guru di sekolah kami
melaksanakan pembelajaran secara klasikal dan belum mempertimbangkan kebutuhan belajar individu peserta didik.
Ø Guru-guru di sekolah kami memberikan layanan bantuan
atau pembelajaran tambahan bagi sebagian peserta didik setelah jam sekolah
Ø Guru-guru di sekolah kami memperhatikan kesulitan
belajar yang dihadapi sebagian peserta didik dan membantu menyelesaikannya
|
Ø Guru-guru di sekolah kami tidak mempertimbangkan perbedaan kemampuan peserta didikØ Guru-guru di sekolah kami tidak memperhatikan peserta didik yang berkemampuan kurang dan yang berkemampuan lebih.Ø Guru-guru di sekolah kami tidak memberikan kesempatan yang sama kepada peserta didik |
Bukti-bukti Fisik Sekolah
(Mohon
beri tanda centang pada jenis bukti berikut)
|
Ringkasan
deskripsi sekolah menurut indikator dan berdasarkan bukti
|
Tingkat
yang dicapai
|
|
Prestasi peserta didik dalam Ujian Nasional |
|
|
|
Catatan kemajuan peserta didik berdasarkan target yang ditetapkan |
|
||
Kehadiran peserta didik
|
|
||
Hasil Observasi sesama guru
|
|
||
Rencana pembelajaran (RPP)
|
|
||
Catatan guru BP
|
|
||
Bukti fisik lainnya (tuliskan)
|
3.6. Bagaimana cara sekolah meningkatkan dan mempertahankan semangat berprestasi? |
|||
Spesifikasi:
q Pelaksanaan Pembelajaran
·
Semua peserta didik diperlakukan dengan adil dan dihargai pendapatnya.
·
Guru-guru memberikan penguatan dan umpan balik terhadap
respon dan hasil belajar peserta didik.
|
|||
Indikator Pencapaian
|
|||
Tingkat ke-4 |
Tingkat ke-3 |
Tingkat ke-2 |
Tingkat ke-1 |
Ø
Guru-guru di sekolah kami memberikan penguatan dan
umpan balik atas berbagai laporan hasil belajar peserta didik untuk memotivasi mereka
agar lebih berprestasi.
Ø
Guru-guru dan peserta didik di
sekolah kami memiliki motivasi yang tinggi.
Ø
Peserta didik di sekolah
kami selalu hadir sesuai jadwal, berperilaku baik, dan mencapai prestasi
belajar secara optimal sesuai dengan kecakapan mereka.
Ø Semua guru dan peserta didik di sekolah
kami mengakui dan menghargai perbedaan kemampuan di antara mereka.
Ø Sekolah kami melaksanakan pendidikan
inklusif dan partisipatif yang menjamin keikutsertaan semua peserta didik
secara penuh
|
Ø
Guru-guru di sekolah kami secara konsisten memberikan penghargaan
kepada peserta didik pada saat yang tepat, dan melakukan berbagai cara untuk menilai keberhasilan
Ø
Pada umumnya peserta didik di sekolah kami
hadir sesuai
jadwal, berperilaku baik, dan mencapai prestasi
belajar sesuai dengan kecakapan mereka.
Ø Hubungan
timbal balik antara guru, peserta didik, dan tenaga kependidikan terpelihara dengan baik.
Ø
Semua
peserta didik di
sekolah kami diperlakukan dengan adil
dan dihargai pendapatnya.
|
Ø Guru-guru di sekolah kami belum memberikan
pujian pada peserta didik secara konsisten.
Ø Sebagian peserta didik kami
kurang percaya diri terhadap kemampuannya.
Ø Sebagian guru (sekitar
40%) di sekolah kami tidak mengakui dan menghargai perbedaan kemampuan peserta didik.
Ø Belum semua guru (sekitar 50%) di sekolah kami memberikan respon
dan penguatan yang memadai terhadap hasil belajar peserta didik
|
Ø Guru-guru di sekolah kami belum menghargai
peserta didik.
Ø Peserta didik kami memiliki
motivasi yang rendah.
Ø Ada guru di sekolah kami yang
masih bersifat otoriter, dan banyak
peserta didik berperilaku kurang baik.
Ø Banyak
peserta didik kami yang tidak
sepenuhnya berpartisipasi dalam kegiatan sekolah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar