Senin, 23 April 2012

Alternatif Strategi Pembelajaran

A. Examples - Non Examples
    (Contoh dapat diambil dari kasus atau gambar yang relevan dengan Tujuan Pembelajaran)

LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2.          Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP.
3.  Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk memperhatikan/menganalisa gambar.
4.          Melalui diskusi kelompok 2 – 3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas.
5.          Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
6.          Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
7.          Kesimpulan.

B. Picture and Picture
          LANGKAH-LANGKAH

1.          Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
2.          Menyajikan materi sebagai pengantar
3.         Guru menunjukan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan Tujuan Pembelajaran
4.         Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/ mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.          Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
6.        Dari alasan/urutan gambar tersebut guru mulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai
          7.     Kesimpulan / Rangkuman

C. Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Siswa dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor
2.          Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.          Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4.          Guru memanggil salah satu nomor, siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka.

D. Kepala Bernomor Struktur (Modifikasi Dari Numbered Heads Together)
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
2.          Penugasan diberikan kepada setiap orang siswa berdasarkan nomornya terhadap tugas yang berangkai
Misalnya.     Siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor tiganya melaporkan hasil pekerjaan siswa nomor dua dan seterusnya.
3.          Jika perlu guru bisa menyuruh kerjasama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa yang bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bias salling membantu atau mencocokan hasil kerja mereka.

E. Cooperative Script
          LANGKAH-LANGKAH
1.         Guru membagi siswa untuk berpasangan
2.         Guru membagikan wacana materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
3.         Guru atau siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang beperan sebagai pendengar.
4.         Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara pendengar :
-          Menyimak/megoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap.
-          Membantu mengingat menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
5.          Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknnya. Serta lakukan seperti di atas
6.          Kesimpulan guru
7.          Penutup.

F. Jigsaw (Model Tim Ahli)
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tiap tim
2.          Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.          Tiap orang dalam tim membaca bagian materi yang ditugaskan
4.        Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
5.        Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang subbab yang mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6.          Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7.          Guru memberi evaluasi
8.          Penutup

G. Student Teams Achievement Divisions (STAD)
          LANGKAH-LANGKAH
1.         Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.          Guru menyajikan pelajaran.
3.       Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok, anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam kelompok itu mengerti.
4.          Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu.
5.          Memberi evaluasi.
6.          Penutup.

H. Problem Based Introduction (PBI)
PBI Memusatkan pada masalah kehidupannya yang bermakna bagi siswa. Peran guru menyajikan masalah, mengajukan pertanyaan dan memfasilitasi penyelidikan dan dialog.          

          LANGKAH-LANGKAH

1.       Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan yang dipilih.
2.        Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut. (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll)
3.        Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, melaksanakan Experiment untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4.          Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
5.         Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.

I.  Artikulasi
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2.          Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
3.          Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
4.          Suruhlah seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
5.          Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman pasangannya, sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya.
6.          Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
7.          Kesimpulan/penutup

J.  Mind Mapping
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai
2.          Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya permaslahan yang mempunyai alternatif jawaban.
3.          Membentuk kelompok yang anggotanya = 3 orang.
4.          Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi.
5.          Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
6.        Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru.

K. Make a Match
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.          Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.          Tiap siswa memikirkan jawaban soal dari kartu yang dipegang
4.          Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
5.          Setiap siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
6.          Setelah satu babak kartu digosok lagi agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya.
7.          Demikian seterusnya.
8.          Kesimpulan.
9.          Penutup.
                                 Catatan : Permainan kartu ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.

L. Think Pair and Share
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyampaikan inti materi dan tujuan yang ingin di capai
2.          Siswa diminta untuk berpikir tentang materi/permaslahan yang disampaikan guru.
3.          Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok dua orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing.
4.          Guru memimpin pleno kecil diskusi tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
5.          Berawal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok permaslahan dan menambah materi yang belum diungkapkan oleh siswa
6.          Guru memberi kesimpilan
7.          Penutup.

M. Debate
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru membagi dua kelompok peserta debat yang satu pro dan yang satu kontra
2.        Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok diatas
3.          Setelah selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4.       Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide yang diharapkan guru terpenuhi.
5.          Guru menambah konsep/ide yang belum terungkap
6.         Dari data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai.

N. Role Playing
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.          Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
3.          Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya = 5 orang
4.          Memberikan penjelasan tentang tujuan yang ingin dicapai dalam KBM
5.         Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
6.        Masing-masing siswa duduk dikelompoknya masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario yang sedang diperankan.
7.          Setelah selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja untuk membahas.
8.          Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
9.          Guru memberikan kesimpulan secara umum.
10.      Evaluasi
11.      Penutup.

O. Group Investigation
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2.          Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3.          Guru memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dengan kelompok lain.
4.          Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan.
5.        Setelah selesai diskusi, lewat juru bicara ketua menyampaikan hasil pembahasan kelompok.
6.          Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan
7.          Evaluasi
8.          Penutup.

P. Talking Stick
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyiapkan sebuah tongkat
2.       Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangan/paketnya
3.        Setelah selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup bukunya.
4.          Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
5.          Guru memberi kesimpulan
6.          Evaluasi
7.          Penutup.

Q. Bertukar Pasangan
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa menunjukan pasangannya atau siswa menunjukan pasangannya)
2.          Guru meberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas dengan pasangannya
3.          Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain
4.        Kedua pasangan tersebutbertukar pasangan masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mgukuhkan jawaban mereka
5.        Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.

R. Snowball Throwing
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
2.          Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk diberikan penjelasan tentang materi
3.         Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing. Kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4.        Kemudian masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja. Untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
5.          Kemudian kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa yang lain selama + 5 detik
6.        Setelah siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
7.          Guru memberikan kesimpulan
8.          Evaluasi
9.          Penutup.

S. Student Facilitator and Explaining
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.          Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.          Memberikan kesempatan siswa peserta untuk menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang lainnya
4.          Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5.          Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
          6.     Penutup.

T. Course Review Horay
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.          Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi sesuai Tujuan Pembelajaran.
3.          Memberikan kesempatan siswa tanya jawab.
4.          Untuk menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9 / 16 / 25 sesuai kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai selera masing-masing siswa.
5.        Guru membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan kalau benar diisi tanda benar (V) dan salah diisi tanda silang (X)
6.          Siswa yang sudah mendapat tanda V vertikal atau horisontal, atau diagonal harus segera berteriak ….. horay … atau yel-yel lainnya
7.          Nilai siswa dihitung dari jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh
8.          Penutup.

U. Demonstration
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
2.          Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan.
3.          Siapkan bahan/alat yang diperlukan.
4.         Menunjuk salah seorang siswa untuk mendemonstrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
5.          Seluruh siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa.
6.          Tiap siswa/kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa yang didemonstrasikan.
          7.     Guru membuat kesimpulan.

V. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang yang secara heterogen.
2.          Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik pembelajaran.
3.        Siswa bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap wacana / kliping dan ditulis pada lembar kertas.
4.          Mempersentasikan/membacakan hasil kelompok.
5.          Guru membuat kesimpulan bersama.
6.          Penutup.

W. Inside - Outside - Circle
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Separuh kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
2.         Separuh kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam.
3.        Dua siswa yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4.        Kemudian siswa berada di lingkungan kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di lingkaran besar bergeser satu / dua langkah searah jarum jam. Sehingga masing-masing siswa mendapat pasangan baru.
5.         Sekarang giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian seterusnya.

X. Tebak Kata
     (Media : 1) Buat kartu ukuran 10 x 10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah
                       pada jawaban/istilah  pada kartu yang ingin ditebak.
                   2) Buat kartu ukuran 5 x 2 cm untuk menulis kata-kata/istilah yang mau ditebak. Kartu ini
                       nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga.)
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Jelaskan Tujuan Pembelajaran/Materi ± 45 menit.
2.          Suruhlah siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan.
3.        Seorang siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada pasangannya. Seorang siswa lainnya diberi kartu berukuran 5 x 2 cm yang isinya tidak boleh dibaca (dilipat).
4.        Sementara siswa membawa kartu 10 x 10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnnya sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10 x 10 cm. Jawaban tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempel di dahi/telingan.
5.         Apabila jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk. Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan kata-kata lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6.          Dan seterusnya.

Y. Word Square
     (Media : 1) Buatlah kotak sesuai keperluan.
                   2) Buatlah soal sesuai Tujuan Pembelajaran.)
          LANGKAH-LANGKAH
1.          Sampaikan materi sesuai Tujuan Pembelajaran.
2.          Bagikan lembar kegiatan sesuai contoh.
3.          Siswa disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban.
4.          Berikan Poin sesuai jawaban dalam kotak.
 
                                                   Contoh :
T
R
A
N
S
A
K
S
I
Y
E
N
I
O
K
N
A
U
A
N
K
U
O
B
A
R
T
E
R
M
A
N
I
R
R
S
I
D
G
I
I
T
G
N
O
N
L
S
A
I
A
L
A
A
Y
S
R
L
A
C
E
K
B
O
S
R
I
N
G
G
I
T


SOAL :

1.          Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara ..........
2.          .......... digunakan sebagi alat pembayaran yang sah.
3.          Uang .......... saat ini banyak dipalsukan.
4.          Nilai bahan pembuatan uang disebut ..........
5.          Kemampuan uang untu ditukar dengan sejumlah barang / jasa disebut nilai ..........
6.          Nilai perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut ..........
7.          Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai ..........
8.          Dorongan seseorang menyimpan uang untu keperluan jual beli disebut motif ..........
9.          Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke Bank untuk membayar sejumlah uang disebut ..........


Z. Scramble
MEDIA :
·             BUATLAH PERTANYAAN YANG SESUAI DENGAN TP.
·             BUAT JAWABAN YANG DIACAK HURUFNYA.
LANGKAH-LANGKAH :
1.          Guru menyajikan materi sesuai Tujuan Pembelajaran (TP).
2.          Membagikan lembar kerja sesuai contoh.
 

Contoh :
Susunlah Huruf-Huruf pada kolom B sehingga   
MERUPAKAN KATA Kunci (Jawaban) dari pernyataan
KOLOM  A.

                               A
                           B
1. Sebelum mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara ..........
2.      .......... digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
3. Uang .......... saat ini banyak dipalsukan.
4.   Nilai bahan pembuatan uang disebut nilai ......
5.      Kemampuan uang untuk ditukar dengan sejumlah barang / jasa disebut nilai ..........
6.      Nilai perbandingan uang dalam negeri dengan mata uanag asing disebut ..........
7.      Nilai yang tertulis pada uang disebut nilai .....
8.      Dorongan Seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli motif ..........
9.      Perintah tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di Bank untuk membayar sejumlah uang disebut ..........
TARREB      : .......... (BARTER)

GANU          : .......... (UANG)
TRASEK       : .......... (KERTAS)
KISTRINI      : .......... (INTRISIK)
LIRI                : .......... (RIIL)


SRUK             : .......... (KURS)

MINALON    : ..........
(NOMINAL)
SAKSITRAN : .......... (TRANSAKSI)

KEC            : ........... (CEK)



A.a. Take and Give
MEDIA :
1.      KARTU UKURAN ± 10 X 15 CM SEJUMLAH PESERTA. TIAP KARTU BERISI SUB MATERI (YANG BERBEDA DENGAN KARTU LAINNYA, MATERI SESUAI DENGAN TP).
CONTOH :
                                       KATA KONSEP
Penjajahan                                     UU Kop. (Stb. No. 91 Tahun 1927)
Penderitaan                                   Asas Demokrasi
Kemiskinan                                   Ekonomi Rakyat
Solidaritas                                     Alat Distribusi
Organisassi Koperasi                     Asas instruksi
R. Aria Wirya Atmadja                 UUD 1945 Pasal 33
Bank Penolong & Tabungan         UU No. 12 Tahun 1967
Koperasi Simpan Pinjam               UU No. 25 Tahun 1992
Budi Utomo                                  Soko Guru Perekonomian
Sarikat Dagang Islam                    Macet

Tugas      : a.    Buatlah sekurang-kurangnya lima kalimat menurut pendapat sendiri. 
                        Setiap kalimat harus mencakup paling sedikit 4 kata dari daftar di atas 
                       dan setiap kata dapat dipakai berulang-ulang.
      b.    Kerja Kelompok
              Diskusikanlah kalimat-kalimat anda, apabila kalimat anda sudah benar
      c.     Hasil diskusi kelompok di diskusikan kembali untuk mendapatkan kesimpulan.

     
2.      KARTU KONTROL SEJUMLAH SISWA 
CONTOH :
NAMA SISWA........................
SUB MATERI..........................
NAMA YANG DIBERI
1..................................
2..................................
3..................................
4. dst.

          LANGKAH-LANGKAH
1.      Siapkan kelas sebagaimana mestinya.
2.      Jelaskan materi sesuai Tujuan Pembelajaran ± 45 menit.
3.    Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit.
4.     Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol.
5.    Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (Take and Give).
6.    Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (misalnya, pertanyaan dari kartu orang lain).
7.      Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan.
8.      Kesimpulan.

A.b. Concept Sentence
          LANGKAH-LANGKAH
1.      Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
2.      Guru menyajikan materi secukupnya.
3.      Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
4.     Menyajikan beberapa kata "Kunci" sesuai Materi/Tujuan Pembelajaran yang disajikan.
5.      Setiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata "Kunci" disetiap kalimatnya.
6.      Hasil dari diskusi kelompok, didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru.
7.      Kesimpulan.

A.c. Complete Sentence
        Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap.
          LANGKAH-LANGKAH
1.   Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai.
2.   Menyajikan materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku/modul dengan waktu secukupnya.
3.   Bentuk kelompok 2 - 3 orang secara heterogen.
4.   Bagikan Lembar Kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap.
5.  Peserta diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
6.   Bicarakan bersama hasil diskusi kelompok.
7. Setelah jawaban benar/ yang salah diperbaiki. Tiap Peserta disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti/hapal.
8.   Kesimpulan.

A.d. Time Token
          LANGKAH-LANGKAH
1.   Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL).
2.  Tiap siswa diberi “kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik, tiap siswa diberi sejumlah .......... sesuai waktu / keadaan.
3.   Bila telah selesai bicara, kupon yang dipegang siswa diserahkan,. Setiap kali bicara, satu kupon.
4.   Siswa yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi, yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
5.   Dan seterusnya.

A.e. Pair Checks
          Apa yang dilakukan ?
1.   Bekerja Berpasangan
Bentuk tim dalam pasangan-pasangan. Satu siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal/tugas, sementara siswa lain membantu melatih.
2.   Pelatih Mengecek
Siswa yang menjadi pelatih mengecek pekerjaan partnernya. Apabila pelatih dan partnernya tidak sependapat terhadap suatu jawaban / ide, mereka boleh meminta petunjuk dari pasangan lainnya.
3.   Pelatih Memuji
Apabila partner benar, pelatih memberi pujian.
4.   Bertukar Peran
Seluruh partner bertukar peran dan mengulangi langkah 1 – 3
5.   Pasangan Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali bersama dan membandingkan jawaban.
6.   Penegasan Guru
Guru mengarahkan jawaban / ide sesuai konsep.

A.f. Keliling Kelompok
MAKSUDNYA AGAR MASING-MASING ANGGOTA KELOMPOK MENDAPAT KESEMPATAN UNTUK MEMBERIKAN KONTRIBUSI MEREKA DAN MENDENGARKAN PANDANGAN DAN PEMIKIRAN ANGGOTA LAINNYA.
          Caranya :
1.   Salah satu siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan.
2.   Siswa berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya.
3.   Demikian seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan menurut arah perputaran jarum jam atau dari kiri ke kanan.

A.g. Cari Bambu
AGAR SISWA SALING BERBAGI INFORMASI PADA SAAT YANG BERSAMAAN DENGAN PASANGAN YANG BERBEDA DALAM WAKTU SINGKAT SECARA TERATUR. STRATEGI INI COCOK UNTUK MATERI YANG MEMBUTUHKAN PERTUKARAN PENGALAMAN. PIKIRAN DAN INFORMASI ANTAR SISWA.
          Caranya :
1.   Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa terlalu banyak berdiri berjajar. Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di depan kelas. Kemungkinan lain adalah siswa berjajar disela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan memudahkan pembentukkan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2.   Separuh kelas lainnya berjajar dan menghadap jajaran yang pertama.
3.   Dua siswa yang berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi.
4.  Kemudian satu atau dua siswa yang berdiri diujung salah satu jajaran pindah keujung lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.

A.h. Two Stay - Two Stray
MEMBERI KESEMPATAN KEPADA KELOMPOK UNTUK MEMBAGIKAN HASIL DAN INFORMASI DENGAN KELOMPOK LAINNYA.
          Caranya :
1.    Siswa bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa.
2.  Setelah selesai, dua orang dan masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan masing-masing bertamu kedua kelompok yang lain.
3.   Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi mereka ke tamu mereka.
4.  Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain.
5.   Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.



Mugia Aya Manfaatna...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar