BAB 
I
PENDAHULUAN
I. Latar Belakang
          Sesuai dengan
amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 50 Ayat 3
: “Pemerintah dan/atau Pemerintah Daerah menyelenggarakan sekurang-kurangnya
satu Satuan Pendidikan pada semua jenjang pendidikan untuk dikembangkan menjadi
Satuan Pendidikan yang bertaraf internasional”, maka Direktorat Pembinaan SMP
mulai Tahun Pelajaran 2007/2008 memandang penting untuk menyelenggarakan
rintisan SMP bertaraf internasional, yang selanjutnya disebut Rintisan Sekolah
Bertaraf Internasional (RSBI).
           SMP
Negeri 2 Garut sebagai Sekolah Standar Nasional yang ada di kabupaten Garut,
ditetapkan oleh Pusat sebagai penyelenggara RSBI Tahun Pelajaran 2008/2009.
Dengan demikian SMP Negeri 2 Garut diharapkan mampu melakukan langkah-langkah
strategis sebagai suatu persiapan menuju sekolah yang benar-benar memiliki
karakteristik internasional secara baik dan profesional. Konsekuensinya, adalah
: SMP Negeri 2 Garut perlu melakukan penyesuaian-penyesuaian dari kondisi yang
ada ke arah bertaraf internasional.
          
Calon siswa baru RSBI selain harus memiliki kompetensi dan kecerdasan
tinggi, juga mampu berkompetisi secara global dengan siswa-siswa dari negara
lain. Oleh karena itu tidak menutup kemungkinan, SMP Negeri 2 Garut dapat
melakukan Bridging Course atau Matrikulasi bagi siswa baru kelas VII RSBI untuk
memperoleh kemampuan yang relatif sama sebelum mengikuti program pembelajaran
sesuai kurikulum yang ada.
II. Rasional
        Dasar pemikiran
penyusunan Program Matrikulasi bagi siswa baru kelas VII RSBI SMP Negeri 2
Garut Tahun Pelajaran 2008/2009, adalah :
1.   UU
No. 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.   Peraturan
Pemerintah No. 19 Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan
3.   SK
Kepala SMP Negeri 2 Garut No : 421.7/038/SMP, tentang Team Pengembang RSBI SMPN
2 Garut Semester Genap Tahun Pelajaran 2007/2008
4.   Rencana
Pengembangan Sekolah (RPS) Persiapan RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran
2008/2009
III. Tujuan
        Adapun Tujuan Program
Matrikulasi bagi siswa baru kelas VII RSBI SMP Negeri 2 Garut Tahun Pelajaran
2008/2009, yaitu :
1.   Untuk
memperoleh kemampuan yang relatif sama bagi siswa, sebelum mengikuti program
pembelajaran selanjutnya.
2.   Untuk
mengetahui kemampuan awal dari siswa dengan menggunakan media komunikasi
pembelajaran  berbahasa Inggris.
3.   Untuk
mempersiapkan prasesi kondisi psikologis siswa sebagai jembatan transisi dari
kondisi lama di lingkungan SD ke kondisi baru di lingkungan SMP.
4.   Untuk
memperoleh data awal bagi guru tentang kompetensi yang dimiliki siswa dan berguna
sebagai input/masukan bagi langkah tindak lanjut (Follow-Up) pada program
pembelajaran selanjutnya.
5.   Dapat
dijadikan dokumen sekolah.
IV. Ruang Lingkup
         RSBI mensyaratkan calon siswa baru
memiliki kompetensi dan kecerdasan tinggi. Hal ini didasari oleh tuntutan
kurikulum bertaraf internasional yang mengharuskan siswa-siswa yang masuk kelas
internasional harus mampu berkompetisi secara global dengan siswa-siswa dari negara
lain.
         Kemampuan yang lazim menjadi tolok
ukur keinternasionalan, adalah : kemampuan berkomunikasi dalam bahasa asing
(Bahasa Inggris), kemampuan dalam Sains, dan kemampuan dalam bidang Teknologi.
Dengan demikian ruang lingkup matrikulasi siswa baru terdiri dari :
1.      Matrikulasi
mata pelajaran Matematika
2.      Matrikulasi
mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
3.      Matrikulasi
mata pelajaran Bahasa Inggris
4.      Matrikulasi
mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
          Proses pembelajaran keempat mata
pelajaran yang akan di matrikulasi dengan mengunakan media komunikasi
pembelajaran berbahasa Inggris dan bahasa Indonesia (Bilingual).
V. Kepanitiaan
Penanggung Jawab Umum                : Drs. Iden Suparno M.Pd.
Ketua Team Pengembang RSBI       : Edi Irawan, S.Pd.
Sekretaris RSBI                                 : Dede Sudjadi,
S.Pd.
Bendahara RSBI                               : Masrun Gartiwa,
S.Pd.
Koordinator Matrikulasi                    : Drs. Ade Bastiawan
Anggota                                             : 1. Dra. Hepy Purwati
                                                             2. Lilis Yuniarningsih, S.Pd.
VI. Anggaran Biaya
Rencana Penerimaan :
-
Sumber Dana dari Pusat                                          Rp
3.060.000,00
Rencana Pengeluaran :
-         
ATK                                                                    Rp    960.000,00                     
-         
Konsumsi
Persiapan Panitia Matrikulasi             Rp    100.000,00
-         
Honor                                                                  
-         
Panitia
Matrikulasi                                         Rp    800.000,00
-         
Guru                                                              Rp
1.200.000,00
                                                                      ______________
                                                                       Rp
3.060.000,00
BAB  II
LANGKAH PELAKSANAAN KEGIATAN
I.    
Persiapan
dan Perencanaan
        Penyelenggaraan Matrikulasi siswa baru
kelas VII RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009 memerlukan persiapan dan
perencanaan yang baik, agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar sesuai
dengan yang diharapkan serta memenuhi prinsip-prinsip Relevansi, Konsistensi
dan Kecukupan untuk membantu siswa dalam penguasaan kompetensi. Dengan demikian
konsultasi intensif dari Panitia Matrikulasi, Pengumpulan data serta hal-hal
lain yang berhubungan dengan penyelenggaraannya menjadi faktor yang menentukan
keberhasilan pelaksanaan kegiatan Matrikulasi.
  
       Persiapan dan perencanaan
dapat diuraikan dalam time schedule berikut ini :
| 
    
No 
 | 
   
    
Jenis
   Kegiatan 
 | 
   
    
Pelaksanaan 
 | 
   
    
Penanggung
   Jawab 
 | 
  
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
5. 
6. 
  7. 
8. 
9. 
10. 
11. 
12. 
 | 
  
   
Pembentukan
  Team Pengembang 
Persiapan
  RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran 2008/2009 
Arahan
  teknis langkah-langkah kegiatan Matrikulasi 
Penyusunan
  Program Matrikulasi 
Persiapan
  Matrikulasi 
Data
  siswa baru RSBI yang diterima/ 
Lulus,
  dan Rekomendasi guru pemberi materi Matrikulasi 
Rapat
  Konsolidasi Panitia Matrikulasi 
Pengadministrasian
  : 
-   
  Daftar siswa baru RSBI  
-   
  Jadwal Guru pemberi materi Matri- 
kulasi 
-   
  Daftar Hadir Siswa 
-   
  Daftar Hadir Guru 
-   
  Daftar Hadir Panitia 
Upacara Pembukaan Kegiatan Matrikulasi 
Pelaksanaan Matrikulasi 
Upacara Penutupan Kegiatan Matrikulasi  
Insentif / Honor 
Pelaporan  
 | 
  
   
17 Januari 2008 
25 – 31 Januari 2008 
11 – 18 Pebruari 2008 
21 – 24 Mei 2008 
25 Mei 2008 
27 Juni 2008 
19 – 31 Mei 2008 
30 Juni 2008 
30 Juni – 3 Juli 2008 
3 Juli 2008 
3 Juli 2008 
17 Juli 2008 
 | 
  
   
Kepala Sekolah 
Ketua
  Team Pengem- 
bang
  RSBI 
Koordinator
  Matrikulasi 
Panitia 
Sekretaris
  RSBI 
Panitia 
Koordinator
  Matrikulasi 
Kepala
  Sekolah + Komite Sekolah 
Panitia
  + Guru 
Kepala
  Sekolah + Komite Sekolah 
Bendahara
  RSBI 
Koordinator
  Matrikulasi 
 | 
 
II. Pengorganisasian
          Untuk menyatukan persepsi diantara
Panitia Matrikulasi siswa baru kelas VII RSBI SMPN 2 Garut Tahun Pelajaran
2008/2009, agar mempunyai gerak langkah yang sama dalam pelaksanaan tugasnya
masing-masing sesuai dengan TUPOKSI, maka perlu kiranya suatu Description Job
yang jelas untuk dilaksanakan oleh masing-masing sesuai dengan tugas dan
kewajibannya.
Adapun rinciannya sebagai berikut :
1.     
Penanggung Jawab
Umum (Kepala Sekolah) : Drs. Iden
Suparno, M.Pd.
-   
Membentuk Team
Pengembang Persiapan RSBI SMPN 2 Garut
-   
Memberi petunjuk
dan arahan kepada Panitia Matrikulasi
2.     
Ketua Team
Pengembang RSBI (PKS Kurikulum) : Edi
Irawan, S.Pd.
-   
Memberikan
input/masukan kepada Koordinator Matrikulasi
-   
Pemantauan
jalannya penyelenggaraan Kegiatan Matrikulasi
3.     
Sekretaris RSBI
: Dede Sudjadi, S.Pd.
-   
Pengadministrasian
data siswa baru RSBI yang diterima/lulus
-   
Rekomendasi Guru
pemberi materi Matrikulasi
4.     
Bendahara RSBI :
Masrun Gartiwa, S.Pd.
-   
Menghimpun
pengeluaran untuk keperluan Kegiatan Matrikulasi
-   
Membuat daftar
insentif/honor/SPJ
5.     
Koordinator
Matrikulasi : Drs. Ade Bastiawan
-   
Membuat Program
Matrikulasi
-   
Mengkoordinasikan
seluruh kegiatan teknis Matrikulasi
-   
Membuat
administrasi Kegiatan Matrikulasi
-   
Membuat Laporan
Akhir Kegiatan Matrikulasi
6.     
Anggota : Dra. Hepy Purwati
Lilis
Yuniarningsih, S.Pd.
-   
Membantu
Koordinator Matrikulasi
-   
Membantu
kelancaran pelaksanaan Kegiatan Matrikulasi
Struktur
Organisasi :
| 
     
Penanggung Jawab 
Drs.
    Iden Suparno, M.Pd. 
 | 
   
| 
     
Ketua Team Pengembang RSBI 
Edi
    Irawan, S.Pd. 
 | 
   
| 
     
Sekretaris RSBI                                                 Bendahara RSBI 
Dede
    Sudjadi, S.Pd.                                         Masrun Gartiwa, S.Pd. 
 | 
   
| 
     
Koordinator Matrikulasi 
Drs.
    Ade Bastiawan 
 | 
   
| 
     
Anggota : 
1.   Dra. Hepy Purwati 
2.    Lilis Yuniarningsih, S.Pd. 
 | 
   
| 
     | 
   
III. Pelaksanaan
         Kegiatan yang paling utama dari
pelaksanaan Matrikulasi, adalah pembelajaran materi untuk mata pelajaran :
Matematika, IPA, Bahasa Inggris dan TIK dengan tujuan untuk mengetahui
kemampuan awal dari siswa baru RSBI. Oleh karena itu perlu kiranya memperhatikan
hal-hal sebagai berikut :
1.      Proses
Pembelajaran :
-   Proses
pembelajaran Matrikulasi lebih mengutamakan pendekatan Contextual Teaching and
Learning.
-      Media komunikasi
pembelajaran menggunakan Bilingual.
-      Bahan ajar lebih
bersifat menggali pengetahuan dasar yang minimal harus dikuasai siswa. 
2.     
Aspek Kompetensi
:
| 
   
No 
 | 
  
   
Aspek 
 | 
  
   
Kemampuan
  Dasar 
 | 
 
| 
   
1. 
2. 
3. 
 | 
  
   
Pengetahuan/Kognitif : 
1.1.Fakta :  
1.1.1.Nama 
1.1.2.Lambang 
1.1.3.Peristiwa 
1.2.Konsep : 
1.2.1.Definisi 
1.2.2.Identifikasi 
1.2.3.Klasifikasi 
1.2.4.Ciri-ciri 
1.3.Prinsip : 
1.3.1.Rumus 
1.3.2.Teori 
1.3.3.Dalil 
1.3.4.Hukum 
1.4.Prosedur : 
1.4.1.Urutan 
1.4.2.Langkah-langkah Kerja 
1.4.3.Bagan Arus / Alur 
Nilai/Sikap/Afektif : 
2.1.Toleransi : 
2.1.1.Tenggang Rasa 
2.1.2.Kerjasama 
2.2.Empati : 
2.2.1.Kepedulian 
Keterampilan/Psikomotor : 
3.1.Peniruan : 
3.1.1.Mengucapkan Kembali 
3.1.2.Menghubungkan 
3.2.Penyesuaian : 
3.2.1.Merumuskan Hipotesis 
 | 
  
   
-      
  Melafalkan / mengucapkan 
-      
  Membaca 
-      
  Menterjemahkan 
-      
  Membedakan 
-      
  Menghitung 
-      
  Menunjukkan 
-      
  Menyelesaikan 
-      
  Mendemonstrasikan 
-      
  Mengulangi suatu konsep secara tekstual 
-      
  Mengidentifikasi perbedaan suatu konsep dengan
  konsep lain 
-      
  Memiliki sikap kritis 
-      
  Melakukan seperti contoh yang diamati 
 | 
 
Catatan :
-   
Sesuai dengan
Permendiknas No. 24 Tahun 2006, maka sekolah memiliki tugas dan fungsi yang
secara mandiri dan otonom untuk mengembangkan Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan (KTSP) sendiri dan bertaraf internasional.
-   
Sekolah/Guru
dapat mengembangkan SK, KD, dan Indikator dari mata pelajaran Matematika, IPA,
Bahasa Inggris dan TIK sebagai ciri keinternasionalannya.
-   
Sistem dan
Formatnya dapat mengacu dari ketentuan yang telah ada (KTSP).
IV.  
Evaluasi
        Kegiatan evaluasi pada dasarnya adalah
untuk mengetahui sejauhmana keterlaksanaan Program Matrikulasi dalam mencapai
tujuan yang telah direncanakan dan ditentukan sebelumnya, berhasil tepat
sasaran. Secara metodologis, evaluasi Matrikulasi dilakukan dengan menggunakan
pendekatan Expost Facto (mengungkap apa saja yang telah terjadi secara
obyektif).
        Untuk kelengkapan data agar lebih
komprehensif, maka instrumen evaluasi dikembangkan dalam bentuk kualitatif dan
kuantitatif dengan mengacu pada rambu-rambu yang dikeluarkan oleh Badan Standar
Nasional Pendidikan atau Pusat Penilaian Pendidikan Depdiknas serta melakukan
pengembangan sistem penilaian yang disesuaikan dengan tuntutan kurikulum
bertaraf internasional.
        Adapun langkah-langkah evaluasi dapat
dilakukan :
-   
Di awal
pembelajaran (Pre-Test)
-   
Pada waktu
proses pembelajaran berlangsung (Penilaian Proses Belajar)
-   
Di akhir
pembelajaran (Post-Test / Penilaian Hasil Belajar)
berikut ini yang dapat
dipertimbangkan dalam evaluasi dari Matrikulasi yang akan dilaksanakan :
| 
   
No 
 | 
  
   
Mata Pelajaran 
 | 
  
   
Indikator 
 | 
  
   
Evaluasi 
 | 
 |
| 
   
Kualitatif 
 | 
  
   
Kuantitatif 
 | 
 |||
| 
   
1. 
2. 
3. 
4. 
 | 
  
   
Matematika 
Ilmu Pengetahuan Alam 
Bahasa Inggris 
Teknologi Informasi dan
  Komunikasi 
 | 
  
   
Pemahaman
  konsep bilangan, operasi hitung dan sifat-sifatnya. 
Pemahaman
  konsep besaran dan pengukuran. 
Pemahaman
  keanekaragaman hayati. 
Pemahaman
  keterampilan menyimak, berbicara, membaca  dan  menulis
   dalam bahasa Inggris  sederhana. 
Pemahaman dasar-dasar 
keterampilan komputer. 
Pemahaman pengolahan 
kata  dan  angka  untuk  
menghasilkan dokumen 
sederhana. 
 | 
  
   | 
  
   | 
 
   Catatan :
Nilai Kualitatif    =   
 A
(baik sekali)                        
 B (baik)                                                                                                                        
 C (cukup)         
  D (kurang)                                                                           
Nilai Kuantitatif  =  Skor
86 – 100
                                      71 – 85     
                                      60 – 70    
                                           < 60
        Sesuai dengan tujuan Matrikulasi,
dimana hasil evaluasi dapat dijadikan input/masukan bagi guru untuk langkah
tindak lanjut (Follow-Up) pada program pembelajaran berikutnya, maka hasil
evaluasi yang telah dilakukan pada kegiatan Matrikulasi dapat diberikan catatan
rekomendasi/saran pembelajaran.
| 
   
No 
 | 
  
   
Nama Siswa 
 | 
  
   
Kriteria 
 | 
  
   
Saran
  Pembelajaran 
 | 
 
| 
   
1. 
 | 
  
   
X 
 | 
  
   
1.   Mengulangi
  konsep secara tekstual 
2.   Mengidentifikasi
  perbedaan antar suatu konsep dengan konsep lain 
3.  
  Memiliki sikap kritis 
 | 
  
   
Hapalan
  cukup bagus, namun perlu lebih banyak lagi belajar dan berlatih menggunakan
  kata-kata sendiri. 
Kemampuan
  identifikasi konsep sangat baik, perlu ditingkatkan kemampuan mencari ciri
  konsep. 
Keberanian
  mengomentari cukup bagus, tapi kurang obyektif menilai pendapat orang lain. 
 | 
 
BAB  III
PENUTUP
Dari uraian bab terdahulu, dapat diambil kesimpulan
sebagai berikut :
1.    Pengembangan
aspek dan program pendidikan RSBI menggunakan pola :
     SBI = Standar Nasional Pendidikan + X
SNP 
meliputi 8 Standar (Standar Isi, Proses, Kompetensi Lulusan, Pendidik dan
Tenaga Kependidikan, Sarana dan Prasarana, Pengelolaan,    Pembiayaan, serta Standar Penilaian
Pendidikan)
 X adalah SNP yang diperkaya, dikembangkan,
diperluas, diperdalam melalui adaptasi atau adopsi terhadap standar pendidikan
yang dianggap reputasi mutunya diakui secara internasional, baik dari dalam
maupun luar negeri.
2.    Ciri
utama proses belajar mengajar RSBI adalah menggunakan media komunikasi
pembelajaran dengan berbahasa Inggris, baik dalam bentuk pembelajaran di kelas
(teori), eksperimen (praktik) maupun dalam bentuk pembelajaran lainnya
(diskusi, tanya jawab dan penugasan).
3.    Proses
pembelajaran lebih mengutamakan pendekatan CTL, Mastery Learning, Meaningfull
Learning dan Problem Solving dimana penggunaan Information Communication
Technology sangat diperlukan sebagai pendukung pembelajaran bagi siswa.
4.    RSBI
mensyaratkan calon siswa baru harus memiliki kompetensi dan kecerdasan tinggi
sehingga mampu berkompetisi secara global dengan anak-anak  dari negara lain.
5.    Kemampuan
umum yang lazim menjadi tolok ukur keinternasionalan, adalah : kemampuan
berkomunikasi dalam bahasa asing, kemampuan dalam sains dan kemampuan dalam
bidang teknologi.
6.    Tidak
menutup kemungkinan, sekolah dapat melakukan Bridging Course atau Matrikulasi
bagi siswa baru RSBI dengan tujuan untuk memperoleh kemampuan yang relatif sama
sebelum mengikuti program pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang ada.
Selanjutnya apabila terdapat kekeliruan informasi
yang mendasar dalam Program Matrikulasi ini, akan kami perbaiki sebagaimana
mestinya.
Mugia aya manfaatna. 
Terima kasih banyak, samgat bermanfaat bagi sekolah kami
BalasHapus