(Contoh dapat diambil dari kasus atau gambar yang relevan dengan Tujuan Pembelajaran)
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran.
2.
Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan lewat OHP.
3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar.
4.
Melalui diskusi kelompok 2 – 3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa
gambar tersebut dicatat pada kertas.
5.
Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya.
6.
Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru
mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai.
7.
Kesimpulan.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru menyampaikan tujuan yang ingin dicapai
2.
Menyajikan materi sebagai pengantar
3. Guru menunjukan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan ekonomi yang
berkaitan dengan Tujuan Pembelajaran
4. Guru menunjuk/memanggil siswa secara bergantian
memasang/ mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
5.
Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan
gambar tersebut
6. Dari alasan/urutan gambar tersebut guru mulai
menanamkan konsep/materi sesuai dengan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai
7. Kesimpulan / RangkumanC. Numbered Heads Together (Kepala Bernomor)
LANGKAH-LANGKAH
1.
Siswa dibagi dalam kelompok,
setiap siswa dalam kelompok mendapat nomor
2.
Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
3.
Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota
kelompok dapat mengerjakannya/mengetahui jawabannya.
4.
Guru memanggil salah satu nomor, siswa dengan nomor yang dipanggil
melaporkan hasil kerjasama mereka.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Siswa dibagi dalam kelompok. Setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat
nomor
2.
Penugasan diberikan kepada setiap orang siswa berdasarkan nomornya
terhadap tugas yang berangkai
Misalnya. Siswa nomor satu
bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua mengerjakan soal dan siswa nomor
tiganya melaporkan hasil pekerjaan siswa nomor dua dan seterusnya.
3.
Jika perlu guru bisa menyuruh kerjasama antar kelompok. Siswa disuruh
keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa yang bernomor sama
dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bias
salling membantu atau mencocokan hasil kerja mereka.
LANGKAH-LANGKAH
1. Guru membagi siswa untuk berpasangan
2. Guru membagikan wacana materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat
ringkasan
3. Guru atau siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara
dan siapa yang beperan sebagai pendengar.
4. Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan
ide-ide pokok dalam ringkasannya.
Sementara
pendengar :
-
Menyimak/megoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang
kurang lengkap.
-
Membantu mengingat menghapal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi
sebelumnya atau dengan materi lainnya
5.
Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan
sebaliknnya. Serta lakukan seperti di atas
6.
Kesimpulan guru
7.
Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Siswa dikelompokkan ke dalam 4 anggota tiap tim
2.
Tiap orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
3.
Tiap orang dalam tim membaca bagian materi yang ditugaskan
4. Anggota dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang
sama bertemu dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab
mereka
5. Setelah selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke
kelompok asal dan bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang subbab yang
mereka kuasai dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
6.
Tiap tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
7.
Guru memberi evaluasi
8.
Penutup
LANGKAH-LANGKAH
1. Membentuk kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran
menurut prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
2.
Guru menyajikan pelajaran.
3. Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota
kelompok, anggotanya tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota
dalam kelompok itu mengerti.
4.
Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab
kuis tidak boleh saling membantu.
5.
Memberi evaluasi.
6.
Penutup.
1. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan. Memotivasi
siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan yang dipilih.
2. Guru membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar
yang berhubungan dengan masalah tersebut. (menetapkan topik, tugas, jadwal,
dll)
3. Guru mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai,
melaksanakan Experiment untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah,
pengumpulan data, hipotesis, pemecahan masalah.
4.
Guru membantu siswa dalam merencanakan dan menyiapkan karya yang sesuai
seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya.
5. Guru membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap
penyelidikan mereka dan proses-proses yang mereka gunakan.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
2.
Guru menyajikan materi sebagaimana biasa.
3.
Untuk mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua
orang
4.
Suruhlah seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru
diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan
kecil kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya.
5.
Suruh siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya
dengan teman pasangannya, sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil
wawancaranya.
6.
Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami
siswa
7.
Kesimpulan/penutup
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai
2.
Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh
siswa/sebaiknya permaslahan yang mempunyai alternatif jawaban.
3.
Membentuk kelompok yang anggotanya = 3 orang.
4.
Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil
diskusi.
5.
Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya
dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru.
6. Dari data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru
memberi bandingan sesuai konsep yang disediakan guru.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi
beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, sebaliknya satu bagian
kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban.
2.
Setiap siswa mendapat satu buah kartu
3.
Tiap siswa memikirkan jawaban soal dari kartu yang dipegang
4.
Setiap siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan
kartunya (soal jawaban)
5.
Setiap siswa yang dapat mencocokan kartunya sebelum batas waktu diberi
poin
6.
Setelah satu babak kartu digosok lagi agar tiap siswa mendapat kartu
yang berbeda dari sebelumnya.
7.
Demikian seterusnya.
8.
Kesimpulan.
9.
Penutup.
Catatan : Permainan kartu ini bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru menyampaikan inti materi dan tujuan yang ingin di capai
2.
Siswa diminta untuk berpikir tentang materi/permaslahan yang disampaikan
guru.
3.
Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (dalam kelompok dua
orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing.
4.
Guru memimpin pleno kecil diskusi tiap kelompok mengemukakan hasil
diskusinya
5.
Berawal dari kegiatan tersebut mengarahkan pembicaraan pada pokok
permaslahan dan menambah materi yang belum diungkapkan oleh siswa
6.
Guru memberi kesimpilan
7.
Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru
membagi dua kelompok peserta debat yang satu pro dan yang satu kontra
2. Guru
memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh kedua kelompok
diatas
3.
Setelah
selesai membaca materi, guru menunjuk salah satu anggota kelompok pro untuk
berbicara saat itu ditanggapi atau dibalas oleh kelompok kontra demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa bisa mengemukakan pendapatnya.
4. Sementara siswa menyampaikan gagasannya guru
menulis inti/ide-ide dari setiap pembicaraan di papan tulis. Sampai sejumlah ide
yang diharapkan guru terpenuhi.
5.
Guru
menambah konsep/ide yang belum terungkap
6. Dari
data-data di papan tersebut, guru mengajak siswa membuat kesimpulan/rangkuman
yang mengacu pada Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru
menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
2.
Menunjuk
beberapa siswa untuk mempelajari skenario dua hari sebelum KBM
3.
Guru
membentuk kelompok siswa yang anggotanya = 5 orang
4.
Memberikan
penjelasan tentang tujuan yang ingin dicapai dalam KBM
5. Memanggil
para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah
dipersiapkan
6. Masing-masing
siswa duduk dikelompoknya masing-masing sambil memperhatikan mengamati skenario
yang sedang diperankan.
7.
Setelah
selesai dipentaskan, masing-masing siswa diberikan kertas sebagai lembar kerja
untuk membahas.
8.
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
9.
Guru memberikan kesimpulan secara umum.
10. Evaluasi
11. Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru
membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
2.
Guru
menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
3.
Guru
memanggil ketua-ketua untuk satu materi tugas sehingga satu kelompok mendapat
tugas satu materi/tugas yang berbeda dengan kelompok lain.
4.
Masing-masing
kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif berisi penemuan.
5. Setelah
selesai diskusi, lewat juru bicara ketua menyampaikan hasil pembahasan
kelompok.
6.
Guru
memberikan penjelasan singkat sekaligus memberikan kesimpulan
7.
Evaluasi
8.
Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru
menyiapkan sebuah tongkat
2. Guru
menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan
kepada siswa untuk membaca dan mempelajari materi pada pegangan/paketnya
3. Setelah
selesai membaca buku dan mempelajarinya mempersilahkan siswa untuk menutup
bukunya.
4.
Guru
mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, setelah itu guru memberikan
pertanyaan dan siswa yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian
seterusnya sampai sebagian besar siswa mendapat bagian untuk menjawab setiap
pertanyaan dari guru
5.
Guru memberi kesimpulan
6.
Evaluasi
7.
Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Setiap siswa mendapat satu pasangan (guru biasa
menunjukan pasangannya atau siswa menunjukan pasangannya)
2.
Guru meberikan tugas dan siswa mengerjakan tugas
dengan pasangannya
3.
Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan
satu pasangan yang lain
4. Kedua pasangan tersebutbertukar pasangan
masing-masing pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mgukuhkan jawaban
mereka
5. Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan
kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru
menyampaikan materi yang akan disajikan
2.
Guru
membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk
diberikan penjelasan tentang materi
3. Masing-masing
ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing. Kemudian menjelaskan
materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
4. Kemudian
masing-masing siswa diberikan satu lembar kerja. Untuk menuliskan satu
pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua
kelompok
5.
Kemudian
kertas tersebut dibuat seperti bola dan dilemparkan dari satu siswa ke siswa
yang lain selama + 5 detik
6. Setelah
siswa dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada siswa untuk
menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara
bergantian
7.
Guru
memberikan kesimpulan
8.
Evaluasi
9.
Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
2.
Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
3.
Memberikan kesempatan siswa peserta untuk
menjelaskan kepada peserta lainnya baik melalui bagan/peta konsep maupun yang
lainnya
4.
Guru menyimpulkan ide/pendapat dari siswa
5.
Guru
menerangkan semua materi yang disajikan saat itu
6. Penutup.T. Course Review Horay
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
2.
Guru
mendemonstrasikan/menyajikan materi sesuai Tujuan Pembelajaran.
3.
Memberikan
kesempatan siswa tanya jawab.
4.
Untuk
menguji pemahaman, siswa disuruh membuat kotak 9 / 16 / 25 sesuai kebutuhan dan
tiap kotak diisi angka sesuai selera masing-masing siswa.
5. Guru
membaca soal secara acak dan siswa menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya
disebutkan guru dan langsung didiskusikan kalau benar diisi tanda benar (V) dan
salah diisi tanda silang (X)
6.
Siswa yang
sudah mendapat tanda V vertikal atau horisontal, atau diagonal harus segera
berteriak ….. horay … atau yel-yel lainnya
7.
Nilai
siswa dihitung dari jawaban benar dan jumlah horay yang diperoleh
8.
Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Guru
menyampaikan Tujuan Pembelajaran.
2.
Guru
menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan.
3.
Siapkan
bahan/alat yang diperlukan.
4. Menunjuk
salah seorang siswa untuk mendemonstrasikan sesuai skenario yang telah
disiapkan.
5.
Seluruh
siswa memperhatikan demonstrasi dan menganalisa.
6.
Tiap
siswa/kelompok mengemukakan hasil analisanya dan juga pengalaman siswa yang
didemonstrasikan.
7. Guru membuat kesimpulan.V. Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC)
LANGKAH-LANGKAH
1.
Membentuk
kelompok yang anggotanya ± 4 orang yang secara heterogen.
2.
Guru memberikan wacana/kliping sesuai dengan topik
pembelajaran.
3. Siswa
bekerjasama saling membacakan dan menemukan ide pokok dan memberi tanggapan
terhadap wacana / kliping dan ditulis pada lembar kertas.
4.
Mempersentasikan/membacakan
hasil kelompok.
5.
Guru
membuat kesimpulan bersama.
6.
Penutup.
LANGKAH-LANGKAH
1.
Separuh
kelas berdiri membentuk lingkaran kecil dan menghadap keluar.
2. Separuh
kelas lainnya membentuk lingkaran di luar lingkaran pertama menghadap ke dalam.
3. Dua siswa
yang berpasangan dari lingkaran kecil dan besar berbagi informasi. Pertukaran
informasi ini bisa dilakukan oleh semua pasangan dalam waktu yang bersamaan.
4. Kemudian
siswa berada di lingkungan kecil diam di tempat, sementara siswa yang berada di
lingkaran besar bergeser satu / dua langkah searah jarum jam. Sehingga
masing-masing siswa mendapat pasangan baru.
5. Sekarang
giliran siswa berada di lingkaran besar yang membagi informasi. Demikian
seterusnya.
(Media : 1) Buat kartu ukuran 10 x 10 cm dan isilah ciri-ciri atau kata-kata lainnya yang mengarah
pada jawaban/istilah pada kartu yang ingin ditebak.
2) Buat kartu ukuran 5 x 2 cm untuk menulis kata-kata/istilah yang mau ditebak. Kartu ini
nanti dilipat dan ditempel pada dahi atau diselipkan di telinga.)
LANGKAH-LANGKAH
1.
Jelaskan
Tujuan Pembelajaran/Materi ± 45 menit.
2.
Suruhlah
siswa berdiri didepan kelas dan berpasangan.
3. Seorang
siswa diberi kartu yang berukuran 10 x 10 cm yang nanti dibacakan pada
pasangannya. Seorang siswa lainnya diberi kartu berukuran 5 x 2 cm yang isinya
tidak boleh dibaca (dilipat).
4. Sementara
siswa membawa kartu 10 x 10 cm membacakan kata-kata yang tertulis didalamnnya
sementara pasangannya menebak apa yang dimaksud dalam kartu 10 x 10 cm. Jawaban
tepat bila sesuai dengan isi kartu yang ditempel di dahi/telingan.
5. Apabila
jawabannya tepat (sesuai yang tertulis di kartu) maka pasangan itu boleh duduk.
Bila belum tepat pada waktu yang telah ditetapkan boleh mengarahkan kata-kata
lain asal jangan langsung memberi jawabannya.
6.
Dan
seterusnya.
(Media : 1) Buatlah kotak sesuai keperluan.
2) Buatlah soal sesuai Tujuan Pembelajaran.)
LANGKAH-LANGKAH
1.
Sampaikan
materi sesuai Tujuan Pembelajaran.
2.
Bagikan
lembar kegiatan sesuai contoh.
3.
Siswa
disuruh menjawab soal kemudian mengarsir huruf dalam kotak sesuai jawaban.
4.
Berikan Poin sesuai jawaban dalam kotak.
Contoh :
T
R
A
N
S
A
K
S
I
|
Y
|
E
|
N
|
I
|
O
|
K
|
N
|
A
|
U
|
A
|
N
|
K
|
U
|
O
|
|
B
|
A
|
R
|
T
|
E
|
R
|
M
|
|
A
|
N
|
I
|
R
|
R
|
S
|
I
|
|
D
|
G
|
I
|
I
|
T
|
G
|
N
|
|
O
|
N
|
L
|
S
|
A
|
I
|
A
|
|
L
|
A
|
A
|
Y
|
S
|
R
|
L
|
|
A
|
C
|
E
|
K
|
B
|
O
|
S
|
|
R
|
I
|
N
|
G
|
G
|
I
|
T
|
SOAL :
1.
Sebelum
mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara ..........
2.
.......... digunakan sebagi alat pembayaran yang sah.
3.
Uang
.......... saat ini banyak dipalsukan.
4.
Nilai
bahan pembuatan uang disebut ..........
5.
Kemampuan
uang untu ditukar dengan sejumlah barang / jasa disebut nilai ..........
6.
Nilai
perbandingan uang dalam negara dengan mata uang asing disebut ..........
7.
Nilai yang
tertulis pada uang disebut nilai ..........
8.
Dorongan
seseorang menyimpan uang untu keperluan jual beli disebut motif ..........
9.
Perintah
tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening ke Bank untuk membayar sejumlah
uang disebut ..........
MEDIA :
·
BUATLAH
PERTANYAAN YANG SESUAI DENGAN TP.
·
BUAT
JAWABAN YANG DIACAK HURUFNYA.
LANGKAH-LANGKAH :
1.
Guru menyajikan materi sesuai Tujuan Pembelajaran (TP).
2.
Membagikan lembar kerja sesuai contoh.
Contoh :
Susunlah Huruf-Huruf pada
kolom B sehingga
MERUPAKAN KATA Kunci (Jawaban) dari pernyataan
KOLOM A.
A
|
B
|
1. Sebelum
mengenal uang orang melakukan pertukaran dengan cara ..........
2.
..........
digunakan sebagai alat pembayaran yang sah.
3. Uang
.......... saat ini banyak dipalsukan.
4. Nilai
bahan pembuatan uang disebut nilai ......
5.
Kemampuan
uang untuk ditukar dengan sejumlah barang / jasa disebut nilai ..........
6.
Nilai perbandingan
uang dalam negeri dengan mata uanag asing disebut ..........
7.
Nilai
yang tertulis pada uang disebut nilai .....
8.
Dorongan
Seseorang menyimpan uang untuk keperluan jual beli motif ..........
9.
Perintah
tertulis dari seseorang yang mempunyai rekening di Bank untuk membayar
sejumlah uang disebut ..........
|
TARREB : .......... (BARTER)
GANU : .......... (UANG)
TRASEK : .......... (KERTAS)
KISTRINI : .......... (INTRISIK)
LIRI : .......... (RIIL)
SRUK : .......... (KURS)
MINALON : ..........
(NOMINAL)
SAKSITRAN : .......... (TRANSAKSI)
KEC
: ........... (CEK)
|
A.a. Take and Give
MEDIA :
1.
KARTU
UKURAN ± 10 X 15 CM SEJUMLAH PESERTA. TIAP KARTU BERISI SUB MATERI (YANG
BERBEDA DENGAN KARTU LAINNYA, MATERI SESUAI DENGAN TP).
CONTOH :
KATA KONSEP
Penjajahan UU Kop.
(Stb. No. 91 Tahun 1927)
Penderitaan Asas
Demokrasi
Kemiskinan Ekonomi
Rakyat
Solidaritas Alat
Distribusi
Organisassi Koperasi Asas instruksi
R. Aria
Wirya Atmadja UUD 1945
Pasal 33
Bank
Penolong & Tabungan UU No. 12
Tahun 1967
Koperasi
Simpan Pinjam UU No. 25
Tahun 1992
Budi Utomo Soko Guru
Perekonomian
Sarikat
Dagang Islam Macet
Tugas : a. Buatlah sekurang-kurangnya lima kalimat
menurut pendapat sendiri.
Setiap kalimat harus mencakup paling sedikit 4 kata
dari daftar di atas
dan setiap kata dapat dipakai berulang-ulang.
b. Kerja Kelompok
Diskusikanlah kalimat-kalimat anda, apabila kalimat anda sudah benar
c. Hasil diskusi kelompok di diskusikan kembali untuk mendapatkan kesimpulan.
2.
KARTU KONTROL SEJUMLAH SISWA
CONTOH :
NAMA SISWA........................
SUB MATERI..........................
NAMA YANG DIBERI
1..................................
2..................................
3..................................
4. dst.
1.
Siapkan kelas sebagaimana mestinya.
2.
Jelaskan materi sesuai Tujuan Pembelajaran ± 45 menit.
3. Untuk memantapkan penguasaan peserta, tiap siswa diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari (dihapal) lebih kurang 5 menit.
4. Semua siswa disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing-masing. Tiap siswa harus mencatat nama pasangannya pada kartu kontrol.
5. Demikian seterusnya sampai tiap peserta dapat saling memberi dan menerima materi masing-masing (Take and Give).
6. Untuk mengevaluasi keberhasilan, berikan siswa pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (misalnya, pertanyaan dari kartu orang lain).
7. Strategi ini dapat dimodifikasi sesuai keadaan.
8. Kesimpulan.
LANGKAH-LANGKAH
1. Guru menyampaikan
Tujuan Pembelajaran.
2.
Guru menyajikan materi secukupnya.
3. Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
4. Menyajikan beberapa kata "Kunci" sesuai Materi/Tujuan Pembelajaran yang disajikan.
5.
Setiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata "Kunci" disetiap kalimatnya.
6.
Hasil dari diskusi kelompok, didiskusikan lagi secara pleno yang dipandu guru.
7.
Kesimpulan.
Media : Siapkan blangko isian berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap.
1. Guru menyampaikan Tujuan Pembelajaran yang ingin dicapai.
2. Menyajikan materi secukupnya atau peserta disuruh membacakan buku/modul dengan waktu secukupnya.
3. Bentuk kelompok 2 - 3 orang secara heterogen.
4. Bagikan Lembar Kerja berupa paragraf yang kalimatnya belum lengkap.
5. Peserta
diharap berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia.
6. Bicarakan
bersama hasil diskusi kelompok.
7. Setelah
jawaban benar/ yang salah diperbaiki. Tiap Peserta disuruh membaca berulang-ulang sampai mengerti/hapal.
8. Kesimpulan.
LANGKAH-LANGKAH
1. Kondisikan
kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL).
2. Tiap siswa
diberi “kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik, tiap siswa diberi sejumlah
.......... sesuai waktu / keadaan.
3. Bila telah
selesai bicara, kupon yang dipegang siswa diserahkan,. Setiap kali bicara, satu
kupon.
4. Siswa yang
telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi, yang masih pegang kupon harus
bicara sampai kuponnya habis.
5. Dan
seterusnya.
Apa yang dilakukan ?
1. Bekerja
Berpasangan
Bentuk tim dalam
pasangan-pasangan. Satu siswa dalam pasangan itu mengerjakan soal/tugas,
sementara siswa lain membantu melatih.
2. Pelatih
Mengecek
Siswa yang menjadi pelatih
mengecek pekerjaan partnernya. Apabila pelatih dan partnernya tidak sependapat
terhadap suatu jawaban / ide, mereka boleh meminta petunjuk dari pasangan
lainnya.
3. Pelatih
Memuji
Apabila partner benar, pelatih
memberi pujian.
4. Bertukar Peran
Seluruh partner bertukar peran dan
mengulangi langkah 1 – 3
5. Pasangan Mengecek
Seluruh pasangan tim kembali
bersama dan membandingkan jawaban.
6. Penegasan Guru
Guru mengarahkan jawaban / ide
sesuai konsep.
MAKSUDNYA AGAR MASING-MASING ANGGOTA KELOMPOK MENDAPAT
KESEMPATAN UNTUK MEMBERIKAN KONTRIBUSI MEREKA DAN MENDENGARKAN PANDANGAN DAN
PEMIKIRAN ANGGOTA LAINNYA.
Caranya :
1. Salah satu
siswa dalam masing-masing kelompok menilai dengan memberikan pandangan dan
pemikirannya mengenai tugas yang sedang mereka kerjakan.
2. Siswa
berikutnya juga ikut memberikan kontribusinya.
3. Demikian
seterusnya giliran bicara bisa dilaksanakan menurut arah perputaran jarum jam
atau dari kiri ke kanan.
AGAR SISWA SALING BERBAGI INFORMASI PADA SAAT YANG
BERSAMAAN DENGAN PASANGAN YANG BERBEDA DALAM WAKTU SINGKAT SECARA TERATUR.
STRATEGI INI COCOK UNTUK MATERI YANG MEMBUTUHKAN PERTUKARAN PENGALAMAN. PIKIRAN
DAN INFORMASI ANTAR SISWA.
Caranya :
1. Separuh kelas atau seperempat jika jumlah siswa
terlalu banyak berdiri berjajar. Jika ada cukup ruang mereka bisa berjajar di
depan kelas. Kemungkinan lain
adalah siswa berjajar disela-sela deretan bangku. Cara yang kedua ini akan
memudahkan pembentukkan kelompok karena diperlukan waktu relatif singkat.
2. Separuh kelas lainnya
berjajar dan menghadap jajaran yang pertama.
3. Dua siswa yang
berpasangan dari kedua jajaran berbagi informasi.
4. Kemudian
satu atau dua siswa yang berdiri diujung salah satu jajaran pindah keujung
lainnya di jajarannya. Jajaran ini kemudian bergeser. Dengan cara ini
masing-masing siswa mendapat pasangan yang baru untuk berbagi. Pergeseran bisa
dilakukan terus sesuai dengan kebutuhan.
MEMBERI KESEMPATAN KEPADA KELOMPOK UNTUK MEMBAGIKAN
HASIL DAN INFORMASI DENGAN KELOMPOK LAINNYA.
Caranya :
1. Siswa
bekerja sama dalam kelompok berempat seperti biasa.
2. Setelah
selesai, dua orang dan masing-masing kelompok akan meninggalkan kelompoknya dan
masing-masing bertamu kedua kelompok yang lain.
3. Dua orang
yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi
mereka ke tamu mereka.
4. Tamu mohon
diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari
kelompok lain.
5. Kelompok
mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka.
Mugia Aya Manfaatna...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar