Rubrik Penilaian Peserta Didik,
Kurikulum 2013:
1. Pedoman
Observasi:
1.1. Sikap Spiritual;
1.2. Sikap Jujur;
1.3. Sikap Disiplin;
1.4. Sikap
Tanggungjawab;
1.5. Sikap Toleransi;
1.6. Sikap Gotong
Royong;
1.7. Sikap Santun;
1.8. Sikap Percaya
Diri.
2. Pedoman
Penilaian Diri:
2.1. Sikap Spiritual;
2.2. Sikap Jujur;
2.3. Sikap Disiplin;
2.4. Sikap
Tanggungjawab;
2.5. Sikap Toleransi;
2.6. Sikap Gotong
Royong;
2.7. Sikap Santun;
2.8. Sikap Percaya
Diri.
3. Pedoman
Penilaian Antarpeserta Didik:
3.1. Sikap Disiplin;
3.2. Sikap Jujur.
4. Pedoman Jurnal:
4.1. Jurnal Model
Pertama;
4.2. Jurnal Model
Kedua.
Menilai Peserta Didik |
Pedoman Observasi
Sikap Spiritual
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap spiritual peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan
sesuatu
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas karunia
Tuhan
|
|
|
|
|
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
|
|
|
|
4
|
Mengungkapkan kekaguman secara lisan
maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
|
|
|
|
5
|
Merasakan keberadaan dan kebesaran
Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Contoh:
Skor diperoleh 14, skor maksimal 4 x 5 pernyataan
= 20, maka skor akhir:
14 x 4 = 2,8
20
Sesuai Permendikbud No 81A Tahun 2013, Peserta
Didik memperoleh nilai adalah:
Sangat Baik : apabila memperoleh skor : 3,33 < skor
≤ 4,00
Baik :
apabila memperoleh skor : 2,33 < skor ≤ 3,33
Cukup :
apabila memperoleh skor : 1,33 < skor ≤ 2,33
Kurang : apabila memperoleh skor : skor ≤ 1,33
Pedoman Observasi
Sikap Jujur
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam kejujuran.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
jujur yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan/tugas
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengungkapkan perasaan terhadap
sesuatu apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa
adanya
|
|
|
|
|
5
|
Mengakui kesalahan atau kekurangan
yang dimiliki
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Pedoman Observasi
Sikap Disiplin
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya =
apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak =
apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan
langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata
pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban
TIDAK diberi skor 0.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
Skor Tertinggi
Contoh:
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh
skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir adalah:
6 x 4 = 3,00
8
Pedoman Observasi
Sikap Tanggung Jawab
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggung jawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan
baik
|
|
|
|
|
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang akurat
|
|
|
|
|
4
|
Mengembalikan barang yang dipinjam
|
|
|
|
|
5
|
Meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Pedoman Observasi
Sikap Toleransi
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati pendapat teman
|
|
|
|
|
2
|
Menghormati teman yang berbeda suku,
agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4
|
Menerima kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Mememaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Pedoman Observasi
Sikap Gotong Royong
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam gotong royong.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
gotong royong yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Aktif dalam kerja kelompok
|
|
|
|
|
2
|
Suka menolong teman/orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
|
|
|
|
|
4
|
Rela berkorban untuk orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Pedoman Observasi
Sikap Santun
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam kesantunan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
santun yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai
pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Menghormati orang yang
lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Mengucapkan terima kasih setelah
menerima bantuan orang lain
|
|
|
|
|
3
|
Menggunakan bahasa santun saat
menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
4
|
Menggunakan bahasa santun saat
mengkritik pendapat teman
|
|
|
|
|
5
|
Bersikap 3S (salam,
senyum, sapa) saat bertemu orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Pedoman Observasi
Sikap Percaya Diri
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh guru/teman untuk
menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berani presentasi di depan kelas
|
|
|
|
|
2
|
Berani berpendapat, bertanya, atau
menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
3
|
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu
|
|
|
|
|
4
|
Mampu membuat keputusan dengan cepat
|
|
|
|
|
5
|
Tidak mudah putus asa/pantang menyerah
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Lembar Pengamatan Sikap
Kelas :
……………………….
Hari, tanggal : ……………………….
Materi Pokok/Tema : ……………………….
No
|
Nama Peserta
Didik
|
Sikap
|
Keterangan
|
||||||
Jujur
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Toleransi
|
Gotong Royong
|
Santun
|
Percaya Diri
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Penskoran:
4 = apabila selalu konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap
3 = apabila sering konsisten menunjukkan
sikap sesuai aspek sikap dan kadang-kadang
tidak sesuai aspek sikap
2 = apabila kadang-kadang konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap dan sering
tidak sesuai aspek sikap
1 = apabila tidak pernah konsisten
menunjukkan sikap sesuai aspek sikap
Penilaian Diri
Lembar Penilaian Diri
Sikap Spiritual
Petunjuk Pengisian:
Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti.
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai
dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal :
………………….
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya semakin yakin dengan
keberadaan Tuhan setelah mempelajari ilmu pengetahuan
|
|
|
|
|
2
|
Saya berdoa sebelum dan
sesudah melakukan sesuatu kegiatan
|
|
|
|
|
3
|
Saya mengucapkan rasa
syukur atas segala karunia Tuhan
|
|
|
|
|
4
|
Saya memberi salam sebelum
dan sesudah mengungkapkan pendapat di depan umum
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengungkapkan
keagungan Tuhan apabila melihat kebesaranNya
|
|
|
|
|
Jumlah
Skor
|
|
|
|
|
Keterangan:
TP :
Tidak Pernah SR : Sering
KD :
Kadang-kadang SL : Selalu
Kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Lembar Penilaian Diri
Sikap Jujur
Petunjuk Pengisian:
Bacalah pernyataan yang ada di dalam
kolom dengan teliti.
Berilah tanda cek (√) sesuai dengan sesuai
dengan kondisi dan keadaan kalian sehari-hari.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal :
………………….
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya menyontek pada saat mengerjakan
Ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Saya menyalin karya orang lain tanpa
menyebutkan sumbernya pada saat mengerjakan tugas
|
|
|
|
|
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang
jika menemukan barang
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang
saya dilakukan
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa
melihat jawaban teman yang lain
|
|
|
|
|
Keterangan:
SL
= Selalu
SR
= Sering
KD = Kadang-kadang
TP
= Tidak Pernah
Kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Lembar Penilaian Diri
Sikap Tanggungjawab
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam tanggungjawab.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
tanggung jawab yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal :
………………….
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Sebagai peserta didik saya melakukan
tugas-tugas dengan baik
|
|
|
|
|
2
|
Saya berani menerima resiko atas
tindakan yang dilakukan
|
|
|
|
|
3
|
Saya menuduh orang lain tanpa bukti
|
|
|
|
|
4
|
Saya mau mengembalikan barang yang
dipinjam dari orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Saya berani meminta maaf jika
melakukan kesalahan yang merugikan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Lembar Penilaian Diri
Sikap Disiplin
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
untuk menilai sikap disiplin diri peserta didik.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
disiplin yang kamu miliki sebagai berikut:
Ya =
apabila kamu menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan
Tidak =
apabila kamu tidak menunjukkan perbuatan sesuai pernyataan.
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Saya masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Saya mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Saya memakai seragam sesuai tata
tertib
|
|
|
4
|
Saya mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Saya tertib dalam mengikuti
pembelajaran
|
|
|
6
|
Saya mengikuti praktikum sesuai dengan
langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Saya membawa buku tulis sesuai mata
pelajaran
|
|
|
8
|
Saya membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban
TIDAK diberi skor 0.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Contoh:
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh
nilai skor 6, dan skor maksimal 8 maka nilai akhir adalah:
6 x 4 = 3,00
8
Lembar Penilaian Diri
Sikap Gotong Royong
Petunjuk Pengisian:
Cermatilah kolom-kolom sikap di bawah
ini!
Jawablah dengan jujur sesuai dengan
sikap yang kamu miliki. Lingkarilah salah satu angka yang ada dalam kolom yang
sesuai dengan keadaanmu
4 = jika sikap yang kamu miliki sesuai
dengan selalu positif
3 = Jika sikap yang kamu miliki positif
tetapi sering positif kadang kadang muncul sikap negatif
2 = Jika sikap yang kamu miliki sering
negatif tapi tetapi kadang kadang muncul sikap positif
1 = Jika sikap yang kamu miliki selalu
negatif
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal :
………………….
Rela berbagi
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Egois
|
Aktif
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pasif
|
Bekerja sama
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Individualistis
|
Ikhlas
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Pamrih
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Lembar
Penilaian Diri
Sikap
Toleransi
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam toleransi.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
toleransi yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya menghormati teman yang berbeda
pendapat
|
|
|
|
|
2
|
Saya menghormati teman yang berbeda
suku, agama, ras, budaya, dan gender
|
|
|
|
|
3
|
Saya menerima kesepakatan meskipun berbeda dengan pendapatnya
|
|
|
|
|
4
|
Saya menerima kekurangan orang lain
|
|
|
|
|
5
|
Saya memaafkan kesalahan orang lain
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Lembar Penilaian Diri
Sikap Percaya Diri
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
sendiri untuk menilai sikap sosial peserta didik dalam percaya diri.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
percaya diri yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai
berikut:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Saya melakukan segala sesuatu tanpa
ragu-ragu
|
|
|
|
|
2
|
Saya berani mengambil keputusan secara
cepat dan bisa dipertanggungjawabkan
|
|
|
|
|
3
|
Saya tidak mudah putus asa
|
|
|
|
|
4
|
Saya berani menunjukkan kemampuan yang
dimiliki di depan orang banyak
|
|
|
|
|
5
|
Saya berani mencoba hal-hal yang baru
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Lembar
Penilaian Diri
Sikap Santun
Petunjuk Pengisian:
Bacalah dengan teliti pernyataan
pernyataan yang pada kolom di bawah ini!
Tanggapilah pernyataan-pernyataan
tersebut dengan memberi tanda cek (√) pada kolom:
STS :
Jika kamu sangat tidak setuju dengan pernyataan tersebut
TS :
Jika kamu tidak setuju dengan pernyataan tersebut
S :
Jika kamu setuju dengan pernyataan tersebut
SS :
Jika kamu sangat setuju dengan pernyataan tersebut
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas :
………………….
Materi Pokok : ………………….
Tanggal :
………………….
No
|
Pernyataan
|
Penilaian
|
|||
STS
|
TS
|
S
|
SS
|
||
1
|
Saya menghormati orang yang lebih tua
|
|
|
|
|
2
|
Saya tidak berkata kata kotor, kasar
dan takabur
|
|
|
|
|
3
|
Saya meludah di tempat sembarangan
|
|
|
|
|
4
|
Saya tidak menyela pembicaraan
|
|
|
|
|
5
|
Saya mengucapkan terima kasih saat
menerima bantuan dari orang lain
|
|
|
|
|
6
|
Saya tersenyum, menyapa, memberi salam
kepada orang yang ada di sekitar kita
|
|
|
|
|
Keterangan:
Pernyataan positif:
1 untuk sangat tidak setuju (STS),
2 untuk tidak setuju (TS),
3 untuk setuju (S),
4 untuk sangat setuju (SS).
Pernyataan negatif:
1 untuk sangat setuju (SS),
2 untuk setuju (S),
3 untuk tidak setuju (TS),
4 untuk sangat tidak setuju (STS).
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Diperoleh x 4 = Skor Akhir
Skor Maksimal
Penilaian Antarpeserta didik
Daftar Cek
Lembar Penilaian Antarpeserta Didik
Sikap Disiplin
Petunjuk Pengisian:
Lembaran ini diisi oleh peserta didik
untuk menilai sikap sosial peserta didik lain dalam kedisiplinan.
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
disiplin yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut:
Ya =
apabila peserta didik menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan
Tidak =
apabila peserta didik tidak menunjukkan perbuatan sesuai aspek pengamatan.
Nama Penilai : (tidak diisi)
Nama Peserta Didik yang dinilai : ...............
Kelas :
...............
Mata Pelajaran : ...............
No
|
Sikap yang
diamati
|
Melakukan
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1
|
Masuk kelas tepat waktu
|
|
|
2
|
Mengumpulkan tugas tepat waktu
|
|
|
3
|
Memakai seragam sesuai tata tertib
|
|
|
4
|
Mengerjakan tugas yang diberikan
|
|
|
5
|
Tertib dalam mengikuti pembelajaran
|
|
|
6
|
Mengikuti praktikum sesuai dengan
langkah yang ditetapkan
|
|
|
7
|
Membawa buku tulis sesuai mata
pelajaran
|
|
|
8
|
Membawa buku teks mata pelajaran
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Jawaban YA diberi skor 1, dan jawaban
TIDAK diberi skor 0.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
Skor Tertinggi
Contoh:
Jawaban YA sebanyak 6, maka diperoleh
skor 6, dan skor tertinggi 8 maka skor akhir adalah:
6 x 4 = 3,00
8
Daftar Cek Penilaian Antarpeserta Didik
Sikap Jujur
Nama Penilai : (tidak diisi)
Nama Peserta Didik yang dinilai : ...............
Kelas :
...............
Mata Pelajaran : ...............
Berilah tanda cek (v) pada kolom pilihan
berikut dengan:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan
sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah
melakukan
No
|
Aspek
Pengamatan
|
Skor
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Tidak nyontek dalam mengerjakan
ujian/ulangan
|
|
|
|
|
2
|
Tidak melakukan plagiat
(mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam
mengerjakan setiap tugas
|
|
|
|
|
3
|
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu
apa adanya
|
|
|
|
|
4
|
Melaporkan data atau informasi apa
adanya
|
|
|
|
|
Jumlah Skor
|
|
|
|
|
Petunjuk Penskoran:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
Skor Tertinggi
Jurnal
Model Pertama
Petunjuk pengisian jurnal (diisi oleh guru):
·
Tulislah
identitas Peserta Didik yang diamati;
·
Tulislah tanggal
pengamatan;
·
Tulislah aspek
yang diamati oleh Guru;
·
Ceritakan kejadian-kejadian
yang dialami oleh Peserta Didik, baik yang merupakan kekuatan Peserta Didik
maupun kelemahan Peserta Didik sesuai dengan pengamatan Guru terkait dengan
Kompetensi Inti;
·
Tulislah dengan
segera kejadian;
·
Setiap kejadian
per anak ditulis pada kartu yang berbeda;
·
Simpanlah kartu
tersebut di dalam folder masing-masing Peserta Didik.
Format:
Jurnal
Nama
Peserta Didik : ………………………….
Nomor
Peserta Didik : ………………………….
Tanggal : ………………………….
Aspek
yang diamati : ………………………….
Kejadian : ………………………….
Guru:
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………….
……………………………………………………………………………………….
|
Petunjuk Penskoran
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Perhitungan skor akhir menggunakan rumus:
Skor Perolehan x 4 = Skor Akhir
Skor Tertinggi
Contoh Format Jurnal Model Kedua
Jurnal
Nama Peserta Didik : ………………..
Aspek yang diamati : ………………..
No.
|
Hari/ Tanggal
|
Kejadian
|
Keterangan
|
|
|
|
|
Sumber:
Model Penilaian Pencapaian Kompetensi Peserta Didik SMP, Kemendikbud 2013.
***
Ijin sher kang
BalasHapusMangga... silahkan.
BalasHapuskereeen n bagus ijin nyedot kang
Hapusterima kasih, sangat2 membantu saya sebagai pemula K13
BalasHapusbermanfaat sekali. mohon izin berbagi dengan yang lain
BalasHapusSilahkan... mangga.
BalasHapuskang apakah jenis sikap di setiap jenjang pendidikan sama? atau berbeda?
BalasHapusJazakalloh ya akhi Ade Bastian.
BalasHapusterimaksih ya, bro mita izin, saya mau kopy paste...
BalasHapusizin copy bang
BalasHapusbismillah izin copas yah kang
BalasHapushatur Nuhun Kang Ade, Barokalloh
BalasHapusHatur nuhun pk Ade ku pencerahanna.
BalasHapusMakasih ini sangat bermanfaat, terutama bagi sekolah yang mau akreditasi. Kebetulan sekolah saya mau akreditasi. Ijin copy
BalasHapusTerima kasih Pak. Sangat bermanfaat
BalasHapus