Rabu, 31 Juli 2013

Tema IPS Kelas 7 SMP Tahun 2013




Contoh Tema (Topik) IPS SMP Kelas 7 Semester 1

No
Tema
Sub Tema
1
Keadaan Alam dan Aktivitas Penduduk Indonesia.
1.1.  Konektivitas Antar-Ruang dan Waktu;
1.2.  Letak Wilayah dan Pengaruhnya bagi Keadaan Alam Indonesia;
1.3.  Keadaan Alam Indonesia;
1.4.  Kehidupan Sosial Masyarakat Indonesia pada Masa Praaksara, Hindu-Buddha, dan Islam.
2
Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia.
2.1.   Pengertian dan Pengelompokan Sumber Daya Alam;
2.2.   Potensi dan Sebaran Sumber Daya Alam Indonesia.
3
Penduduk Indonesia dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam.
3.1.   Keadaan Penduduk Indonesia;
3.2.   Pemanfaatan Sumber Daya Alam;
3.3.   Potensi Alam dan Mobilitas Penduduk Antarwilayah di Indonesia;
3.4.   Jenis-Jenis Kelembagaan Sosial.
4
Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia.
4.1.   Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia;
4.2.   Faktor-Faktor yang Memengaruhi Keragaman Sosial Budaya;
4.3.   Kebudayaan Memperkokoh Integrasi Bangsa;
4.4.   Keragaman Budaya sebagai Aset Perekonomian Bangsa.
5
Interaksi Manusia dengan Lingkungan.
5.1.   Pengertian Interaksi Manusia dan Lingkungan;
5.2.   Saling Keterkaitan Antar komponen Lingkungan;
5.3.   Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Alam;
5.4.   Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Ekonomi;
5.5.   Dampak Aktivitas Manusia terhadap Lingkungan Sosial Budaya.


Contoh Tema (Topik) SMP Kelas 7 Tahunan

No
Tema
Penjelasan
1
Bhinneka Tunggal Ika
Belajar IPS hendaknya siswa diberi pengalaman mempelajari budaya dan keanekaragaman budaya.
Manusia mencipta, belajar, berbagi, dan beradaptasi dengan budaya.
Budaya itu sendiri selalu dinamis dan berubah dari waktu ke waktu.
Melalui pengalaman dan mengamati, siswa dapat mengidentifikasi unsur-unsur, kesamaan, perbedaan budaya yang ada di Indonesia.
2
Manusia sebagai Makhluk Sosial
Sebagai makhluk sosial, semua manusia memerlukan orang lain untuk bersosialisasi, berkomunikasi, dan berinteraksi, sehingga tercipta interdependensi.
3
Waktu, Keberlanjutan, dan Prubahan
Manusia berusaha memahami dan mencari akar sejarahnya, kemudian menandai sendiri waktu/kapan terjadinya.
Memahami kejadian sejarah tersebut, seperti apa di masa lalu dan bagaimana segala sesuatunya berubah serta pengembangkannya sehingga dapat membantu menjawab pertanyaan penting tentang kondisi terkini.
4
Manusia, Tempat, dan Lingkungan
Dewasa ini siswa sangat peduli terhadap dunia dan lokasi pribadi.
Ketika siswa belajar tentang hal ini, mereka berusaha menciptakan pandangan hubungannya dengan spasial dan perspektif geografik; sosial; budaya; dan ekonomi yang diperlukan ilmu ini untuk membuat keputusan tentang hubungan antara manusia dengan lingkungannya.
5
Individu, Perkembangan, dan Identitas
Identitas pribadi dibentuk oleh budaya seseorang, kelompok, dan pengaruh institusional, pemeriksaan/ ujian berbagai tingkah laku manusia yang dapat memperluas pemahaman tentang hubungan antara norma sosial, dan memunculkan identitas pribadi.
Hubungan antara proses sosial yang mempengaruhi bentuk identitas serta prinsip etika yang melandasi tindakan.
6
Individu, Kelompok, dan Institusi
Institusi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap manusia.
Institusi merupakan organisasi yang membentuk nilai sosial warganya.
Ini sangat penting bagi siswa, mengetahui bagaimana organisasi dibentuk; apa saja yang mengontrol dan mempengaruhi institusi tersebut.
Bagaimana mereka mengontrol dan mempengaruhi budaya individu.
Bagaimana institusi diatur atau dikelola dan diubah.
7
Produksi, Distribusi, dan Konsumsi
Keputusan tentang kebijakan bursa; perdagangan; dan ekonomi.
Peran pemerintah dalam pembuatan kebijakan dari waktu ke waktu sangat banyak.
Studi secara sistematis tentang saling ketergantungan dalam dunia ekonomi serta peranan teknologi dalam hal ini sangat penting.
8
Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
Teknologi merupakan alat yang diciptakan sejak dulu.
Di kehidupan yang serba modern, sangat tidak mungkin bagi manusia hidup tanpa teknologi dan ilmu pengetahuan sebagai pendukungnya.
9
Globalisasi
Kenyataan bahwa interdependensi global memrlukan pemahaman tentang koneksi global yang banyak dan penting diantara masyarakat.




***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar