Alokasi Waktu
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas IX
Kurikulum Nasional 2013
Semester
|
Tema/Sub-Tema/Sub-sub
Tema
|
Alokasi Waktu
|
|
Pertemuan
|
Jam Pelajaran
|
||
1
|
Tema I:
Potensi dan Upaya Indonesia Menjadi Negara
Maju
A. Potensi Lokasi dan Upaya Pemanfaatannya
B. Potensi Sumber Daya Alam Indonesia dan Pemanfaatannya
1. Hutan
2. Minyak Bumi
3. Batu Bara
4. Gas Alam
5. Sumber Daya Laut
C. Potensi Sumber Daya Manusia
1. Jumlah Penduduk
dan Tenaga Kerja
2. Kualitas Sumber
Daya Manusia Indonesia
D. Potensi Budaya Indonesia dan Pemanfaatannya
1. Bahasa
2. Rumah Adat
3. Tarian dan Pertunjukan Rakyat
4. Pakaian Adat dan Senjata
Tradisional
E. Kondisi Sarana dan Prasarana Transportasi di Indonesia
F. Karakteristik Negara Maju dan Upaya
Indonesia Menjadi Negara Maju di Dunia
1. Karakteristik Negara Maju
2. Upaya Indonesia Menjadi Negara Maju
G. Contoh Negara Maju di Dunia
1. Jepang
2. Amerika Serikat
3. Inggris
4. Jerman
|
20 pertemuan
|
40 JP
|
Tema II:
Perkembangan Masyarakat Indonesia Menuju
Negara Maju
A. Perkembangan Kependudukan
1. Laju Pertumbuhan
Penduduk Indonesia Sejak Kemerdekaan
2.
Dampak Pertumbuhan Penduduk
3.
Upaya Indonesia untuk Mengendalikan Laju
Pertumbuhan Penduduk
4.
Mobilitas Penduduk di Indonesia
B. Perkembangan Politik
1.
Perkembangan Politik pada Awal Kemerdekaan
2.
Perkembangan Politik pada Masa Demokrasi Liberal
dan Demokrasi Terpimpin
3.
Perkembangan Politik pada Masa Orde Baru
4.
Perkembangan Politik pada masa Reformasi
C. Perkembangan Ekonomi
1. Perkembangan Ekonomi
pada Awal Kemerdekaan
2. Perkembangan Ekonomi
pada Masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
3. Perkembangan Ekonomi
pada Masa Orde Baru
4. Perkembangan Ekonomi
pada Masa Reformasi
D. Perkembangan Pendidikan
1.
Perkembangan Pendidikan pada Awal Kemerdekaan
2. Perkembangan Pendidikan
pada Masa Demokrasi Liberal
3. Perkembangan Pendidikan
pada Masa Demokrasi Terpimpin
4. Perkembangan
Pendidikan pada Masa Orde Baru
5. Perkembangan
Pendidikan pada Masa Reformasi
E. Perkembangan Budaya
|
18 pertemuan
|
36 JP
|
|
Jumlah Pertemuan dan Jam Pelajaran Semester
1
|
38 pertemuan
|
76 JP
|
|
2
|
Tema III:
Kerjasama Antarnegara
A. Kerjasama Bidang Politik
1. Tujuan dan Prinsip
Kerjasama Bidang Politik
2. Lembaga-Lembaga
Kerjasama Antarnegara Bidang Politik
3. Peran Indonesia dalam
Kerjasama Antarnegara Bidang Politik
B. Kerjasama Bidang Ekonomi
1. Tujuan Kerjasama
Antarnegara Bidang Ekonomi
2. Lembaga Kerjasama
Antarnegara Bidang Ekonomi
3. Lembaga Keuangan
sebagai Sarana Pendukung Kerjasama Ekonomi
C. Perdagangan Internasional sebagai Perwujudan Kerjasama Ekonomi
Antarnegara
1. Tujuan Perdangan
Internasional
2. Faktor Pendorong
Perdagangan Internasional
3. Alat dan Cara
Pembayaran dalam Perdagangan Internasional
4. Hambatan Perdagangan
Internasional
5. Kebijakan Perdagangan
Internasional
6. Peran Indonesia dalam
Kerjasama Antarnegara Bidang Ekonomi
D. Kerjasama Bidang Sosial Budaya
1. Upaya Indonesia Menjalin
Kerjasama Antarnegara Bidang Sosial Budaya
2. Lembaga Kerjasama
Antarnegara Bidang Sosial Budaya
3. Peran Indonesia dalam
Kerjasama Antarnegara Bidang Sosial Budaya
E. Kontribusi Kerjasama Antarnegara bagi Indonesia
1. Kontribusi Kerjasama
Bidang Politik
2. Kontribusi Kerjasama
Bidang Ekonomi
3. Kontribusi Kerjasama
Bidang Sosial Budaya
|
20 pertemuan
|
40 JP
|
Tema IV:
Modernisasi dan Perubahan Sosial Budaya
A. Modernisasi di Indonesia
1. Modernisasi di Bidang
Teknologi
2. Modernisasi di Bidang
Ekonomi
3. Modernisasi di Bidang
Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan
4. Modernisasi di Bidang
Komunikasi, Informasi dan Transportasi
5. Modernisasi di Bidang
Politik dan Ideologi
6. Modernisasi di Bidang
Keagamaan
B. Perubahan Sosial Budaya sebagai Pengaruh Modernisasi
1. Pengaruh Positif
Modernisasi Terhadap Perubahan Sosial-Budaya
2. Pengaruh Negatif
Modernisasi terhadap Perubahan Sosial-Budaya
C. Pewarisan Budaya untuk Melestarikan Jati Diri Bangsa
1. Jati Diri Bangsa
2. Proses Pewarisan
Budaya
3. Sarana dan Media
Pewarisan Budaya
4. Pewarisan Budaya
sebagai Cara Mengatasi Memudarnya Jati Diri Bangsa
|
18 pertemuan
|
36 JP
|
|
Jumlah Pertemuan dan Jam Pelajaran Semester
2
|
38 pertemuan
|
76 JP
|
Keterangan
:
Jumlah 152 JP untuk
satu tahun atau 76 JP per semester
Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar
Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas IX
Kurikulum Nasional 2013
Kompetensi Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1. Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri karunia Tuhan
YME yang telah memberikan kesempatan kepada bangsa Indonesia untuk melakukan
perubahan dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, dan politik.
1.2 Mensyukuri adanya
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat yang
mengatur kehidupan manusia dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk
Indonesia.
1.3 Mensyukuri karunia dan
rahmat Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya.
|
2. Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Memiliki perilaku cinta
tanah air dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai perwujudan rasa
nasionalisme.
2.2 Menunjukan kepedulian dan
sikap kritis terhadap permasalahan sosial sederhana.
2.3 Memiliki rasa
tanggungjawab, peduli, percaya diri dalam mengembangkan pola hidup sehat,
kelestarian lingkungan fisik, budaya, dan peningkatan berharga di masyarakat.
2.4 Menunjukan perilaku santun,
peduli, dan menghargai perbedaan pendapat dalam interaksi sosial dengan
lingkungan dan teman sebaya.
|
3. Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Menerapkan aspek keruangan
dan konektivitas antar ruang dan waktu dalam mewujudkan kesatuan wilayah
Nusantara yang mencakup perubahan dan keberlanjutan kehidupan manusia
(ekonomi, sosial, budaya, pendidikan, dan politik)
3.2 Menelaah perubahan
masyarakat Indonesia dari zaman pergerakan kemerdekaan sampai dengan awal
reformasi dalam aspek geografis, ekonomi, budaya, pendidikan, dan politik
dalam wawasan kebangsaan.
3.3 Membandingkan manfaat
kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat bagi
kehidupan berbangsa dan bernegara.
3.4 Membandingkan landasan dari
dinamika interaksi manusia dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
|
4. Mencoba mengolah, dan
menyaji, dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Menyajikan hasil olahan
telaah tentang hasil-hasil kebudayaan dan fikiran masyarakat Indonesia pada
zaman pergerakan kemerdekaan sampai sekarang dalam aspek geografis, ekonomi,
budaya, dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.2 Merumuskan alternatif
tindakan nyata dalam mengatasi masalah yang kelembagaan sosial, budaya,
ekonomi, dan politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
4.3 Merumuskan alternatif
tindakan nyata dan melaksanakannya sebagai bentuk partisipasi dalam mengatasi
masalah lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi sebagai akibat adanya
dinamika interaksi manusia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
|
Sumber: Buku Guru, Kurikulum Nasional 2013
Tidak ada komentar:
Posting Komentar