Format
1 : Hasil Evaluasi Diri Terhadap Kompetensi Guru,
Untuk Perencanaan Kegiatan
PKB.
Nama
Sekolah :
|
Nomor
Standar Sekolah :
|
|
Kecamatan
:
|
Kabupaten/Kota
:
|
Provinsi
:
|
Nama
Guru :
|
Tahun
Ajaran :
|
|
Nama
Koordinator PKB :
|
Tanggal
:
|
|
1.
Usaha yang saya lakukan untuk
mengembangkan kompetensi saya selama 1 tahun terakhir :
a.
Pengembangan Diri
b.
Pengembangan Karya Ilmiah
c.
Pengembangan Karya Inovatif
|
||
2.
Hasil/Dampak dari usaha
tersebut
|
||
3.
Keberhasilan saya dalam
melaksanakan tugas saya selama 1 tahun terakhir (ditinjau dari Siswa dan Guru
sendiri)
|
||
4.
Kendala yang saya hadapi dalam
melaksanakan tugas saya selama 1 tahun terakhir (berkaitan dengan penguasaan
kompetensi)
|
||
5.
Pengembangan kompetensi yang
masih saya butuhkan dan rencanakan 1 tahun y.a.d. (dilakukan sendiri dan/atau
dilakukan dengan orang lain di sekolah dan/atau KKG/MGMP, dsb)
|
*
gunakan format suplemen yang tersedia.
|
|
6.
Bantuan lain yang saya perlukan
untuk mengatasi kendala tersebut
|
||
Tanda
Tangan Guru
|
Tanda
Tangan Koordinator PKB
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
Format Suplemen
Nama
Guru : …………………………
Koordinator
PKB : …………………………
No.
|
Kompetensi
(a)
|
Nilai
|
Kebutuhan PKB
(d)
|
Persetujuan Kepala Sekolah
(e)
|
Penilaian
Kemajuan
(f)
|
Nilai Sumatif
(g)
|
||||
Formatif
(b)
|
Target
(c)
|
Pengembangan
Diri
|
Karya
Ilmiah
|
Karya
Inovatif
|
1
|
2
|
||||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
||||||||||
6
|
||||||||||
7
|
||||||||||
8
|
||||||||||
9
|
||||||||||
10
|
||||||||||
11
|
||||||||||
12
|
||||||||||
13
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
Format
2 : Rencana Final Kegiatan PKB tingkat sekolah (diisi oleh Koordinator PKB
tingkat sekolah)
Nama
Sekolah :
|
Nomor
Standar Sekolah :
|
|||||||||||||||||||||
Kecamatan
:
|
Kabupaten/Kota
:
|
Provinsi
:
|
||||||||||||||||||||
Tahun
Ajaran :
|
Tanggal
:
|
|||||||||||||||||||||
Nama
Guru :
|
Nama
Koordinator PKB :
|
(1)
Rencana
Kegiatan PKB
|
(2)
Kebutuhan
yang belum dapat dipenuhi (diajukan/dikoordinasikan oleh Dinas Pendidikan
untuk dipertimbangkan)
|
|||||||||||||||||||
(1.a)
Dilakukan
oleh Guru sendiri
|
(1.b)
Dilakukan
dengan Guru lain di sekolah yang sama
|
(1.c)
Dilakukan
oleh sekolah
|
(1.d)
Dilakukan
di KKG/MGMP
|
(1.e)
Dilakukan
oleh pihak di luar sekolah/KKG/MGMP
|
||||||||||||||||||
(1.e.1)
kegiatan
|
(1.e.2)
pelaksanaan
|
|||||||||||||||||||||
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
PD
|
KL
|
KN
|
||
1
|
||||||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||||||
6
|
||||||||||||||||||||||
7
|
||||||||||||||||||||||
Nama
dan Tandatangan Kepala Sekolah
|
Nama
dan Tandatangan Ketua Komite Sekolah
|
Nama
dan Tandatangan Koordinator PKB tingkat sekolah
|
Catatan
:
PD
= Pengembangan Diri (diarahkan ke pengembangan kompetensi);
KL
= Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan menghasilkan Karya Ilmiah;
KN
= Pengembangan Pengetahuan dan Keterampilan menghasilkan Karya Inovatif.
Format
3 : Format Refleksi Guru (diisi bersama oleh Guru dan Koordinator PKB/ sesudah
pelaksanaan PKB)
Nama
Sekolah :
|
Nomor
Standar Sekolah :
|
|
Kecamatan
:
|
Kabupaten/Kota
:
|
Provinsi
:
|
Nama
Guru :
|
Tahun
Ajaran :
|
|
Nama
Koordinator PKB :
|
Tanggal
:
|
|
Bagian
A : Diisi Oleh Koordinator PKB
|
||
1.
Apakah kegiatan yang dilakukan
adalah sesuai dengan rencana kegiatan PKB ?
kalau tidak, apa sebabnya ?
|
||
2.
Portofolio kegiatan PKB
ada/tidak, lengkap/tidak ?
|
||
3.
Apakah guru sudah berusaha
semaksimal mungkin untuk mengembangkan diri selama 1 tahun terakhir ?
|
||
4.
PKB yang masih dibutuhkan
menurut guru dan/atau berdasarkan data dari sumber lain
|
||
Bagian
B : Diisi Bersama Oleh Guru dan Koordinator PKB
|
||
1.
Dampak positif kegiatan PKB
terhadap kompetensi Guru
|
||
2.
Dampak positif kegiatan PKB
terhadap peningkatan kemampuan guru untuk menghasilkan karya ilmiah dan karya
inovatif
|
||
3.
Dampak kegiatan PKB terhadap
peningkatan kinerja guru
|
||
4.
Dampak kegiatan PKB terhadap
peningkatan kinerja sekolah
|
||
5.
Kegiatan PKB dapat menunjang
peningkatan kualitas siswa
|
||
Bagian
C : Diisi Oleh Koordinator PKB
|
||
1.
Apakah guru sudah siap untuk
mengajukan permohonan untuk kenaikan pangkat ?
Sudah/Belum
|
||
2.
Penjelasan terhadap jawaban C.1
|
||
Tanda
tangan Guru :
|
Tanda
tangan Koordinator PKB :
|
Mengetahui
:
Kepala
Sekolah,
Format
4 : Deskripsi Diri sehubungan dengan Kegiatan PKB (Pengembangan Diri)
Nama
Sekolah :
|
Nomor
Standar Sekolah :
|
|
Kecamatan
:
|
Kabupaten/Kota
:
|
Provinsi
:
|
Nama
Guru :
|
Tahun
Ajaran :
|
|
Nama
Koordinator PKB :
|
Tanggal
:
|
|
1.
Kegiatan Pengembangan Diri yang
dilakukan selama 1 tahun terakhir dalam upaya pengembangan kompetensi guru
|
1)
Kegiatan ……………………..
Lama Kegiatan ………………
Tempat Kegiatan ……………
Tujuan Kegiatan …………….
Strategi Pelaksanaannya …….
Cakupan materi esensial dari kegiatan
pengembangan diri tersebut ……………
·
………………
·
………………
·
………………
2)
Kegiatan ……………………..
Lama Kegiatan ………………
Tempat Kegiatan ……………
Tujuan Kegiatan …………….
Strategi Pelaksanaannya …….
Cakupan materi esensial dari kegiatan
pengembangan diri tersebut ……………
·
………………
·
………………
·
………………
3)
Kegiatan ……………………..
Lama Kegiatan ………………
Tempat Kegiatan ……………
Tujuan Kegiatan …………….
Strategi Pelaksanaannya …….
Cakupan materi esensial dari kegiatan
pengembangan diri tersebut ……………
·
………………
·
………………
·
………………
|
|
2.
Secara umum, kesesuaian materi
berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut terhadap mata pelajaran yang
diampu
(jelaskan alasannya)
|
…………………………………….
…………………………………….
…………………………………….
|
|
3.
Secara keseluruhan, manfaat
kegiatan pengembangan diri tersebut bagi :
|
Diri
Guru :
………………………………………..
………………………………………..
|
|
Peserta
Didik :
…………………………………………
…………………………………………
|
||
Sekolah
:
…………………………………………
…………………………………………
|
||
4.
Dampak dari kegiatan
pengembangan diri tersebut terhadap :
|
Diri
Guru :
………………………………………..
………………………………………..
|
|
Peserta
Didik :
…………………………………………
…………………………………………
|
||
Sekolah
:
…………………………………………
…………………………………………
|
||
5.
Secara umum, permasalahan yang
dihadapi dalam mengimplementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri
tersebut
|
…………………………………………
…………………………………………
………………………………………….
|
|
6.
Upaya yang dilakukan untuk
mengatasi permasalahan tersebut
|
…………………………………………
…………………………………………
………………………………………….
|
|
7.
Upaya yang dilakukan untuk
mensosialisasikan/mendiseminasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri
kepada teman sejawat di dalam dan/atau di luar sekolah
|
…………………………………………
…………………………………………
………………………………………….
…………………………………………
|
|
8.
Jelaskan kegiatan atau upaya
lain yang tidak termasuk unsur kegiatan pengembangan diri tetapi mendukung
peningkatan kompetensi guru atau membantu memperlancar upaya peningkatan
kualitas pembelajaran di sekolah
|
…………………………………………
…………………………………………
………………………………………….
…………………………………………
…………………………………………
|
|
Tanda
tangan Guru :
|
Mengetahui :
Koordinator PKB,
Kepala Sekolah,
_________________
_________________
Petunjuk Pengisian
1.
Isilah semua informasi yang
dibutuhkan sesuai dengan benar.
2.
Format 1 merupakan instrumen
evaluasi diri, terhadap penguasaan kompetensi Anda saat ini berdasarkan
pengalaman Anda tahun lalu :
a. Isilah kolom pertanyaan nomor 1
dengan usaha yang telah Anda lakukan untuk mengembangkan kompetensi Anda,
misalnya : Pengembangan Diri melalui Diklat Peningkatan Kompetensi Mata
Pelajaran; atau Pengembangan Karya Ilmiah melalui Penelitian Tindakan Kelas;
atau Pengembangan Karya Inovatif dengan Membuat Model Alat Peraga Pembelajaran,
dsb.
b. Isilah kolom pertanyaan nomor 2
dengan hasil/dampak kegiatan pengembangan yang telah dilakukan terhadap proses
pembelajaran yang Anda lakukan.
c. Isilah kolom pertanyaan nomor 3
dengan keberhasilan yang Anda capai selama 1 tahun terakhir, ditinjau dari
kepentingan/kemajuan siswa dan kepentingan/kemajuan Anda.
d.
Isilah kolom pertanyaan nomor 4
dengan kesulitan yang Anda alami selama 1 tahun terakhir dalam proses
pembelajaran.
e.
Isilah kolom pertanyaan nomor 5
pada format suplemen yang tersedia dengan jenis pengembangan kompetensi yang
Anda butuhkan untuk meningkatkan kemampuan/penguasaan kompetensi Anda dalam
tahun yang akan datang. Lakukan pengisian pada nomor 5 ini setelah Anda
mengikuti penilaian kinerja formatif.
f.
Isilah kolom pertanyaan nomor 6
dengan bantuan atau pendukung, baik dari rekan kerja atau pihak lain di luar
sekolah (misalnya : konselor/psikolog) yang Anda rasa dapat membantu Anda
mengatasi masalah Anda dalam mengembangkan kompetensi.
3.
Format Suplemen
a.
Kolom a diisikan dengan
kompetensi sesuai penilaian kinerja (14 kompetensi).
b.
Kolom b diisikan dengan nilai
formatif dari PK Guru.
c.
Kolom c diisikan dengan nilai
yang ditargetkan setelah mengikuti kegiatan PKB.
d. Kolom d diisikan dengan kegiatan
dibutuhkan guru untuk setiap komponen PKB dalam rangka peningkatan kompetensi
yang terkait.
e.
Kolom e diisikan dengan paraf
kepala sekolah sebagai tanda persetujuan untuk kegiatan PKB tertentu yang akan
diikuti guru.
f.
Kolom f diisikan dengan penilaian
kemajuan, khususnya bagi guru yang mengikuti program PKB untuk mencapai standar
kompetensi profesi (hasil PK Guru-nya di bawah standar).
g.
Kolom g diisikan dengan nilai
sumatif hasil PK Guru.
4.
Format 2 merupakan format
rekapitulasi terhadap Kegiatan PKB tingkat sekolah yang diisi oleh Koordinator
PKB sekolah :
a.
Tuliskan semua guru yang menjadi
tanggung jawab seorang Koordinator PKB sekolah pada kolom yang tersedia.
b.
Tuliskan semua Koordinator PKB
sesuai dengan nama guru yang dikoordinasikannya pada kolom yang tersedia.
c.
Berikan tanda centang (checklist/
√ ) pada kolom kegiatan PKB : Pengembangan Diri; Karya Ilmiah; maupun Karya
inovasi yang direncanakan dan akan dilaksanakan secara individu dan/atau
kelompok, baik di dalam maupun di luar sekolah.
5.
Format 3 merupakan format
refleksi guru setelah mengikuti Kegiatan PKB :
a. Bagian A diisi oleh Koordinator
PKB sesuai program; bukti fisik/portofolio individu guru yang mengikuti PKB;
dan hasil pengamatan Koordinator PKB terhadap kebutuhan PKB.
b. Bagian B diisi oleh Guru yang
dinilai bersama Koordinator PKB berkaitan dengan dampak/hasil pelaksanaan
peningkatan kompetensi yang telah dilakukan oleh guru.
6.
Format 4 merupakan format
deskripsi diri guru sehubungan dengan kegiatan pengembangan diri yang
diikutinya selama 1 tahun terakhir. Format ini diisi dan ditandatangani oleh
guru :
a.
Butir 1 diisi dengan berbagai
kegiatan pengembangan diri yang diikuti guru selama 1 tahun terakhir. Untuk
masing-masing kegiatan harus dilengkapi dengan informasi sebagai berikut :
·
Lama Kegiatan …… (diisi dengan
lama pelaksanaan kegiatan yang diikuti)
·
Tempat Kegiatan …. (diisi
dengan tempat pelaksanaan kegiatan yang diikuti)
·
Tujuan Kegiatan ….. (diisi
dengan tujuan kegiatan yang diikuti)
·
Strategi Pelaksanaannya …. (diisi
dengan strategi bagaimana kegiatan ini dilaksanakan; apakah secara mandiri atau
kelompok; di sekolah atau di luar sekolah / KKG-MGMP; dengan bantuan kepakaran
lain, misalnya : dari universitas/P4TK/penyedia jasa pelatihan/layanan lainnya).
·
Cakupan materi esensial dari
kegiatan pengembangan diri tersebut … (diisi dengan materi esensial apa saja
yang diberikan dalam kegiatan yang diikuti).
b.
Butir 2 diisi dengan pendapat
guru tentang kesesuaian materi dari berbagai kegiatan pengembangan diri
tersebut terhadap mata pelajaran yang diampu, dan apa alasannya.
c. Butir 3 diisi dengan pendapat
guru dan/atau sekolah tentang manfaat dari berbagai kegiatan pengembangan diri
yang diikuti, baik bagi dirinya; peserta didik; maupun bagi sekolah secara
keseluruhan.
d. Butir 4 diisi dengan pendapat
guru dan/atau sekolah tentang dampak dari berbagai kegiatan pengembangan diri
yang diikuti : terhadap dirinya; peserta didik; maupun bagi sekolah secara
keseluruhan.
e. Butir 5 diisi dengan pendapat
guru tentang permasalahan yang dihadapinya dalam meng-implementasikan hasil
berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
f.
Butir 6 diisi dengan pendapat
guru tentang upaya yang dilakukannya untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi
dalam mengimplementasikan hasil berbagai kegiatan pengembangan diri tersebut.
g.
Butir 7 diisi dengan pendapat
guru tentang upaya yang dilakukannya untuk mensosialisasikan hasil berbagai
kegiatan pengembangan diri tersebut kepada teman sejawat di dalam dan/atau di
luar sekolah.
h.
Butir 8 diisi dengan informasi
tentang kegiatan atau upaya lain yang diikuti atau dilakukan guru, tetapi
kegiatan lain tersebut mendukung peningkatan kompetensi guru atau membantu
memperlancar upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah.
Mugia aya manfaatna.
Format Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
BalasHapusDOWNLOADNYA GIMANA
Format Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
BalasHapusDOWNLOADNYA GIMANA
pak bisa kirimi ke email saya file.nya? trims
BalasHapusgmana downloadnya ya
BalasHapusBapak boleh dong dikirimi filenya ke email saya. Untuk acuan saya membuat PKB. Terima kasih🙏
BalasHapusPak boleh mintk filenya 🙏
BalasHapuspak boleh minta file nya
BalasHapusboleh minta file nya pak? email sya: nhoerpamatuespriyati@gmail.com
BalasHapus