RENCANA PROGRAM KEGIATAN
PENINGKATAN KUALIFIKASI
PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
SMP NEGERI
2 GARUT
TAHUN PELAJARAN 2008-2009
( Pelatihan Bahasa Inggris )
Disusun
Oleh :
Drs.
Ade Bastiawan
NIP
132165543
PEMERINTAH
KABUPATEN GARUT
DINAS
PENDIDIKAN
SMP NEGERI 2 GARUT
Jl. Jend. A. Yani No.43 Phone (0262)
233306 Garut
KATA PENGANTAR
بـسـم اللھ
الرحـمن الرحـيم
Sejalan dengan apa yang telah
ditetapkan dalam kebijakan Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan
Menengah (Ditjen Mandikdasmen) dalam pengembangan Sekolah Bertaraf
Internasional, maka Direktorat Pembinaan SMP mulai Tahun Pelajaran 2007-2008 memandang
penting untuk menyelenggarakan rintisan SMP bertaraf internasional yang
selanjutnya disebut : Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. Sebagai Rintisan SBI, maka ciri utama
Proses Belajar Mengajar adalah menggunakan media komunikasi pembelajaran dengan
berbahasa Inggris, baik pembelajaran di kelas (teori), eksperimen (praktik),
maupun dalam pembelajaran lainnya (diskusi, penugasan, dan tanya jawab).
Persyaratan utama sekolah
sebagai penyelenggara Rintisan SBI adalah kepala sekolah, guru, dan karyawan
harus mampu berkomunikasi dalam bahasa asing (bahasa Inggris). Di samping itu
juga harus menguasai kompetensi yang dikembangkan dalam kurikulum internasional
yang dipilih.
Program Kegiatan Pelatihan
Bahasa Inggris bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 2 Garut
bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi profesional pendidik
dan tenaga kependidikan SMP Negeri 2 Garut sesuai dengan tuntutan Standar
Nasional Pendidikan (Indikator Kinerja Kunci Minimal) dan Standar Internasional
(Indikator Kinerja Kunci Tambahan) dalam menunjang penerapan pembelajaran
bilingual di kelas Rintisan SBI SMPN 2 Garut.
Kepada semua pihak yang telah
membantu hingga tersusunnya Program ini, kami ucapkan terimakasih.
Garut,
Juli 2008
Penanggung Jawab Program
Drs. Ade Bastiawan
i
DAFTAR ISI
Halaman
Pengesahan
Kata Pengantar
.................................................................................................... i
Daftar Isi
................................................................................................... ii
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang ............................................................................... 1
1.2. Dasar
Pemikiran .............................................................................. 1
1.3. Nama
Kegiatan ................................................................................ 2
1.4. Tujuan
.............................................................................................. 2
1.5. Bentuk
dan Materi Kegiatan ........................................................... 2
1.6. Tempat
dan Waktu Kegiatan .......................................................... 2
1.7. Peserta
Kegiatan .............................................................................. 2
1.8. Pelaksana
dan Penanggungjawab Kegiatan .................................... 3
1.9. Sasaran
............................................................................................ 3
1.10. Target
.............................................................................................. 3
1.11. Rencana
Anggaran .......................................................................... 3
1.12. Sistematika
...................................................................................... 4
BAB II PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN
2.1.
Perencanaan dan
Persiapan ............................................................. 5
2.2.
Penyelenggaraan .............................................................................. 7
2.3.
Evaluasi ........................................................................................... 9
BAB III PENUTUP ........................................................................................... 10
Lampiran
ii
HALAMAN PENGESAHAN
Garut, Juli 2008
Penanggungjawab Program
Drs. Ade Bastiawan
NIP 132165543
Mengetahui
/ Menyetujui :
Kepala SMPN 2 Garut Ketua Team Pengembang RSBI
Drs. Iden Suparno, M, Pd. Edi Irawan, S.Pd.M.Pd.
NIP 131628491 NIP
131462535
LAMPIRAN
1. SK
Kepala SMPN 2 Garut tentang Pembagian Tugas Penanggungjawab Program Sasaran
RSBI Tahun Pelajaran 2008-2009
2. Surat
Tugas
3. Daftar
Hadir
4. Jadwal
Pelatihan Bahasa Inggris
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Seperti yang dinyatakan dalam
Undang-Undang Guru dan Dosen Nomor 14 Tahun 2005, bahwa guru adalah pendidik profesional
dengan tugas utama : mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih,
menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur
pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Profesional
adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber
penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang
memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.
Implikasi dari tugas utama guru pada SMP
Rintisan SBI secara lebih tegas lagi adalah mendidik, mengajar, membimbing,
mengarahkan, melatih, menilai, mengevaluasi peserta didik dengan Standar
Internasional. Untuk merealisasikan ketercapaian sekolah sebagai Rintisan SBI
dalam hal pengembangan guru-gurunya, maka SMPN 2 Garut mengupayakan pelaksanaan
pelatihan salah satu bahasa asing (khususnya bahasa Inggris) secara bertahap
dan berkelanjutan untuk mendukung proses belajar mengajar bilingual secara
optimal.
Demikian halnya dengan tenaga pendukung
sekolah yang pada umumnya terdiri dari laboran komputer, laboran IPA, laboran
bahasa, tenaga TU, pustakawan pada sekolah Rintisan SBI diwajibkan memiliki kompetensi
utama yang diperlukan sebagai tenaga pendukung antara lain : memiliki
kompetensi/keterampilan sesuai bidang tugasnya serta kemampuan berkomunikasi
berbahasa asing (bahasa Inggris).
Dalam kerangka pengembangan SBI, maka
bagi semua pendidik dan tenaga kependidikan tersebut harus memenuhi kualifikasi
dan kompetensi yang memadai. Pemenuhan kualifikasi dan kompetensi dapat
dilakukan dengan upaya pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan melalui
pelatihan bahasa Inggris. Pemberdayaan adalah prinsip dasar kehidupan dan
kesuksesan yang datang dari kepemilikan suatu pekerjaan dan rasa
bertanggungjawab terhadap hasil kerja. Orang termotivasi untuk melakukan
perbaikan secara terus menerus karena mereka menikmati rasa kebanggaan yang
mereka peroleh dari prestasinya.
1.2.Dasar Pemikiran
1) UU
Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2) UU
Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
3) Peraturan
Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
4) Surat
Keputusan Kepala SMP Negeri 2 Garut, Nomor : 421.7/057/SMP tanggal 30 Juni 2008
tentang Team Pengembang Rintisan SBI SMPN 2 Garut
5) Rencana
Pengembangan Sekolah (RPS) Persiapan RSBI SMPN 2 Garut
1.3. Nama Kegiatan
Peningkatan Kemampuan Bahasa
Inggris Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 2 Garut Melalui Kursus dan
Pelatihan
1.4.
Tujuan
1) Untuk
mengembangkan proses belajar mengajar yang mengarah kepada penerapan
pembelajaran bilingual.
2) Meningkatkan dan mengembangkan
kompetensi profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan SMPN 2 Garut sesuai
dengan tuntutan Standar Nasional Pendidikan (Indikator Kinerja Kunci Minimal)
dan standar internasional (Indikator Kinerja Kunci Tambahan).
1.5. Bentuk dan Materi Kegiatan
Bentuk Kegiatan : Pelatihan/Kursus Bahasa Inggris
Materi
Kegiatan : Pendidikan dan Pelatihan
kemampuan guru dalam menggunakan dua bahasa (bilingual), yakni bahasa Indonesia
dan bahasa Inggris dalam pengantar proses belajar mengajar, terutama guru bidang studi MIPA dan
TIK dengan materi utama adalah conversation.
1.6.
Tempat dan Waktu Kegiatan
Tempat Kegiatan : Lembaga Pelatihan Bahasa Inggris Beverly
Jalan Cimanuk Garut
Waktu Kegiatan :
Hari Selasa, pukul 16.00 WIB s.d. selesai
Hari Jum’at, pukul 14.00 WIB s.d. selesai
(Jadwal Kegiatan Terlampir)
1.7.
Peserta Kegiatan
No.
|
Nama
|
NIP /
NIGTT
|
Keterangan
|
1.
|
Drs.
Iden Suparno, M.Pd.
|
131628491
|
Kepala Sekolah
|
2.
|
Drs.
Atep Sujana, M.M.Pd.
|
132053843
|
Guru Matematika
|
3.
|
Hj.
Nurhayati, S.Pd.
|
131399845
|
Guru Matematika
|
4.
|
Hj.
Aryanti, S.Pd.
|
131421970
|
Guru Matematika
|
5.
|
Malia
Rosmania, S.Pd.
|
131999988
|
Guru Matematika
|
6.
|
Dede
Sudjadi, S.Pd.
|
132116509
|
Guru Matematika
|
7.
|
Dadang
Hidayat, S.Pd.M.Pd.
|
131560115
|
Guru IPA
|
8.
|
Hj.
E.Nurrokhmah, A.Md.Pd.
|
130677808
|
Guru IPA
|
9.
|
Hj.
N.St.Nugraha, A.Md.Pd.
|
19560926 197703 2 004
|
Guru IPA
|
10.
|
Masrun
Gartiwa, S.Pd.
|
131852340
|
Guru IPA
|
11.
|
Tuti
Haryati, S.Pd.
|
19690612 199801 2 003
|
Guru IPA
|
12.
|
Hj.
Ela Nurleila, S.Pd.
|
19710304 199301 2 001
|
Guru IPA
|
13.
|
Lukman
Setiawan, S.PdI.
|
991001056
|
Guru TIK
|
14.
|
Agus
Sobar
|
991001054
|
Guru TIK
|
15.
|
Hikmawati,
S.Pd.
|
132288316
|
Staf TU
|
16.
|
Drs.
Ade Bastiawan
|
132165543
|
Guru/Koordinator
|
1.8.
Pelaksana
dan Penanggungjawab Kegiatan
Pelaksana Kegiatan : Lembaga Pelatihan Bahasa Inggris Beverly
Executive Language Program
Jalan Cimanuk Garut.
Penanggungjawab Kegiatan : Drs.
Ade Bastiawan
1.9.
Sasaran
Yang menjadi sasaran kegiatan
peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan adalah guru MIPA dan TIK serta staf tata usaha SMP Negeri 2 Garut melalui peningkatan kemampuan berbahasa Inggris.
Alasan : rata-rata kemampuan guru SMP Negeri 2 Garut
dalam berbahasa Inggris masih perlu ditingkatkan baik lisan maupun tulisan.
1.10. Target
Pendidik dan Tenaga
Kependidikan SMP
Negeri 2 Garut dapat melaksanakan Pemetaan proficiency
dalam bahasa Inggris dan berbagai program peningkatan kemampuan bahasa Inggris
1.11.
Rencana
Anggaran
Program peningkatan kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan SMP 2 Garut untuk tahun pelajaran 2008-2009
yang memungkinkan dapat dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai aspek, yakni
: waktu, ketersediaan dana, sarana dan prasarana dan lain-lain yaitu : Pendidikan
dan Pelatihan Penggunaan dua bahasa (bilingual)
Dalam kegiatan ini guru-guru terutama
guru MIPA dan TIK diberikan pelatihan penggunan bahasa Inggris untuk digunakan
sebagai bahasa pengantar dalam proses belajar mengajar. Anggaran yang
diperlukan yaitu 16 peserta @ Rp 800.000,00 = Rp 6.800.000,00 (enam
juta delapan ratus ribu Rupiah).
Sumber Dana : RSBI.
1.12.Sistematika
Penyusunan Program Kegiatan
Peningkatan Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 2 Garut
adalah sebagai berikut :
Bab I
Pendahuluan, yang terdiri dari : latar belakang, dasar pemikiran, nama
kegiatan, tujuan, bentuk dan materi kegiatan, tempat dan waktu kegiatan, peserta
kegiatan, pelaksana dan penanggungjawab kegiatan, sasaran, target, serta
rencana anggaran.
Bab II
Pelaksanaan Program Kegiatan, yang terdiri dari : perencanaan dan persiapan,
penyelenggaraan, serta evaluasi.
Bab III
Penutup
BAB II
PELAKSANAAN
PROGRAM KEGIATAN
1.1.Perencanaan
dan Persiapan
Pada hakikatnya perencanaan
kegiatan adalah suatu rangkaian proses kegiatan menyiapkan keputusan mengenai
apa yang diharapkan terjadi dan apa yang akan dilakukan. Rangkaian proses
kegiatan itu dilaksanakan agar harapan tersebut dapat terwujud menjadi
kenyataan di masa yang akan datang.
Gambaran tentang harapan (das sollen) masa depan itu mungkin baru
merupakan impian atau sekedar cita-cita saja atau mungkin pula sudah ada
ancar-ancar jangka panjang ukuran waktunya yang biasa disebut dengan visi,
sedangkan tugas apa yang akan dilakukannya disebut dengan misi yakni untuk
menghasilkan bidang hasil pokok (key
result areas) dengan ukuran standar normatif tertentu (values) dan dengan jalan tertentu (strategy) yang dapat diterima oleh semua pihak yang berkepentingan.
Kesenjangan (gaps) atau perbedaan (differences)
dan ketimpangan (disparities) antara
harapan dan kenyataan itulah yang lazimnya diidentifikasi sebagai permasalahan
strategis (strategic issue) yang
membutuhkan pemecahan melalui program-program kegiatan yang terarah sasaran
bidang garapannya.
Tugas dan pekerjaan untuk mendeteksi
seberapa besar atau seberapa jauh sebenarnya kemungkinan terdapat kesenjangan
antara kebutuhan-kebutuhan ideal (masa depan) dengan kebutuhan yang ada saat
ini dan bagaimana cara upaya solusi mengatasinya pada dasarnya merupakan esensi
dari perencanaan.
Berangkat dari pernyataan di atas,
SMP Negeri 2 Garut yang telah mendapat kehormatan dari pemerintah pusat untuk
menyelenggarakan Rintisan SBI, dituntut untuk mengembangkan aspek dan program
pendidikan SBI yang meliputi SNP + X. SNP meliputi 8 (delapan Standar), yaitu :
kompetensi lulusan, isi, proses, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana dan
prasarana, pembiayaan, pengelolaan, dan penilaian. Sedangkan X adalah SNP yang
diperkaya, dikembangkan, diperluas, diperdalam melalui adaptasi atau adopsi
terhadap standar pendidikan yang dianggap reputasi mutunya diakui secara
internasional (baik dari dalam maupun luar negeri).
Program pelatihan bahasa Inggris
bagi pendidik dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 2 Garut, merupakan bentuk
nyata komitmen untuk melaksanakan SNP (yakni pada bidang standar pendidik dan
tenaga kependidikan) yang pelaksanaan kegiatannya harus dilakukan dengan
perencanaan dan persiapan yang matang agar tujuan kegiatan tersebut dapat
dicapai dengan baik, lancar dan bermanfaat. Adapun tahapan perencanaan dan persiapan
kegiatan pelatihan bahasa Inggris bagi pendidik dan tenaga kependidikan di SMP
Negeri 2 Garut, dapat dilihat pada time schedule berikut :
Time Schedule
Pelatihan Bahasa Inggris
No.
|
Jenis Kegiatan
|
Pelaksanaan
|
Penanggungjawab
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
|
Pembentukan Team Pengembang
Persiapan RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran 2008-2009
Arahan Teknis Langkah-Langkah
Kegiatan Program
Penyusunan Program Kegiatan Peningkatan
Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMPN 2 Garut
Rapat
Konsolidasi
Pelaksanaan
Program Kegiatan
Evaluasi
Pelaporan
|
30
Juni 2008
1
Juli 2008
2
– 6 Juli 2008
7
Juli 2008
8
Juli – 30 September 2008
3
Oktober 2008
10
Oktober 2008
|
Kepala Sekolah
Ketua Team Pengembang RSBI
Drs. Ade Bastiawan
Kepala Sekolah
Lembaga Pelatihan
Bahasa Inggris Beverly
Lembaga
Pelatihan Bahasa Inggris Beverly
Drs. Ade
Bastiawan
|
Selain time schedule tersebut, masih
ada beberapa langkah lagi dalam perencanaan dan persiapan yang harus mendapat
perhatian serius.
Pertama, tentang materi pelatihan bahasa
Inggris yang paling urgen dan sangat mendesak untuk segera diimplementasikan
oleh pendidik dalam proses belajar mengajar di dalam kelas. Adapun pertimbangan
pemilihan materi pelatihan dengan melihat kenyataan-kenyataan sebagai berikut :
ü Waktu pelaksanaan pelatihan yang
bertepatan dengan tahun pelajaran baru bagi khususnya kelas Rintisan SBI.
ü Pendidik SMP Negeri 2 Garut
kemampuan berbahasa Inggrisnya masih harus ditingkatkan (baik lisan maupun
tulisan) dalam menunjang pembelajaran bilingual di kelas Rintisan SBI
ü Pendidik SMP Negeri 2 Garut minimal
menguasai up to date English conversation
dalam membuka, selama proses, dan di akhir pembelajaran.
Kedua, pemilihan para pendidik dan tenaga
kependidikan SMP Negeri 2 Garut yang akan menjadi peserta pelatihan bahasa
Inggris. Persiapan nama-nama pendidik dan tenaga kependidikan harus
dipertimbangkan dengan matang, mengingat :
· Jumlah pendidik dan tenaga
kependidikan di SMP Negeri 2 Garut sangat banyak.
· Ketersediaan dana pelatihan yang sangat
terbatas.
· Tidak semua mata pelajaran
dipersyaratkan secara khusus harus menggunakan bilingual.
Ketiga, pemilihan lembaga pelatihan bahasa
Inggris yang akan dijadikan sebagai kemitraan (partnership) dalam kegiatan
tersebut. Persiapan lembaga penyelenggara pelatihan bahasa Inggris yang
dipilih, harus mempertimbangkan hal-hal sebagai berikut :
ü Lembaga pelatihan bahasa Inggris
tersebut harus kualified.
ü Jarak yang tidak terlalu jauh dari
tempat dimana para calon peserta pelatihan tinggal.
Demikianlah perencanaan dan
persiapan yang telah dilakukan dalam rangka pelaksanaan program peningkatan
kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 2 Garut melalui
pelatihan bahasa Inggris di lembaga pelatihan bahasa Inggris Beverly.
1.2.Penyelenggaraan
Program Kegiatan pelatihan bahasa
Inggris yang paling utama adalah dalam pelaksanaan kegiatannya. Pendidik
memiliki tugas dan tanggung jawab yang amat strategis dalam peran dan fungsinya
sebagai pendidik RSBI, yakni : harus memenuhi Indikator Kinerja Kunci Minimal
Pendidik (standar pendidik).
Tugas, peran, dan fungsi pendidik
harus mampu ditunjukan dalam kompetensi dan profesinya (baik kompetensi
kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesional) untuk merencanakan dan
melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, serta melakukan
pembimbingan dan pelatihan sebagaimana telah dijelaskan dalam Permendiknas
No.16 Tahun 2006.
Terpenuhinya standar pendidik
(IKKM) berarti telah mampu menunjukkan sebagai tenaga profesional yang akan
membawa kepada pencapaian standar mutu pendidikan sebagaimana telah ditetapkan
dalam Permendiknas No.23 Tahun 2006. Namun demikian, sebagai tenaga pendidik
yang telah memenuhi standar nasional (IKKM) harus pula memenuhi Indikator
Kinerja Kunci Tambahan (merupakan faktor X dari SNP) dalam upaya memenuhi
tuntutan pencapaian mutu pendidikan yang bertaraf internasional. IKKT sebagai
guru RSBI antara lain : pendidik mata pelajaran kelompok Sains, Matematika, dan
Inti Kejuruan (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mampu melaksanakan
pembelajaran berbahasa Inggris.
Berangkat dari pernyataan tersebut
di atas, maka pelaksanaan penyelenggaraan program pelatihan bahasa Inggris
ditujukan khususnya kepada para pendidik mata pelajaran kelompok MIPA dan TIK
yang harus melaksanakan pembelajaran bilingual di kelas RSBI.
Penyelenggara pelatihan bahasa Inggris
yang ditunjuk oleh sekolah sebagai partner adalah Beverly Executive Language
Program di Jalan Cimanuk Garut.
Pelaksanaan pelatihan :
· Satu minggu : 2 kali
· Waktu :
siang / sore hari
Selasa, pukul 16.00 WIB s.d. selesai
Jum’at, pukul 14.00 WIB s.d. selesai
· Total Pertemuan :
25 kali pertemuan
Pemilihan
lembaga pelatihan bahasa Inggris Beverly sebagai partner, dengan pertimbangan :
ü Merupakan lembaga pelatihan bahasa
Inggris yang cukup kualified di kota Garut.
ü Waktu penyelenggaraan siang/sore
hari yang tidak mengganggu kewajiban pokok pendidik dan tenaga kependidikan di
sekolah.
ü Pelatihan di luar lingkungan sekolah
memberikan suasana baru yang lebih kondusif bagi pendidik dan tenaga
kependidikan.
ü Sumber dan media pelatihan dapat
lebih optimal digunakan karena tersedia di lembaga tersebut dibandingkan bila
pihak lembaga yang mendatangi peserta.
LEMBAGA PELATIHAN BAHASA INGGRIS
BEVERLY EXECUTIVE LANGUAGE PROGRAM
|
SMP NEGERI 2
GARUT
|
Kepala SMPN
2 Garut
Drs. Iden Suparno, M.Pd.
|
Ketua Team
Pengembang RSBI
Edi Irawan, S.Pd.M.Pd.
|
Penanggungjawab
Program Pelatihan
Drs. Ade Bastiawan
|
Peserta
Pelatihan Bahasa Inggris
|
Keterangan :
Garis
Instruksi
Garis
Konsultasi dan Koordinasi
Garis
Bimbingan
1.3.Evaluasi
Kegiatan evaluasi pada dasarnya
adalah untuk mengetahui sejauhmana keberhasilan pelaksanaan program kegiatan
dan sejauhmana keberhasilan yang telah dicapai dalam kurun waktu tertentu.
Tujuan utama kegiatan evaluasi ini antara lain :
·
Untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan program
·
Untuk mengetahui keberhasilan program
·
Untuk bahan masukan dalam perencanaan penyelenggaraan
program pelatihan berikutnya
·
Untuk melakukan pembinaan bagi pimpinan sekolah agar tahun
berikutnya diperoleh hasil yang lebih baik atau meningkat secara signifikan.
Secara
substansi, pada dasarnya evaluasi ini adalah evaluasi kinerja pendidik dan
tenaga kependidikan. Hasil analisis dari data evaluasi ini akan disampaikan
pihak lembaga penyelenggara pelatihan bahasa Inggris (Beverly) kepada sekolah
untuk dipergunakan sebagai masukan dan perbaikan program pelatihan tahun
berikutnya.
Tujuan
|
Sasaran
|
Target
|
Indikator Hasil Evaluasi Yang Diharapkan
|
1)
Untuk
mengembangkan proses belajar mengajar yang mengarah kepada penerapan
pembelajaran bilingual.
2) Meningkatkan dan
mengembangkan kompetensi profesionalisme pendidik dan tenaga kependidikan
SMPN 2 Garut sesuai dengan tuntutan Standar Nasional Pendidikan (Indikator
Kinerja Kunci Minimal) dan standar internasional (Indikator Kinerja Kunci
Tambahan).
|
Yang
menjadi sasaran kegiatan peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga
kependidikan adalah guru MIPA dan TIK
serta staf tata usaha SMP Negeri 2
Garut melalui peningkatan
kemampuan berbahasa Inggris.
Alasan :
rata-rata kemampuan guru SMP Negeri 2 Garut dalam berbahasa Inggris masih
perlu ditingkatkan baik lisan maupun tulisan.
|
Pendidik dan
Tenaga Kependidikan SMP
Negeri 2 Garut dapat melaksanakan Pemetaan proficiency dalam bahasa Inggris dan berbagai program peningkatan
kemampuan bahasa Inggris
|
·
Pendidik SMP Negeri 2 Garut minimal menguasai up to date English conversation dalam
membuka, selama proses, dan di akhir pembelajaran.
·
Mampu berbahasa Inggris, baik lisan maupun tulisan dengan
benar.
|
BAB III
PENUTUP
Penyelenggaraan pelatihan
bahasa Inggris bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMP Negeri 2 Garut
Rintisan SBI sangat membutuhkan adanya sistem pengelolaan komprehensif, mulai
dari perencanaan, penyelenggaraan/pelaksanaan, serta evaluasi hingga mencapai
suatu sistem penyelenggaraan pelatihan yang benar-benar sesuai dengan
ketentuan. Namun demikian, secara realistis tidak dipungkiri bahwa kompetensi
pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah sangat beragam, baik dalam hal
kualifikasi maupun berbagai komponen pendukungnya. Oleh karena itu, untuk
awal-awal rintisan pelatihan bahasa Inggris di SMP Negeri 2 Garut harus dimulai
dengan mengacu kepada kondisi lapangan tersebut. Bentuknya adalah dengan
memberikan intervensi dari pihak pimpinan sekolah kepada para pendidik dan
tenaga kependidikan yang berada di bawah tanggung jawab pembinaannya melalui
motivasi sesuai dengan kebutuhan yang ada dalam kurun waktu yang tidak terbatas.
Untuk itu diperlukan kerjasama yang baik dengan semua warga sekolah dalam upaya
memperoleh kesamaan pandangan dan tanggung jawab terhadap penyelenggaraan kelas
RSBI tersebut.
Dalam Penyusunan Program Kegiatan
Peningkatan Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 2 Garut
ini, kami berusaha untuk memberikan informasi dan bukan panduan ideal yang dapat kami lakukan seputar
pelaksanaan program pelatihan bahasa Inggris yang diselenggarakan sekolah.
Meskipun demikian, kami mencoba mengembangkannya lebih jauh tanpa mengurangi
aspek-aspek yang ada secara efektif, efisien, dan relevan.
Untuk itu, kami mengharapkan
adanya masukan yang konstruktif terhadap program ini demi perbaikan dan
penyempurnaan di masa depan sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua pihak.
Selanjutnya apabila terdapat
kekeliruan informasi yang mendasar dalam Program Kegiatan Peningkatan
Kualifikasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SMP Negeri 2 Garut ini, akan kami
perbaiki sebagaimana mestinya.
LAMPIRAN
SURAT TUGAS
Nomor : 058/202/SMP
Kepala
SMP Negeri 2 Garut dengan ini menugaskan kepada :
No.
|
Nama
|
NIP/NIGTT
|
Keterangan
|
1.
|
Drs.
Iden Suparno, M.Pd.
|
131628491
|
Kepala Sekolah
|
2.
|
Drs.
Atep Sujana, M.M.Pd.
|
132053843
|
Guru Matematika
|
3.
|
Hj.
Nurhayati, S.Pd.
|
131399845
|
Guru Matematika
|
4.
|
Hj.
Aryanti, S.Pd.
|
131421970
|
Guru Matematika
|
5.
|
Malia
Rosmania, S.Pd.
|
131999988
|
Guru Matematika
|
6.
|
Dede
Sudjadi, S.Pd.
|
132116509
|
Guru Matematika
|
7.
|
Dadang
Hidayat, S.Pd.M.Pd.
|
131560115
|
Guru IPA
|
8.
|
Hj.
E. Nurrokhmah, A.Md.Pd.
|
130677808
|
Guru IPA
|
9.
|
Hj.
N. St. Nugraha, A.Md.Pd.
|
19560926 197703 2 004
|
Guru IPA
|
10.
|
Masrun
Gartiwa, S.Pd.
|
131852340
|
Guru IPA
|
11.
|
Tuti
Haryati, S.Pd.
|
19690612 199801 2 003
|
Guru IPA
|
12.
|
Hj.
Ela Nurleila, S.Pd
|
19710304 199301 2 001
|
Guru IPA
|
13.
|
Drs.
Ade Bastiawan
|
132165543
|
Guru/Koordinator
|
14.
|
Hikmawati,
S.Pd.
|
132288316
|
TU
|
15.
|
Lukman
Setiawan, S.PdI.
|
991001056
|
Guru TIK
|
16.
|
Agus
Sobar
|
991001054
|
Guru TIK
|
Untuk
mengikuti Kursus dan Pelatihan Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris, yang
dilaksanakan pada :
Waktu : Bulan Juli s.d. September 2008
Tempat : BEVERLY Executive Language Program
Jl. Cimanuk No. 180 Garut
Mulai
Tanggal : 8 Juli 2008
Demikian
Surat Tugas ini dibuat untuk dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.
Garut, 8 Juli 2008
Kepala Sekolah,
Drs. Iden Suparno, M.Pd.
NIP 131628491
Tiba
di : BEVERLY
Tanggal : 8 Juli 2008
……………………………….
Lampiran : SURAT KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 GARUT
Nomor : 421.7 / 057 / SMP
Tanggal : 30 Juni 2008
PEMBAGIAN TUGAS PENANGGUNG JAWAB PROGRAM SASARAN RSBI
TAHUN PELAJARAM 2008-2009
No
|
NAMA / NIP
|
tugas
SASARAN PROGRAM
|
KET
|
1
|
Dede Sudjadi, S.Pd.
132116509
|
Pelaksanaan Kurikulum Bertaraf Internasional
|
|
2
|
Drs. Ade Bastiawan
132265543
|
Kompetensi
Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bertaraf Internasional
|
|
3
|
Darsono, S.Pd.
132205506
|
Pelaksanaan
Proses Belajar Mengajar Bertaraf
Internasional
|
|
4
|
Drs. Barli
130831230
|
Pengadaan
Sarana dan Prasarana serta Fasilitas Sekolah Bertaraf Internasional
|
|
5
|
Dadang Hidayat, S.Pd.
131560115
|
Peningkatan Prestasi Sekolah dan Lulusan
|
|
6
|
Drs. Atep Sujana, M.M.Pd.
132053843
|
Implementasi
Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional
|
|
7
|
Drs. Ade Sahrudin
131544612
|
Pengadaan
Sumber Dana Pendidikan Sekolah Bertaraf Internasional beserta Implementasinya
|
|
8
|
Iis Tatin Farida, S.Pd.
131850455
|
Implementasi Sistem Penilaian Bertaraf
Internasional
|
|
Garut, 30 Juni 2008
Kepala
Sekolah
Drs.
Iden Suparno, M.Pd.
NIP 131628491
Lampiran : SURAT KEPUTUSAN KEPALA SMP NEGERI 2 GARUT
Nomor : 421.7 / 057 / SMP
Tanggal : 30 Juni 2009
PEMBAGIAN TUGAS PENANGGUNG JAWAB PROGRAM SASARAN RSBI
TAHUN PELAJARAM 2009-2010
No
|
NAMA / NIP
|
tugas
SASARAN PROGRAM
|
KET
|
1
|
Drs. Atep Sujana, M.M.Pd
132053843
|
Pelaksanaan Kurikulum Bertaraf Internasional
|
|
2
|
Drs. Ade Bastiawan
132265543
|
Kompetensi
Tenaga Pendidik dan Kependidikan Bertaraf Internasional
|
|
3
|
Aty Herawaty, S.Pd
132163290
|
Pelaksanaan
Proses Belajar Mengajar Bertaraf
Internasional
|
|
4
|
Drs. Ade Sahrudin, M.Pd
131544612
|
Pengadaan
Sarana dan Prasarana serta Fasilitas Sekolah Bertaraf Internasional
|
|
5
|
Dadang Hidayat, S.Pd, M.Pd
131560115
|
Peningkatan Prestasi Sekolah dan Lulusan
|
|
6
|
Dra.
Hepy Purwati
132147355
|
Implementasi
Manajemen Sekolah Bertaraf Internasional
|
|
7
|
Drs. Tatan Lusdinar
480125642
|
Pengadaan
Sumber Dana Pendidikan Sekolah Bertaraf Internasional beserta Implementasinya
|
|
8
|
Iis Tatin Farida, S.Pd
131850455
|
Implementasi Sistem Penilaian Bertaraf
Internasional
|
|
Garut, 30 Juni 2009
Kepala
Sekolah
Drs.
Iden Suparno, M.Pd.
NIP 131628491
|
BEVERLY
Executive Language Program
GENERAL ENGLISH – CONVERSATION IN ENGLISH
TOEFL / TOEIC / GMAT
Jl.
Cimanuk No. 180 Garut 44118 Tlp. 0262-4701169 – 231550
|
ATTENDANCE LIST
FIELD OF
THE COURSE : TOEFL / TOEIC /
ESP / GE / CE / ………….
CLASS :
LEVEL :
NO.
|
NAME’S OF
PARTICIPANTS
|
MEETING
AND DATE
|
||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
11
|
12
|
13
|
14
|
15
|
16
|
17
|
18
|
19
|
20
|
21
|
22
|
23
|
24
|
25
|
||
1
|
Iden
Suparno
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Atep
Sujana
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Nurhayati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Aryanti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
Malia
Rosmania
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Dede
Sudjadi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Dadang
Hidayat
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
E.
Nurrokhmah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
N.
St. Nugraha
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Masrun
Gartiwa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
Tuti
Haryati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
Ela
Nurleila
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
Hikmawati
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
Lukman
Setiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
15
|
Agus
Sobar
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
16
|
Ade
Bastiawan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
TOTAL ATTENDANTS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUCTOR’S INITIALS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mugia aya manfaatna.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar