PENILAIAN
KINERJA GURU KELAS/ GURU MATA PELAJARAN
A.
Pedagogik
Penilaian
untuk Kompetensi 1: Memahami karakteristik peserta didik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru dapat mengidentifikasi
karakteristik belajar setiap peserta didik di kelasnya
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru memastikan bahwa semua
peserta didik mendapatkan kesempatan yang sama untuk berpartisipasi aktif
dalam kegiatan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat mengatur kelas untuk
memberikan kesempatan belajar yang sama pada semua peserta didik dengan
kelainan fisik dan kemampuan belajar yang berbeda
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru mencoba mengetahui
penyebab penyimpangan perilaku peserta didik untuk mencegah agar perilaku
tersebut tidak merugikan peserta didik lainnya
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru membantu mengembangkan
potensi dan mengatasi kekurangan peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan peserta
didik dengan kelemahan fisik tertentu agar dapat mengikuti aktivitas
pembelajaran, sehingga peserta didik tersebut tidak termarginalkan
(tersisihkan,diolok-olok, minder, dsb.).
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 1
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 1 = jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase
= (total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai
untuk kompetensi 1
(0%
< X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2; 50% < X ≤
75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Penilaian
untuk Kompetensi 2: Menguasai teori belajar dan prinsip‐prinsip
pembelajaran yang mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru memberi kesempatan kepada peserta
didik untuk menguasai materi pembelajaran sesuai usia dan kemampuan belajarnya
melalui pengaturan proses pembelajaran dan aktivitas yang bervariasi
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru selalu memastikan tingkat pemahaman
peserta didik terhadap materi pembelajaran tertentu dan menyesuaikan
aktivitas pembelajaran berikutnya berdasarkan tingkat pemahaman tersebut
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru dapat menjelaskan alasan pelaksanaan
kegiatan /aktivitas yang dilakukannya, baik yang sesuai maupun yang berbeda
dengan rencana, terkait keberhasilan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menggunakan berbagai
teknik untuk memotiviasi kemauan belajar peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru merencanakan kegiatan pembelajaran
yang saling terkait satu sama lain, dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
maupun proses belajar peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memperhatikan respon
peserta didik yang belum/kurang memahami materi pembelajaran yang diajarkan
dan menggunakannya untuk memperbaiki rancangan pembelajaran berikutnya
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 2
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 2 = jumlah indikator × 2
|
12
|
||
Persentase = (total skor/12) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 2
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Penilaian
untuk Kompetensi 3: Pengembangan kurikulum
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru dapat menyusun silabus
yang sesuai dengan kurikulum
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru merancang rencana
pembelajaran yang sesuai dengan silabus untuk membahas materi ajar tertentu
agar peserta didik dapat mencapai kompetensi dasar yang ditetapkan
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru mengikuti urutan materi pembelajaran
dengan memperhatikan tujuan pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru memilih materi
pembelajaran yang: a) sesuai dengan tujuan pembelajaran, b) tepat dan
mutakhir, c) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar peserta didik,
dan d) dapat dilaksanakan di kelas, e) sesuai dengan konteks kehidupan sehari‐hari peserta
didik
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 3
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 3 = jumlah indikator × 2
|
8
|
||
Persentase
= (total skor/8) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 3
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Penilaian
untuk Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran sesuai dengan rancangan yang telah disusun secara lengkap dan pelaksanaan
aktivitas tersebut mengindikasikan bahwa guru mengerti tentang tujuannya
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru melaksanakan aktivitas
pembelajaran yang bertujuan untuk membantu proses belajar peserta didik,
bukan untuk menguji sehingga membuat peserta didik merasa tertekan
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru mengkomunikasikan
informasi baru (misalnya materi tambahan) sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan
belajar peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru menyikapi kesalahan yang
dilakukan peserta didik sebagai tahapan proses pembelajaran, bukan semata‐mata kesalahan
yang harus dikoreksi. Misalnya: dengan mengetahui terlebih dahulu peserta
didik lain yang setuju atau tidak setuju dengan jawaban tersebut, sebelum memberikan
penjelasan tentang jawaban yang benar
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru melaksanakan kegiatan
pembelajaran sesuai isi kurikulum dan mengkaitkannya dengan konteks kehidupan
sehari‐hari peserta
didik
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru melakukan aktivitas
pembelajaran secara bervariasi dengan waktu yang cukup untuk kegiatan
pembelajaran yang sesuai dengan usia dan tingkat kemampuan belajar dan
mempertahankan perhatian peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru mengelola kelas dengan
efektif tanpa mendominasi atau sibuk dengan kegiatannya sendiri agar semua
waktu peserta dapat termanfaatkan secara produktif
|
0
|
1
|
2
|
8.
Guru mampu menyesuaikan
aktivitas pembelajaran yang dirancang dengan kondisi kelas
|
0
|
1
|
2
|
9.
Guru memberikan banyak
kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, mempraktekkan dan
berinteraksi dengan peserta didik lain
|
0
|
1
|
2
|
10. Guru
mengatur pelaksanaan aktivitas pembelajaran secara sistematis untuk membantu
proses belajar peserta didik. Sebagai contoh: guru menambah informasi baru setelah
mengevaluasi pemahaman peserta didik terhadap materi sebelumnya
|
0
|
1
|
2
|
11. Guru
menggunakan alat bantu mengajar, dan/atau audio visual (termasuk TIK) untuk
meningkatkan motivasi belajar peserta didik dalam mencapai tujuan
pembelajaran
|
0
|
1
|
2
|
Total skor untuk kompetensi 4
|
|||
Skor maksimum kompetensi 4 = jumlah indikator × 2
|
22
|
||
Persentase = (total skor/22) × 100%
|
|||
Nilai untuk kompetensi 4
(0% < X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;50%
< X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤ 100% = 4)
|
Penilaian
untuk Kompetensi 5: Memahami dan mengembangkan potensi
|
|||
Indikator
|
Skor
|
||
Tidak ada
bukti (Tidak terpenuhi)
|
Terpenuhi
sebagian
|
Seluruhnya
terpenuhi
|
|
1.
Guru menganalisis hasil belajar
berdasarkan segala bentuk penilaian terhadap setiap peserta didik untuk mengetahui
tingkat kemajuan masing-masing
|
0
|
1
|
2
|
2.
Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk belajar sesuai
dengan kecakapan dan pola belajar masing‐masing
|
0
|
1
|
2
|
3.
Guru merancang dan melaksanakan
aktivitas pembelajaran untuk memunculkan daya kreativitas dan kemampuan
berfikir kritis peserta didik
|
0
|
1
|
2
|
4.
Guru secara aktif membantu
peserta didik dalam proses pembelajaran dengan memberikan perhatian kepada
setiap individu
|
0
|
1
|
2
|
5.
Guru dapat mengidentifikasi
dengan benar tentang bakat, minat, potensi, dan kesulitan belajar masing‐masing peserta
didik
|
0
|
1
|
2
|
6.
Guru memberikan kesempatan
belajar kepada peserta didik sesuai dengan cara belajarnya masing‐masing
|
0
|
1
|
2
|
7.
Guru memusatkan perhatian pada interaksi
dengan peserta didik dan mendorongnya untuk memahami dan menggunakan
informasi yang disampaikan
|
0
|
1
|
2
|
Total
skor untuk kompetensi 5
|
|||
Skor
maksimum kompetensi 5 = jumlah indikator × 2
|
14
|
||
Persentase
= (total skor/14) × 100%
|
|||
Nilai
untuk kompetensi 5
(0%
< X ≤ 25% = 1; 25% < X ≤ 50% = 2;50% < X ≤ 75% = 3; 75% < X ≤
100% = 4)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar